Loading...

Pilih dari 50 Contoh Invoice

Isi data dan download invoice pdf mu

A4 Color

A4 Black & White

Struk

5 Tips Membuat Invoice Yang Baik

Bagaimana Kawan Kledo membuat invoice akan berpengaruh ke bagaimana pelanggan akan membayar tagihan. Tentu Kawan Kledo ingin tagihan segera dibayar setelah pengiriman invoice, bukan? Untuk itu, Kawan Kledo harus membuat invoice yang baik. Berikut tips penting untuk membuat invoice yang baik:

1
Buatlah invoice seinformatif mungkin

Kawan Kledo harus memasukan semua komponen yang dimiliki invoice sehingga pelanggan akan mengetahui informasi yang terdapat dalam invoice tersebut.

2
Tampilkan informasi secara profesional

Pastikan invoice yang Kawan Kledo kirim memiliki ciri khas brand bisnis Kawan Kledo. Juga, hindari kesalahan pengetikan atau typo di invoice yang Kawan Kledo buat.

3
Kirimkan invoice tepat waktu

Pilihlah waktu terbaik saat mengirimkan invoice kepada pelanggan. Waktu terbaik pengiriman invoice adalah setelah semua pekerjaan selesai dilakukan. Hindari keterlambatan pengiriman invoice karena akan mengakibatkan keterlambatan pembayaran tagihan.

4
Gunakan desain dari contoh invoice yang ada

Banyak situs yang menyediakan desain contoh invoice yang sudah terbukti bisa dihandalkan bahkan oleh perusahaan-perusahaan internasional. Jadi, buatlah invoice dari contoh invoice yang sudah terbukti, daripada repot membuat desain sendiri. Kamu bisa ambil salah satu dari 50 contoh invoice yang disediakan Kledo, semuanya dijamin profesional.

5
Gunakan tanda tangan

Meskipun invoice kamu kirim dalam bentuk digital, pastikan kamu menyertakan tanda tangan. Dengan adanya tanda tangan, secara psikologis pelangganmu akan menjadi lebih percaya dengan keaslian invoicemu, dan lebih yakin untuk membayar.

3 Langkah Memilih Contoh Invoice yang Cocok Untuk Bisnismu

Brand perusahaanmu sangat bergantung pada tampilan dari invoice yang kamu buat, jadi pastikan desain yang kamu pilih cocok untuk image perusahaanmu.

1
Pilih contoh invoice sesuai jenis printermu

Tentukan terlebih dahulu printer yang akan digunakan, kemudian pilih template yang sesuai. Misalnya printer hita putih, jangan sampai salah pilih desain color. Atau kalau printermu dot-matrix, pastikan juga memilih desain untuk printer dot-matrix. Tim kledo sudah memisahkan contoh invoice diatas sesuai dengan jenis printernya, supaya kamu lebih mudah memilih.

2
Sesuaikan dengan pelangganmu

Pilihlah desain invoice yang sesuai dengan tipe pelangganmu, baik umur, jenis kelamin hingga komunitas. Misalnya pelangganmu sebagian besar anak muda, cari desain yang lebih ceria dan menggambarkan gairah anak muda. Jika pelangganmu adalah karyawan kantor, coba cari contoh invoice yang profesional.

3
Sesuaikan desain dengan brand perusahaan

Perusahaanmu pastinya sudah punya brand tersendiri, sudah punya logo, font-family, hingga warna baku perusahaanmu. Coba cari contoh invoice yang paling mendekati brand perusahaanmu. Misalnya logo perusahaanmu dominasi warna merah, coba cari invoice dengan ada kombinasi warna merahnya.

8 Langkah Supaya Tagihanmu Cepat Dibayar

Kawan Kledo yang ingin tagihan segera dibayar oleh pelanggan kan? Nah, agar keinginan itu tercapai, ada beberapa hal yang harus Kawan Kledo lakukan saat membuat invoice. Ingat, tujuan pembuatan dan pengiriman invoice adalah agar tagihan segera dibayar, jadi pastikan lakukan beberapa hal ini dengan benar:

1
Perjelas jatuh tempo

Berikan keterangan tanggal jatuh tempo secara jelas.

2
Metode pembayaran yang jelas dan alternatifnya

Berikan metode pembayaran yang bisa dilakukan, berikut cara membayarnya. Jika memungkinkan berikan lebih dari satu opsi cara membayar

3
Tuliskan identitas penerima secara detail

Tuliskan nama perusahaan, nama lengkap, telepon dan alamat. Hindari penulisan yang singkat, karena invoicemu bisa dianggap spam.

4
Berikan reminder

Berikan peringatan jika pelanggan tidak membayar tepat waktu.

5
Pertimbangkan denda

Pertimbangkan denda apa yang akan didapatkan jika pelanggan telat membayar. Hal ini akan memberikan efek sangat besar pada kecepatan membayar pelangganmu.

6
Kirim tagihan ke banyak channel

Jangan hanya kirim tagihan dari satu channel, kirimkan kesebanyak mungkin channel. Bisa ke sms, whatsapp, dan juga tentunya email. Semakin banyak channel, semakin banyak kemungkinan invoice mu terbaca, dan tentunya dibayar.

7
Kirimkan invoice beberapa kali sebelum jatuh tempo.

Kirimkan invoice jangan hanya sekali, tapi beberapa kali. Misalnya sebulan sebelum jatuh tempo, kemudian seminggu sebelum jatuh tempo dan sehari sebelum jatuh tempo.

8
Kirimkan invoice jatuh tempo

Kirimkan invoice yang belum dibayar dan sudah lewat jatuh tempo. Invoice jatuh tempo bisa berarti pelangganmu lupa membayar, jadi jangan lupa mengirimkan kembali invoice ya sudah jatuh tempo.