Contoh Surat Penawaran Ini Sangat Mudah dan Cocok untuk Semua Bisnis

Dalam kegiatan bisnis khususnya saat melakukan penawaran barang atau jasa, pelaku bisnis akan membutuhkan surat penawaran. Surat penawaran barang atau jasa ini digunakan untuk proses penawaran barang atau jasa kepada konsumen atau pelanggan dan sukses atau tidaknya proses penawaran ini tergantung bagaimana pelaku bisnis membuat surat penawaran ini. Untuk itu, Kawan Kledo harus membuat surat penawaran barang atau jasa dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar agar pembaca mudah memahami isi surat tersebut. Lalu bagaimana kriteria surat penawaran yang baik dan benar itu? Untuk mengetahuinya, Kawan Kledo bisa membaca artikel contoh surat penawaran ini hingga selesai.

Pengertian Surat Penawaran

Surat penawaran merupakan dokumen tertulis yang diberikan kepada pelanggan untuk memberikan informasi mengenai produk-produk unggulan perusahaan tersebut. Surat penawaran ini memiliki tujuan menjelaskan produk baru yang dimiliki perusahaan namun tidak dipungkiri cara ini akan menghasilkan penjualan produk. Surat penawaran ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, mulai dari bisnis perdagangan sampai bisnis jasa. Biasanya, surat penawaran ini diberikan kepada pelanggan yang loyal ataupun kepada pelanggan yang baru dihubungi. Agar lebih memahami surat penawaran ini, Kawan Kledo dapat melihat ciri-ciri surat penawaran di penjelasan selanjutnya.

Ciri-Ciri Surat Penawaran

Sebenarnya tidak ada ciri-ciri khusus yang harus ada dalam surat penawaran. Namun layaknya surat resmi lainnya, bahasa yang digunakan dalam surat penawaran harus menggunakan bahasa formal dan mengandung beberapa hal yang ada di bawah ini:

  1. Surat penawaran dibuat dalam bentuk surat resmi dengan bahasa formal dan disertai kop surat. Dengan penggunaan bahasa formal ini Kawan Kledo dapat menjaga profesionalitas antara pemilik bisnis dengan konsumen.
  2. Surat yang dikirimkan murni berisi penawaran dengan penjelasan detail produk dan harga yang ditawarkan (untuk potongan harga menjadi pilihan selanjutnya).
  3. Penulisan surat penawaran harus dilakuakn serapi mungkin agar tidak membingungkan bagi konsumen ketika menerima informasi produk.

Komponen Surat Penawaran

Agar Kawan Kledo dapat membuat surat penawaran dengan baik dan benar, yuk pahami beberapa komponen yang harus ada dalam surat penawaran yang ada di bawah ini:

1. Informasi Perusahaan

Komponen pertama yang harus ada dalam surat penawaran adalah informasi perusahaan. Informasi perusahan yang mengirimkan surat penawaran sangat penting untuk diketahui oleh konsumen atau pelangga. Informasi-informasi ini antara lain nama perusahaan, alamat perusahaan, dan bidang usaha yang dijalankan. Dengan adanya gambaran ini, konsumen atau pelanggan akan mengetahui apa saja yang ditawarkan.

2. Barang yang Ditawarkan

Komponen kedua yang harus ada dalam surat penawaran adalah barang yang ditawarkan. Kawan Kledo harus memberikan informasi mengenai barang yang ditawarakan dan akan lebih baik jika dilengkapi dengan harga dan stok yang ada di perusahaan agar pelanggan dapat memperkirakan jumlah yang akan dibeli.

3. Penjelasan Harga Promo

Ada baiknya saat Kawan Kledo menawarkan produk kepada pelanggan disertai promo menarik. Dengan adanya promo ini pelanggan tentunya akan lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Kawan Kledo dapat memberikan promo berupa diskon untuk pembelian dengan jumlah tertentu atau Kawan Kledo bisa memberikan promo berupa potongan atau gratis ongkos kirim.

4. Metode Pembayaran

Penting bagi Kawan Kledo untuk menginformasikan metode pembayaran yang bisa digunakan. Lebih baik lagi jika Kawan Kledo memberikan banyak alternatif untuk metode pembayaran ini.

5. Lampiran Informasi Produk

Terakhir, komponen yang harus ada dalam surat penawaran adalah lampiran informasi produk. Pastikan Kawan Kledo menyertakan lampiran infomrasi produk ini secara lengkap agar pelanggan semakin tertarik untuk membeli produk yang Kawan Kledo tawarkan.

Format Penulisan Surat Penawaran

Selain komponen, dalam pembuatan surat penawaran Kawan Kledo juga harus memperhatikan format penulisan yang berikut. Apa saja format penulisan yang harus digunakan ini? Berikut jawabannya:

  1. Kop surat
  2. Bagian kepala surat yang berisi tujuan, alamat tujuan, nomor surat, dan perihal dalam surat.
  3. Pembukaan dan salam hormat
  4. Isi surat.
  5. Bagian penutups surat penawaran.

Cara Menyusun Surat Penawaran

Dalam penulisan surat penawaran, Kawan Kledo bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  1. Penulisan surat penawaran menggunakan bahasa baku, jelas, singkat, dan tidak bertele-tele.
  2. Dalam surat penawaran wajib ada identitas pengirim surat penawaran.
  3. Perkenalkan produk apa saja yang ditawarkan.
  4. Cantumkan secara jelas daftar produk yang ditawarakan beserta harga. Kawan Kledo bisa membuat harga dalam bentuk daftar atau berupa keterangan yang berlaku selama masa penawaran. Selain itu, Kawan Kledo harus mencantumkan harga berdasarkan satuan, seperti per buah, per kilogram, per lusin, per botol, dan lainnya.
  5. Sertakan alamat tujuan dalam surat penawaran tersebut.
  6. Tanda tangan pengirim surat penawaran dan bila perlu tambah dengan stempel untuk menambah legalitas surat penawaran tersebut.

Contoh Surat Penawaran

Agar Kawan Kledo lebih mudah dalam pembuatan surat penawaran, berikut contoh-contoh yang bisa dijadikan referensi:

ontoh surat penawaran
Contoh Surat Penawaran Harga Tanah
contoh surat penawaran
Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik
contoh surat penawaran
Contoh Surat Penawaran Pembuatan Marchandise
contoh surat penawaran
Contoh Surat Penawaran Galon
surat penawaran
Contoh Surat Penawaran Air Mineral
penawaran barang
Contoh Surat Penawaran Printing
contoh surat penawaran
Contoh Surat Penawaran Rancang Website
penawaran
Contoh Surat Penawaran Mesin Fotokopi
contoh surat penawaran
Contoh Surat Penawaran
contoh surat penawaran
Contoh Surat Penawaran

Kesimpulan

Surat penawaran merupakan surat yang digunakan untuk menawarkan produk baru kepada pelanggan. Surat penawaran ini menjadi bagian yang sangat penting dalam bisnis. Oleh karena itu, Kawan Kledo tidak boleh asal dalam membuat surat penawaran ini. Kawan Kledo bisa menggunakan cara dan contoh surat penawaran yang ada di artikel ini untuk memudahkan pembuatannya.

Selain membuat surat penawaran, Kawan Kledo juga harus selalu memantau keuangan bisnis dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pemantauan keuangan bisnis ini. Untuk lebih lengkapnya Kawan Kledo bisa klik di sini dan daftar Kledo sekarang juga!

Tim Hebat Kledo siap menemukan solusi terbaik untuk manajemen keuangan perusahaanmu. Kontak tim hebat kami via whatsapp sekarang juga, klik di sini.

Hubungi Kami

Ikuti Kami

© 2020 Kledo.com, Developed with  Team Kledo

× Halo, ada yang bisa saya bantu?