10 Software HR Terbaik dan Cara Memilihnya

software HR terbaik

Mengelola HR dalam bisnis bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama pada bisnis baru. Solusi terbaik untuk mengelola HR dengan lebih mudah dan lebih baik adalah dengan menggunakan software HR terbaik yang ada di pasaran.

Dengan banyaknya aplikasi pengelolaan HR yang ada di pasaran saat ini, tentu akan sedikit menyulitkan bagi Anda memilih software HR yang cocok untuk bisnis Anda.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi software HR terbaik yang bisa Anda pilih untuk memudahkan proses pengelolaan SDM bisnis Anda secara keseluruhan.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memilih Software HR

software hr terbaik

Mengapa perusahaan menggunakan Sistem Informasi SDM (HRIS)?

Software HRIS pada dasarnya adalah aplikasi database SDM tempat bisnis melacak informasi terkait pelamar dan karyawan.

Ini membantu perusahaan memindahkan informasi dari file karyawan dan mentransfernya ke database HR, membantu HR memberikan lebih cepat, dan membantu dalam pelaporan yang efisien.

Fitur apa yang harus Anda dapatkan dari software HRIS?

Setiap software HR terbaik mengkhususkan diri dalam serangkaian fitur yang ditentukan dan kebanyakan dari mereka menawarkan kombinasi dari fitur-fitur berikut.

  • Employee Training Records
  • Employee Self Service
  • Manager Self Service
  • Performance Reviews and Compensation
  • Reporting
  • Payroll
  • Position Control
  • Applicant tracking
  • Employee information
  • Benefits administration
  • Time and attendance
  • Benefits online enrollment

Baca juga: Manufacturing Overhead Control: Pembahasan Lengkap dan Tipsnya

Siapa yang membutuhkan Software HR terbaik?

Setiap perusahaan yang ingin melacak sejumlah besar karyawan secara efisien membutuhkan software HR.

Tools HR yang ideal akan menghilangkan kerumitan dan waktu terbuang dari catatan kertas & spreadsheet dan membuka jalan untuk otomatisasi.

Biasanya, perusahaan dengan lebih dari 50 karyawan membutuhkan pasar perangkat lunak SDM untuk mengelola proses dan catatan karyawan secara efektif.

Apa perbedaan antara Software HRMS dan HRIS?

HRIS sebagai suatu sistem menawarkan penyimpanan informasi kepada perusahaan dalam bentuk database.

Software HRIS sering berisi serangkaian database yang saling terkait. HRMS (Human Resource Management Software) adalah perangkat SDM yang lebih komprehensif yang menawarkan beberapa fungsi SDM, seperti penggajian, administrasi tunjangan, analisis kinerja, dan tinjauan, serta perekrutan dan pelatihan.

Karena kedua alat ini sangat mirip, sulit untuk membedakannya. Selain itu, banyak sistem HRIS yang menawarkan semua fitur ini dalam satu paket sehingga membuat masalah menjadi lebih membingungkan.

Oleh karena itu, sebagian besar vendor alat SDM menganggap kedua solusi ini lebih sama.

10 Software HR Terbaik yang Bisa Anda Pilih

1. BambooHR

Misi software BambooHR adalah untuk meningkatkan kemudahan kehidupan penggunanya melalui solusi manajemen tenaga kerjanya.

Pendiri perusahaan, Ben Peterson dan Ryan Sanders tidak berangkat hanya untuk menghasilkan uang.

Sebaliknya, mereka ingin membuat produk yang akan meningkatkan kehidupan kerja pelanggan mereka dan, dengan perluasan, kehidupan pribadi mereka.

BambooHR tidak cocok untuk perusahaan besar, tetapi ini berarti mereka ahli di niche UMKM.

Secara khusus, BambooHR adalah pilihan yang bagus untuk perusahaan kecil yang peduli dengan pelacakan manajemen kinerja.

Perangkat lunak BambooHR dapat melacak metrik utama, mengukur kinerja, dan bahkan membuat laporan khusus untuk bisnis kecil Anda.

Apa yang ditawarkan BambooHR?

BambooHR menawarkan dua paket human resource information system (HRIS), Essentials, dan Advantage.

Kedua paket tersebut mencakup solusi SDM inti seperti pemrosesan data karyawan, alat layanan mandiri karyawan, dan fitur dukungan pelanggan.

Namun, paket Advantage juga mencakup alat perekrutan dan orientasi seperti sistem pelacakan pelamar atau applicant tracking system (ATS), kemampuan berbagi data, dan komponen lanjutan lainnya, termasuk peningkatan penyesuaian.

Selain dua paket utama, BambooHR menawarkan add-on seperti pemrosesan penggajian, pelacakan waktu, dan perangkat lunak manajemen kinerja.

Baca juga: Inventaris Adalah: Pengertian, Teknik Manajemen, dan Tips Mengelolanya

2. Gusto

ZenPayroll diluncurkan pada tahun 2012 dan kemudian berubah nama menjadi Gusto.

Saat ini, mereka melayani lebih dari dua ratus ribu bisnis di Amerika Serikat. Software HR Gusto memproses penggajian puluhan miliar dolar setiap tahun, belum lagi fitur pendukung Gusto lainnya.

Misi Gusto didorong oleh nilai-nilainya, yang meliputi memiliki pola pikir layanan pelanggan, merangkul mentalitas pemilik bisnis, dan membangun dengan kerendahan hati.

Apa yang ditawarkan Gusto?

Gusto menawarkan empat paket berbeda untuk berbagai jenis bisnis. Paket termurah mereka berorientasi pada usaha kecil, tetapi mereka menawarkan lebih banyak layanan kepada perusahaan besar dengan biaya lebih tinggi.

Salah satu alasan Gusto menonjol di antara perusahaansoftware HR adalah paket “Select” mereka, yang disesuaikan dengan perusahaan yang berkembang dari waktu ke waktu.

Paket lanjutan ini membutuhkan minimal dua puluh lima karyawan, tetapi mencakup setiap fitur dari paket mereka yang lain, solusi penggajian Gusto layanan lengkap, akses langsung ke manajer sukses pelanggan khusus, biaya yang dibebaskan, dan integrasi broker asuransi kesehatan.

3. Zenefits

Zenefits, didirikan pada tahun 2013, berangkat untuk memahami masalah besar yang tidak dihadapi perusahaan kecil dan menengah, dan misi mereka adalah untuk menyamakan kedudukan.

Pada tahun 2014 Zenefits adalah salah satu perusahaan teknologi perangkat lunak dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah.

Pada tahun itu saja, mereka tumbuh dari 15 menjadi lebih dari 470 karyawan. Mereka juga menerima $15 juta dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz, Maverick, dan Venrock.

Saat ini, perangkat lunak Zenefits digunakan oleh lebih dari 10.000 perusahaan dan 400.000 karyawan.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi HR yang tumbuh paling cepat dan paling menjanjikan, Zenefits memberikan paket manajemen SDM yang lengkap.

Apa yang ditawarkan Zenefits?

Seperti kebanyakan perusahaan software HR, Zenefits menawarkan tingkat dukungan yang berbeda.

Paket dasar mereka mencakup hal-hal penting, seperti penggajian Zenefits, orientasi, dan perangkat lunak penjadwalan karyawan, tetapi juga termasuk paket administrasi tunjangan mereka.

Ini adalah salah satu fitur Zenefits yang paling berbeda dan populer karena aplikasi selulernya yang dapat diakses, sistem otomatis, dan platform digital yang efisien.

Baca juga: Mengetahui Fungsi Akuntan dalam Pengelolaan Keuangan Bisnis

4. Namely

Berbeda dengan BambooHR, Zenefits, dan Gusto yang menyasar baik usaha kecil maupun menengah, Namely secara khusus menyasar usaha menengah saja.

Didirikan pada tahun 2012, Namely telah mendapatkan banyak penghargaan. Pada tahun 2021 mereka menerima tiga penghargaan Comparably, untuk Diversity, Leadership, dan Career Growth.

Pakar SDM di Namely juga meluncurkan solusi pelaporan karyawan anonim untuk menciptakan tempat kerja yang lebih aman.

Apa yang ditawarkan Namely?

Namely hanya menawarkan dua paket HRIS yang berbeda, tetapi mereka juga menyediakan beberapa layanan yang ditingkatkan yang dapat ditambahkan ke paket perusahaan Anda.

Paket HR Fundamentals mereka menawarkan banyak solusi inti HR yang digabungkan oleh perusahaan perangkat lunak lain dalam rencana dasar mereka.

Ini termasuk layanan mandiri karyawan, orientasi, direct deposit, keterlibatan karyawan, biaya tenaga kerja, dan analitik SDM.

Namun, Namely juga menyertakan fitur unik seperti umpan berita perusahaan dan alat pelaporan anonim mereka.

5. SAP SuccessFactors

SAP adalah salah satu perusahaan terbesar dalam daftar ini. SAP didirikan pada tahun 1972 oleh lima pengusaha Jerman yang melihat potensi bisnis perangkat lunak.

Solusi SAP ERP sudah terkenal, tetapi solusi SAP SuccessFactors sama pentingnya di dunia kerja modern.

SAP SuccessFactors HCM Suite diubah namanya menjadi HXM (manajemen pengalaman manusia) untuk mencerminkan fokusnya dalam melayani karyawan terlebih dahulu.

Apa yang ditawarkan oleh SAP SuccessFactors?

Pelanggan SAP SuccessFactors tidak memiliki pilihan paket yang berbeda, tidak seperti banyak jenis perangkat lunak HCM dan HRIS lainnya.

Sebagai gantinya, SAP HCM mencakup berbagai layanan untuk pembelian, mulai dari SAP SuccessFactors Employee Central hingga Employee Experience Management.

Tidak seperti beberapa perusahaan rintisan teknologi SDM yang lebih kecil dalam daftar ini, SAP HR melayani perusahaan besar dengan puluhan ribu karyawan, seperti American Airlines dan EY.

Baca juga: 10 Cara Agar Berbisnis Sukses yang Wajb Anda Lakukan

6. Paycor

Didirikan pada tahun 1990, Paycor adalah salah satu perusahaan manajemen modal manusia (HCM) tertua dan salah satu pemimpin SDM paling terkenal dalam daftar ini.

Saat ini, Paycor melayani lebih dari empat puluh ribu perusahaan kecil hingga menengah. Salah satu prioritas terbesar Paycor adalah meningkatkan keragaman, kesetaraan, dan inklusi dalam bisnis pelanggan mereka.

Mereka melakukan ini melalui transparansi dalam analisis Paycor dan penggajian Paycor.

Apa yang ditawarkan Paycor?

Software HR Paycor berfokus pada usaha kecil dan menengah, dan layanan HR mereka bervariasi berdasarkan jenis bisnis yang Anda miliki.

Mereka menawarkan empat paket berbeda untuk bisnis kecil, mulai dari paket dasar hingga paket lengkap Paycor HCM.

Paket dasar mencakup layanan pajak gaji, aplikasi seluler, pelaporan online, pembayaran Sesuai Permintaan, serta layanan SDM dan kepatuhan.

Tiga paket bisnis kecil berikutnya lebih mahal tetapi mencakup lebih banyak fitur, seperti orientasi, pusat dukungan profesional, dan analitik yang kuat untuk pemilik bisnis.

7. Deputy

Misi Deputy adalah untuk merampingkan dan menyederhanakan perangkat lunak penjadwalan karyawan. Saat ini, mereka melayani lebih dari 250.000 bisnis di seluruh dunia.

Deputy berspesialisasi dalam perangkat lunak penjadwalan shift, dan mereka menawarkan beberapa alat manajemen tenaga kerja paling terjangkau di blog ini.

Mereka bahkan memiliki paket yang sepenuhnya gratis dengan hingga seratus lembar waktu sebulan, dan paket Premium mereka semurah empat dolar per pengguna (ditagih setiap tahun).

Apa yang ditawarkan Deputy?

Deputy menawarkan dua paket untuk usaha kecil, Pemula dan Premium. Paket Pemula tidak termasuk banyak dibandingkan dengan paket pemula lainnya pada artikel ini, tetapi gratis!

Paket Premium menawarkan lebih banyak fitur, seperti penjadwalan otomatis dan integrasi penggajian.

Selain rencana bisnis kecil mereka, Deputy menawarkan rencana Perusahaan mereka untuk bisnis dengan lebih dari 250 karyawan.

Paket ini mencakup semua yang ada dalam paket Premium bersama dengan perencanaan permintaan lanjutan, pelaporan, dan analitik tenaga kerja, dan berbagai fitur yang dapat disesuaikan.

Baca juga: Business Continuity Plan (BCP): Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

8. Oracle HR

software hr terbaik

Seperti SAP, Oracle adalah perusahaan besar yang memiliki berbagai perangkat lunak sumber daya manusia dan menargetkan perusahaan global besar.

Mereka memiliki lebih dari seratus ribu karyawan. Oracle HCM Cloud mencakup beberapa fitur paling canggih dari platform HR mana pun hingga saat ini.

Oracle HCM Cloud melayani perusahaan seperti Adventist Health, illycaffè, dan Baylor University.

Sebagai penyedia perangkat lunak SDM global, HCM mereka dapat diakses di lebih dari 190 negara dan 26 bahasa.

Apa yang ditawarkan Oracle HR?

Teknologi Oracle HCM HR menawarkan semua yang dibutuhkan perusahaan global untuk mengelola karyawannya.

Oracle HCM Cloud mencakup layanan perangkat lunak SDM inti, integrasi tunjangan karyawan, direktori jaringan, prediksi tenaga kerja, kontrol keamanan, dan studio desain pengalaman unik.

Oracle Cloud HCM adalah bagian paling kompetitif dan menarik dari Oracle HRMS. Platform cloud ini menyatukan Oracle Human Resources, Talent Management, Workforce Management, dan Oracle HCM Payroll.

Oracle mengklaim bisnis yang menggunakan cloud mereka telah mengalami peningkatan efisiensi tenaga kerja secara keseluruhan sebesar 11 persen, penurunan biaya sistem lama sebesar 29 persen, dan peningkatan produktivitas pelaporan sebesar 62 persen.

9. ADP

ADP adalah salah satu nama terbesar dalam daftar ini, melayani lebih dari sembilan ratus ribu perusahaan.

ADP menonjol sebagai salah satu perusahaan software HR paling serbaguna, menyediakan pilihan untuk perusahaan kecil, menengah, dan besar.

Mereka bahkan menawarkan ADP TotalSource, solusi PEO HR dengan semua keunggulan layanan manajer SDM internal.

ADP telah berusia lebih dari tujuh puluh tahun, dan pada tahun 2021, Fortune telah menobatkan mereka sebagai salah satu “Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia” selama lima belas tahun berturut-turut.

Misi mereka adalah memberikan solusi untuk tantangan sumber daya manusia dan mengubah dunia profesional, baik dengan mengadaptasi perangkat lunak mereka ke masalah industri tertentu atau meningkatkan perangkat lunak ADP Workforce Now yang populer.

Apa yang ditawarkan ADP?

ADP menawarkan salah satu jenis layanan manajemen SDM inti terbesar dalam daftar ini.

Mereka memiliki paket yang ditujukan untuk perusahaan kecil dan menengah. Software payroll ADP paling populer untuk perusahaan kecil adalah paket Enhanced mereka, menawarkan penggajian ADP, layanan pajak ADP, dan alat HRM.

Klien ADP juga mendapatkan akses ke agen ADP mereka sendiri, yang pada dasarnya menyediakan layanan pramutamu sumber daya manusia.

Paket ADP Workforce Now tersedia untuk perusahaan menengah mana pun. Paket Hiring Advantage adalah layanan penggajian SDM dan ADP ADP paling populer untuk perusahaan menengah, dan ini mencakup orientasi, manajemen bakat, manajemen kinerja, dan alat profesional SDM yang disempurnakan lainnya.

ADP juga menawarkan add-on opsional untuk setiap paket ADP Workforce Now.

Baca juga: Smart Goals: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

10. GajiHub

Rekomendasi terakhir dari daftar kamu merupakan salah satu software HR terbaik buatan Indonesia.

jadi Gajihub merupakan software HR dan payroll yang sangat cocok untuk bisnis yang beroperasi di Indonesia dan sudah terintegrasi dengan sempurna dengan software akuntansi terbaik Kledo sehingga Anda mendapatkan solusi menyeluruh untuk proses operasional bisnis Anda.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Apa yang ditawarkan Gajihub?

Dengan menggunakan Gajihub Anda bisa dengan mudah melakukan penghitungan payrollpengelolaan absensi, HRIS, perhitungan pajak PPh 21, BPJSakuntansi, reimbursementmengelola asetmengelola cuti karyawan, sampai analisis data manajemen SDM.

Selain itu, GajiHub memudahkan bisnis dan karyawan Anda dengan employee self service (ESS) yang praktis dan perusahaan dapat mengundang karyawan untuk mengunduh aplikasinya melalui Playstore atau App Store, dan mereka kemudian dapat melihat slip gaji mereka dan mengirimkan informasi absen yang diperlukan.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

Kesimpulan

Apa pun ukuran bisnis atau sektornya, software HR terbaik dan efisien sangat penting untuk proses kerja yang lebih modern

Saat Anda memilih software HR, tanyakan apakah vendor memiliki pengalaman dengan industri Anda atau dapat memberikan referensi dari klien sebelumnya di bidang atau niche Anda.

Yang terpenting, pastikan mereka menawarkan dukungan pelanggan setelah Anda menggunakan software HR mereka.

Selain software HR, hal yang tidak kalah penting dalam proses operasional bisnis adalah proses pembukuan dan pengelolaan akuntansi.

Jika Anda belum memiliki sistem akuntansi yang baik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses bisnis.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =