Gunakan Tips Ini untuk Membuat Proposal Usaha yang Menarik, Mudah!

proposal usaha

Proposal usaha menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah bisnis. Proposal dibutuhkan ketika akan memulai usaha ataupun ketika Kawan Kledo ingin mengajukan pendanaan usaha.

Setelah sebelumnya Kledo pernah membahas business plan, kali ini Kledo akan membahas tips yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk membuat proposal usaha. Kira-kira apa saja ya tips untuk membuat proposal ini?

Buat Kawan Kledo yang penasaran yuk baca artikel ini hingga selesai karena di sini Kledo akan membahas semua tentang proposal usaha secara lengkap.

Apa Itu Proposal Usaha?

proposal usaha

Proposal bisnis merupakan dokumen formal yang dibuat oleh perusahaan dan diberikan kepada suatu pihak (bisa perorangan, lembaga, atau perusahaan) dengan tujuan untuk mengamankan perjanjian bisnis.

Banyak yang beranggapan bahwa proposal bisnis dan rencana bisnis merupakan dua hal yang sama. Padahal proposal memiliki tujuan untuk menjual produk atau layanan yang ada dalam bisnis dna untuk mendapatkan pendanaan usaha, sedangkan rencana bisnis digunakan untuk perencanaan saat memulai suatu bisnis.

Baca Juga: Jangan Lakukan 10 Hal Ini Saat Menulis Proposal Bisnis

Jenis Proposal Usaha

Ada beberapa jenis proposal usaha, apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Diminta secara Resmi

Proposal bisnis jenis ini diminta secara resmi setelah Kawan Kledo mengirimkan penawaran kerjasama. Dalam skenario ini, Kawan Kledo mengetahui semua persyaratan dan informasi terkait calon pembeli atau partner kerjasama.

Di sini Kawan Kledo diminta membuat proposal secara khusus untuk dievaluasi oleh calon pembeli atau partner kerjasama.

2. Diminta secara Informal

Proposal bisnis yang diminta secara informal ditulis ketika tidak ada permintaan resmi. Permintaan ini terjadi ketika seorang calon pembeli tertarik dengan layanan yang Kawan Kledo tawarkan dan meminta proposal agar mereka dapat memperlajarinya.

Proposal yang diminta secara informal membutuhkan lebih banyak penelitian dari pihak kawan Kledo. Jenis proposal ini biasanya dibuat dari percakapan yang terjadi secara informal.

3. Tidak Diminta

Jenis proposal bisnis yang ketika yakni proposal yang tidak diminta. Proposal ini biasanya dibuat sendiri oleh perusahaan atau bisnis dan memberikannya kepada klien atau calon pembeli agar mereka tertarik untuk kerjasama atau memberli produk.

Baca Juga: Ingin Membuat Surat Penawaran Kerjasama? Download Templatenya Di Sini.

Fungsi Proposal Usaha

Sebagai salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah bisnis, apa sih fungsi dari proposal usaha ini? Berikut fungsi proposal bagi sebuah bisnis:

  1. Sebagai pembanding rencana usaha dengan hasil yang didapatkan.
  2. Merancang dan melakukan pengujian terhadap strategi dari sudut pandang yang berbeda.
  3. Melatih pengusaha untuk berpikir kritis dan objektif di bidang bisnis yang mereka pilih.
  4. Membantu memenangkan sebuah proyek, baik itu lomba atau pendanaan investor.
  5. Untuk memberikan informasi terkait target pasar yang ingin dicapai oleh bisnis Kawan Kledo.
  6. Melihat semua sumber dana keuangan yang akan digunakan untuk mengembangkan usaha.
  7. Untuk memberikan poin bahwa Kawan Kledo sanggup untuk memenuhi dan menjalin kerjasama sesuai dengan kesepakatan dengan pihak yang akan menjalin kerjasama dengan Kawan Kledo.

Komponen Proposal Usaha

proposal usaha

Buat Kawan Kledo yang ingin membuat proposal usaha setidaknya harus memahami komponen-komponen yang dimiliki oleh proposal. Kira-kira apa saja komponen-komponen tersebut? Berikut jawabannya:

1. Informasi Usaha

Komponen pertama yang harus ada dalam proposal bisnis adalah informasi usaha. Komponen ini terdiri dari nama usaha, alaman, visi dan misi, rencana yang akan dilakukan ke depannya, dan lainnya yang dapat menjadi bahan informasi calon konsumen.

2. Kelebihan yang Dimiliki Usaha

Selain informasi mengenai usaha Kawan Kledo, pastikan juga Kawan Kledo menuliskan kelebihan yang dimiliki oleh usaha. Kelebihan ini nantinya akan menjadi pertimbangan oleh calon konsumen atau rekan bisnis untuk menjalin kerjasama dengan bisnis Kawan Kledo.

3. Penawaran Harga dan Cara Pengerjaan

Terakhir, Kawan Kledo juga wajib menyertakan penawaran harga dan cara pengerjaan produk yang ditawarkan. Pastikan Kawan Kledo menjelaskan gambaran produk yang ditawarkan secara jelas dan mudah dimengerti oleh calon konsumen atau rekan bisnis.

Tips Membuat Proposal Usaha

Setelah mengetahui komponen-komponen yang harus ada dalam proposal bisnis, sekarang buat Kawan Kledo yang sedang membuat proposal atau akan membuatnya, berikut beberapa tips membuat proposal usaha yang dapat Kawan Kledo lakukan:

1. Mulailah dengan Halaman Judul Proposal Usaha

Kawan Kledo harus menyampaikan beberapa informasi dasar di sini, seperti memperkenalkan diri dan bisnis yang sedang Kawan Kledo kembangkan. Pastikan untuk menyertakan nama, nama perusahaan, tanggal pengiriman proposal, dan nama klien atau individu yang Kawan Kledo kirimi proposal.

2. Buat Daftar Isi Proposal Usaha

Tips kedua yang harus Kawan Kledo lakukan adalah dengan membuat daftar isi. Daftar isi ini akan menjelaskan apa saja yang ada di proposal usaha yang Kawan Kledo buat.

Daftar isi akan membuat klien tahu persis apa yang akan dibahas dalam proposal bisnis. Jika Kawan Kledo mengirim proposal secara elektronik, ada baiknya menyertakan daftar isi yang dapat diklik yang akan langsung membawa ke berbagai bagian proposal agar mudah dibaca dan dinavigasi.

3. Buat Ringkasan Eksekutif di Proposal Usaha

Ringkasan eksekutif menjelaskan alasan Kawan Kledo mengirim proposal dan solusi terbaik yang akan Kawan Kledo berikan kepada calon klien. Buatlah ringkasan eksekutif ini semenarik mungkin untuk menarik calon klien atau calon konsumen.

Mirip dengan proposisi nilai, ringkasan eksekutif menjelaskan manfaat produk atau layanan yang ditawarkan, dan bagaimana cara Kawan Kledo dapat memecahkan masalah klien. Setelah membaca ringkasan eksekutif, calon pelanggan harus memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana Kawan Kledo dapat membantu mereka — bahkan jika mereka tidak membaca proposal secara lengkap.

Baca Di Sini: Ingin Membuat Ringkasan Eksekutif? Yuk Pelajari Contohnya Di Sini

4. Jelaskan Masalah atau Kebutuhannya di Proposal Usaha

Di sinilah Kawan Kledo memberikan ringkasan masalah yang berdampak pada klien potensial. Ini memberi kesempatan untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Kawan Kledo memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan mereka dan masalah yang mereka butuhkan untuk dipecahkan.

Penelitian, pemikiran kritis, dan pemikiran ekstra adalah kuncinya di sini. Kawan Kledo harus melakukan pekerjaan ini dengan baik.

Lihatlah secara holistik masalah spesifik yang dihadapi klien yang dapat Kawan Kledo bantu selesaikan. Kemudian, jelaskan kepada mereka secara meyakinkan bahwa Kawan Kledo siap untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

5. Usulkan Solusi

Di sinilah Kawan Kledo menawarkan strategi untuk memecahkan masalah. Seperti langkah terakhir, Kawan Kledo perlu bersandar pada kekhususan dan personalisasi dalam langkah ini.

Pastikan solusi yang Kawan Kledo usulkan disesuaikan dengan kebutuhan klien sehingga mereka tahu bahwa Kawan Kledo telah membuat proposal ini khusus untuk mereka.

Beri tahu mereka apa saja yang akan Kawan Kledo berikan, metode yang akan Kawan Kledo gunakan, dan jangka waktu kapan mereka harus mengharapkannya.

6. Bagikan Kualifikasi

Apakah Kawan Kledo memenuhi syarat untuk memecahkan masalah prospek ini? Apa alasan yang membuat mereka harus mempercayai Kawan Kledo?

Gunakan bagian ini untuk mengomunikasikan mengapa Kawan Kledo adalah yang terbaik untuk pekerjaan itu. Sertakan studi kasus tentang kisah sukses klien, sebutkan penghargaan atau akreditasi yang relevan untuk meningkatkan kualifikasi yang dimiliki oleh Kawan Kledo.

7. Sertakan Pilihan Harga

Penetapan harga bisa menjadi bagian yang cukup rumit, karena Kawan Kledo tidak ingin menurunkan atau memberi harga terlalu tinggi pada produk Kawan Kledo. Jika Kawan Kledo ingin memberikan beberapa pilihan harga kepada calon pelanggan untuk anggaran mereka, sertakan tabel biaya opsional.

Beberapa software proposal menawarkan tabel harga responsif yang memungkinkan klien untuk memeriksa produk atau layanan yang mereka minati, dan harga akan menyesuaikan secara otomatis.

8. Perjelas Syarat dan Ketentuan

Di sinilah Kawan Kledo masuk ke detail tentang jadwal proyek, harga, dan jadwal pembayaran. Pada dasarnya ini adalah ringkasan dari apa yang Kawan Kledo dan klien setujui jika mereka menerima proposal.

Namun agar semuanya menjaid lebih jelas, pastikan Kawan Kledo memperjelas syarat dan ketentuan kerjasama Kawan Kledo dengan klien. Pastikan Kawan Kledo menyelesaikan syarat dan ketentuan dengan tim hukum Anda sendiri sebelum mengirimkan proposal ke klien.

9. Lengkapi Bagian untuk Tanda Tangan

Lengkapi proposal ini dengan kotak tanda tangan untuk ditandatangani klien dan biarkan mereka tahu persis apa yang mereka setujui saat mereka menandatangani. Ini juga merupakan kesempatan untuk menyertakan kesempatan bagi calon pelanggan untuk menghubungi Kawan Kledo jika mereka memiliki pertanyaan yang belum terjawab.

Contoh Proposal Usaha Kledo

Buat Kawan Kledo yang ingin membuat proposal usaha, Kawan Kledo bisa mendownload contoh proposal usaha yang dimiliki oleh Kledo. Download proposal Kledo di bawah ini:

Download Contoh Proposal Kledo DI SINI.

Kesimpulan

Proposal usaha menjadi bagian penting bagi Kawan Kledo yang ingin mengajukan kerjasama bisnis. Pastikan Kawan Kledo melakukan beberapa tips yang ada di atas.

Agar bisnis Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis dengan baik. Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Dengan Kledo, Kawan Kledo bisa melakukan pengelolaan keuangan bisnis dengan mudah.

Tidak hanya itu, basis cloud yang dimiliki Kledo juga akan membuat Kawan Kledo bisa mengelola keuangan dari mana saja dan kapan saja. Jadi tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

Banner 3 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =