Perusahaan Manufaktur: Pengertian, Proses Bisnis & Tips Mendirikannya

manufaktur

Perusahaan manufaktur memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Perusahaan memberikan kontribusi pendapatan yang besar bagi negara baik melalui pajak atau kontrak lainnya.

Karena ukurannya, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur juga memiliki daya serap tenaga kerja yang besar, sehingga dapat mengurangi pengangguran.

Ingin mengetahui lebih jauh apa itu perusahaan manufaktur atau ingin membangun bisnis manufaktur tapi tidak memiliki modal? Artikel ini akan memberikan Anda pemahaman lebih jauh mengenai bisnis manufaktur dan cara sukses dalam mengembangkannya.

Pengertian Manufaktur

perusahaan manufaktur

Manufaktur adalah produksi barang melalui penggunaan tenaga kerja, mesin, peralatan dan pemrosesan atau formulasi biologis atau kimia.

Manufaktur dapat berarti mengubah bahan mentah menjadi barang jadi dalam skala besar, atau menciptakan barang-barang yang lebih kompleks dengan menjual barang-barang dasar ke produsen untuk produksi barang-barang seperti mobil, pesawat terbang, atau peralatan rumah tangga.

Bahan baku diubah menjadi produk jadi melalui rekayasa manufaktur atau proses manufaktur. Proses ini dimulai dengan desain produk dan pemilihan bahan. Bahan dimodifikasi selama berbagai proses manufaktur untuk membuat produk jadi.

Manufaktur sendiri memiliki arti yang berbeda dengan produksi, produksi sendiri memiliki arti yang lebih luas yaitu proses pengolahan bahan mentah menjadi suatu produk seperti gas, cair atau padat. Sedangkan manufaktur adalah proses pengolahan bahan mentah menjadi suatu produk dalam bentuk padat.

Manufaktur adalah istilah yang mengacu pada proses mengubah bahan mentah, komponen, atau suku cadang menjadi barang jadi yang memenuhi harapan atau spesifikasi pelanggan. Istilah ini dapat digunakan untuk aktivitas manusia, mulai dari kerajinan tangan hingga produksi berteknologi tinggi.

Perusahaan manufaktur dalam setiap pekerjaan atau kegiatan operasionalnya memiliki acuan dan standar dasar yang digunakan oleh karyawan, biasanya acuan standar tersebut disebut SOP (Standard Operating Procedure).

Apa Saja Jenis Perusahaan Manufaktur?

perusahaan manufaktur

Pada intinya, manufaktur adalah proses yang sederhana; bahan baku atau bagian komponen dibeli dan kemudian diubah menjadi produk jadi.

Namun, agar berhasil, produsen harus mampu menutupi biaya pembuatan produk, memenuhi permintaan dan menciptakan produk yang diinginkan pasar.

Ada tiga jenis proses produksi manufaktur; make to stock (MTS), make to order (MTO) dan make to assemble (MTA).

Ketiga jenis proses manufaktur ini bekerja sebagai berikut:

Make-To-Stock (MTS)

Dalam sistem ini sebuah pabrik memproduksi barang-barang yang disimpan dalam persediaan di toko-toko.

Artinya, pasar untuk barang tersebut perlu diprediksi agar barang tersebut dapat diproduksi terlebih dahulu siap untuk konsumen.

Namun, memproduksi terlalu banyak dapat meningkatkan risiko akan kelebihan stok harus dijual dan berdampak pada kerugian.

Sementara memproduksi terlalu sedikit dapat meningkatkan risiko bahwa bisnis melewatkan permintaan pasar dan menghilangkan potensi keuntungan.

Make-To-Order (MTO)

Metode make to order memungkinkan produsen untuk menunggu sampai pesanan diterima sebelum produksi dimulai.

Ini membuatnya lebih mudah untuk mengelola inventori atau persediaan dan bereaksi terhadap permintaan pasar.

Namun, pelanggan harus menunggu produk mereka diproduksi dan pabrikan akan membutuhkan aliran pesanan yang stabil agar pabrik tetap berproduksi dan menguntungkan.

Make-To-Assemble (MTA)

Cara ini hampir sama dengan make to stock, hanya saja pabrik akan memproduksi suku cadang untuk mengantisipasi pesanan perakitan.

Ini berarti bahwa pabrikan siap memenuhi pesanan yang terjadi, tetapi berpotensi meninggalkan stok suku cadang yang tidak diinginkan jika tidak ada permintaan.

Seperti yang ditunjukkan di atas, semua jenis manufaktur ini memiliki risiko sendiri terkait dengan penawaran dan permintaan.

Memproduksi terlalu banyak akan menyebabkan penurunan harga dan keuntungan.

Menghasilkan terlalu sedikit maka pelanggan akan pergi ke tempat lain dan berpotensi kehilangan keuntungan. Kontrol kualitas juga merupakan aspek penting dari setiap proses manufaktur untuk melindungi citra merek dan produk Anda.

Perusahaan manufaktur yang sukses membutuhkan perpaduan yang baik antara manajemen penjualan, manajemen stok, kontrol kualitas, dan penetapan biaya produksi.

Proses yang Wajib Anda dalam Perusahaan Manufaktur

industri

Setelah mengetahu pengertian umum tentang manufaktur dan beberapa jenis perusahaan manufaktur, selanjutnya adalah mengetahi proses bisnisnya.

Berikut beberapa proses bisnis di perusahaan manufaktur :

Proses pengadaan

Ini merupakan proses bisnis terkait pengadaan barang dan kebutuhan lainnya dalam membantu keberlangsungan bisnis.

Tidak hanya material atau bahan baku, tetapi juga mencakup suku cadang, alat kesehatan, peralatan kebersihan, kebutuhan bangunan, kebutuhan karyawan, alat pertukangan, serta bahan dan komponen lainnya.

Proses ini membutuhkan kelengkapan serta efisiensi dan efektifitas dalam pemilihan item-item tersebut.

Proses pengelolaan persediaan

Mengingat proses bisnis yang mengolah bahan mentah menjadi produk siap pakai, otomatis akan banyak barang atau bahan yang masuk dan keluar perusahaan.

Pengelolaan persediaan atau inventori merupakan proses bisnis yang menangani keluar masuknya barang-barang tersebut, kuncinya adalah pengendalian arus barang.

Proses produksi

Fungsi proses produksi adalah mengolah bahan mentah menjadi barang jadi dan dapat dijual kepada konsumen.

Pada kenyataannya, ada pembagian yang lebih luas tergantung pada kebutuhan industri. Misalnya divisi PPIC (Production Planning and Inventory Control), RD (pengembangan dan riset), dan juga QC (Quality Control).

Penjualan dan pemasaran

Fungsi dari divisi ini adalah melakukan penjualan dan pemasaran untuk mendapatkan keuntungan.

Misalnya biaya pemasaran seperti biaya promosi, biaya transportasi, biaya sewa gudang, biaya gaji karyawan pada saat karyawan sedang melakukan promosi produk.

Administrasi

Divisi ini bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan, arahan, dan pengawasan agar kegiatan yang berlangsung lebih efektif dan efisien.

Misalnya pada departemen ini terdapat beberapa biaya seperti biaya akuntansi, biaya karyawan, biaya gaji karyawan dan lain-lain.

Akuntansi dan Keuangan

Akuntansi dan keuangan memastikan keuangan badan usaha sehat dan mampu memenuhi kebutuhan produksi, serta pengendalian utang.

Selain itu, seorang akuntan khususnya memiliki kewajiban untuk mengatur pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada pemerintah.

Proses ini merupakan proses yang sangat penting, tidak hanya bagi bisnis manufaktur tapi semua jenis bisnis. Ingatlah, keuangan adalah darah dalam setiap bisnis. Tanpa keuangan yang baik, bisnis tidak akan hidup.

Terlebih pada perusahaan manufaktur yang memiliki karakteristik pencatatan dan pembukuan yang unik. Sebisa mungkin hindari proses pencatatan akuntansi secara manual yang memakan waktu dan memiliki risiko dalam kesalahan pencatatan yang akan berakibat fatal.

Ada baiknya jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur, gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur manufaktur yang mudah digunakan dengan harga terjangkau, salah satunya Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang cocok digunakan untuk setiap jenis bisnis di Indonesia, termasuk untuk perusahaan manufaktur.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan akuntansi, pembuatan dan pemantauan laporan keuangan, melakukan manajemen inventori dan membuat keputusan bisnis terbaik dimanapund dan kapanpun Anda mau.

Tertarik menggunakan Kledo? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Bagaimana Membangun Perusahaan Manufaktur dengan Modal Pas-pasan?

industri

Memulai sebuah perusahaan manufaktur memang bukanlah tugas yang mudah. Cukup banyak usaha dan modal untuk membangun perusahaan manufaktur yang sukses.

Kurangnya dana adalah salah satu faktor penyebab mengapa orang tidak mencoba peruntungan di bidang manufaktur. Banyak pengusaha tidak memiliki pengetahuan yang memadai untuk bermanuver di sekitar industri yang kompetitif ini dengan sedikit atau tanpa dana.

Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis manufaktur dengan modal yang sedikit:

Lakukan penelitian

Penelitian sangat penting untuk setiap bisnis agar berhasil. Anda harus melakukan penelitian menyeluruh pada produk dan pasar.

Ini akan membuat Anda menghemat biaya saat memulai dengan menggunakan jumlah uang yang tepat untuk memulai dan berinvestasi dengan bijak agar menghindari kerugian.

Lakukan penelitian kritis pada produk pesaing Anda untuk menemukan celah. Lalu perbaiki kekurangan mereka dan buat itu bekerja untuk menghasilakan keuntungan dan meraih lebih banyak klien.

Pelajari berbagai cara untuk membuat produk Anda lebih baik dan unik. Kawan kledo dapat mencari seorang mentor untuk membimbing dalam perjalanan bisnis Anda.

Mulai dengan kemitraan

Menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan adalah penting. Memulai bisnis manufaktur sendiri tidaklah mudah. Itu karena Anda harus berurusan dengan perusahaan yang lebih dulu sukses sehingga Anda tidak dapat mengalahkan kekuatan finansial mereka.

Oleh karena itu, penting untuk menghasilkan nilai jual yang baik agar mereka tertarik untuk menjalin kemitraan dengan Anda.

Mereka mungkin memiliki peralatan yang Anda butuhkan tetapi tidak memiliki produk yang Anda tawarkan.

Mitra Anda tidak harus menjadi perusahaan manufaktur juga. Anda selalu dapat mempertimbangkan untuk berbisnis dengan perusahaan branding atau pemasaran juga.

Cara terbaik untuk menghindari penggunaan uang saat mendekati calon mitra adalah dengan memilih untuk bekerja dengan komisi.

Anda dapat memutuskan untuk menawarkan persentase tertentu dari setiap penjualan yang Anda lakukan sehingga menghemat uang yang akan Anda gunakan untuk pengeluaran.

Berikut adalah skenario sempurna tentang cara kerja metode ini; jika Anda tertarik untuk membuka perusahaan manufaktur sepatu, Anda dapat mendaftarkan merek dafang dan desain Anda.

Anda kemudian dapat berbagi desain dengan perusahaan sepatu yang sudah mapan dan bekerja untuk membagi keuntungan setelah terjual.

Memiliki kemitraan adalah salah satu cara terbaik untuk memulai bisnis tanpa uang.

Cari pendanaan untuk perusahaan manufaktur Anda

Pendanaan adalah cara lain yang populer untuk memulai bisnis manufaktur Anda dengan modal yang sedikit.

Ini adalah cara untuk memasukkan pihak ketiga atau investor ke bisnis Anda. Saat menggunakan metode ini, kemungkinan besar Anda harus menyerahkan sebagian saham dari bisnis Anda kepada perusahaan atau individu lain.

Orang yang tertarik akan dapat membeli saham di perusahaan Anda. Bergantung pada seberapa banyak mereka telah berinvestasi, mereka juga berhak membantu Anda dalam pengambilan keputusan penting terkait bisnis Anda.

Dianjurkan untuk menjual ide Anda kepada orang-orang di industri manufaktur. Mereka juga dapat menjadi penasihat penting untuk memfasilitasi pertumbuhan bisnis Anda.

Di bawah ini adalah berbagai cara yang membantu Anda mencari dana untuk bisnis Anda

Anda dapat mendaftar di pusat inkubasi, dan setelah berhasil, mereka akan membimbing dan membantu bisnis Anda secara finansial sampai Anda cukup stabil untuk melanjutkan bisnis Anda sendiri.

Cara lain yang bisa Anda pilih adalah seperti menggunakan metode crowdfunding untuk mencari bantuan keuangan.

Atau mengajukan pinjaman cepat- jika ide bisnis kawan Kledo sangat layak dan berpotensi mengembalikan investasi dengan cukup cepat, Anda selalu dapat mengajukan pinjaman.

Beberapa lembaga keuangan tidak memiliki pemeriksaan kredit; karenanya, Anda dapat mengakses pinjaman Anda dengan cepat.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang cara dan tips mencari investor pada bisnis, Anda dapat memacanya melalui tautan ini.

Memiliki rencana kerja yang matang

Daripada membabi buta memulai bisnis, gunakan banyak waktu Anda dalam menciptakan strategi dan berbagai cara penerapannya. Memiliki rencana akan membuat bisnis Anda terhindar dari banyak masalah di sepanjang jalan.

Rencana yang baik akan menarik angel investor untuk berinvestasi di perusahaan Anda karena keseriusan dan potensi yang akan mereka lihat dalam diri Anda.

Sebuah rencana akan membuat Anda mudah memperkirakan beberapa kemungkinan masalah yang mungkin timbul. Ini akan membuat Anda siap sehingga menghemat uang yang kawan Kledo miliki dengan menghindari masalah yang sama.

Identifikasi pendorong industri yang mungkin bisa Anda jadikan parameter dan masukan saan saat membuat rencana Anda. Mereka akan menawarkan feedback penting yang diperlukan saat membuat entri ke bidang baru.

Membangun networking dengan orang lain

Bertemu dengan orang yang tepat juga memainkan peran penting untuk memfasilitasi pembiayaan yang mudah dan memulaiperusahaan manufaktur dangan modal yang terbatas.

Cara sempurna untuk berjejaring adalah dengan bergabung di jejaring sosial dan forum yang memiliki orang-orang dengan minat yang sama. Sangat dianjurkan untuk menghadiri konferensi dan acara bisnis sebanyak mungkin.

Dekati pemodal ventura dan bagikan ide bisnis kawan Kledo dengan mereka.

Jaringan tidak hanya akan memberi Anda modal awal yang sangat dibutuhkan, tetapi juga dapat memberi Anda kontak yang diperlukan yang mungkin membantu ketika Anda terjebak nanti dalam usaha Anda.

Networking akan membantu Anda membangun reputasi dan mendapatkan referensi dari orang-orang yang Anda temui.

Orang-orang yang Anda temui juga akan berbagi pengetahuan berharga dengan Anda untuk membantu bisnis Anda berkembang serta mendapatkan peluang kemitraan.

Networking juga adakan menjadi hubungan bisnis penting yang akan membantu Anda sepanjang perjalanan bisnis Anda.

Untuk mengetahui apa yang bisa Kledo lakukan untuk membantu pengembangan bisnis manufaktur, Anda dapat melihatnya melalui halaman ini.

Kesimpulan

Tidak ada jalan pintas untuk membangun bisnis yang sukses, termasuk saat Anda membangun perusahaan manufaktur. Namun, tidak ada impian yang terlalu besar untuk diwujudkan jika dibarengin dengan komitmen dan perencanaan yang baik.

Untuk mendirikan perusahaan manufaktur akan mengharuskan Anda mengikuti beberapa cara yang disebutkan di atas untuk membantu Anda menggunakan uang sesedikit mungkin.

Namun, Anda harus bersedia mengambil langkah kecil dan terus beradaptasi terhadap hal baru untuk berhasil. Ini akan membuat Anda memiliki ketekunan untuk memulai bisnis Anda.

Pastikan Anda mengetahui setiap keputusan bisnis yang Anda ambil bedasarkan data yang konkret dan faktul. Salah satu data yang sangat berguna adalah data keuangan.

Untuk pengelolaan data keuangan yang baik, Anda pun harus menggunakan sistem akuntansi yang baik juga, contohnya menggunakan software akuntansi Kledo yang bisa Anda gunakan dengan mudah, kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencona menggunakan software akuntansi kledo secara gratis melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 4 =