Laporan Umur Piutang

Mau melakukan analisa “Umur Piutang”? Tenang, Kledo memfasilitasi kawan Kledo dengan adanya “Laporan Umur Piutang”. Apa itu “Umur Piutang”? Bagaimana cara mendapatkan “Laporan Umur Piutang”?

Umur Piutang

“Umur Piutang” adalah jangka waktu sejak dicatatnya transaksi penjualan sampai dengan saat dibuatnya daftar piutang. Daftar piutang ini biasanya dikelompokkan berdasar umur. Salah satu cara menghitung penyisihan piutang tak tertagih juga dengan menerapkan presentase berbeda pada setiap kelompok “Umur Piutang”.

Biasanya piutang sendiri dikelompokkan berdasarkan jumlah hari tertentu, dari mulai kelipatan 7 hari, bahkan kelipatan 15 hari. Semua tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan. “Umur Piutang” ini ada kaitannya dengan “Termin” yang kawan Kledo masukkan ketika mencatat “Tagihan” pada transaksi “Penjualan”.

Laporan Umur Piutang pada Kledo

“Laporan Umur Piutang” pada Kledo menampilkan posisi piutang seluruh customer telah melakukan pembelian untuk periode yang sudah kawan Kledo tentukan. Dengan adanya Kledo, tentu kawan Kledo semua tidak perlu repot untuk membuat “Laporan Umur Piutang” ini.

Laporan umur piutang Kledo
Laporan umur piutang Kledo

Pada Kledo, semua transaksi yang dicatat sudah dilakukan penyusunan laporan secara otomatis, sehingga bagi kawan Kledo yang tidak paham akuntansi pun, tinggal melihat “Laporan”, termasuk “Laporan Umur Piutang” bila dibutuhkan. Bagaimana cara mendapatkan “Laporan Umur Piutang” Kledo?

1. Masuk “Beranda” > klik “Laporan” > klik “Umur Piutang” pada “Penjualan”

Masuk laporan umur piutang Kledo
Masuk laporan umur piutang Kledo

Klik “Umur Piutang” pada bagian “Penjualan” ya kawan Kledo!

2. Filter “Tanggal”

Filter tanggal umur piutang Kledo
Filter tanggal umur piutang Kledo

Kawan Kledo dapat memilih tanggal “Laporan Umur Piutang” yang dibutuhkan kapanpun itu. Misal, untuk melakukan crosscheck dan analisis piutang sepanjang Q1 (kuartal pertama) tahun ini. Masukkan saja tanggal 31/03/2020, kemudian tekan enter.

Tanggal umur transaksi Kledo
Tanggal umur piutang pada Kledo

Secara otomatis akan muncul “Laporan Umur Piutang” pada periode yang dituju dengan transaksi yang lengkap. Mudah kan?

3. Klik “Pelanggan” untuk melihat detail transaksi piutang

Buka detail umur piutang Kledo
Buka detail umur piutang Kledo

Kawan Kledo bisa melihat detail atas transaksi pada pelanggan dipilih atas “Laporan Umur Piutang” sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Caranya? Klik salah satu “Pelanggan” yang ingin dilihat detailnya.

Detail umur piutang Kledo
Detail umur piutang Kledo

Masih kurang lengkap? Kawan Kledo ingin melihat invoice lengkapnya? Klik saja pada salah satu invoice yang akan dilihat.

Tagihan terintegrasi umur piutang Kledo
Tagihan terintegrasi umur piutang Kledo

Setelah diklik, akan muncul invoice atas customer yang ditunjuk. Laporan ini terintegrasi langsung dengan “Tagihan” untuk transaksi “Penjualan” pada Kledo.

4. “Print” dengan format yang diinginkan

Print umur piutang Kledo
Print umur piutang Kledo

Pilih format ekspor “Laporan Umur Piutang” yang kawan Kledo kehendaki. Kledo menyediakannya dalam 3 (tiga) bentuk format, yaitu: Print, XLS, dan CSV.

Mudah kan pake Kledo? Simak tutorial lain terkait Laporan di sini ya!

Recent Posts

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?