Yakinkan Pemilik Usaha dengan Contoh Surat Penawaran Barang Ini

contoh surat penawaran

Sebuah perusahaan biasanya memiliki barang atau produk baru pada periode waktu tertentu. Sebagai sebuah bisnis pasti perusahaan tersebut ingin menjual barang kepada konsumen.

Namun sayangnya, masih banyak perusahaan yang tidak mengetahui cara untuk menawarkan produk baru yang mereka miliki. Sekalipun ada, banyak dari mereka yang menggunakan cara yang tergolong sulit seperti hanya menjualnya langsung kepada pelanggan.

Nah, sebenarnya ada lho cara mudah yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk menjual produk-produk tersebut kepada pelanggan yaitu dengan surat penawaran barang. Apa itu surat penawaran barang? Yuk ikuti penjelasannya dan contoh-contohnya di bawah ini:

Apa itu Surat Penawaran Barang?

surat penawaran barang

Surat penawaran merupakan surat yang diberikan kepada pelanggan dengan tujuan memberikan informasi mengenai barang-barang apa saja yang dijual.

Surat penawaran ini dibuat agar produk atau barang yang dijual oleh perusahaan dapat terjual. Terlebih ketika perusahaan memiliki produk atau barang baru, surat penawaran barang ini menjadi salah satu strategi untuk mempromosikan produk baru tersebut

Dalam surat penawaran barang, perusahaan dapat menawarkan berbagai jenis produk baik berupa barang atau jasa. Surat penawaran barang ini dapat diberikan kepada pelanggan yang loyal atau bisa juga bisa diberikan kepada pelanggan yang baru dihubungi.

Ciri-Ciri Surat Penawaran Barang

produk jualan

Sebenarnya tidak ada ciri-ciri khusus dalam pembuatan surat penawaran barang, namun Kawan Kledo harus membuat surat tersebut dalam bentuk formal dan pastikan mengandung beberapa hal berikut ini:

  • Surat penawaran barang dibuat dalam bentuk bahasa formal dan menyertakan kop surat. Hal ini dilakukan agar profesionalitas dapat terjaga antara pemilik perusahaan dengan pelanggan.
  • Surat penawaran barang yang dikirim berisi barang atau produk yang ditawarkan beserta harga.
  • Buatlah surat penawaran barang secara rapi sehingga tidak membingungkan kedua belah pihak dalam mendapatkan informasi mengenai barang yang ditawarkan.

Baca juga: Perbedaan Reseller dan Dropship, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Komponen Surat Penawaran Barang

produk

Berikut komponen penting yang harus ada dalam pembuatan surat penawaran barang:

1. Informasi Perusahaan

Komponen pertama yang harus ada dalam surat penawaran barang adalan informasi perusahaan. Kawan Kledo dapat memperkenalkan perusahaan yaitu berupa nama perusahaan, alamat perusahaan, dan bidang yang sedang dijalankan. Dari informasi perusahaan ini dapat menjadi gambarang barang atau jasa apa saja yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

2. Barang yang Ditawarkan

Komponen yang kedua yang harus ada dalam surat penawaran barang adalah barang apa saja yang akan ditawarkan. Kawan Kledo dapat melengkapinya dengan harga dari barang-barang tersebut. Selain itu sertakan juga stok barang yang dimiliki agar pembeli dapat memperkirakan jumlah barang yang ingin dibeli.

3. Penjelasan Harga Promo

Kawan Kledo dapat menawarkan harga promo agar pembeli tertarik dengan produk yang ditawarkan. Promo ini dapat berupa diskon atau potongan harga untuk jumla pembelian tertentu. Selain diskon, Kawan Kledo juga bisa memberikan promo berupa gratis ongkos kirim atau potongan ongkos kirim.

4. Metode Pembayaran

Metode pembayaran menjadi sesuatu yang dipertimbangkan pembeli saat membeli suatu produk, untuk itu Kawan Kledo perlu menyertakannya dalam surat penawaran barang. Semakin beragam metode pembayaran yang ditawarkan, pembeli akan lebih merasa tertarik karena memiliki banyak pilihan.

Baca juga: Bingung Membuat Marketing Plan? Yuk Gunakan Template Ini

5. Lampiran Informasi Produk

Komponen terakhir yang harus ada dalam surat penawaran barang adalah informasi produk yang ditawarkan. Kawan Kledo dapat melampirkan informasi produk ini secara lengkap karena informasi ini akan jadi daya tarik tersendiri untuk membeli produk yang Kawan Kledo tawarkan.

Banner 2 kledo

Format Penulisan Surat Penawaran Barang

Seperti layaknya surat resmi lainnya, surat penawaran barang harus memiliki format berikut ini:

  • Kop surat
  • Kepala surat yang berisi tujuan, alamat, nomor, dan perihal
  • Pembukaan surat ataupun salam hormat
  • Isi surat penawaran barang
  • Penutup.

Cara Menyusun Surat Penawaran Barang

Kawan Kledo harus membuat surat penawaran barang yang baik dan benar agar penerima surat tersebut dapat mengerti apa yang Kawan Kledo tulis di sana. Berikut cara penyusunan surat penawaran yang baik dan benar:

  • Tulislah menggunakan bahasa resmi, jelas, singkat, dan tidak bertele-tele.
  • Surat penawaran barang harus dilengkapi surat identitas pemberi surat penawaran barang.
  • Kenalkan berbagai jenis barang yang Kawan Kledo tawarkan.
  • Cantumkan daftar produk lengkap dengan harganya. Kawan Kledo dapat membuatnya dalam bentuk daftar atau keterangan harga yang berlaku selama masa penawaran. Buatlah harga berupa satuan, seperti per buah, per kilogram, per botol, per lusin, per kodi, dan lainnya.
  • Jika bergerak dalam bidang jasa, jelaskan jasa apa yang ditawarkan.
  • Sertakan juga alamat tujuan surat penawaran barang.
  • Tulis nama pengirim surat penawaran barang dan juga berikan tempat untuk ditandatangani oleh pengirim surat tersebut.

Contoh Surat Penawaran Barang

barang pesanan

Berikut beberapa contoh surat penawaran barang. Kawan Kledo bisa menggunakannya untuk membuat surat penawaran barang yang akan diberikan kepada pelanggan.

PT Kencana Maju Utama

Toko Peralatan dan Perlengkapan Bangunan

Jalan RA Kartini No 100 Depok Jawa Barat No HP 08123145678

23 Agustus 2020

Nomor                 : 001/035/08/2020

Hal                       : Surat Penawaran Barang

Lampiran           : 1 halaman

Kepada

Toko Sejahtera

Jalan Jendral Sudirman No 20 Bekasi, Jawa Barat.

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memperkenalkan diri dari PT Kencana Maju Utama yang bergerak di bidang peralatan dan perlengkapan bangunan. 

Kami memperoleh informasi bahwa Toko Sejahter merupakan toko bangunan yang sedang berkembang di kawasan Bekasi dan akan membuka beberapa unit pemasaran di Depok. 

Sehubungan dengan itu, kami ingin menawarkan produk berupa barang peralatan bangunan untuk mendukung operasional PT Sejahtera. Di surat ini, kami melampirkan daftar produk peralatan kantor beserta harganya untuk dipertimbangkan. 

Jika perusahaan Anda membutuhkan produk dan layanan kami, mohon menghubungi di nomor telepon 0812345678. Kami dengan senang hati akan membantu menjelaskan produk-produk yang sesuai untuk keperluan Anda. Kami juga menyediakan layanan berupa pengantaran produk dengan biaya kirim gratis. Bahkan, kami menawarkan harga khusus jika perusahaan Anda melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.

Atas perhatian dan kerjasama Anda, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami, 

PT Kencana Maju Utama

Tri Wahyudi.

Lampiran:

Nama BarangModelHarga
Bor Mesinkecil dan besarRp400.000 / pcs
Palukayu dan besiRp50.000 / pcs
Gergajiberbagai ukuranRp75.000 / pcs
Kunci Inggrisberbagai ukuranRp150.000/ pcs
surat penawaran barang
Contph Surat Penawaran Barang Air Mineral
surat penawaran barang
Contoh Surat Penawaran Barang Fotokopi
surat penawaran barang
Contoh Surat Penawaran Barang Alat Tulis Kantor
surat penawaran barang
Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

Kesimpulan

Surat penawaran barang digunakan oleh perusahaan untuk menawarkan barang atau produk yang dimiliki kepada konsumen. Dengan surat penawaran barang ini perusahaan dapat mempromosikan produknya tepat sasaran langsung kepada pelanggan setia atau pelanggan baru.

Kawan Kledo dapat menggunakan contoh di atas jika mengalami kebingungan dalam membuat surat penawaran barang ini.

Selain surat penawaran barang, pastikan Kawan Kledo juga melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan Kawan Kledo.

Kledo dilengkapi berbagai fitur yang tidak hanya memudahkan tapi juga akan membuat tampilan laporan keuangan jadi lebih cantik dan menarik. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − nineteen =