10 Contoh Surat Penawaran Kerjasama yang Wajib Diketahui Pebisnis

Buat Kawan Kledo yang saat ini berkecimpung di dunia bisnis pasti sangat mengerti bahwa bisnis bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara sendirian. Kawan Kledo perlu melakukan kerjasama agar bisnis yang sedang dijalankan akan semakin kuat dan menghasilkan laba yang semakin besar. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana sih caranya menjalin kerjasama ini? Kawan Kledo yang masih baru di dunia bisnis pasti merasa bingung ketika harus mencari pihak yang akan diajak kerjasama, termasuk bagaimana cara mengajukan kerjasama ini. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajukan surat penawaran kerjasama. Surat penawaran kerjasama merupakan langkah komunikasi awal sebelum pihak-pihak melakukan kerjasama. Buat Kawan Kledo yang penasaran dengan pembuatan surat penawaran kerjasama ini, pastikan membaca artikel ini hingga selesai. Selamat membaca!

Pengertian Surat Penawaran Kerjasama

surat penawaran kerjasama

Seperti yang telah dijelaskan di atas, surat penawaran kerjasama merupakan surat penawaran yang dibuat dalam rangka mengajukan kerjasama dengan suatu pihak. Surat ini merupakan komunikasi awal yang dilakukan sebelum pihak-pihak menjalin kerjasama. Tidak hanya itu, surat penawaran kerjasama ini juga memiliki fungsi sebagai bentuk penawaran yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Berikut beberapa hal yang harus Kawan Kledo perhatikan dalam penulisan surat penawaran kerjasama:

  1. Dalam penulisannya, surat penawaran kerjasama harus menggunakan bahasa resmi. Penulisannya juga harus singkat, padat, dan jelas langsung ada intinya.
  2. Cantumkan identitas perusahaan atau lembaga yang mengirimkan surat.
  3. Jelaskan secara rinci penawaran apa yang ditawarkan di dalam surat.
  4. Cantumkan alamat pengirim dengan sejelas-jelasnya.
  5. Tulislah nama lengkap disertai tanda tangan dan stempel sebagai bukti legalitas.

Fungsi Surat Penawaran Kerjasama

Dilihat dari pengertian surat penawaran kerjasama, pastinya surat jenis ini memiliki fungsi utama yaitu untuk menawarkan kerjasama kepada suatu pihak. Nah, selain itu apa sih fungsi lainnya dari surat penawaran kerjasama ini?

  1. Untuk memperkenalkan produk kepada pihak yang akan diajak kerjasama.
  2. Memperkenalkan kelebihan dan keuntungan yang akan didapatkan jika bekerja sama dengan pihak tersebut.
  3. Sebagai komunikasi awal adanya kerjasama antar pihak.
  4. Memperluas jaringan bisnis .

Ciri-Ciri Surat Penawaran Kerjasama

Mengenali surat penawaran kerjasama bukan sesuatu yang sulit. Kawan Kledo dapat mengenali surat ini dari ciri-ciri yang dimilikinya. Apa saja ciri-ciri tersebut?

  1. Memiliki bentuk surat formal atau surat resmi dimana di dalamnya terdapat kop surat dan alamat surat.
  2. Surat penawaran kerjasama berisi penawaran kerjasama lengkap beserta prosedur kerjasamanya.
  3. Surat penawaran kerjasama dibuat dengan terstruktur dan rapi agar mudah dipahami oleh pihak penerima.
  4. Penulisan surat penawaran kerjasama harus mengikuti aturan baku yang berlaku.

Cara Membuat Surat Penawaran Kerjasama

surat penawaran kerjasama

Penulisan surat penawaran kerjasama sama seperti surat resmi pada umumnya yaitu menyertakan kop surat, pembuka, isi, penutup, dan diberi tambahan tanda tangan dan stempel sebagai bukti legalitas. Untuk lebih jelasnya tentang cara penulisan surat penawaran kerjasama ini, berikut penjelasannya:

1. Kop Surat

Kop surat merupakan bagian yang di dalamnya memberikan informasi mengenai perusahaan yang mengirimkan surat penawaran kerjasama. Informasi-informasi yang tercantum dalam surat penawaran kerjasama ini antara lain:

  • Nama perusahaan pengirim surat
  • Alamat perusahaan pengirim surat
  • Kontak yang bisa dihubungi

2. Kepala Surat

Pada bagian kepala surat, hal-hal yang harus dicantumkan antara lain:

  • Tanggal pembuatan surat penawaran
  • Nomor surat penawaran
  • Lampiran
  • Perihal
  • Alamat tujuan surat

3. Bagian Pembuka Surat

Pada bagian pembuka surat, Kawan Kledo dapat mengisinya dengan kata ‘dengan hormat’ dan penjelasan singkat mengenai alasan dikirimkan surat penawaran kerjasama.

4. Isi Surat

Pada bagian isi surat, jelaskan penawaran kerjasama apa yang Kawan Kledo tawarkan dan bagaimana teknis kerjasama ini. Berikan juga informasi mengenai kelebihan bisnis yang sedang Kawan Kledo jalani agar pihak yang diajak kerjasama yakin untuk menjalin kerjasama dengan Kawan Kledo.

5. Penutup Surat

Bagian penutup surat dapat diisi dengan harapan Kawan Kledo agar dapat menjalin kerjasama dengan pihak penerima surat. Jangan lupa lengkapi surat penawaran dengan nama, tanda tangan, dan stempel sebagai bukti legalitas surat tersebut.

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

Untuk memudahkan penulisan surat penawaran kerjasama, berikut beberapa contoh surat penawaran kerjasama yang bisa Kawan Kledo jadikan referensi:

contoh surat penawaran kerjasama
contoh surat penawaran kerjasama
contoh surat penawaran kerjasama
contoh surat penawaran kerjasama
surat kerjasama
surat penawaran
permohonan kerjasama
permohonan
pengajuan
bisnis

Kesimpulan

Surat penawaran kerjasama merupakan salah satu jenis surat resmi yang digunakan untuk menawarkan kerjasama kepada suatu pihak. Dalam penulisannya, Kawan Kledo harus mengikuti aturan yang berlaku. Agar lebih mudah, pastikan Kawan Kledo memahami penjelasan yang ada di atas dan jangan lupa jadikan contoh surat penawaran kerjasama di atas sebagai referensi.

Sebagai pengusaha, sudahkah Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis dengan baik? Bagaimana cara Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis ini? Buat Kawan Kledo yang masih bingung dengan pengelolaan keuangan ini, bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Klik di sini untuk daftar Kledo dan rasakan mudahnya mengelola keuangan bisnis.

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?