Laporan Tagihan Pelanggan

Kawan Kledo butuh “Tagihan” dari customer yang lengkap, berikut mutasi pembayaran invoice yang telah dilakukan? Kledo punya “Laporan Tagihan Pelanggan” yang bisa digunakan untuk melakukan kontrol atas pembayaran customer lho!

Tagihan Pelanggan

“Tagihan Pelanggan” merupakan dokumen yang sudah kawan Kledo buat pada menu “Penjualan” bagian “Tagihan”. Pencatatat “Penjualan” tersebut akan menghasilkan “Tagihan Penjualan” atau biasa disebut dengan invoice. Invoice merupakan dokumen tertulis yang di dalamnya berisi tagihan piutang kepada customer. Fungsi dari invoice sendiri adalah alat bukti pembelian sekaligus sebagai surat penagihan hutang pembelian. Selain itu, pada umumnya, “Tagihan Penjualan” ini berfungsi sebagai berikut:

  1. Kumpulan data mengenai barang/jasa yang dibeli customer
  2. Sebagai informasi tagihan yang harus dibayar
  3. Menjadi rujukan yang sah jika barang/jasa akan dijual lagi
  4. Rekomendasi ketika menambahkan transaksi ke pembukuan
  5. Rujukan yang resmi sebagai faktur pajak

Laporan Tagihan Pelanggan pada Kledo

“Laporan Tagihan Pelanggan” pada Kledo menampilkan seluruh invoice yang sudah dicatat ketika customer melakukan pembelian di menu “Penjualan”. Dengan adanya Kledo, tentu kawan Kledo semua tidak perlu repot untuk membuat “Laporan Tagihan Pelanggan”.

Laporan tagihan pelanggan Kledo
Laporan tagihan pelanggan Kledo

Pada Kledo, semua transaksi yang dicatat sudah dilakukan penyusunan laporan secara otomatis, sehingga bagi kawan Kledo yang tidak paham akuntansi pun, tinggal melihat “Laporan”, termasuk “Laporan Tagihan Pelanggan” bila dibutuhkan. Bagaimana cara mendapatkan “Laporan Tagihan Pelanggan” Kledo?

1. Masuk “Beranda” > klik “Laporan” > klik “Tagihan Pelanggan” pada “Penjualan”

Masuk laporan tagihan pelanggan Kledo
Masuk laporan tagihan pelanggan Kledo

Klik “Tagihan Pelanggan” pada bagian “Penjualan” ya kawan Kledo!

2. Filter “Periode”

Pilih tanggal tagihan pelanggan
Pilih tanggal tagihan pelanggan

Kawan Kledo dapat memilih tanggal “Laporan Tagihan Pelanggan” yang dibutuhkan. Pertama lakukan filter tanggal, apakah ingin melihat berdasar “Tanggal Tagihan” atau “Tanggal Jatuh Tempo”. Klik pada opsi yang dipilih ya!

Klik masukkan tanggal tagihan pelanggan Kledo
Klik masukkan tanggal tagihan pelanggan Kledo

Misal, untuk melakukan crosscheck dan analisis piutang sepanjang Q1 (kuartal pertama) tahun ini. Masukkan saja periode dari tanggal 01/01/2020 sampai 31/03/2020, kemudian tekan enter.

Periode tagihan pelanggan Kledo
Periode tagihan pelanggan Kledo

Secara otomatis akan muncul “Laporan Tagihan Pelanggan” pada periode yang dituju dengan transaksi yang lengkap. Mudah kan?

3. Klik invoice untuk melihat detail transaksi “Tagihan Pelanggan”

Lihat detail tagihan pelanggan Kledo
Lihat detail tagihan pelanggan Kledo

Kawan Kledo bisa melihat detail atas transaksi pada pelanggan dipilih atas “Laporan Umur Piutang” sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Caranya? Klik salah satu invoice yang ingin dilihat detailnya.

Detail tagihan pelanggan Kledo
Detail tagihan pelanggan Kledo

Setelah diklik, akan muncul invoice atas customer yang ditunjuk. “Laporan Tagihan Pelanggan” ini terintegrasi langsung dengan “Tagihan” untuk transaksi “Penjualan” pada Kledo.

4. “Print” dengan format yang diinginkan

Print laporan tagihan pelanggan Kledo
Print laporan tagihan pelanggan Kledo

Pilih format ekspor “Laporan Tagihan Pelanggan” yang kawan Kledo kehendaki. Kledo menyediakannya dalam 3 (tiga) bentuk format, yaitu: Print, XLS, dan CSV.

Mudah kan pake Kledo? Simak tutorial lain terkait Laporan di sini ya!

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?