Laporan Jurnal

Kledo juga menyediakan “Jurnal” yang bisa kawan Kledo gunakan sebagai alat pelacak atas transaksi secara kronologis yang sudah tercatat pada masing-masing akun. Apa itu “Jurnal”? Bagaimana cara mendapatkannya di Kledo?

Jurnal

“Jurnal” dalam akuntansi keuangan diartikan sebagai catatan yang berisi keseluruhan transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran perusahaan. “Jurnal” juga disebut sebagai books of original entry, karena seluruh transaksi dan penyesuaian pemasukan akan dicatat dalam jurnal secara kronologis, sehingga memudahkan pendataan. Ilmu akuntansi membagi “Jurnal” menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:

a. Jurnal Umum

Jurnal umum mencatat transaksi yang tidak dicatat di jurnal khusus. Misal, depresiasi aset tetap. Untuk perusahaan yang baru berkembang, terutama pada sektor UKM di mana transaksi belum terlalu banyak, jurnal umum biasanya memiliki kolom yang lebih sedikit.

b. Jurnal Khusus

Setelah perusahaan semakin besar, transaksi yang berlangsung juga semakin banyak. Penggunaan jurnal umum sudah tidak lagi memadai dalam mencatat frekuensi keseluruhan transaksi. Untuk memudahkan pencatatan, dibutuhkan jurnal khusus. Bedanya, kolom yang ada pada jurnal khusus lebih banyak dan mendetail dibanding jurnal umum.

Laporan Jurnal pada Kledo

“Laporan Jurnal” pada Kledo menampilkan seluruh jurnal per transaksi yang terjadi dalam periode yang telah kawan Kledo tentukan. Dengan adanya Kledo, tentu kawan Kledo semua tidak perlu repot melakukan pencatatan “Jurnal” yang akan diposting ke “Buku Besar”.

Laporan jurnal Kledo
Laporan jurnal Kledo

Pada Kledo, semua semua transaksi yang dicatat sudah dilakukan penyusunan laporan secara otomatis, sehingga bagi kawan Kledo yang tidak paham akuntansi pun, tinggal melihat “Laporan”, termasuk “Laporan Jurnal” bila dibutuhkan. Bagaimana cara mendapatkan “Laporan Buku Besar” pada Kledo?

1. Masuk “Beranda” > klik “Laporan” > klik “Jurnal” pada “Akuntansi”

Masuk jurnal Kledo
Masuk jurnal Kledo

Klik “Jurnal” pada bagian “Akuntansi” ya kawan Kledo!

2. Filter “Periode”

Filter jurnal Kledo
Filter jurnal Kledo

Kawan Kledo dapat memilih tanggal “Laporan Jurnal” yang dibutuhkan kapanpun itu. Misal, untuk melakukan crosscheck pelunasan piutang sepanjang Q1 (kuartal pertama) tahun ini. Masukkan saja periode dari tanggal 01/01/2020 sampai 31/03/2020, kemudian tekan enter.

Periode jurnal Kledo
Periode jurnal Kledo

Secara otomatis akan muncul “Laporan Jurnal” pada periode yang dituju dengan transaksi yang lengkap. Mudah kan?

3. Klik “Deskripsi” untuk melihat detail transaksi

Cek detail akun pada jurnal Kledo
Cek detail akun pada jurnal Kledo

Kawan Kledo bisa melihat detail atas akun pada “Laporan Jurnal” sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Caranya? Klik salah satu akun pada “Jurnal” yang ingin dilihat detailnya.

Detail transaksi akun Kledo
Detail transaksi akun Kledo

Kawan Kledo akan diarahkan ke “Transaksi Akun” yang dituju. Masih kurang jelas? Klik pada bagian “Deskripsi” salah satu transaksi yang ingin dilihat detailnya.

Detail transaksi akun jurnal Kledo
Detail transaksi akun jurnal Kledo

Setelah diklik, akan muncul transaksi atas akun yang ditunjuk. Laporan ini terintegrasi langsung dengan masing-masing transaksi pada akun Kledo.

4. “Print” dengan format yang diinginkan

Print jurnal Kledo
Print jurnal Kledo

Pilih format ekspor “Laporan Jurnal” yang kawan Kledo kehendaki. Kledo menyediakannya dalam 3 (tiga) bentuk format, yaitu: Print, XLS, dan CSV.

Mudah kan pake Kledo? Simak tutorial lain terkait Laporan di sini ya!

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?