BCG Matrix: Pengertian dan Cara Menggunakannya untuk Pengembangan Bisnis

bcg matrix

Setiap bisnis membutuhkan perencanaan strategis untuk menguasai industri. Oleh karena itu, The Boston Consulting Group merancang matriks portofolio produk (BCG matrix) atau matriks growth-share untuk membantu bisnis dengan perencanaan strategis jangka panjang.

Ingin mengetahui apa itu BCG Matrix dan bagaimana cara menggunakannya untuk meningkatkan strategi perencanaan bisnis? Baca Terus artikel ini sampai selesai.

Apa itu BCG Matrix?

BCG matrix dibuat oleh Bruce D. Henderson untuk Boston Consulting Group pada tahun 1970. Bagan ini dibuat dengan tujuan membantu perusahaan menganalisis unit bisnis atau lini produk mereka yang berbeda.

Analisis membantu perusahaan-perusahaan ini untuk mengalokasikan sumber daya di tempat yang paling sesuai serta menggunakan hasilnya dalam pemasaran merek, manajemen produk, manajemen strategis, dan analisis portofolio.

BCG merupakan akronim dari Boston Consulting Group, sebuah perusahaan konsultan manajemen global. Perusahaan ini memiliki 81 kantor di 45 negara dan merupakan salah satu perusahaan di tiga besar konsultan manajemen.

Perusahaan ini didirikan oleh Bruce D Henderson, alumnus Vanderbilt University dan Harvard Business School. Dia direkrut oleh McKinsey dan di sinilah dia mendirikan Boston Consulting Group.

Bagan adalah alat perencanaan grafis, di mana produk dan layanan perusahaan dapat diplot untuk membantu membuat keputusan bisnis utama.

Keputusan ini termasuk apakah akan mempertahankan unit bisnis tertentu, menjualnya atau berinvestasi lebih banyak di dalamnya. Sumbu y dari grafik mewakili tingkat pertumbuhan pasar sedangkan sumbu x mewakili pangsa pasar.

Matriks membantu menambahkan masukan ke proses pengambilan keputusan tetapi tidak memperhitungkan semua kemungkinan faktor yang mungkin dihadapi perusahaan.

Alat ini tidak prediktif dan juga tidak memperhitungkan produk baru atau produk kompetitor yang mungkin masuk dan mengubah pasar, juga tidak memperhitungkan pergeseran permintaan konsumen.

Fungsi menggunakan BCG matrix

BCG Matrix digunakan untuk mengevaluasi portofolio produk perusahaan, dan juga dapat menilai unit bisnis strategis atau strategic business units (SBU) seperti divisi atau perusahaan individu dalam organisasi yang lebih besar.

Pangsa pasar dan tingkat pertumbuhan diplot terhadap kuadran yang dikategorikan sebagai Bintang, Pertanyaan, Sapi Tunai, dan Anjing.

Kuadran BCG Matrix

BCG matrix

Bagan atau grafik dibagi menjadi empat kategori. Ini adalah cow, dog, stars dan the unknown atau yang tidak diketahui.

Sebuah lini produk unit bisnis diplot berdasarkan pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan di pasar dan termasuk dalam salah satu kategori kuadran ini.

1. Cow: Bisnis dengan Pertumbuhan Rendah, Pangsa Tinggi

Lini produk cow atau sapi perah yang termasuk dalam kategori ini menikmati pangsa pasar yang besar dalam industri yang tumbuh lambat.

Ini berarti bahwa mereka mampu menghasilkan pendapatan dalam jumlah yang lebih besar daripada investasi yang dibutuhkan untuk mempertahankan bisnis mereka.

Lini produk dapat dianggap stagnan dan menetap di pasar yang matang, dengan produk bisnis yang terus menghasilkan pendapatan.

Perusahaan akan berusaha untuk memeras ini sebanyak mungkin dengan investasi sesedikit mungkin.

Ini adalah produk atau layanan yang mapan dan secara konsisten menghasilkan aliran kas, namun peluang pertumbuhan terbatas.

  • Pertumbuhan pasar yang rendah
  • Pangsa pasar yang tinggi
  • Menghasilkan kas
  • Stagnan

2. Dog: Bisnis dengan Pertumbuhan Rendah, Pangsa Rendah

Dog atau anjing adalah lini produk atau unit bisnis yang memiliki pangsa pasar lebih kecil dalam industri yang matang dan tumbuh lambat. Biasanya, lini produk ini berhasil mendapatkan apa yang dimasukkan ke dalamnya, mencapai titik impas dan mempertahankan pangsa pasar.

Umumnya unit ini sebagian besar tidak berharga bagi perusahaan dalam hal potensi pendapatan tetapi dapat memberikan manfaat lain bagi perusahaan seperti penciptaan lapangan kerja serta sinergi yang membantu unit bisnis lainnya.

Manfaat ini mungkin cukup bagi perusahaan untuk menjaga unit bisnis ini tetap aktif meskipun posisinya kurang menarik. Namun, the Dog dapat berdampak negatif pada cara investor menilai manajemen perusahaan dan disarankan agar lini produk ini dijual.

Jadi pada intinya kuadran Dog memiliki nilai sedikit atau tidak ada sama sekali. Mereka menguras sumber daya dan uang. Seringkali sulit untuk mendapatkan keuntungan dari kuadran Dog.

  • Pertumbuhan pasar yang rendah
  • Pangsa pasar rendah
  • Menguras kas
  • Mengharuskan diversifikasi

3. Stars (Bintang):Pertumbuhan Tinggi, Pangsa Bisnis Tinggi

Seperti namanya, bintang adalah unit bisnis yang memiliki pangsa pasar besar di industri yang berkembang pesat.

Lini produk ini memiliki jalur pasar atau potensi pertumbuhanyang terlihat jelas dan membutuhkan dana dalam jumlah besar untuk memastikan bahwa mereka dapat melawan pesaing dan mempertahankan tingkat pertumbuhan mereka.

Dalam jangka panjang, perusahaan biasanya bertujuan untuk mengubah stars menjadi cow berikutnya dengan kestabilan dalam pertumbuhan industri.

Hal ini berpotensi terjadi jika mereka mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar. Jika ini tidak terjadi, maka stars bisa berubah menjadi Dog.

Quadran ini akan dipenuhi produk atau merek mapan dengan peluang fantastis untuk menghasilkan ROI dalam jumlah besar.

  • Pasar dengan pertumbuhan tinggi
  • Pangsa pasar yang tinggi
  • Menggunakan kas
  • Harus dipertahankan

4. Question Marks: Pertumbuhan Rendah di
Permintaan Pasar yang Tinggi

Question Marks (juga disebut the unknown) adalah unit bisnis yang memiliki pangsa pasar lebih kecil di pasar dengan pertumbuhan tinggi.

Dari sinilah sebagian besar bisnis akan dimulai dan pada titik ini unit bisnis berpotensi untuk menumbuhkan pangsa pasar dan berubah menjadi stars atau kehilangan pangsa pasar lebih lanjut dan berubah menjadi dog ketika pertumbuhan pasar itu sendiri menurun.

Studi dan analisis yang cermat diperlukan untuk unit bisnis dalam kategori ini untuk menilai potensi dan nilainya. Jika ada potensi yang terlihat maka investasi lebih lanjut dapat dilakukan ke dalamnya.

Siklus alami untuk sebagian besar produk di mana mereka memulai hidup mereka sebagai the unknown dan berubah menjadi stars saat posisi mereka diklarifikasi.

Ketika pertumbuhan pasar melambat, mereka berubah menjadi Cow dan pada akhir siklus, Cow berubah menjadi Dog.

Menurut Boston Consulting Group, perusahaan yang terdiversifikasi dengan portofolio yang seimbang berada dalam posisi yang ideal untuk menggunakan kekuatannya guna memanfaatkan peluang dan potensi pertumbuhannya. Portofolio seimbang adalah portofolio yang memiliki:

  • Stars untuk memastikan kesuksesan di masa depan
  • Cow untuk mendatangkan dana untuk pertumbuhan di masa depan
  • The unknown yang dapat diubah menjadi bintang berikutnya dengan perhatian dan investasi

Cara Menggunakan BCG Matrix dalan Bisnis

BCG matrix

BCG Matrix dapat bermanfaat bagi perusahaan jika diterapkan dengan menggunakan langkah-langkah umum berikut.

1. Pilih Unit.

Unit Bisnis Strategis, merek individu, lini produk atau perusahaan secara keseluruhan adalah semua area yang dapat dianalisis menggunakan BCG Matrix.

Unit yang dipilih mendorong seluruh analisis dan definisi kunci. Pasar, industri, pesaing, dan posisi semuanya akan didasarkan pada unit yang dipilih.

Banner 2 kledo

2. Tentukan Pasar

Mengikuti pilihan unit atau area yang akan dianalisis, tahap terpenting untuk matriks lainnya adalah definisi pasar. Pasar yang salah didefinisikan akan menyebabkan klasifikasi unit yang salah.

Sebuah Mercedes-Benz dianalisis di pasar kendaraan penumpang akan menjadi Dog dengan pangsa mobil murah. Namun, jika dianalisis dalam pasar mobil mewah, itu akan menjadi Cow.

3. Hitung Pangsa Pasar Relatif

Pada tahap ini, pangsa pasar relatif untuk unit yang dipilih perlu dihitung. Hal ini dapat dilakukan dalam hal atau pendapatan atau berbagi penanda.

Rumus yang digunakan di sini adalah pembagian pangsa pasar atau pendapatan merek yang dipilih dengan pangsa pasar atau pendapatan pesaing terbesar di industri. Hasilnya diplot pada sumbu x.

4. Hitung Tingkat Pertumbuhan Pasar

Laporan industri online dapat digunakan untuk menemukan tingkat pertumbuhan industri.

Jika hal ini tidak memungkinkan, maka dapat diperkirakan dengan melihat pertumbuhan pendapatan rata-rata dari perusahaan-perusahaan terkemuka di industri. Pengukuran ini adalah persentase dan diplot pada sumbu y.

5. Gambar Lingkaran pada Matriks

Setelah semua ukuran dihitung, mereka dapat dimasukkan ke dalam matriks. Ini dapat dilakukan dengan menggambar lingkaran untuk setiap merek dalam satu unit, atau semua merek dalam sebuah perusahaan.

Ukuran setiap lingkaran harus sesuai dengan pendapatan bisnis yang dihasilkan oleh merek.

matrix

Pertimbangan Strategis BCG Matrix

Matriks portofolio memberi perusahaan gambaran tentang kesehatan bisnisnya. Jika ada terlalu banyak dog atau question marks atau terlalu sedikit cow dan stars portofolio perusahaan bisa disebut tidak seimbang.

Setelah mendapatkan gambaran portofolio, selanjutnya perusahaan harus memutuskan tujuan, strategi, dan anggaran masing-masing strategic business units (SBU).

Berkenaan dengan ini, ia dapat mengejar salah satu strategi berikut:

Membangun

Strategi membangun dirancang untuk meningkatkan posisi pasar terlepas dari kemungkinan kerusakan jangka pendek terhadap profitabilitas.

Membangun strategi paling tepat ketika sebuah perusahaan ingin memindahkan question marks ke dalam kategori stars.

Pendekatan ini juga dapat digunakan untuk mengubah stars kecil menjadi stars yang lebih besar. Untuk memastikan keberhasilan, strategi ini membutuhkan komitmen sumber daya perusahaan yang signifikan.

Holding

Strategi holding, di sisi lain, adalah strategi defensif yang dirancang untuk mempertahankan posisi pasar. Memegang paling sering digunakan untuk menjaga agar cow tetap produktif.

Cow sering kali rentan terhadap pesaing baru, dan program pemasaran perlu mempromosikan versi dan aplikasi baru untuk mempertahankan minat pelanggan.

Harvesting

Strategi Harvesting atau pemanenan ditujukan untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin dari suatu produk. Idenya adalah untuk memotong biaya promosi dan produksi ke tulang dan menambang produk untuk arus kasnya.

Pendekatan ini berfokus pada pengambilan kas dari sebuah proyek dengan mengorbankan kelangsungan hidup jangka panjang bisnis. Pemanenan adalah strategi kejam yang paling cocok untuk melemahkan Cow, Dog, dan beberapa question marks.

Divestasi

Strategi divestasi mencoba menjual atau melikuidasi bisnis untuk menghasilkan uang tunai sehingga dapat digunakan dengan lebih baik di area lain.

Divestasi digunakan pada tanda tanya dan anjing yang tidak dapat dibiayai perusahaan ke posisi pertumbuhan yang lebih baik.

Kandidat divestasi mencakup bisnis yang memiliki sedikit ruang untuk penghematan biaya dan bisnis yang hanya mencapai titik impas atau beroperasi dengan kerugian. Terkadang divestasi dapat menguntungkan baik penjual maupun pembeli.

Pangsa pasar/matriks pertumbuhan menyiratkan preferensi untuk pertumbuhan pasar yang tinggi dan kebutuhan untuk menjaga keseimbangan kas perusahaan.

Baik karya teoretis maupun empiris tidak ada untuk mendukung preferensi seperti itu secara meyakinkan.

Selain itu, kelayakan suatu strategi bergantung pada lebih banyak faktor daripada sekadar pangsa dan pertumbuhan pasar.

Anda harus menghargai bahwa SBU mengubah posisi mereka dalam matriks pangsa pertumbuhan dengan berlalunya waktu.

Seperti sebuah produk, SBU memiliki siklus hidup yang dimulai dengan question marks, menjadi stars, berubah menjadi cow, dan berakhir sebagai dog.

Itulah mengapa perusahaan harus memeriksa posisi masa depan bisnis berdampingan dengan analisis posisi saat ini.

Keterbatasan BCG Matrix

Ada beberapa batasan penggunaan matriks populer ini juga. Keterbatasan ini berarti penurunan penggunaan alat ini yang dulu ekstensif. Ini termasuk:

Pertumbuhan pasar

Pertumbuhan pasar adalah salah satu dari banyak faktor yang menentukan daya tarik industri dan pangsa pasar relatif hanyalah salah satu dari banyak faktor yang menentukan keunggulan kompetitif. Matrx ini tidak memperhitungkan faktor lain yang mungkin berpengaruh pada daya tarik industri dan keunggulan kompetitif.

Bias informasi

Ada asumsi yang mendasari bahwa unit bisnis beroperasi secara terpisah dalam hubungan satu sama lain. Pada kenyataannya, Dog mungkin membantu unit lain mendapatkan keunggulan kompetitif misalnya.

Definisi pasar diambil dalam arti luas.dan matrix ini gagal untuk memperhitungkan situasi yang berbeda seperti unit bisnis yang mendominasi niche tertentu tetapi secara keseluruhan kurang dominan di industri yang lebih besar. Cara pasar didefinisikan dalam contoh seperti itu dapat mengubah definisinya dari dog menjadi cow.

Contoh BCG Matrix pada Bisnis Terkenal

BCG Matrix Untuk Apple

apple

Contoh matriks BCG untuk produk Apple di atas didasarkan pada berbagai statistik dan laporan yang tersedia di Internet.

BCG Matrix Untuk Coca Cola

cocacola

Contoh matriks BCG untuk Coca Cola di atas didasarkan pada berbagai statistik dan laporan yang tersedia di Internet.

BCG Matrix Untuk Samsung

samsung

Contoh matriks BCG untuk produk listrik/elektronik Samsung di atas didasarkan pada berbagai statistik dan laporan yang tersedia di Internet.

BCG Matrix Untuk Nestle

product

Contoh matriks BCG untuk produksi Nestle di atas didasarkan pada berbagai statistik dan laporan yang tersedia di Internet.

Kesimpulan

BCG Matrix membantu dalam perencanaan strategis, tetapi seperti model pemasaran lainnya, matrix ini berfungsi dalam beberapa situasi dan situasi lainnya.

Ini membantu perusahaan untuk menilai produk mana yang perlu dipromosikan untuk menghasilkan pendapatan dan mana yang perlu dihentikan.

Singkatnya, BCG Matrix memberikan gambaran nyata tentang bagaimana upaya pemasaran akan memengaruhi arus kas bisnis secara keseluruhan.

Untuk mencatat seluruh biaya pemasaran dan menghitung ROI perusahaan dengan lebih mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terbaik dan mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesa.

Hanya dengan 130 ribu perbulan Anda bisa mendapatkan fitur esensial seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisnis dengan mudah, multi gudang, manajemen stok, multi proyek, produk paket, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis melalui tautan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *