Cara Melihat Detail Aset Tetap

Kledo juga menyediakan fitur “Aset Tetap” khusus untuk mencatat aset yang dimiliki oleh kawan Kledo, beserta penyusutannya. Gimana cara melihat detail “Aset Tetap” pada Kledo?

Aset Tetap

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan “Aset Tetap”? Dalam ilmu akuntansi, “Aset Tetap” merupakan aset berwujud yang dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan sebagai pendukung kegiatan produksi, baik barang atau jasa, dan untuk tujuan administratif, dalam bentuk tanah, properti, alat transportasi, maupun perlengkapan dan peralatan. “Aset Tetap” ini berbeda dengan “Properti Investasi” dari segi tujuan kepemilikan, karena “Aset Tetap” benar-benar dikhususkan sebagai pendukung kegiatan operasional perusahaan.

Pencatatan “Aset Tetap” ini tidak berdiri sendiri dalam pengakuan aset, kawan Kledo juga harus mengakui sumber dana yang digunakan dalam transaksi kepemilikan aset, pencatatan penyusutan, serta jurnal kontra dari “Aset Tetap” akumulasi penyusutan. Belum lagi jika terjadi pelepasan “Aset Tetap”, ada beberapa tahap yang harus diperhatikan sebagai dasar pengakuan pelepasan aset. Tapi tenang, Kledo sudah didesain sedemikian rupa agar mudah digunakan dan dipahami, walaupun kawan Kledo tidak paham akuntansi. Tutorial lain terkait “Aset Tetap” bisa dibaca di sini ya!

Akun aset tetap Kledo

Kledo sudah menyediakan akun yang sangat lengkap terkait “Aset Tetap”, yang tentu saja bisa kawan Kledo manfaatkan untuk mencatat pengakuan aset.

Cara Melihat Detail Aset Tetap

Bagaimana cara melihat detail “Aset Tetap”? Pertama-tama, yuk masuk ke menu “Aset Tetap”!

Aset Tetap Kledo
Aset Tetap Kledo

Kawan Kledo harus masuk ke “Beranda” terlebih dulu. Sudah masuk Kledo kan? Klik “Aset Tetap” ya selanjutnya. Kawan Kledo akan mendapatkan tampilan “Aset Tetap” seperti pada gambar di atas. Terdapat 3 (tiga) status “Aset Tetap” Kledo, yaitu:

Draft

Status draft aset tetap Kledo
Status draft aset tetap Kledo

Status “Draft” dalam “Aset Tetap” merupakan pencatatan atas penambahan “Aset Tetap” yang dilakukan melalui menu “Pembelian” yaitu pada “Tagihan Pembelian”. Kepemilikan “Aset Tetap” yang masuk dalam status “Draft” belum jelas, ada beberapa detail yang perlu kawan Kledo lengkapi.

Draft aset tetap Kledo belum lengkap
Draft aset tetap Kledo belum lengkap

Aset dalam status “Draft” adalah “Aset Tetap” yang belum aktif, baru dibeli, tapi tidak terdaftar. Oleh karena itu, kawan Kledo perlu mendaftarkan “Aset Tetap” yang masih dalam status “Draft” tersebut, agar masuk ke dalam daftar aset perusahaan.

Registered

Aset registered sudah lengkap
Aset registered sudah lengkap

Status “Registered” pada “Aset Tetap” merupakan pencatatan “Aset Tetap” yang berasal dari “Tambah Aset Tetap” dan hasil “Aset Tetap” didaftarkan status “Draft”. Di status “Registered” inilah “Aset Tetap” perusahaan diakui sebagai daftar kepemilikan aset yang sah. Detail “Aset Tetap” sudah lengkap dan terisi dengan jelas.

Status registered aset tetap Kledo
Status registered aset tetap Kledo

Tidak hanya terkait informasi kepemilikan “Aset Tetap” pada “Detail”, bahkan dasar “Penyusutan” atas aset pun sudah lengkap, dan setiap “Transaksi” yang berkaitan dengan “Aset Tetap” tersebut sudah tercatat pada jurnal yang semestinya. Kawan Kledo juga bisa melakukan perubahan, penghapusan, penghentian “Penyusutan” berjalan, bahkan pelepasan/penjualan atas “Aset Tetap”. Memang, aset yang ada di status “Registered” ini sudah menjadi hak milik kawan Kledo.

Sold/Disposed

Status sold / disposed aset tetap Kledo
Status sold / disposed aset tetap Kledo

Status “Sold/Disposed” pada “Aset Tetap” merupakan pencatatan atas pelepasan atau penjualan aset. Semua penjualan atau pelepasan “Aset Tetap” yang terjadi akan masuk dalam status ini. Tentu penjualan aset bisa terjadi apabila “Aset Tetap” tersebut sudah masuk dalam daftar aset di status “Registered” ya, kawan Kledo!

Aset tetap pada status disposed telah dijual/dilepaskan
Aset tetap pada status disposed telah dijual/dilepaskan

Penjualan atau pelepasan “Aset Tetap” pada status “Sold/Disposed” ini diperjelas dengan detail “Pelepasan/Penjualan” dan adanya jurnal “asset disposal” pada bagian paling bawah “Transaksi”. Kawan Kledo dapat melihat detail aset yang telah dijual/dilepaskan dengan jelas dan lengkap. Informasi pada status ini bisa terus dipertahankan, dalam artian bisa terus ada, hingga kawan Kledo menghapusnya. Atau jika penjualan atas aset dibatalkan, dan “Aset Tetap” akan kembali masuk ke daftar status “Registered”.

Untuk tutorial terkait aset tetap yang lebih lengkap bisa kawan Kledo lihat di sini ya! Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi Tim Hebat Kledo 🙂

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?