Laporan Buku Besar

Kledo juga menyediakan “Buku Besar” sebagai alat pencatat atas perubahan akun untuk transaksi yang telah dilakukan selama ini. Secara akuntansi, catatan keuangan perusahaan kawan Kledo telah terekam dengan jelas dan detail lho!

Buku Besar

Apa sih “Buku Besar” itu sebenarnya? “Buku Besar” adalah alat pencatat perpindahan akun yang berasal dari jurnal, yang nantinya dipakai untuk membuat laporan keuangan. Setiap transaksi yang sudah dicatat dalam jurnal akan dipindahkan atau diposting ke akun yang sesuai. Dalam akuntansi, alat perpindahan inilah yang disebut “Buku Besar”, yang terdiri atas kumpulan berbagai akun yang digunakan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan. Proses perpindahan dari jurnal ke “Buku Besar” sendiri disebut dengan posting.

Selain sebagai alat perpindahan akun dan dasar penyusunan laporan keuangan, “Buku Besar” juga berfungsi untuk:

  1. Menggolongkan data keuangan.
  2. Mengetahui jumlah atau kondisi dari suatu akun yang sesungguhnya, apakah terdapat perbedaan atau tidak.
  3. Memantau history dari suatu akun.
  4. Sebagai dasar penggolongan transaksi yang ada atau sudah dicatat dalam jurnal.

Laporan Buku Besar pada Kledo

Dengan adanya Kledo, tentu kawan Kledo tidak perlu repot melakukan posting “Buku Besar”. Pada Kledo, semua semua transaksi yang dicatat sudah dilakukan penyusunan laporan secara otomatis, sehingga bagi kawan Kledo yang tidak paham akuntansi pun, tinggal melihat “Laporan”, termasuk “Laporan Buku Besar” bila dibutuhkan.

Laporan Buku Besar
Laporan Buku Besar

“Buku Besar” ini akan menampilkan seluruh akun pada Kledo beserta rincian jurnal yang sudah diposting pada masing-masing akun tersebut. Bagaimana cara mendapatkan “Laporan Buku Besar” pada Kledo?

1. Masuk “Beranda” > klik “Laporan” > klik “Buku Besar” pada “Akuntansi”

Masuk laporan buku besar Kledo
Masuk laporan buku besar Kledo

Klik “Buku Besar” pada bagian “Akuntansi” ya kawan Kledo!

2. Filter “Periode”

Filter periode buku besar Kledo
Filter periode buku besar Kledo

Kawan Kledo dapat memilih tanggal “Laporan Buku Besar” yang dibutuhkan kapanpun itu. Misal, untuk melakukan crosscheck transaksi sepanjang Q1 (kuartal pertama) tahun ini. Masukkan saja periode dari tanggal 01/01/2020 sampai 31/03/2020, kemudian tekan enter.

Periode buku besar Kledo
Periode buku besar Kledo

Secara otomatis akan muncul “Laporan Buku Besar” pada periode yang dituju. Mudah kan?

3. Filter “Akun”

Filter akun buku besar Kledo
Filter akun buku besar Kledo

Yang spesial, kawan Kledo dapat melakukan filter akun “Laporan Buku Besar” yang memang dibutuhkan, untuk mempermudah dalam memeriksa rekam jejak (tracing).

Misal, untuk melakukan crosscheck pelunasan piutang sepanjang Q1 (kuartal pertama) tahun ini. Pilih saja akun-akun yang diperlukan, jangan lupa filter periode dari tanggal 01/01/2020 sampai 31/03/2020, kemudian tekan enter.

Secara otomatis akan muncul “Laporan Buku Besar” pasti pada periode yang dituju, lengkap dengan beberapa akun yang udah dipilih. Mudah kan?

4. Klik “Deskripsi” untuk melihat detail transaksi

Buka detail transaksi buku besar
Buka detail transaksi buku besar

Kawan Kledo bisa melihat detail atas akun pada “Laporan Buku Besar” sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Caranya? Klik salah satu transaksi yang ingin dilihat detailnya.

Detail transaksi buku besar
Detail transaksi buku besar

Setelah diklik, akan muncul transaksi atas akun yang ditunjuk. Laporan ini terintegrasi langsung dengan masing-masing akun pada Kledo.

5. “Print” dengan format yang diinginkan

Print buku besar Kledo
Print buku besar Kledo

Pilih format ekspor “Laporan Buku Besar” yang kawan Kledo kehendaki. Kledo menyediakannya dalam 3 (tiga) bentuk format, yaitu: Print, XLS, dan CSV.

Mudah kan pake Kledo? Simak tutorial lain terkait Laporan di sini ya!

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?