Penetration Pricing: Pengertian, Strategi, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

penetration pricing

Strategi penetration pricing adalah metode pemasaran untuk menarik pelanggan baru. Anda bisa menerapkan strategi membangun pelanggan setia untuk merek Anda.

Setiap bisnis yang menawarkan produk dan layanan kepada pelanggan harus memutuskan bagaimana hal itu akan membuat penawaran mereka tersedia bagi pelanggan.

Terutama ketika sudah ada pesaing aktif yang menawarkan sesuatu yang serupa, ada strategi pemasaran tertentu yang dipilih oleh manajer dan eksekutif perusahaan untuk digunakan untuk menjangkau pelanggan dengan cepat.

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan, terhubung dengan audiens target Anda, dan menangkap loyalitas merek baru adalah dengan menggunakan penetration pricing.

Pada artikel ini, kami mendefinisikan penetration pricing menjelaskan penggunaan juga manfaat dari penetration pricing dan memberikan beberapa contoh untuk membantu menjelaskan konsep tersebut.

Apa itu Penetration Pricing?

penetration pricing

Penetapan penetration pricing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada penurunan biaya produk atau layanan yang baru di pasar dalam upaya menarik pelanggan untuk membelinya.

Biaya yang lebih rendah ini dapat menarik pelanggan untuk mengambil langkah untuk membeli produk atau layanan versus produk yang mungkin telah memasuki pasar dengan harga yang lebih umum.

Penetapan harga penetrasi penting karena memberikan perusahaan kesempatan untuk memperoleh penjualan atau loyalitas pelanggan baru yang mungkin telah pergi ke kompetisi sebagai gantinya.

Tujuan akhir menggunakan harga penetrasi adalah untuk menjaga pembeli sebagai pelanggan setia bahkan ketika harga produk atau layanan naik setelah penawaran awal.

Selama tahap penetapan harga perkenalan ini, setiap bisnis memiliki kesempatan untuk menunjukkan apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan jangka panjang, sehingga pemangku kepentingan dapat mengembangkan program tambahan untuk membantu mendapatkan loyalitas pelanggan yang memilih untuk mencoba produk atau layanan mereka.

Risiko utama dalam menggunakan penetration pricing adalah bahwa pelanggan akan memutuskan untuk membeli di tempat lain atau kembali ke kompetisi setelah harga meningkat atau periode perkenalan berakhir.

Itulah sebabnya kontak awal dengan pelanggan dan sepanjang kenaikan harga awal adalah saat ketika perusahaan harus menawarkan cara untuk terhubung dengan pelanggan dan memberikan sesuatu yang bernilai.

Tanpa loyalitas dan pembelian pelanggan yang berkelanjutan, sebuah bisnis dapat menyadari kerugian moneter secara keseluruhan dalam menggunakan strategi penetapan harga penetrasi atau penetration pricing.

Baca juga: Bukti Transaksi: Pengertian, Jenis, dan Contohnya yang Wajib Diketahui

Penggunaan Penetration Pricing

Meskipun bisnis berisiko kehilangan pelanggan jika mereka tidak dapat membangun loyalitas merek selama fase penetapan harga penetrasi, ada beberapa manfaat dan kegunaan penetapan harga penetrasi untuk organisasi mana pun, termasuk:

Pengendalian biaya

Penetapan harga penetrasi membantu menciptakan pengendalian biaya di dalam perusahaan, yang berarti ada efisiensi yang lebih besar sejak peluncuran pertama produk atau layanan.

Penetrasi pasar yang cepat

Titik harga awal yang lebih rendah untuk suatu produk atau layanan dapat membantunya memasuki pasar lebih cepat dan lebih berhasil.

Ini berkontribusi pada tingkat penetrasi pasar yang lebih kuat yang dapat mengejutkan persaingan dan membuat mereka lebih lama bereaksi atau mengembangkan cara mereka sendiri untuk memasuki pasar dengan produk atau layanan pesaing mereka.

Pemasaran dari mulut ke mulut

Pelanggan awal produk atau layanan Anda yang memanfaatkan penetapan harga penetrasi dapat melihat model ini sebagai tindakan niat baik dan memberi tahu kontak mereka tentang pengalaman mereka.

Mereka mungkin terhubung dengan anggota keluarga, teman, rekan kerja atau tetangga yang mereka yakini juga akan mendapat manfaat dari membeli produk atau layanan dengan biaya rendah.

Hambatan untuk masuk

Bagi banyak bisnis, mengembangkan cara untuk mencegah persaingan memasuki pasar adalah menguntungkan.

Penetapan harga penetrasi, karena menarik pelanggan untuk membeli dari bisnis Anda dalam persaingan, merupakan penghalang alami bagi perusahaan pesaing yang ingin memasuki pasar.

Ini mungkin sebagian besar karena persaingan tidak dapat menawarkan harga rendah yang sama dan menyadari keuntungan yang sama pada waktu yang sama.

Baca juga: 30 Peluang Usaha di Indonesia Paling Menjanjikan, Berani Coba?

Loyalitas merek

Penetapan harga penetrasi memberi pelanggan kesempatan untuk mengalihkan loyalitas mereka ke perusahaan baru. Dengan pengalaman positif secara keseluruhan, pelanggan lebih cenderung memberikan loyalitas mereka bahkan setelah harga produk atau layanan meningkat.

Kelebihan Penetration Pricing

Menggunakan strategi penetration pricing bisa efektif untuk pemasaran. Ini adalah beberapa manfaat dari strategi penetapan harga penetrasi:

Menghasilkan pencitraan merek yang positif

Strategi penetapan harga penetrasi dapat membantu Anda mengembangkan merek yang positif dengan pelanggan Anda.

Menawarkan produk Anda dengan harga yang lebih rendah dapat membuat pelanggan melihat perusahaan Anda dalam pandangan yang positif.

Meningkatkan pangsa pasar

Dengan menarik pelanggan baru dari pesaing, Anda dapat meningkatkan pangsa pasar dan meningkatkan posisi Anda secara keseluruhan di pasar.

Mengembangkan pelanggan setia

Dengan menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga rendah, pelanggan dapat menggunakannya dan menyukainya lebih dari produk pesaing Anda.

Ini berarti bahwa bahkan ketika harga naik lagi, mereka mungkin lebih cenderung untuk terus membeli produk Anda daripada beralih kembali.

Memungkinkan pengendalian biaya

Saat menggunakan strategi penetapan harga penetrasi, Anda sangat menyadari penetapan harga dan pengeluaran Anda. Hal ini memungkinkan pengendalian biaya yang lebih baik.

Membantu Anda memperkenalkan produk baru

Jika perusahaan atau merek Anda memperkenalkan produk baru, menggunakan strategi penetapan harga penetrasi dapat membantu Anda membangun produk dan mendapatkan pelanggan setia.

Meningkatkan keuntungan dari produk lain

Ketika Anda menarik pelanggan ke produk dengan harga lebih rendah, mereka mungkin juga akan membeli produk dengan harga reguler Anda yang lain.

Baca juga: Direct Marketing: Pahami Pengertian, Komponen, Jenis, dan Contohnya

Kekurangan Penetration Pricing

Berikut adalah beberapa potensi kekurangan dari penerapan strategi penetapan harga penetrasi:

Pelanggan dapat beralih saat harga naik

Jika pelanggan tidak mengenali perbedaan yang signifikan antara produk Anda dan produk pesaing, mereka dapat beralih kembali setelah Anda menaikkan harga produk Anda.

Untuk menghindari hal ini, temukan dan fokuskan pada satu aspek produk Anda yang lebih baik daripada produk pesaing, dan tunjukkan kepada pelanggan Anda mengapa mereka harus terus membeli produk Anda karena alasan itu.

Tidak cocok untuk bisnis kecil

Karena strategi penetapan harga penetrasi mengharuskan Anda untuk mengurangi atau menghilangkan keuntungan Anda untuk beberapa waktu, itu tidak mudah diadopsi oleh bisnis kecil tanpa sumber daya untuk mendukung strategi.

Pertimbangkan untuk menerapkan strategi penetapan harga penetrasi untuk waktu yang lebih singkat atau meminta pinjaman bisnis untuk menutupi biaya.

Penggambaran yang salah tentang kualitas produk

Jika Anda menggunakan harga yang lebih rendah untuk produk Anda, Anda dapat membuat beberapa pelanggan percaya bahwa karena produk tersebut dihargai rendah, maka kualitas produknya juga rendah.

Saat mengembangkan pemasaran untuk kampanye, pertimbangkan untuk menyertakan nilai eceran asli atau yang direncanakan dari barang tersebut untuk menunjukkan bahwa harganya akan naik setelah strategi penetapan harga berakhir.

Dapat menyebabkan persaingan harga

Jika Anda menurunkan harga, pesaing juga dapat menurunkan harganya. Jika ini memulai siklus perusahaan yang menurunkan harga mereka, hal itu dapat menyebabkan laba yang rendah atau menjadi tantangan untuk mengelola perusahaan Anda.

Anda dapat menghindari persaingan harga dengan menilai pesaing Anda dan menentukan bagaimana mereka mungkin merespons sebelum menerapkan strategi penetapan harga penetrasi.

Banner 1 kledo

Kapan Anda harus Menggunakan Strategi Penetration Pricing?

Kondisi terbaik menggunakan strategi penetration pricing adalah dalam situasi berikut:

Persaingan sudah terjadi

Produk baru Anda sudah ada di pasar karena merek yang sudah mapan menjualnya. Menetapkan harga yang rendah dapat menarik pelanggan dari merek lain tersebut dan mendorong mereka untuk mencoba produk Anda.

Kampanye perkenalan

Anda dapat membuat penawaran awal dengan harga rendah untuk memperkenalkan suatu produk, dan kemudian, meningkatkannya setelah mendapatkan daya tarik di pasar.

Anda juga dapat menawarkan sampel produk gratis atau masa percobaan gratis untuk layanan Anda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan mereka setelah harga kembali ke tingkat standar.

Membuat hambatan masuk di pasar

Jika Anda ingin menciptakan hambatan masuk dan mencegah pesaing baru memasuki pasar, menetapkan harga rendah akan mempersulit mereka untuk mengenakan harga yang lebih rendah dari harga Anda atau mengalihkan daya tarik pelanggan dari produk Anda.

Elastisitas harga tinggi

Ketika harga rendah menarik lebih banyak pelanggan atau menghasilkan volume penjualan yang lebih tinggi, para profesional mengatakan bahwa permintaan adalah “elastisitas harga”.

Misalnya, ketika suatu produk memiliki banyak pengganti dan klien dapat memilih antara produk Anda atau barang serupa dari merek yang berbeda, permintaan akan produk ini fleksibel. Dalam hal ini, harga penetrasi adalah pilihan yang baik.

Ada beberapa variasi produk

Penetapan harga penetrasi bisa ideal di pasar di mana tidak ada banyak perbedaan signifikan dalam produk atau layanan. Pikirkan penyedia ponsel, toko kelontong, dan layanan kabel dan internet.

Karena produknya kurang lebih sama, harga menjadi keunggulan kompetitif yang sangat besar.

Model bisnis Anda berbasis langganan

Layanan berlangganan adalah contoh bagus di mana harga penetrasi bekerja dengan baik. Bisnis menangkap sebagian besar basis pelanggan mereka dengan cepat.

Saat menaikkan harga setelah jangka waktu tertentu, mereka dapat mempertahankan pelanggan karena mereka telah memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Pangsa pasar yang ada

Anda sudah memiliki pangsa pasar yang besar dan kemampuan untuk menjual produk dalam jumlah besar.

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen: Pengertian dan Pentingnya Bagi Bisnis

Contoh Strategi Penetration Pricing dalam Bisnis

penetration pricing

Ini adalah beberapa contoh strategi penetapan harga penetrasi:

Contoh 1

Perusahaan persewaan dan streaming film memasuki pasar persewaan film. Mereka mengiklankan uji coba gratis untuk paket berlangganan mereka, dengan harga setengah dari pesaing mereka selama tiga bulan setelah uji coba gratis.

Setelah beralih ke harga yang lebih rendah, lebih mudah bagi pelanggan untuk tetap dengan perusahaan persewaan dan streaming film baru daripada beralih kembali.

Dengan memastikan mereka menawarkan layanan berkualitas, perusahaan persewaan dan streaming film dapat mempertahankan pelanggan mereka.

Contoh 2

Sebuah perusahaan telepon seluler ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan keuntungan mereka menjelang hari raya.

Untuk pelanggan baru, mereka menawarkan telepon gratis, layanan pesan suara gratis selama satu tahun, dan diskon 20% untuk tagihan telepon mereka selama sebulan setelah mendaftar.

Dengan menggunakan strategi harga penetrasi ini, mereka dapat menarik pelanggan dari pesaing mereka dan menumbuhkan basis pelanggan mereka.

Menggunakan strategi harga penetrasi dengan program penghargaan loyalitas memungkinkan perusahaan ini untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan mereka juga.

Contoh 3

Sebuah perusahaan kosmetik memperkenalkan lini baru produk perawatan rambut.

Karena mereka memasuki pasar baru, mereka memutuskan untuk mempromosikan penjualan dengan produk baru mereka dengan setengah dari harga normal mereka.

Dengan melakukan ini, mereka menarik minat dari pelanggan merek lain dan menciptakan basis konsumen untuk produk perawatan rambut baru mereka.

Sebagai bagian dari promosi mereka, mereka juga menawarkan paket produk yang mencakup kosmetik normal mereka, yang membantu menarik pelanggan ke produk tersebut juga.

Kesimpulan

itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu penetration pricing yang bisa mungkin bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda.

Penetrasi pasar merupakan tantangan bagi setiap bisnis, terutama pengusaha yang berusaha mengubah wajah suatu industri. Strategi penetration pricing bertujuan untuk mencapai adopsi dengan menumbuhkan basis pelanggan dengan harga awal yang rendah.

Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan pembeli, membangun reputasi, dan membedakan Anda dari pesaing pasar lainnya. Tapi itu juga dapat menyebabkan pelanggan yang tidak berkomitmen dan margin tipis saat bisnis baru dimulai.

Apapun strategi penetapan harga yang Anda pilih, pastikan Anda mencatat setiap penjualan yang terjadi dan membandingkan dengan biaya Anda keluarkan pada proses pembukuan yang baik dan benar untuk mendapatkan data keuangan yang faktual.

Dengan data keuangan yang sesuai keadaan bisnis Anda sebenarnya, Anda bisa mengambil keputusan terbaik termasuk untuk mengubah strategi harga Anda sekarang.

Untuk proses pembukuan dan pengelolaan data keuangan yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo untuk solusi yang lebih praktis dan terbaik.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis sleama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + four =