Contoh Template Invoice Terbaik untuk Bisnis, Gratis!

contoh template invoice terbaik

Ada beberapa hal penting yang nggak bisa terlepas dari dunia bisnis. Jika sebelumnya Kledo sudah membahas tentang contoh purchasing order, kali ini Kledo akan membahas sesuatu yang juga berhubungan dengan purchasing order dan nggak bisa dilepaskan dari kegiatan bisnis, yaitu invoice. Invoice merupakan bagian yang nggak bisa terlepas dari bisnis dan menjadi bagian dari jalannya bisnis tersebut. Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang invoice, sebenarnya invoice itu apa sih?

Apa itu Invoice?

invoice

Buat Kawan Kledo yang berkecimpung di dunia akuntansi pasti sudah tidak asing dengan istilah invoice, namun bagi Kawan Kledo yang masih baru di dunia akuntansi dan juga dunia bisnis, pasti banyak yang belum tahu apa itu invoice. Invoice merupakan daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan nama, jumlah, dan harga yang dikirimkan oleh seorang penjual dan harus dibayar oleh pembeli. Transaksi yang ada dalam catatan invoice merupakan transaksi yang dilakukan secara kredit. Biasanya, invoice dibuat dalam tiga rangkap yaitu satu lembar untuk pembelian apabila telah melunasi tagihan, satu lembar untuk arsip penjualan, dan satu lembar untuk bagian laporan keuangan.

Invoice sangat penting keberadaannya bagi suatu bisnis karena dapat merekam barang dan jasa yang telah dibeli oleh pelanggan. Dengan adanya invoice ini suatu bisnis dapat menghitung laba lebih mudah. Kawan Kledo perlu melakukan pengiriman invoice sebagai tagihan pembayaran setelah pembeli menyelesaikan pesanan dan Kawan Kledo telah mengirimkan barang atau jasa tersebut. Biasanya, inovoice memiliki jangka waktu yang terdiri dari harian, mingguan, hingga bulanan. Kawan Kledo harus menunggu waktu pembayaran hingga waktu yang telah disepakati.

Bagi beberapa orang mungkin invoice akan tampak seperti kuitansi, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Perbedaannya terletak pada belum dan sudah dilakukan pembayaran. Invoice merupakan dokumen transaksi yang berisi perhitungan penjualan dengan pembayaran di kemudian hari, sedangkan kuitansi merupakan dokumen yang diberikan penjual kepada pembeli setelah dilakukan pembayaran. Jadi, kuitansi diberikan setelah dilakukan pembayaran.

Fungsi Invoice

Invoice memiliki fungsi sebagai alat bukti pembelian dan juga sebagai surat penagihan utang pembelian. Berikut fungsi lebih lengkap dari invoice:

  • Data berisi barang atau jasa yang dibeli
  • Informasi taguhan yang harus dibayar
  • Rujukan yang sah jika barang atau jasa akan dijual lagi
  • Rekomendasi ketika menambahkan ke pembukuan
  • Rujukan resmi untuk faktur pajak

Komponen dalam Invoice

Dalam invoice, pemilihan jenis dan format memang disesuaikan dengan transaksi dan bisnis yang dijalankan, namun ada beberapa komponen yang harus ada agar informasi di dalamnya lengkap dan jelas. Apa saja komponen-komponen tersebut?

  1. Nomor urut invoice
  2. Purchasing order atau nomor pesanan
  3. Kode nomor transaksi DO/SJ
  4. Detail pesanan atau barang
  5. Sub total
  6. Diskon (jika ada)
  7. Biaya pengiriman (jika ada)]
  8. PPN
  9. Total biaya

Jenis-Jenis Invoice

invoice

Secara umum, invoice yang sering digunakan oleh bisnis atau perusahaan terdiri dari 3 (tiga) jenis. Berikut jenis-jenis invoice tersebut:

Invoice Biasa

Sama seperti namanya, invoice biasa merupakan invoice yang sering digunakan untuk transaksi-transaksi sehari-hari yang bersifat sederhana. Karena sifatnya yang sederhana ini, format dalam invoice ini juga sangat simpel. Invoice ini pada umumnya memuat rincian item yang dibeli atau dipesan, jumlah, harga satuan barang ataun jasa, dan total harga yang harus dibayar.

Invoice Konsuler

Invoice konsuler merupakan invoice atau faktur yang diberikan saat melakukan transaksi internasional atau antar negara. Jadi, saat Kawan Kledo melakukan transaksi jual beli ekspor-impor, maka invoice yang digunakan adalah invoice jenis ini. Syarat keluarnya invoice jenis ini adalah adanya pengesahan dan mendapatkan izin dari negara yang menerima impor dan kedutaan negara asal pengekspor.

Invoice Proforma

Invoice proforma merupakan invoice pengganti, sehingga invoice jenis ini memiliki sifat sementara. Invoice ini dijadikan sebagai invoice pengganti karena dibuat barang pesanan pelanggan dikirim secara bertahap. Sebelum seluruh barang dikirim secara keseluruhan, invoice ini berfungsi sebagai pengganti bukti ketika pembeli melakukan pembayaran. Ketika barang pesanan tersebut telah sampai kepada pembeli, maka penjual akan mengganti invoice proforma menjadi invoice biasa.

Contoh Template Invoice

Berikut contoh template invoice yang bisa Kawan Kledo jadikan gambaran bentuk invoice dalam berbagai format yang berbeda:

contoh invoice
Contoh Invoice
contoh invoice
Contoh Invoice
contoh invoice
Contoh Invoice Dibayar Sebagian
invoice
Contoh Invoice Dibayar Lunas

Buat Invoice dengan Mudah di Kledo

Mungkin bagi Kawan Kledo yang memiliki background akuntansi, membuat invoice bukan sesuatu yang sulit, namun bagi Kawan Kledo yang tidak pernah belajar akuntansi pasti bingung bagaimana cara membuat invoice. Sebelum Kawan Kledo bingung berkepanjangan, sebenarnya ada lho cara paling mudah untuk membuat invoice ini yaitu dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Salah satu fitur yang ada di Kledo adalah invoice. Kawan Kledo bisa membuat invoice dengan elegan dan profesional di software akuntansi Kledo. Kawan Kledo cukup memasukan data dan Kledo akan membuatkan invoice untuk pelanggan. Kawan Kledo juga tidka perlu melakukan input ulang untuk pembuatan invoice. Cukup satu klik dari halaman penawaran dan invoice yang dibutuhkan Kawan Kledo langsung jadi. Selain itu Kawan Kledo juga bisa mengatur layout invoice di Kledo dengan sangat mudah. Jadi, kata siapa membuat invoice itu rumit?

Kesimpulan

Bagi suatu bisnis, invoice merupakan sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari jalannya suatu bisnis. Selain berfungsi sebagai alat bukti pembelian dan surat penagihan utang, invoice juga berfungsi untuk membuat laporan keuangan dan menentukan laba bisnis. Kawan Kledo bisa menggunakan template invoice yang ada di atas atau jika Kawan Kledo ingin invoice yang lebih mudah, Kawan Kledo bisa menggunakan invoice yang ada di kledo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *