10 Cara Mencari Investor untuk Pengembangan Bisnis yang Lebih Baik

cara mencari investor

Modal menjadi salah satu komponen yang sangat penting ketika memulai suatu bisnis. Namun sayangnya banyak pelaku bisnis yang kesulitan mendapatkan modal dan membutuhkan cara mencari investor untuk mendapatkan tambahan modal bisnis ini.

Mencari investor yang akan memberikan modal untuk bisnis bukan sesuatu yang sulit. Kawan Kledo bisa menggunakan cara mencari investor yang akan dijelaskan di artikel ini.

Apa saja cara-cara tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Apa Itu Investor?

apa itu investor

Sebelum membahas cara mencari investor, apa sih sebenarnya investor itu? Investor merupakan seseorang atau sekelompok orang yang memberikan modal kepada pihak lain dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari modal yang ia berikan.

Secara singkatnya, investor merupakan orang yang melakukan investasi kepada pihak lain. Dari investasi ini, pihak yang mendapatkan investasi bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik dan lebih besar lagi.

Pentingnya Investor bagi Pengembangan Bisnis

bisnis

Bagi bisnis yang masih berkembang dan membutuhkan modal yang besar, mencari investor menjadi salah satu cara untuk membuat bisnis menjadi lebih baik. Seberapa penting investor ini bagi pengembangan sebuah bisnis?

Berikut beberapa alasan pentingnya investor untuk pengembangan bisnis yang wajib Kawan Kledo ketahui:

1. Membantu Mengembangkan Bisnis

Dengan mendapatkan investasi dari investor, Kawan Kledo dapat terbantu untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik dan lebih besar. Seperti yang kita ketahui, mengembangkan bisnis membutuhkan modal yang akan didapatkan dari investor.

Modal yang diberikan oleh investor dapat Kawan Kledo gunakan untuk keperluan bisnis, mulai dari pemasaran, untuk menambah perlengkapan dan peralatan kantor, melakukan renovasi, merekrut karyawan baru, dan lainnya.

2. Kelancaran Arus Kas

Kelancaran arus kas menjadi sesuatu yang penting dalam bisnis. Kelancaran arus kas ini dibutuhkan khususnya saat belum banyak produk yang terjual.

Dengan adanya investasi dari investor Kawan Kledo bisa mendapatkan kelancaran arus kas dan menggunakannya untuk keperluan bisnis seperti membayar gaji karyawan, membayar biaya operasional, hingga berbagai tagihan yang harus dibayar tiap bulan.

Baca juga: Gunakan Cara Ini untuk Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha, Sangat Mudah!

3. Untuk Menambah Inventaris Bisnis

Bagi bisnis rintisan atau bisnis yang sedang berkembang, ada berbagai masalah yang sering muncul, salah satunya adalah stok barang yang tidak sesuai dengan permintaan barang. Jika hal itu terjadi, mau nggak mau Kawan Kledo harus menambah stok dan pastinya dibutuhkan modal untuk menambah stok barang ini.

Dengan mendapatkan investasi Kawan Kledo bisa menambah stok barang dan mencukupi setiap permintaan yang masuk. Dengan begitu bisnis bisa berjalan lebih lancar dan berkembang dengan baik.

4. Untuk Menambah dan Menjaga Aset Bisnis

Untuk menjaga atau meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, Kawan Kledo diwajibkan untuk menambah atau menjaga aset yang dimiliki. Dengan semakin meningkatnya produksi atau kebutuhan pesanan, pastinya dibutuhkan peralatan (aset) yang lebih besar pula.

Agar bisa memenuhi semua itu, Kawan Kledo membutuhkan tambahan modal yang bisa Kawan Kledo dapatkan dari investor. Dengan dana dari investor ini, menambah dan menjaga aset menjadi lebih mudah dan bisnis bisa berkembang dengan lebih baik lagi.

10 Cara Mencari Investor

mencari investor

Setelah mengetahui pentingnya investor bagi sebuah bisnis, lalu bagaimana cara mencari investor ini? Pasti banyak dari Kawan Kledo yang penasaran dengan cara mencari investor untuk mengembangkan bisnis ini, bukan?

Berikut 10 cara mencari investor yang bisa Kawan Kledo lakukan dan praktekan untuk bisnis Kawan Kledo:

1. Teman atau Kerabat Terdekat

Cara mencari investor pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan mendapatkan investasi dari teman atau kerabat terdekat. Cara ini mencari cara paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Kawan Kledo.

Kawan Kledo bisa mendiskusikannya bersama teman atau kerabat yang berpotensi menjadi investor bisnis Kawan Kledo. Jelaskan juga kelebihan dan potensi bisnis Kawan Kledo kepada kerabat atau teman agar mereka tertarik untuk berinvestasi.

Kawan Kledo bisa memberikan opsi menerimanya sebagai pinjaman atau investasi dari mereka. Jika menerimanya sebagai pinjaman, berapa bunga atau imbalan yang akan didapatkan dan jika menerimanya sebagai investasi, bagaimana pembagian sahamnya.

Kawan Kledo harus menjelaskannya dengan sebaik-baiknya agar temana atau kerabat tersebut tertarik. Selain mendapatkan modal dari teman atau kerabat terdekat, Kawan Kledo juga bisa memulai bisnis bersama keluarga. Baca di sini untuk lebih lengkapnya.

2. Cara Mencari Investor dengan Ajukan Pinjaman

Cara kedua yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengajukan pinjaman. Ada berbagai jenis pinjaman bank yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan modal bisnis ini.

Selain pinjaman bank, Kawan Kledo juga bisa mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau fintech. Mengajukan pinjaman online pastinya lebih mudah jika dibandingkan dengan pinjaman bank, namun pastikan Kawan Kledo sudah mengetahui risiko dan mengecek administrasi pinjaman online tersebut.

Jangan sampai pinjaman online tersebut termasuk pinjaman ilegal.

3. Mencari Investor dengan Pertimbangkan Investor Swasta

Ketiga, Kawan Kledo juga bisa mempertimbangkan investor swasta untuk menambah modal dan mengembangkan bisnis. Nah, investor swasta sendiri dibagi menjadi 2 (dua) yaitu angel investor atau investor malaikat dan venture capitalists atau kapitalis ventura.

Investor malaikat merupakan seseorang yang memiliki kekayaan bersih tinggi yang berupa uang, sumber daya, dan latar belakang yang nantinya dapat membantu bisnis meraih kesuksesan. Ketika seorang investor malaikat berinvestasi, maka ia akan memberikan kontribusi yang besar namun dengan pengembalian modal yang tinggi pula.

Investor malaikat memiliki kecenderungan untuk terlibat langsung ke dalam bisnis yang diinvestasikannya. Ini berbeda dengan investor kapitalis ventura yang akan masuk ketika bisnis telah didirikan, memiliki manajemen yang solid, dan telah terbukti sukses.

Modal yang diberikan kapitalis ventura digunakan untuk membuat perubahan dalam bisnis tersebut. Sama seperti investor malaikat, kapitalis ventura juga memiliki saham dan suaranya berpengaruh dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan.

4. Hubungi Rekan Kerja atau Teman Satu Jurusan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencari investor adalah dengan menghubungi rekan kerja atau teman satu jurusan. Hal ini dikarenakan orang yang ada di bidang yang sama akan jauh lebih memahami bisnis yang Kawan Kledo kembangkan dibandingkan ornag yang berasal dari bidang lain.

Selain itu, dari rekan kerja atau teman satu jurusan Kawan Kledo bisa mendapatkan informasi siapa investor yang cocok untuk berinvestasi di bisnis Kawan Kledo.

5. Gunakan Platform untuk Mencari Investor

Selain mendapatkan informasi investor dari rekan kerja atau teman satu jurusan, Kawan Kledo juga bisa menggunakan platform untuk menemukan investor yang cocok bagi bisnis Kawan Kledo. Saat ini ada berbagai jenis platform yang bisa membantu Kawan Kledo bertemu investor.

Gunakan platform tersebut sebaik mungkin dan kembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

6. Mengikuti Event Pitching Investor

Pernah nggak sih Kawan Kledo kepikiran mengikuti event bisnis untuk mencari investor? Jika sebelumnya belum pernah, mungkin sekarang saatnya.

Ada beberapa event bisnis yang menghadirkan acara pitching investor untuk para peserta yang hadir. Jadi, pastikan Kawan Kledo membawa proposal bisnis dan contoh produk saat menghadiri event bisnis.

7. Cara Mencari Investor dari Media Sosial

Selain melalui platform dan mengikuti event, Kawan Kledo juga bisa mencoba mencari investor dari media sosial. Dengan perkembangan teknologi, media sosial saat ini bisa menjadi media untuk menemukan investor yang cocok untuk bisnis.

Kawan Kledo bisa mencarinya di akun-akun khusus untuk investor bisnis atau bisa juga menggunakan hastag. Dari akun-akun atau hastag tersebut Kawan Kledo bisa mendapatkan informasi lebih lengkap terkait investor yang dibutuhkan.

8. Mengikuti Program Pendanaan Pemerintah

Ingin mendapatkan investasi tanpa harus memberikan pengembalian dalam jumlah yang besar? Program pendanaan pemerintah bisa menjadi salah satu pilihan.

Ada berbagai jenis pendanaan yang diberikan pemerintah, khususnya bagi pelaku UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Kawan Kledo bisa mendapatkan informasi pendanaan pemerintah di website atau media sosial pemerintah baik itu pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah.

9. Mengikuti Kompetisi Bisnis

Cara mencari investor selanjutnya yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengikuti kompetisi bisnis. Selain bisa mendapatkan investor, kompetisi bisnis juga bisa memberikan hadiah yang dapat digunakan untuk memperbesar bisnis.

10. Cara Mencari Investor dengan Perluas Relasi

Terakhir, mencari investor dapat Kawan Kledo lakukan dengan memperluas relasi, khususnya relasi di bidang bisnis. Semakin luas relasi yang Kawan Kledo miliki maka semakin besar kemungkinan Kawan Kledo bertemu dengan investor yang tepat dan Kawan Kledo butuhkan.

Kawan Kledo bisa bergabung ke komunitas-komunitas bisnis untuk memperluas relasi ini. Jalinlah hubungan baik dan gali berbagai informasi yang bermanfaat bagi pengembangan bisnis.

Tips Mencari Investor Bisnis

cara mencari investor

Ada beberapa tips yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mencari investor dengan mudah, apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Buat Proposal Bisnis yang Menarik

Tips pertama yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mencari investor adalah dengan membuat proposal bisnis yang menarik. Kenapa diperlukan proposal bisnis yang menarik untuk memikat investor?

Ini dikarenakan investor melihat dan menilai bisnis yang Kawan Kledo kembangkan dari proposal bisnis yang Kawan Kledo ajukan. Kawan Kledo juga bisa memasukan rencana bisnis di masa depan agar calon investor mengetahui untuk apa nantinya uang yang diinvestasikannya akan digunakan.

2. Mencari Investor dengan Melakukan Presentasi yang Baik

Tips kedua yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mencari investor adalah dengan melakukan presentasi yang baik. Setelah menyerahkan proposal bisnis biasanya calon investor akan meminta Kawan Kledo untuk mempresentasikan bisnis Kawan Kledo.

Pastikan Kawan Kledo presetasi dengan menyakinkan. Buatlah calon investor percaya dan tertarik dengan bisnis Kawan Kledo untuk menginvestasikan uang yang dimilikinya ke bisnis Kawan Kledo.

3. Pastikan Jelaskan Risiko Bisnis

Tidak ada bisnis yang tidak memiliki risiko. Jika Kawan Kledo mengatakan bisnis Kawan Kledo tidak memiliki risiko saat presentasi di depan calon investor, Kawan Kledo bisa langsung membuat calon investor tidak percaya dengan bisnis Kawan Kledo.

Jadi pastikan Kawan Kledo menjelaskan apa saja risiko yang dimiliki oleh bisnis Kawan Kledo dan berikan juga penjelasan bagaimana Kawan Kledo akan memberikan solusi dari risiko-risiko yang dimiliki oleh bisnis Kawan Kledo.

4. Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

Terakhir, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan dengan baik. Hal ini dikarenakan calon investor pasti akan mengecek laporan keuangan bisnis Kawan Kledo dan calon investor tidak akan tertarik dengan bisnis yang memiliki keuangan berantakan.

Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pengelolaan keuangan ini. Pastikan juga untuk selalu rutin melakukan pencatatan arus kas bisnis Kawan Kledo.

Dengan bantuan software akuntansi dan pencatatan arus kas yang rutin, pastinya Kawan Kledo bisa dengan mudah membuat laporan keuangan dan mencari investor untuk bisnis Kawan Kledo akan menjadi lebih mudah.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai 10 cara mencari investor yang bisa Kawan Kledo praktikan untuk bisnis Kawan Kledo. Pastikan juga Kawan Kledo melakukan beberapa tips yang telah dijelaskan di atas, khususnya pada bagian pengelolaan bisnis.

Untuk memudahkannya Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Selain itu, basis cloud yang dimiliki oleh Kledo memungkinkan bagi Kawan Kledo untuk mengelola keuangan dari mana saja, termasuk saat sedang liburan. So, yuk daftar Kledo sekarang juga dan rasakan semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =