Status Transaksi Biaya (Expense)

Transaksi pembelian yang dicatat pada “Biaya” akan menghasilkan expense (EXP). Status expense pada Kledo, dibedakan ke dalam 3 (tiga) bagian. Biar gak bingung, yuk bahas satu per satu!

Status Transaksi Biaya

Sebenarnya apa fungsi dari “Biaya”? Dalam bisnis, “Biaya” ini dapat diibaratkan sebagai beban dan pengeluaran bisnis, baik terkait penjualan maupun operasional, berupa pembelian barang atau jasa untuk memperoleh manfaat lebih atas aktivitas yang dilakukan tersebut. Kledo menyediakan analisa “Biaya Bulan Lalu” dalam bentuk bagan pada “Beranda”, agar Kamu dapat melakukan kontrol biaya operasional secara real time dan mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan efisiensi bisnis kapanpun dibutuhkan.

Ketika membuka “Biaya”, sebenarnya apa fungsi dari tools “Semua”, “Unpaid”, “Partial”, dan “Paid”? Ya betul, status tersebut untuk menunjukkan detail pembayaran expense yang telah Kamu lakukan.

Status biaya Kledo
Status biaya Kledo

Kolom “Semua” berisi keseluruhan list expense yang sudah dibuat, baik yang sudah dibayar (Paid), dibayar sebagian (Partial), maupun belum dibayar sama sekali/ menunggu pembayaran (Unpaid). Status didasarkan pada pembayaran yang telah Kamu lakukan dan update pencatatan pengeluran Kas & Bank atas pembayaran “Biaya” pada Kledo. Untuk langkah-langkah pencatatan pengeluaran Kas & Bank, bisa dibaca pada tutorial di sini ya!

A. Unpaid (Menunggu Pembayaran)

Status biaya Kledo unpaid
Status biaya Kledo unpaid

Status “Unpaid” ditujukan untuk semua list “Biaya” yang belum Kamu bayar sampai dengan saat ini. Expense ini sudah dibuat sebelumnya, namun Kamu belum melakukan pembayaran hingga saat ini. Dengan begitu, jumlah “Sisa Tagihan” pada expense “Unpaid” akan sama dengan “Total”.

Expense unpaid Kledo
Expense unpaid Kledo

Sebagai pemilik, Kamu wajib memperketat SOP dalam pembayaran utang usaha agar tidak menjadi beban di kemudian hari. Terus lakukan kontrol terhadap “Biaya” yang berstatus “Unpaid”. Pastikan manajemen utang usaha yang dimiliki bisnismu bagus, sehingga ke depan tidak banyak terjadi expense yang jatuh tempo, bahkan masih dengan status menunggu pembayaran yang tak kunjung dilunasi.

B. Partial (Pembayaran Sebagian)

Status biaya Kledo partial
Status biaya Kledo partial

Status pembayaran sebagian (Partial) dikhususkan untuk semua transaksi “Biaya” yang menggunakan “Termin” pada opsi “Dibayar Nanti”. Terkait dengan “Termin” pada transaksi “Biaya”, bisa kamu baca di tutorial ya.

Expense partial Kledo
Expense partial Kledo

Pada expense dengan status “Partial”, sudah ada pencatatan pembayaran sebagian yang dilakukan, baik di awal transaksi (down payment) maupun cicilan di tengah periode berjalan sebelum masuk jatuh tempo.

C. Paid (Pembayaran Penuh/ Lunas)

Status biaya Kledo paid
Status biaya Kledo paid

Status “Paid” khusus untuk transaksi expense yang benar-benar sudah dibayar penuh atau sudah dilakukan pelunasan. “Biaya” pada transaksi tersebut sudah dilunasi, sehingga “Sisa Tagihan” menjadi 0 (nol). Secara akuntansi, apabila expense sudah dilunasi, maka utang usaha atas transaksi”Biaya” tersebut sudah habis. Semua pembayaran telah dilakukan dan diakui pada Kas & Bank.

Expense paid Kledo
Expense paid Kledo

Utang usaha dapat dikelola dengan baik, apabila memiliki SOP dan manajemen utang yang baik pula. Tentu saja, tidak berpengaruh pada besar kecilnya jenis usaha yang Kamu jalankan. Kledo sudah didesain sedemikian rupa, agar Kamu dapat melakukan kontrol dengan mudah, secara real time, untuk setiap transaksi “Biaya” yang terjadi.

Mudah bukan menggunakan Kledo? Jika ada pertanyaan, jangan ragu buat hubungi Kami ya!

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?