Contoh Surat Penawaran Barang Terlengkap dan Terbaik untuk Bisnis

Sebuah bisnis yang bergerak di bidang perdagangan, pasti selalu mengeluarkan produk atau barang baru setiap bulannya. Sebagai sebuah barang yang masih baru, tentu barang ini belum banyak diketahui oleh pelanggan. Tugas dari pemilik bisnis atau orang yang terlibat dalam bisnis adalah bagaimana cara memperkenalkan barang baru ini kepada pelanggan. Kawan Kledo yang masih pemula di dunia bisnis perdagangan pasti merasa bingung bagaimana memperkenalkan produk baru kepada pelanggan. Oleh karena itu di sini Kledo akan membahas contoh surat penawaran barang yang dapat Kawan Kledo gunakan untuk menawarkan barang kepada pelanggan. Dengan adanya surat penawaran barang ini, Kawan Kledo tidak perlu merasa bingung ketika harus menawarkan barang kepada pelanggan.

Jadi, bagaimana cara membuat surat penawaran barang ini? Buat Kawan Kledo yang penasaran, baca artikel ini hingga selesai, ya!

Pengertian Surat Penawaran Barang

penawaran barang

Sebelum membahas tentang cara penulisan surat penawaran barang, Kawan Kledo harus mengetahui apa itu surat penawaran barang. Surat penawaran barang merupakan surat yang dibuat atau ditulis dalam rangka menawarkan barang kepada konsumen atau pelanggan. Surat penawaran barang ini merupakan salah satu surat resmi dimana dalam penulisannya Kawan Kledo harus menggunakan bahasa baku dan menaati kaidah-kaidah yang berlaku. Penggunaan bahasa baku ini dilakukan agar surat penawaran barang mudah dipahami oleh pembaca atau penerima surat tersebut.

Fungsi Surat Penawaran Barang

Surat penawaran barang memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut:

  1. Digunakan untuk mengenalkan produk kepada konsumen atau pihak lain.
  2. Digunakan dalam rangka promosi.
  3. Meningkatkan pemasaran barang yang ingin dijual.
  4. Dijadikan alat untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain.
  5. Membantu memperluas jaringan bisnis.

Komponen Surat Penawaran Barang

order

Surat penawaran barang merupakan salah satu bentuk komunikasi resmi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan. Surat penawaran barang ini dapat dikirimkan kepada pihak konsumen atau perusahaan yang membutuhkan barang yang dijual oleh perusahaan Kawan Kledo. Surat penawaran barang ini menjadi salah satu surat yang sangat penting bagi aktivitas bisnis. Oleh karena itu, Kawan Kledo harus benar-benar memperhatikan penulisan surat penawaran barang, termasuk komponen di dalamnya. Berikut komponen surat penawaran barang yang harus Kawan Kledo ketahui:

1. Informasi Pengirim Surat Penawaran Barang

Komponen pertama dari surat penawaran barang adalah informasi mengenai pengirim surat penawaran barang. Pada bagian ini sangat penting bagi Kawan Kledo untuk mememperkenalkan perusahaan Kawan Kledo. Kawan Kledo dapat memberikan identitas seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, dan bidang yang sedang dijalankan. Dari bagian ini, penerima surat dapat mengetahui produk apa yang akan ditawarkan padanya.

2. Barang yang Ditawarkan

Kedua, Kawan Kledo harus memberikan informasi mengenai barang apa saja yang ditawarkan. Kawan Kledo bisa memberikan informasi lengkap dengan harga barang tersebut. Selain itu, Kawan Kledo juga harus memberitahu jumlah stok yang tersedia agar pembeli dapat memperkirakan jumlah yang ingin dibeli.

3. Penjelasan Harga Promo

Siapa sih di sini yang nggak suka dengan harga promo? Bagi orang-orang atau calon konsumen pasti sangat senang ketika mengetahui ada harga promo khusus bagi pembeli. Karena adanya promo ini, calon pembeli jadi tidak ragu-ragu ketika ingin membeli. Nah, cara ini bisa Kawan Kledo gunakan ketika ingin menawarkan barang. Kawan Kledo bisa mencantumkan detail harga promo di surat penawaran barang yang Kawan Kledo buat. Pastinya harga promo ini dilengkapi dengan syarat-syarat tertentu, seperti pembelian minimal atau pembelian dengan metode tertentu.

4. Metode Pembayaran

Selain detail barang dan harga promo, Kawan Kledo juga harus menyertakan metode pembayaran di surat penawaran barang ini. Semakin banyak metode yang ditawarkan semakin menarik bagi pembeli untuk membeli produk yang Kawan Kledo jual.

5. Lampiran Informasi Produk

Terakhir, Kawan Kledo harus menyertakan lampiran informasi produk secara lengkap. Informasi produk ini dapat Kawan Kledo gunakan untuk menarik perhatian calon pembeli. Lebih baik lagi jika Kawan Kledo melampirkan informasi produk selengkap-lengkapnya.

Cara Menyusun Surat Penawaran Barang

Tidak hanya harus memperhatikan komponen dalam surat penawaran barang, Kawan Kledo juga harus memperhatikan cara penyusunan surat penawaran barang. Berikut cara penyusunannya surat penyusunan yang baik dan benar:

  1. Ditulis menggunakan bahasa Indonesia resmi, singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele.
  2. Wajib disertai identitas pengirim surat penawaran barang.
  3. Memperkenalkan jenis barang yang ingin ditawarkan.
  4. Mencantumkan detail produk beserta harga yang ditawarkan. Kawan Kledo dapat menyertakan harga per buah, per unik, per lusin, per kodi, atau lainnya.
  5. Sertakan alamat tujuan surat penawaran tersebut.
  6. Sertakan juga nama lengkap dan tanda tangan pengirim surat penawaran.

Format Penulisan Surat Penawaran Barang

pesanan

Surat penawaran barang juga harus mengikuti format surat resmi, yaitu sebagai berikut:

  1. Kop surat.
  2. Kepala surat dimana berisi tujuan, alamat, dan nomor surat, serta dilengkapi dengan perihal.
  3. Pembuka surat atau salam hormat.
  4. Isi dari surat penawaran barang.
  5. Penutup.

Contoh Surat Penawaran Barang

Agar lebih memudahkan Kawan Kledo dalam penulisan surat penawaran barang, berikut beberapa contoh surat penawaran barang bisa Kawan Kledo jadikan referensi:

contoh surat penawaran barang
contoh surat penawaran barang
surat penawaran barang
barang
produk
surat
contoh surat penawaran barang
surat penawaran barang
contoh surat penawaran barang
contoh surat penawaran barang

Kesimpulan

Surat penawaran barang merupakan surat yang sangat penting bagi aktivitas bisnis. Surat ini dibutuhkan saat Kawan Kledo ingin menawarkan barang baru kepada pelanggan. Kawan Kledo bisa mengikuti cara penulisan surat penawaran barang di atas dan menjadi contoh surat penawaran barang di atas sebagai referensi.

Jangan lupa juga untuk selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Ingat, bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang tentunya sangat berguna bagi keuangan bisnis dan akan memudahkan pengelolaan bisnis. Daftar Kledo sekarang juga!

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?