Laporan Pajak Pemotongan

Selain rekap “Laporan Pajak Penjualan” pada Kledo, kawan Kledo juga bisa liat “Laporan Pajak Pemotongan” lho! Lalu, apa itu “Pajak Pemotongan”? Apa bedanya dengan “Pajak Penjualan”?

Pajak Pemotongan

Pemotongan pajak penghasilan atau lebih dikenal dengan istilah Potput, berarti kita pihak pengguna jasa atau pembeli barang, yang membayarkan uang dan memberikan penghasilan. Apa bedanya “Pajak Pemotongan” dengan “Pajak Penjualan”?

“Pajak Penjualan” identik dengan PPN, di mana PPN sendiri merupakan kegiatan memungut pajak yang terutang atas sejumlah transaksi. Sedangkan “Pajak Pemotongan” berarti memotong sejumlah pajak terutang (dalam hal ini PPh – Pajak Penghasilan), dari keseluruhan pembayaran yang dilakukan oleh wajib pajak.

Pemotongan pajak dilakukan oleh pihak yang melakukan pembayaran atau pembeli barang/jasa. Pihak pembayar bertanggung jawab atas pemotongan, penyetoran, serta pelaporan pajak terkait.

Intinya, “Pajak Pemotongan” lebih kepada mengurangi jumlah yang dibayarkan atau nominal pendapatan yang akan diterima, dilakukan oleh pembeli barang/jasa. Sebaliknya, pemungutan “Pajak Penjualan” merupakan kegiatan menambah jumlah tagihan yang seharusnya diterima, dilakukan oleh penjual barang/jasa.

Jenis-jenis Pajak Pemotongan

Beberapa “Pajak Pemotongan” yang diatur dalam Undang-undang PPh, yaitu:

a. PPh 21

Merupakan pajak yang dikenakan terhadap penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain yang diterima oleh pegawai, bukan pegawai, penerima pesangon, dan lain sebagainya.

b. PPh 23

Adalah pajak yang dikenakan pada penghasilan atas modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan, selain yang sudah dipotong dalam PPh 21 tentunya. Pihak pembeli atau penerima jasa akan memotong dan melaporkannya.

c. PPh 26

Merupakan pajak penghasilan yang dikenakan atas penghasilan yang diterima wajib pajak luar negeri, selain bentuk BUT (Badan Usaha Tetap) di Indonesia. Semua badan usaha yang melakukan transaksi pembayaran kepada wajib pajak luar negeri, diwajibkan memotong PPh 26 tersebut.

d. PPh 4 ayat (2)

Biasa disebut sebagai PPh Final, merupakan pajak yang dikenakan kepada wajib pajak badan maupun pribadi atas beberapa jenis penghasilan yang didapat dan pemotongannya bersifat final. Tarif berbeda tergantung objek pajak yang dikenakan.

Misal untuk perusahaan kawan Kledo di mana masih berupa UKM dan peredaran bruto (omzet) selama 1 tahun pajak kurang dari Rp 4,8 M. Maka, tarif pajaknya adalah 0,5% dari total omzet penjualan dalam 1 bulan.

Laporan Pajak Pemotongan pada Kledo

Kledo menyediakan “Laporan Pajak Pemotongan” yang berfungsi untuk menampilkan akumulasi perhitungan pajak telah dipotong pada transaksi yang merupakan objek pemotongan pajak. Pengaturan terkait pemotongan “Pajak” bisa kawan Kledo baca di sini ya!

Pajak pemotongan Kledo
Pajak pemotongan Kledo

Dalam “Laporan Pajak Pemotongan” ini, sudah terdapat rekap hitungan nilai DPP beserta nilai pajak yang dipotong. Bagaimana cara mendapatkan “Laporan Pajak Pemotongan” pada Kledo?

1. Masuk “Beranda” > klik “Laporan” > klik “Pajak Pemotongan” pada “Pajak”

Masuk laporan pajak pemotongan Kledo
Masuk laporan pajak pemotongan Kledo

Klik “Pajak Pemotongan” pada bagian “Pajak” ya kawan Kledo!

2. Filter “Periode”

Filter periode pajak pemotongan Kledo
Filter periode pajak pemotongan Kledo

Kawan Kledo dapat memilih tanggal “Laporan Pajak Pemotongan” yang dibutuhkan kapanpun itu. Misal, untuk melakukan crosscheck pelaporan pajak sepanjang Q1 (kuartal pertama) tahun ini. Masukkan saja periode dari tanggal 01/01/2020 sampai 31/03/2020, kemudian tekan enter.

Periode pajak pemotongan dipilih
Periode pajak pemotongan dipilih

Secara otomatis akan muncul “Laporan Pajak Pemotongan” pada periode yang dituju. Mudah kan?

3. “Print” dengan format yang diinginkan

Print laporan pajak pemotongan Kledo
Print laporan pajak pemotongan Kledo

Pilih format ekspor “Laporan Pajak Pemotongan” yang kawan Kledo kehendaki. Kledo menyediakannya dalam 3 (tiga) bentuk format, yaitu: Print, XLS, dan CSV.

Mudah kan pake Kledo? Simak tutorial lain terkait Laporan Pajak di sini ya!

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?