Loading...

Contoh Kop Surat Perusahaan Ini Wajib Ada di Surat Resmi Bisnis

Kembali Contoh Surat

Sebelumnya, Kledo sudah membahas tentang contoh kop surat yang bisa dibaca di sini. Kali ini Kledo akan membahas tentang contoh surat kop surat perusahaan. Buat Kawan Kledo yang memiliki bisnis pasti sangat membutuhkan contoh kop surat perusahaan ini, karena kop surat perusahaan dibutuhkan untuk pembuatan surat resmi.

Mulai dari surat penawaran, surat niaga, surat perjanjian kerjasama, surat pemberitahuan, surat edaran, dan lainnya. Lalu, gimana sih sebenarnya membuat kop surat perusahaan ini? Apa perbedaan kop surat perusahaan dengan kop surat umum?

Buat Kawan Kledo yang penasaran dengan cara pembuatan kop surat perusahaan ini, pastikan Kawan Kledo membaca artikel ini hingga selesai. Karena tidak hanya cara pembuatan kop surat perusahaan, di sini juga akan dilengkapi contoh kop surat perusahaan yang akan memudahkan Kawan Kledo dalam pembuatan kop surat perusahaan.

Pengertian Kop Surat Perusahaan

kop surat perusahaan

Kop surat perusahaan merupakan komponen dalam surat resmi yang didalamnya berisi identitas perusahaan pengirim surat. Dengan adanya kop surat perusahaan ini, penerima surat atau orang yang membacanya akan mengetahui siapa pengirim surat tersebut. Ada berbagai jenis kop surat yang sering digunakan, yaitu kop surat perusahaan, kop surat instansi, dan lainnya. Karena di sini akan membahas kop surat perusahaan, sebenarnya apa sih bedanya kop surat perusahaan dengan kop surat lainnya?

Sebenarnya untuk perbedaan, tidak ada perbedaan yang mendasar antara kop surat perusahaan dengan kop surat lainnya, namun untuk kop surat perusahaan usahakan untuk membuatnya sebaik mungkin. Pastikan menulis kontak perusahaan dengan baik karena kop surat ini akan menunjukan identitas perusahaan yang bisa dijadikan promosi bisnis perusahaan tersebut.

Struktur Kop Surat Perusahaan

Dalam penulisan kop surat perusahaan, Kawan Kledo tidak bisa menulisnya dengan berantakan atau tidak memperhatikan kaidah yang berlaku. Kawan Kledo harus benar-benar memperhatikan penempatakan nama perusahaan, alamat perusahaan, logo perusahaan, dan kontak yang bisa dihubungi. Kawan Kledo harus menulisnya sesuai kaidah yang berlaku yaitu penulisan nama perusahaan terlebih dahulu, kemudian alamat, disusul kontak yang dapat dihubungi, dan untuk kontak dapat diletakan di bagian samping.

Agar lebih jelas, berikut beberapa komponen yang harus ada dalam penulisan kop surat perusahaan. Pastikan komponen-komponen ini ada dalam kop surat perusahaan Kawan Kledo, ya!

  1. Nama perusahaan
  2. Alamat lengkap
  3. Logo perusahaan
  4. Nomor telepon, alamat email, website, dan kode pos
  5. Nama kantor cabang (jika ada)
  6. Jenis usaha.

Fungsi Kop Surat Perusahaan

kop surat perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kop surat perusahaan dibuat sebagai identitas sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, masih ada fungsi lainnya kenapa kop surat perusahaan ini dibuat. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

1. Sebagai Identitas

Fungsi pertama dari kop surat perusahaan adalah sebagai identitas perusahaan yang mengirimkan surat. Dalam kop surat hal yang paling dominan adalah logo surat yang akan membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Selain itu, dengan adanya logo ini perusahaan juga bisa melakukan branding untuk mengenalkan bisnis yang dimilikinya.

2. Memberikan Informasi

Selain sebagai identitas, kop surat perusahaan juga memiliki fungsi untuk memberikan informasi. Informasi yang biasanya termuat dalam kop surat antara lain nama perusahaan, logo perusahaan, bidang usaha, alamat lengkap, nomor telepon, dan juga email perusahaan. Dari data-data yang tertera di kop surat tersebu, penerima surat akan mendapatkan informasi mengenai perusahaan pengirim surat tersebut.

3. Alat Promosi

Dengan adanya kop surat, Kawan Kledo juga bisa melakukan promosi terhadap bisnis yang sedang dijalankan secara tidak langsung. Promosi secara tidak langsung ini dilakukan dengan cara memberikan informasi mengenai identitas pengirim yang ada di kop surat.

Cara Membuat Kop Surat Perusahaan

surat resmi

Kawan Kledo baru pertama kali membuat kop surat perusahaan? Jangan khawatir ataupun bingung karena membuat kop surat perusahaan itu cukup mudah dan bisa dilakukan melalui Microsoft Excel ataupu Microsoft Word yang ada di komputer Kawan Kledo.

1. Membuat Kop Surat di Ms. Word

Kawan Kledo dapat membuat kop surat perusahaan melalui Microsoft Word yang telah terinstal di komputer Kawan Kledo. Pembuatan kop surat perusahaan di Ms. Word merupakan pembuatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Untuk membuat kop surat perusahaan melalui Ms. Word, Kawan Kledo bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah Microsoft Word yang ada di komputer.
  2. Klik bagian headers yang ada pada bagian atas Ms. Word.
  3. Tulislah identitas perusahaan seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email, kemudian pilih rata tengah (CTRL+E).
  4. Untuk memasukan gambar, pilihlah Insert kemudian pilih Picture.
  5. Beri garis pemisah pada bagian bawah kop surat.

2. Membuat Kop Surat di Ms. Excel

Selain menggunakan Ms. Word, Kawan Kledo juga bisa menggunakan Ms. Excel untuk membuat kop surat perusahaan. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membuat kop surat perusahaan dengan Ms. Excel:

  1. Bukalah Ms. Excel yang ada di komputer Kawan Kledo.
  2. Pilih salah satu worksheet atau bisa pilih beberapa kemudian lakukan merge.
  3. Tuliskan nama perusahaan, alamat lengkap, nomor telepon, dan email di worksheet tersebut.
  4. Beri sel kosong di bagian bawah sheet yang terisi.
  5. Untuk memasukan logo perusahaan pilih Insert+Picture.
  6. Buat garis pemisah di bagian bawah kop surat. Kawan Kledo dapat melakukannya dengan menyalin garis yang ada di Ms. Word.

Contoh Kop Surat Perusahaan

Untuk lebih memudahkan Kawan Kledo dalam pembuatan kop surat perusahaan, berikut beberapa contoh kop surat perusahaan yang bisa dijadikan referensi:

CV multi karya
Kop PT
CV
kepala surat
kop surat perusahaan
kop
kop surat perusahaan

Kesimpulan

Dari penjelasan yang ada di atas, dapat kita ketahui kop surat perusahaan sangat penting bagi sebuah perusahaan. Jadi, pastikan Kawan Kledo membuat kop surat perusahaan ini dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman informasi ketika surat diterima oleh orang lain. Kawan Kledo bisa menggunakan cara di atas untuk membuat kop surat perusahaan dan gunakan juga contoh kop surat perusahaan untuk memudahkannya.

Selain kop surat perusahaan, ada yang tidak kalah penting yang harus Kawan Kledo perhatikan dalam berbisnis yaitu pengelolaan keuangan. Ada berbagai cara yang bisa digunakan dalam pengelolaan keuangan dan cara mudahnya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga dan rasakan manfaatnya!