Cara Menjual/Melepas Aset Tetap

Aset yang sudah didaftarkan mau dijual? Gimana cara pengakuannya? Simak tutorial berikut ya, kawan Kledo!

Menjual/Melepas Aset Tetap

Dalam kondisi tertentu, ada kalanya perusahaan berada dalam keadaan yang mengharuskan menjual/melepas asetnya. Misal, kawan Kledo ingin melakukan upgrade atas “Aset Tetap” yang dimiliki, atau kepepet membutuhkan dana untuk membayar utang sehingga harus menjual beberapa “Aset Tetap” yang dimiliki, mungkin ingin mengalihkannya untuk melakukan beberapa investasi lain, tiba-tiba ada bencana menyebabkan aset tersebut rusak sehingga harus ganti baru, dan lain sebagainya.

Ketika melakukan penjualan/pelepasan aset, menurut ilmu akuntansi, kawan Kledo harus melakukan beberapa penyesuaian untuk mencatat transaksi tersebut. Yang pertama melakukan jurnal terkait depresiasi, kemudian yang kedua terkait penghapusan “Aset Tetap”. Tapi, kawan Kledo tidak usah khawatir, Kledo dapat melakukan hal tersebut secara otomatis. Yang perlu dilakukan hanya pengakuan atas menjual/melepas atas “Aset Tetap” tersebut.

Gimana cara menjual/melepas “Aset Tetap”?

1. Buka “Aset Tetap” > klik status “Registered” > pilih “Aset Tetap” yang akan dijual/dilepas

Cari aset tetap akan dijual/lepas
Cari aset tetap akan dijual/lepas

Bisa “Aset Tetap” yang sudah lama dibuat, maupun yang baru saja dibuat. Kalo udah ketemu tinggal klik agar “Aset Tetap” tersebut terbuka ya. Yang bisa dijual/lepas hanya “Aset Tetap” yang sudah masuk dalam status “Registered”.

2. Buka “Aset Tetap” > klik tools “Setting” di samping “Print” > klik “Lepas/Jual”

Lepas/jual aset tetap Kledo
Lepas/jual aset tetap Kledo

Setelah masuk ke detail “Aset Tetap” klik tombol setting di sebelah “Print”, kemudian klik “Lepas/Jual” untuk mencatat adanya transaksi menjual/melepas aset.

3. Isikan form “Lepas/Jual” > klik tombol “Lepas/Jual”

Form lepas/jual aset tetap Kledo
Form lepas/jual aset tetap Kledo

Karena untuk kolom yang lain sudah terisi secara otomatis, menyesuaikan detail pada saat penambahan aset, isikan data yang dibutuhkan pada fom “Lepas/Jual” untuk transaksi “Aset Tetap” Kledo sebagai berikut:

  1. Tanggal Pelepasan. Pilih tanggal terjadinya transaksi penjualan/pelepasan aset.
  2. Harga Penjualan/Pelepasan. Tuliskan nominal yang telah disepakati atas transaksi penjualan/pelepasan aset.
  3. Deposit ke akun. Pilih akun untuk mengakui penjualan/pelepasan aset tersebut (misal: Piutang Usaha).
  4. Reference. Tidak wajib di isi.
  5. Akun kerugian pada pelepasan/penjualan. Jika terdapat keuntungan/kerugian atas pelepasan/penjualan aset, pilih akun untuk mengakui untung/rugi tersebut (akun normal: (Laba)/Rugi Pelepasan Aset Tetap).

Pastikan sekali lagi untuk meminimalisir kesalahan. Jika udah, langsung klik tombol berwarna biru “Lepas/Jual” ya, kawan Kledo!

4. Selesai, “Aset Tetap” berhasil dijual/dilepas!

Aset berhasil dijual/dilepas
Aset berhasil dijual/dilepas

Kalo udah berhasil, akan muncul notifikasi “Aset berhasil dijual/dilepas”. Periksa dan pikirkan kembali sebelum memutuskan mencatat pengakuan penjualan atau pelapasan “Aset Tetap” ya, kawan Kledo!

Detail jurnal disposal aset tetap Kledo
Detail jurnal disposal aset tetap Kledo

Untuk detail jurnal pencatatan disposal “Aset Tetap” bisa kawan Kledo lihat di bagian paling bawah transaksi dengan deskripsi “Asset Disposal”.

Mengembalikan Aset Tetap yang telah Dijual/Dilepas

Seluruh transaksi penjualan/pelepasan “Aset Tetap” akan masuk ke dalam daftar “Sold/Disposed” pada “Aset Tetap”. Selain dapat menghapusnya, dalam beberapa kondisi, apabila ditemukan pembatalan terjadinya transaksi penjualan, “Aset Tetap” yang sudah dijual/dilepas bisa dikembalikan lagi kok.

Sold/disposal aset tetap Kledo
Sold/disposal aset tetap Kledo

Klik transaksi yang ingin dikembalikan pada status “Sold/Disposed” dalam menu “Aset Tetap”.

Detail transaksi aset tetap telah dijual
Detail transaksi aset tetap telah dijual

Setelah masuk ke detail “Aset Tetap” yang telah dijual/dilepas klik tombol setting di sebelah “Print”, kemudian klik “Kembalikan Pelepasan” untuk mengembalikan “Aset Tetap” dan membatalkan pencatatan transaksi menjual/melepas aset. Jika sudah, langsung klik “Ok” ya, kawan Kledo!

Pelepasan aset tetap Kledo berhasil dibatalkan
Pelepasan aset tetap Kledo berhasil dibatalkan

Kawan Kledo akan medapatkan pemberitahuan “Pelepasan aset tetap berhasil dibatalkan” dan “Aset Tetap” tersebut akan kembali pada status “Registered”.

Yang perlu diingat, “Aset Tetap” yang dicatat melalui menu “Pembelian” pada “Tagihan Pembelian” akan masuk ke dalam status “Draft”. Untuk menjual/melepasnya, kawan Kledo perlu mendaftarkannya terlebih dahulu masuk ke dalam status “Registered”. Hal ini dikarenakan, “Aset Tetap” dalam status “Draft” tidak bisa dijual/dilepas secara langsung begitu saja.

Gampang kan mencatat pelepasan aset pada Kledo? Jika ada yang ingin ditanyakan bisa hubungi Tim Hebat Kledo ya!

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?