Loading...
Loading...

Cara Mencatat Proses Produksi dan Menjual Produk Manufaktur

Kembali Tutorial

Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis yang bergerak di bidang manufaktur, Kawan Kledo bisa lho mencatat proses produksi dan menjual produk manufaktur di Kledo. Di sini akan dibahas mengani cara mencatat proses produksi dan menjual produk manufaktur.

Ada beberapa tahan yang harus dilakukan untuk mencatat proses produksi dan menjual produk manufaktur. Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membaca penjelasan di bawah ini:

Mencatat Bahan Baku

Sebelum melakukan pencatatan proses produksi dan menjual produk manufaktur, Kawan Kledo harus mengetahui bahwa proses ini melibatkan beberapa bahan baku. Sebagai contoh di sini adalah meja dimana meja ini memiliki dua bahan baku yaitu cat dan kayu.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Kawan Kledo mengetahui bahan baku yang dibutuhkan dan lakukan pencatatan bahan baku ini. Setelah itu, Kawan Kledo dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik Menu “Produk” > Pilih “Tambah Produk”

cara mencacat proses produksi

Langkah pertama yang harus Kawan Kledo lakukan adalah dengan klik menu “Produk” kemudian pilih “Tambah Produk.

2. Buat Kategori Baru dengan Klik “Tambah Produk” dan Klik “Tambah Kategori”

cara mencacat proses produksi

Setelah klik “Tambah Produk” akan ada 3 (tiga pilihan) di bawah menu “Tambah Produk”. Kawan Kledo bisa memilih pilihan “Tambah Produk” yang ada di pilihan paling atas. Setelah itu Kawan Kledo bisa memilih “Tambah Kategori”.

3. Isi Data-Data yang Ada di Tambah Kategori

cara mencacat proses produksi

Isilah data-data yang ada di bagian Tambah Kategori, misalnya Kawan Kledo memberi nama “Bahan Baku” pada bagian “Kategori”. Sedangkan untuk bagian nama Kawan Kledo dapat mengisi nama bahan baku yang pertama yaitu cat dan isi juga data-data lain yang diperlukan.

Hal ini dilakukan agar produk dapat terintegrasi dengan menu Persediaan.

4. Aktifkan Bagian “Saya melacak inventori item ini”

manufaktur

Setelah mengisi data-data yang ada di bagian “Tambah Kategori”, jangan lupa untuk mengaktifkan bagian “Saya melacak inventori item ini”.

5. Klik Tambah untuk Menyimpan

manufaktur

Jika sudah selesai mengisi data dan mengaktifkan bagian di atas, klik “Tambah” untuk menyimpan.

Lakukan cara yang sama untuk semua produk yang masuk ke dalam kategori “Bahan Baku” baik itu cat, kayu, atau bahan baku lainnya yang digunakan.

Membuat Produk Manufaktur

Setelah Kawan Kledo selesai menambahkan kategori produk bahan baku, Kawan Kledo bisa langsung membuat produk manufaktur. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik “Produk” > Pilih “Produk Manufaktur”

manufaktur

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat produk manufaktur adalah klik “Produk” dan pilih “Produk Manufaktur”.

2. Buat Kategori Baru dan Klik “Tambah Kategori”

membuat produk manufaktur

Kawan Kledo dapat membuat kategori produk dan klik bagian “Tambah Kategori”. Misalnya adalah membuat “Produk Jadi”. Isi nama produknya yaitu meja dan pilih satuan produk. Setelah itu masukan harga beli produk dan harga jual produk manufaktur atau Kawan Kledo juga bisa mengosongkan bagian ini.

3. Pilih Produk “Bahan Baku” yang Digunakan

manufaktur

Selanjutnya adalah memilih produk “Bahan Baku” yang digunakan. Misalnya di sini adalah cat. Masukan kuantitas cat yang diperlukan, misalnya 5 (lima). Kawan Kledo dapat menambah baris dengan klik “Tambah Baris” dan pilih bahan baku yang kedua dan lakukan hal yang sama seperti cara pertama tadi.

4. Tambahkan Biaya Produksi Jika Diperlukan

cara mencatat proses produksi dan membuat produk manufaktur

Klik “Tambah Baris” untuk menambahkan biaya produksi jika diperlukan. Kemudian pilih Akun Biaya yang Digunakan dan Nominal Biaya. Jika biaya yang digunakan lebih dari satu, klik “Tambah Baris”.

5. Lakukan Penyimpanan Jika Semua Informasi Telah Sesuai

cara mencatat proses produksi dan membuat produk manufaktur

Jika semua informasi telah sesuai Kawan Kledo bisa langsung melakukan penyimpanan dengan klik “Simpan”.

Setelah selesai Kawan Kledo bisa melakukan konversi produk dengan cara konversi produk, kemudian isi data-data yang ada di bawahnya sesuai dnegan data yang Kawan Kledo miliki.

produk manufaktur

Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo dapat mengikuti langkah-langkah yang ada di video berikut ini:

Kawan Kledo mengalami kesulitan? Yuk hubungi Tim Hebat Kledo sekarang juga!