Cara Mengelompokkan Transaksi

Sudah tau kan Kledo punya fitur “Tags” di “Pengaturan”? Fitur tersebut bisa Kawan Kledo manfaatkan untuk membuat pengelompokan transaksi lho. Caranya? Simak tutorial berikut ya!

Kledo memudahkan Kawan Kledo dalam managerial transaksi yang sudah dicatat agar dapat dilakukan pengawasan dengan baik. Salah satunya adalah dengan menghadirkan fitur “Tags”. Fitur tersebut dapat Kawan Kledo manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk membuat laporan maupun manajemen transaksi yang terjadi. Agar lebih jelas, yuk kita bahas satu per satu cara mengelompokkan transaksi!

Membuat Tags

Sebelum membuat transaksi, Kawan Kledo harus membuat daftar “Tags” yang ingin digunakan. Kawan Kledo bisa memilih kategori transaksi, misalnya, berdasar cabang, bagian, maupun departemen. Terserah Kawan Kledo lebih butuh membuat “Tags” dalam bentuk apa. Jika punya cabang di mana-mana, tentu “Tags” berdasar cabang akan sangat membantu dalam melakukan monitor atas penjualan dan pembelian. Bisa juga berdasarkan salesman, Kawan Kledo tidak perlu susah payah menghitung komisi sales. Hal tersebut dikarenakan, Kawan Kledo bisa melihat laporan penjualan dengan filter berdasar nama masing-masing salesman. Menyenangkan bukan?

Pembuatan daftar “Tags” bisa dilihat pada tutorial Cara Mengatur Tags ya, Kawan Kledo!

Mencatat Transaksi

Setelah “Tags” selesai dibuat, Kawan Kledo bisa langsung menggunakannya untuk mencatat transaksi lho. Caranya seperti biasa dalam melakukan input transaksi, baik “Penjualan”, “Pembelian”, maupun “Biaya”. Bedanya, Kawan Kledo harus menambahkan “Tags” pada saat mencatat transaksi tersebut.

Kita gunakan contoh agar lebih mudah ya. Kawan Kledo mempunyai sebuah butik muslimah, menjual berbagai macam busana muslim dan sepatu. Pada tanggal 24 Agustus 2020, salah satu salesman yang bernama Yono mendapat order langsung dari customer tanpa melalui penawaran, sebanyak 200 pasang all size Chelsea Boots. Yono merupakan sales dengan area penjualan Jawa Timur. Customer tersebut bernama Ani Rahimah Hassanah. Termin pembayaran 30 hari, dicicil sebanyak 4 kali.

Case di atas berkaitan dengan “Penjualan” dan pembuatan “Tagihan”. Transaksi yang harus Kawan Kledo input adalah sebagai berikut:

1. Masuk “Penjualan” > pilih “Tagihan” > klik “Tambah Tagihan”

Pilih Tambah Transaksi pada Kledo
Pilih Tambah Transaksi pada Kledo

2. Lengkapi form “Tambah Tagihan” > isi “Tags” > klik “Simpan”

Form Tambah Tagihan Lengkap dengan Tags pada Kledo
Form Tambah Tagihan Lengkap dengan Tags pada Kledo

Lebih lengkap terkait tata cara pengisian form tersebut dan pembuatan “Tagihan” pada menu “Penjualan”, bisa Kawan Kledo pelajari pada tutorial
Cara Membuat Tagihan (Invoice). Jangan lupa untuk memilih “Tags” yang sesuai dengan case transaksi yang harus dicatat. Kata kuncinya adalah salesman dengan wilayah penjualan Jawa Timur. Kalo transaksi sudah tercatat dan yakin benar, langsung klik “Simpan” ya!

3. Selesai, “Tagihan” berhasil disimpan!

Tagihan dengan Tags Berhasil Disimpan
Tagihan dengan Tags Berhasil Disimpan

Setelah Kawan Kledo klik “Simpan”, maka “Tagihan” yang berhasil disimpan akan muncul di deretan “Tagihan” pada menu “Penjualan” di depan secara otomatis. Selain itu, Kawan Kledo akan mendapatkan invoice atas “Tagihan” yang berhasil dicatat, lengkap dengan “Tags” yang sudah dipilih, beserta notifikasi “Tagihan berhasil dibuat”.

Melihat Laporan

Laporan bisa Kawan Kledo lihat pada menu “Laporan”. Dalam case di atas terkait dengan “Penjualan”, Kawan Kledo bisa melihat “Laporan” pada “Penjualan” dengan filter berdasar “Tags” yang sudah dibuat. Misal, Kawan Kledo ingin melihat performa atas penjualan yang telah dilakukan oleh Yono sampai dengan 24 Agustus 2020. Caranya?

Pilih Laporan yang Akan Dilihat oleh Kawan Kledo
Pilih Laporan yang Akan Dilihat oleh Kawan Kledo

Untuk melihat performa salesman, Kawan Kledo bisa mempertimbangkannya dari “Laporan” pada “Penjualan” bagian “Pendapatan per Pelanggan”. Di sana nominal atas “Penjualan” yang telah dilakukan dapat dilihat untuk akumulasi masing-masing “Pelanggan”.

Masukkan Filter Sesuai dengan Tags yang Digunakan
Masukkan Filter Sesuai dengan Tags yang Digunakan

Untuk melihat “Laporan Penjualan” dari salesman bernama Yono dengan wilayah jual Jawa Timur, masukkan “Tags” yang diperlukan. Caranya klik tombol “Filter” sebelah kiri atas. Lalu pilih “Tags” ya, Kawan Kledo. Sudah? Klik pada bagian luar kolom “Tags” untuk melihat hasil “Filter”.

Hasil Filter Pendapatan per Pelanggan Berdasar Tags yang Sudah Dipilih
Hasil Filter Pendapatan per Pelanggan Berdasar Tags yang Sudah Dipilih

“Laporan” di atas menunjukkan “Penjualan” berdasar “Pendapatan per Pelanggan” selama satu bulan terakhir dengan kategori “Yono” sebagai salesman dan wilayah penjualan “Jawa Timur”. Bisa dibilang, Yono dapat melakukan penjualan lebih dari Rp 380 juta selama satu bulan terakhir apabila dijumlahkan secara keseluruhan. Dengan demikian, Kawan Kledo bisa mudah menilai performa salesman menggunakan fitur “Tags”. Selamat mencoba!

Mudah bukan aplikasi dari “Tags” ini. Selain contoh di atas, masih banyak yang bisa Kawan Kledo menggunakan menu “Tags”. Jika ada kendala, jangan sungkan untuk menghubungi Tim Hebat Kledo ya! 🙂

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?