Cara Mengubah Jurnal Umum

Ada “Jurnal Umum” yang ingin diubah atau disesuaikan? Tenang, kawan Kledo bisa mengubah “Jurnal Umum” sesuai dengan kebutuhan kapanpun lho. Gimana caranya?

Ubah Jurnal Umum

Kesalahan input merupakan hal yang wajar dilakukan oleh seorang administrator. Akan tetapi, harusnya hal itu dapat dihindari dengan melakukan prinsip kehati-hatian. Bagaimana dengan perubahan “Jurnal Umum”?

Kledo dibuat dengan sistem yang tidak kaku. Dalam arti, transaksi yang sudah kawan Kledo buat tetap bisa diubah maupun dihapus, begitu juga dengan “Jurnal Umum”. Tenang, komponen pada “Jurnal Umum” bisa diubah kapanpun kawan Kledo membutuhkannya.

Bagaimana cara mengubah “Jurnal Umum” pada Kledo?

1. Buka “Jurnal Umum” > cari “Jurnal Umum” via “Cari” atau “Filter” > pilih “Jurnal Umum” yang akan diubah

Cari jurnal umum Kledo
Cari jurnal umum Kledo

Bisa “Jurnal Umum” yang sudah lama maupun baru saja dibuat. Bisa lewat menu “Cari” atau dari “Filter” berdasar periode. Kalo udah ketemu tinggal klik transaksi tersebut sampai terbuka detailnya ya.

2. Buka “Jurnal Umum” > klik tools “Menu” di samping “Print” > klik “Ubah”

Ubah jurnal umum Kledo
Ubah jurnal umum Kledo

Langsung klik “Ubah” untuk mengubah “Jurnal Umum” ya, kawan Kledo!

3. Ubah “Jurnal Umum” pada bagian yang harus diubah > klik “Simpan”

Seperti pada transaksi lainnya, kawan Kledo bisa mengubah “Jurnal Umum” mulai dari “Tanggal Transaksi”, “Reference”, “Akun”, “Deskripsi”, “Debit”, “Kredit”, maupun menambahkan “Attachment”.

Ubah form jurnal umum Kledo
Ubah form jurnal umum Kledo

Hal yang apabila tidak terlalu diperlukan jangan diubah adalah “Nomor”. Apabila terdapat dua “Nomor” yang sama, perubahan tersebut tidak bisa disimpan. Kawan Kledo akan mendapat dua notifikasi sekaligus dalam satu waktu yang bertuliskan “Jurnal umum gagal diperbarui” dan “Ref number sudah digunakan”. Lebih baik, jangan mencoba untuk mengubah “Nomor” pada “Jurnal Umum” yang sudah kawan Kledo input ya!

Ubah jurnal umum gagal
Ubah jurnal umum gagal

Jangan lupa untuk memastikan kontrol nominal “Total”, pada sisi “Debit” dan “Kredit”, sudah tidak ada selisih. Yakin dengan perubahan yang dibuat? Langsung klik “Simpan”.

4. Selesai, “Jurnal Umum” berhasil diubah!

Jurnal manual berhasil diperbarui
Jurnal manual berhasil diperbarui

Setelah disimpan, kawan Kledo akan mendapatkan “Jurnal Umum” untuk transaksi yang baru dengan “Nomor” sama, namun dengan perubahan. Selain itu, muncul notifikasi “Jurnal manual berhasil diperbarui”. Ada lagi “Jurnal Umum” yang mau diubah? Ulangi langkah tutorial ini dari awal ya, kawan Kledo!

Cara menghapus “Jurnal Umum” di Kledo? Lihat dan baca tutorialnya di sini. Jika ditemukan kendala, jangan ragu untuk menghubungi Tim Hebat Kledo ya!

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?