Loading...

Contoh Surat Serah Terima Barang Terbaik untuk Bisnis, Coba Sekarang!

Kembali Contoh Surat

Dalam kegiatan bisnis, ada beberapa hal yang harus benar-benar Kawan Kledo perhatikan, salah satunya adalah ketika melakukan transaksi pengiriman barang. Pengiriman barang merupakan salah satu transaksi penting dalam bisnis, jadi Kawan Kledo harus melakukannya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai terjadi hal-hal di luar dugaan. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ini, Kawan Kledo sebaiknya membuat surat serah terima barang. Surat serah terima barang merupakan bukti sah transaksi pengiriman barang.

Lalu bagaimana cara membuat surat penawaran barang yang baik dan benar ini? Semuanya akan Kledo rangkum di artikel ini, jadi pastikan Kawan Kledo membaca artikel ini hingga selesai, ya!

Pengertian Surat Serah Terima Barang

surat terima barang

Surat serah terima barang merupakan surat tanda bukti yang dikirimkan perusahaan terkait dengan penerimaan barang atau jasa. Biasanya, surat serah terima ini akan dikirimkan bersamaan dengan produk yang dikirimkan oleh jasa ekspedisi. Banyak yang menyamakan surat serah terima barang ini dengan kwitansi, padahal sebenarnya beda banget. Surat serah terima barang ini diberikan sebagai tanda produk tersebut telah dikirimkan. Sedangkan kwitansi merupakan bukti sah pembayaran yang telah diselesaikan. Bisa dikatakan, surat serah terima barang ini akan didapatkan terlebih dahulu sebelum kwitansi yang harus menunggu pelunasan pembayaran.

Fungsi Surat Serah Terima Barang

Sebagai bagian dari aktivitas bisnis, surat serah terima barang memiliki fungsi yang akan membantu memudahkan kegiatan bisnis. Apa saja fungsi dari surat serah terima barang ini?

Fungsi surat serah terima barang yang pertama adalah untuk mencegah terjadinya kecurangan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, surat serah terima barang merupakan bukti sah transaksi jual-beli antara penjual dengan pembeli. Dengan adanya surat serah terima ini dapat menghindari terjadi kecurangan. Fungsi kedua dari surat serah terima barang adalah sebagai laporan stok barang. Dengan adanya surat serah terima barang ini Kawan Kledo juga bisa mengetahui berapa jumlah stok barang yang ada di gudang dan lebih mudah untuk menghitungnya.

Jenis Surat Serah Terima Barang

surat barang

Ada beberapa jenis surat terima barang yang biasa digunakan dalam kegiatan bisnis. Berikut penjelasannya:

1. Surat Serah Terima Toko

Jenis surat serah terima barang yang pertama adalah surat serah terima toko. Surat serah terima toko merupakan surat yang dibuat oleh toko yang ingin serah terima barang dengan pihak lain. Contohnya adalah saat toko ingin menyerahkan barang yang dijual (elektronik) kepada pihak kepada pihak kedua. Surat serah terima ini menjadi bukti bahwa barang yang diserah-terimakan dalam keadaan baik. Dengan begitu kedua pihak tidak perlu khawatir dengan keadaan barang tersebut.

2. Surat Serah Terima Dinas

Jenis kedua adalah surat serah terima barang untuk dinas. Dalam surat serah terima dinas sebelumnya kedua pihak telah melakukan kerja sama. Sehingga surat serah terima ini digunakan untuk memastikan keadaan barang diterima dengan baik.

3. Surat Serah Terima PT

Ketiga, surat serah terima barang untuk PT. Perpindahan barang merupakan sesuatu yang sering terjadi di dalam PT dan surat serah terima barang dibutuhkan untuk kegiatan ini. Kawan Kledo harus membuat surat serah terima barang dengan baik agar tidak terjadi keselahapahaman antara kedua belah pihak.

4. Surat Serah Terima Kantor

Keempat, surat serah terima barang untuk kantor. Surat serah terima barang kantor hampir sama dengan surat serah terima lainnya yaitu mengenai pengadaan penyediaan peralatan tulis kantor yang telah habis stok.

5. Surat Serah Terima Sekolah

Jenis surat serah terima yang terakhir yaitu surat serah terima sekolah. Surat serah terima untuk sekolah ini biasanya terjadi antara toko dengan sekolah. Barang yang digunakan dalam surat serah terima sekolah adalah peralatan untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

Komponen Surat Serah Terima Barang

penerima

Sama halnya dengan surat-surat resmi lainnya, surat serah terima barang juga berbeda-beda di tiap perusahaan. Berikut beberapa komponen dalam surat serah terima barang yang wajib dicantumkan:

1. Judul

Komponen pertama yang harus ada dalam surat serah terima barang adalah judul. Judul terletak di bagian paling atas surat serah terima barang dan ditulis dengan huruf kapital. Kawan Kledo dapat menuliskan judul dengan keterangan surat serah terima barang.

2. Tanggal Penerimaan

Komponen kedua yang wajib ada dalam surat serah terima adalah tanggal penerimaan barang. Tanggal penerimaan barang ditulis setelah judul dan menerangkan waktu barang tersebut diterima.

3. Tanggal Pengiriman

Selanjutnya, Kawan Kledo juga harus menyertakan tanggal pengiriman barang. Tanggal pengiriman ditulis untuk menunjukan kapan barang tersebut dikirim.

4. Tanda Tangan Penerima dan Pengirim Barang

Terakhir, Kawan Kledo harus menyertawakan tanda tangan penerima dan pengirim barang. Ini dilakukan untuk menunjukan legalitas atas surat serah terima ini agar sah ketika terjadi permasalahan di masa yang akan datang.

Contoh Surat Serah Terima Barang

Untuk lebih memudahkan Kawan Kledo dalam menulisan surat serah terima barang, berikut beberapa contoh surat serah terima barang yang bisa dijadikan referensi:

contoh surat serah terima barang
contoh surat serah terima barang
contoh surat serah terima barang
contoh surat serah terima barang
surat resmi
contoh surat serah terima barang
contoh surat serah terima barang
contoh surat serah terima barang
contoh surat serah terima barang
contoh surat

Kesimpulan

Surat serah terima barang merupakan salah satu surat yang memiliki peran penting dalm kegiatan bisnis. Kawan Kledo dapat mengetahui semua tentang surat serah terima barang di atas dan untuk memudahkan penulisan surat serah terima ini, Kawan Kledo bisa menjadi contoh yang ada di atas sebagai referensi.

Selain surat serah terima barang, pastikan Kawan Kledo juga selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan ini dan cara termudahnya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!