Cara Mengembalikan Penyusutan

Penyusutan otomatis sudah dijalankan? Kawan Kledo mau batalin jurnal dan kembalikan seperti semula? Bisa kok, Kledo bisa batalin jurnal penyusutan yang udah dijalankan. Gimana caranya?

Mengembalikan Penyusutan

Belum ingin mengakui beban depresiasi dan ingin membatalkan jurnal “Penyusutan” yang sudah dijalankan? Tentu saja kawan Kledo bisa melakukannya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka “Aset Tetap” > klik status “Registered” > pilih “Aset Tetap” yang akan dikembalikan “Penyusutan”

Cari aset tetap akan dikembalikan penyusutannya
Cari aset tetap akan dikembalikan penyusutannya

Pilih “Aset Tetap” yang telah disusutkan dan akan dibatalkan penyusutannya. Kemudian, klik aset tersebut untuk membuka keseluruhan detail “Aset Tetap” yang dimaksud.

2. Buka “Aset Tetap” > klik tools “Setting” di samping “Print” > klik “Kembalikan Penyusutan”

Kembalikan penyusutan aset tetap Kledo
Kembalikan penyusutan aset tetap Kledo

Sebelum klik “Kembalikan Penyusutan”, periksa sekali lagi apakah ini yang mau dibatalkan. Jika sudah, langsung klik “Ok” ya!

3. Selesai, “Penyusutan” berhasil dikembalikan!

Penyusutan telah dikembalikan
Penyusutan telah dikembalikan

Setelah disimpan, kawan Kledo akan mendapatkan “Aset Tetap” untuk transaksi yang baru dengan “Nomor” sama, namun ada perubahan. Pada “Transaksi” sudah tidak ada jurnal terkait “Penyusutan”. Kawan Kledo juga akan mendapatkan notifikasi yang menyatakan penyusutan berhasil dikembalikan.

Perlu diingat bahwa pengembalian “Penyusutan” juga akan berpengaruh pada jurnal dan laporan terkait. Lebih baik pikirkan sekali lagi jika akan melakukan tindakan ini ya, kawan Kledo! Pastikan bahwa pembatalan benar-benar bersifat urgent dan sangat perlu untuk dilakukan.

Tutorial lain terkait aset tetap bisa dibaca di sini ya! Selamat menggunakan Kledo, kawan Keldo 🙂

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?