10 Ide Promo Valentine yang Bisa Anda Gunakan Untuk Bisnis

ide promo valentine

Jika Anda seperti kebanyakan pemilik bisnis, Anda terus-menerus mencari cara untuk melibatkan pelanggan Anda yang sudah ada dan calon pelanggan termasuk pada hari valentine. Banyak pemilik bisnis yang berusaha mencari ide promo valentine untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis mereka.

Sama seperti hari besar lainnya, ada beberapa strategi dan ide yang bisa Anda terapkan dalam bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan tema khusus hari valentine yang biasanya identik dengan cinta, coklat, atau warna pink.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa ide promo yang bisa Anda terapkan di hari valentine untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis Anda.

1. Rencanakan Hadiah Valentine Untuk Berbagai Segmen Pelanggan

ide promo valentine

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis sendiri adalah Anda bisa mengetahui produk apa yang paling disukai pelanggan setia Anda.

Permudah pembeli untuk memilih berbgai hadiah dengan membuat panduan sesuai kesukaan atau hobi mereka

Coba kelompokkan rekomendasi Anda ke dalam kategori populer yang ditargetkan ke segmen pelanggan yang berbeda.

Di bawah ini adalah beberapa contoh untuk Anda mulai.

  • Hadiah untuk mereka yang berpasangan
  • Hadiah untuk pecinta kuliner seperti hidangan pencuci mulut
  • Hadiah untuk remaja dan pembelanja dengan budget terbatas
  • Hadiah untuk para gamer
  • Hadiah untuk mereka yang sudah menikah namun belum memiliki anak

Baca juga: Mengetahui Manfaat Otomatisasi Akuntansi dalam Sebuah Bisnis

2. Tawarkan Produk Gratis Bertema Valentine dengan Minimal Pembelian

Beri pelanggan alasan untuk memilih toko Anda daripada pesaing. Menawarkan produk gratis adalah cara yang bagus untuk menarik orang yang sudah berencana untuk berbelanja.

Anda dapat membagikan permen, boneka binatang, atau karangan bunga mini secara gratis, sesuai dengan tema valentine untuk menarik minat elanggan. Ini adalah salah satu ide promo valentine yang banyak digunakan pemilik bisnis.

3. Tampilkan Foto Pasangan di Toko Anda

Semua orang menyukai sedikit waktu untuk menjadi sorotan. Bangun hubungan emosional dengan pelanggan Anda dengan meminta pasangan atau teman mengirimkan foto untuk dipajang di toko.

Bayangkan sebuah toko yang penuh dengan “nuansa cinta” yang nyata. Anda dapat melampirkan setiap foto pada guntingan hati dan meminta pasangan untuk menulis beberapa kata, seperti:

  • Status hubungan (misalnya. tunangan, baru menikah, pengantin baru)
  • Tahun menikah (misalnya. “Menjadi kuat selama satu dekade,” “menikah lima tahun dengan bahagia”)
  • Ucapan manis atau lucu (misalnya “Soulmate… untuk akhir pekan”)

Untuk mendapatkan lebih banyak kiriman, terima foto melalui halaman media sosial.

Baca juga: Outbound Marketing: Pengertian dan Perbedaannya dengan Inbound Marketing

4. Buat Infografis Bertema Valentine

Tidak setiap bisnis memiliki ikatan yang jelas dengan cinta dan romansa, tetapi itu tidak berarti bisnis Anda tidak dapat menggunakan tema valentine pada media promosi.

Cobalah untuk merancang infografis yang tidak biasa dengan tips atau fakta yang membuat pelanggan Anda senang melihatnya

Katakanlah Anda memiliki bisnis les bahasa, copywriting, atau percetakan. Infografis ringan tentang “bahasa cinta” dengan membagikan statistik dan fakta sejarah dengan bahasa yang mudah dimengerti dan gambar yang menarik.

Dalam banyak kasus, Anda cukup mengubah pilihan kata Anda untuk membuat hubungan yang cerdas antara bisnis Anda dan Hari Valentine.

5. Rekam Video Buatan Sendiri

Ambil smartphone Anda dan rekam video singkat tentang diri Anda melakukan proyek DIY yang menyenangkan untuk hari valentine.

Banyak orang berhasil menciptakan ide promo bisnis di hari valentine dengan anggaran kecil namun dengan perencanaan yang baik dan juga konsp yang menarik.

Pelanggan menyukai merek yang sederhana dan membantu, jadi bagikan saran yang dapat mereka gunakan dengan baik. Sebagai contoh:

  • Membuat pengaturan meja romantis dalam 5 langkah mudah
  • Membuat hampers untuk valentine dengan harga dibawah Rp 100.000
  • 3 tips bercukur sempurna di malam kencan
  • Cara mencetak kartu hari valentine keren untuk pasangan Anda

Apa pun keahlian Anda, mintalah seorang teman untuk merekam Anda memberikan tips singkat dan memposting video Anda di media sosial.

6. Jadikan Website Anda Bertema Valentine

Jika bisnis Anda memiliki toko online atau website perusahaan, pastikan juga untuk mengubah tampilan website Anda bertema valentine.

Lalu jika Anda menjual produk yang berhubungan dengan hari valentine, Anda bisa menempatkan semuanya di satu bagian yang nyaman di situs web atau toko Anda.

Dengan begitu, pelanggan Anda akan lebih mudah menemukan barang yang mereka butuhkan dengan lebih mudah dan bisa meningkatkan tingkat penjualan dari produk yang Anda tempatkan di website.

Baca juga: 12 Kesalahan Finansial yang Biasa Dilakukan Oleh Para Pemilik Bisnis

7. Lakukan Penjualan Couple

Siapa yang tidak menghargai kesempatan untuk menghemat beberapa uang yang mereka miliki? Tawarkan diskon beli satu, gratis satu, atau diskon persentase untuk kategori produk utama.

Perhatikan produk yang sering dibeli pelanggan Anda di awal tahun, dan promosikan sepanjang Februari.

Anda dapat menyusun strategi penjualan couple Anda dan menghubungkannya dengan hari valentine. Misalnya Anda bisa menggunakan kalimat promosi seperti: “Lebih hemat untuk Anda di bulan penuh cinta! Beli satu [produk], dan dapatkan diskon 50 persen untuk produk kedua.”

8. Bermitra dengan Lembaga Nonprofit

Tunjukkan cinta Anda untuk membantu komunitas dengan mengumpulkan uang untuk amal. Tanggung jawab sosial adalah pengingat bahwa orang-orang yang baik dan peduli adalah fondasi bisnis Anda.

Belum lagi, Anda meningkatkan kesadaran merek sambil membuat pelanggan merasa senang dengan kontribusi mereka.

Pilih badan amal yang sesuai dengan industri dan pesan merek Anda. Menyumbangkan uang untuk program pendidikan atau mengirim hadiah kepada orang-orang yang melayani adalah pilihan cerdas untuk bisnis yang berorientasi keluarga.

Baca juga: Mau Melakukan Evaluasi Bisnis? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

9. Adakan Kontes Cerita Terbaik/Terburuk

ide promo valentin

Sementara beberapa orang dengan bersemangat menunggu Hari Valentine sepanjang tahun, yang lain berharap valentine berakhir lebih cepat.

Buat kontes di sosial meia untuk cerita terbaik dan terburuk. Biarkan pengikut Anda memilih, jadi mereka punya alasan untuk tetap tertarik dengan kontes ini.

Terlibat dengan pelanggan secara online membuat konten media sosial Anda menjadi tren, menarik lebih banyak orang ke bisnis Anda.

Minta pelanggan untuk berbagi cerita yang mengharukan tentang bagaimana mereka bertemu atau hal paling romantis yang pernah dilakukan pasangan mereka untuk mereka.

Anda juga dapat mendorong orang untuk menyumbangkan cerita keluarga tentang kerabat lain, seperti kakek-nenek. Cerita tentang cinta yang bertahan lama membuat orang dalam suasana hati yang positif dan membuat mereka merasa terhubung dengan merek Anda.

Jika Anda memilih kontes dengan cerita terburuk, bagikan cerita tentang kencan yang mengerikan.

Dalam kedua kasus tersebut, pastikan Anda memublikasikan pedoman yang jelas dan secara teratur meninjau kiriman untuk menghindari konten yang tidak pantas.

10. Sertakan Checklists Hari Valentine Pada Faktur Penjualan

Setiap kali Anda melakukan penjualan, tambahkan kartu checklist kecil paa setiap pembelian pelanggan. Contoh item daftar periksa dapat mencakup:

  • Buat reservasi makan malam
  • Potong rambut/pangkas janggutmu
  • Rencanakan pakaian Hari Valentine Anda
  • Beli kartu hadiah
  • Pilih buket bunga
  • Dapatkan sekotak coklat favorit kekasih Anda
  • Temukan film menarik untuk ditonton bersama

Saran umum memang bagus, tetapi Anda juga harus mencari peluang untuk menandai daftar periksa Anda. Jika Anda dapat menemukan cara alami untuk memasarkan produk Anda, jangan ragu untuk melakukannya.

Misalnya jika bisnis Anda menjual pakaian, Anda bisa menawarkan pakaian edisi valentine terbaru di daftar checklist Anda.

Banner 3 kledo

Contoh Ide Promo Hari Valentine dari Berbagai Bisnis

Bisnis Gym

  • Selenggarakan kelas hari valentine khusus untuk pasangan.
  • Jalankan latihan untuk menunjukkan cinta pada tubuh Anda.
  • Jalankan serangkaian latihan untuk membakar semua kalori permen dari coklat yang mereka konsumsi
  • Buat playlist hari valentine untuk kelas Anda.

Terapis pijat dan spa

  • Buat persentase diskon untuk pijat pasangan atau jalankan kelas pijat pasangan.
  • Buat program beli satu untuk orang lain, dapatkan setengah dari promosi penjualan Anda.
  • Tawarkan facial cokelat

Restoran

  • Jalankan kelas memasak pasangan.
  • Berikan sedikit sesuatu yang istimewa untuk pengiriman atau pesanan pinggir jalan Anda.
  • Tambahkan item berbentuk hati atau merah/merah muda ke menu Anda.

Bisnis berbasis layanan

  • Bersikaplah transparan dan mintalah ulasan atau video testimonial dari pelanggan.
  • Gunakan materi pemasaran yang menjelaskan rumah yang aman/bersih sebagai cara terbaik untuk mencintai anggota keluarga Anda.
  • Tawarkan penawaran untuk menunjukkan cinta pada rumah/komputer/mobil Anda.

Baca juga: Ingin Menjadi Desainer Baju? Ini Tips yang Harus Dilakukan

Kesimpulan

Itulah berbagai ide promo valentine yang mungkin akan Anda pertimbangkan jika Anda adalah seorang pemilik bisnis. Sebelum Anda memilih ide mana yang terbaik untuk bisnis, pastikan Anda mengetahui audiens dan konsumen dari bisnis Anda saat ini.

Misalnya, jika pelanggan Anda kebanyakan adalah remaja atau anak muda, Anda bisa mencoba untuk menawarkan promo yang ditujukan untuk pasangan muda dengan budget terbatas, seperti diskon atau penawaran produk gratis.

Lakukan juga analisa dari setiap transaksi yang terjadi di bisnis Anda dengan menggunakan sistem pembukuan terbaik untuk mempermudah Anda melakukan pengambilan keputusan atas promo yang Anda lakukan.

Untuk mempermudah Anda melakukan ini, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang mudah digunakan dan juga memiliki fitur terlengkap.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi, analisa data keuangan, manajemen stok, sampai membuat lebih dari 30 jenis laporan keuangan dalam 1 klik.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 2 =