Contoh Surat Rekomendasi Terbaik untuk Melamar Kerja, Wajib Coba

Pernah nggak sih Kawan Kledo ingin melamar kerja di perusahaan besar dan diharuskan menyertakan surat rekomendasi? Atau saat ini Kawan Kledo sedang mengalaminya dan bingung bagaimana cara membuat surat rekomendasi? Selain untuk keperluan melamar pekerjaan, surat rekomendasi juga dibutuhkan saat Kawan Kledo ingin menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti ketika Kawan Kledo ingin melanjutkan pendidikan magister dan memerlukan rekomendasi dari dosen di kampus sebelumnya. Dengan surat rekomendasi ini, calon karyawan atau mahasiswa memiliki bukti bahwa ia memiliki pretasi di tempat sebelumnya. Sehingga surat rekomendasi ini akan menjadi nilai tambah bagi calon karyawan atau mahasiswa. Buat Kawan Kledo yang bingung bagaimana cara membuat surat rekomendasi, di sini Kledo akan membahas surat rekomendasi, berikut contoh surat rekomendasi. Oleh karena itu, baca artikel ini hingga selesai, ya!

Pengertian Surat Rekomendasi

rekomendasi atasan

Surat rekomendasi merupakan surat yang dibuat oleh pimpinan yang memiliki wewenang untuk memberikan keterangan atas seseorang atau kelompok. Surat rekomendasi merupakan salah satu surat resmi dimana dalam penulisannya Kawan Kledo harus mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku, seperti penggunaan kata baku dan terdapat komponen-komponen wajib di dalamnya. Surat rekomendasi ini juga biasanya diminta sendiri kepada pihak yang bersangkutan untuk keperluan pribadi. Biasanya surat ini dibutuhkan untuk keperluan melamar pekerjaan, melanjutkan pendidikan, mengajukan beasiswa, dan lainnya.

Manfaat Surat Rekomendasi

Ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh surat rekomendasi, apa saja?

1. Untuk Melamar Pekerjaan

Manfaat surat rekomendasi yang pertama adalah untuk melamar pekerjaan. Pada beberapa pekerjaan, surat rekomendasi menjadi syarat pada saat mengajukan lamaran. Surat rekomendasi ini dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan untuk menerima Kawan Kledo sebagai karyawan di sana. Jadi, dengan adanya surat rekomendasi ini, kesempatan Kawan Kledo untuk diterima di pekerjaan yang Kawan Kledo lamar akan semakin besar.

2. Mengajukan Beasiswa Jalur Profesional

Ketika mengajukan beasiswa jalur profesional, salah satu persyaratan yang biasanya harus disertakan adalah adanya surat rekomendasi yang disetujui dan dilegalisir oleh pimpinan perusahaan. Surat rekomendasi ini digunakan ketika Kawan Kledo ingin mengajukan beasiswa profesional, yaitu beasiswa, yaitu baik beasiswa yang diberikan oleh swasta atau beasiswa dari pemerintah.

3. Mengambil Dana BPJS Ketenagakerjaan

Selain kedua manfaat di atas, surat rekomendasi juga memiliki manfaat untuk mengambil dana BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan surat rekomendasi ini menjadi syarat penting untuk mengambil dana BPJS Ketenagakerjaan. Kawan Kledo dapat menggunakan surat rekomendasi ini dengan mudah, yaitu dengan fotokopi dan legalisir surat keterangan kerja yang telah didapatkan Kawan Kledo dapat mencairkan 20-30% dana BPJS atau keseluruhan dana dengan ketentuan yang berlaku.

4. Syarat Pinjaman Bank

Surat rekomendasi menjadi persyaratan khusus bagi Kawan Kledo yang ingin mengajukan pinjaman bank dalam jumlah tertentu. Dengan adanya surat rekomendasi ini, pihak bank lebih yakin Kawan Kledo dapat membayar pinjaman tepat waktu. Biasanya surat rekomendasi ini dikeluarkan oleh pihak perusahaan yang menandakan kreditur merupakan karyawan di perusahaan tersebut dan dapat membayar tepat waktu.

Jenis-Jenis Surat Rekomendasi

amplop

Surat rekomendasi terdiri dari beberapa jenis berdasarkan kondisi dan kegunaannya. Apa saja jenis-jenis surat rekomendasi tersebut? Berikut jawabannya:

1. Surat Rekomendasi Audit

Jenis surat rekomendasi yang pertama adalah surat rekomendasi audit. Surat ini merupakan pendapat seorang auditor yang dipertimbangkan untuk menghadapi kondisi tertentu. Dari pendapat tersebut akan mencerminkan pengetahuan penilaian auditor dalam kegiatan audit. Rekomendasi ini merupakan pendapat untuk memperbaiki permasalahan yang terdapat dalam suatu temuan.

2. Surat Rekomendasi Penelitian

Jenis surat rekomendasi yang kedua adalah surat rekomendasi penelitian. Surat ini merupakan surat dinas dari instansi atau pejabat berwenang yang di dalamnya berisi berbagai catatan, keterangan, dan persetujuan terhadap suatu usulan.

3. Surat Rekomendasi Kebijakan

Surat rekomendasi kebijakan merupakan surat yang digunakan dalam proses pemilihan dari berbagai alternatif kebijakan yang ada. Pemilihan kebijakan ini dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria dan indikator yang telah ditetapkan. Tujuan dari surat rekomendasi ini adalah untuk memberikan alternatif kebijakan terbaik di antara kebijakan lainnya.

4. Surat Rekomendasi Pemupukan

Surat rekomendasi pemupukan merupakan surat rekomendasi tentang dosis pupuk yang sesuai dan seimbang baik dalam takaran, cara, jenis, dan juga waktu. Ini diaplikasi ke tanaman berdasarkan analisa tanah, hasil analisa daun, dan hasil percobaan pemupukan.

Struktur Surat rekomendasi

Seperti halnya surat resmi lainnya, surat rekomendasi juga memiliki bagian dan struktur yang harus ada di dalamnya. Berikut struktur surat rekomendasi tersebut:

  1. Kepala surat, yaitu di dalamnya berisi kop surat dan alamat lengkap. Di dalam kepala surat ini jangan lupa berikan keterangan surat rekomendasi apa yang dimaksudkan.
  2. Tubuh surat, yaitu berisi informasi dan alasan yang jelas tentang isi surat. Selain itu, bisa juga ditambahkan identitas orang yang dimaksud dan tujuan surat itu dibuat.
  3. Penutup, yaitu berisi tempat dan tanggal surat dibuat dan penanggung jawab yang tanda tangan surat tersebut.
  4. Cap ataupun stempel.

Contoh Surat Rekomendasi

Agar lebih memudahkan Kawan Kledo dalam pembuatan surat rekomendasi, berikut Kledo cantumkan beberapa contoh surat rekomendasi yang bisa dijadikan referensi:

rekomendasi
contoh surat rekomendasi
surat rekomendasi
contoh surat rekomendasi
contoh surat rekomendasi
surat rekomendasi
contoh surat rekomendasi

Kesimpulan

Surat rekomendasi dibutuhkan bagi Kawan Kledo yang ingin melamar pekerjaan ataupun ingin mengajukan beasiswa. Surat rekomendasi ini berguna sebagai nilai tambah bagi Kawan Kledo dan menunjukan baiknya kualitas yang dimiliki oleh Kawan Kledo. Kawan Kledo dapat mempelajari cara pembuatan surat rekomendasi di artikel ini dan menjadi contoh surat rekomendasi di sini sebagai referensi.

Selain membuat rekomendasi, pastikan Kawan Kledo selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Kawan Kledo dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga dan dapatkan penggunaan gratis selama 14 hari.

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?