Word Of Mouth: Strategi Marketing Bisnis Ampuh yang Harus Anda Tahu

word of mouth

Mari kita mulai dengan fakta. 92% konsumen akan percaya rekomendasi dari teman dan keluarga atas semua jenis iklan lainnya. Statistik sederhana itu telah menjelaskan fakta yang jeas: Aset pemasaran terbesar Anda adalah basis pelanggan Anda yang sudah ada, dan word of mouth atau WOM marketing adalah hal yang harus Anda lakukan.

Saat ini, banyak bisnis menghabiskan jutaan dolar untuk beriklan ke audiens baru, sementara sama sekali mengabaikan potensi pemasaran dari pelanggan mereka yang sudah ada.

Dan meskipun ada banyak cara berbeda untuk memanfaatkan basis pengguna Anda yang ada, hanya sedikit yang sekuat pemasaran word of mouth dari mulut ke mulut, dan itulah strategi yang akan kita bahas hari ini.

Jadi mari kita ketahui apa itu strategi word of mouth marketing dan cara penarapannya dalam bisnis Anda secara mendalam untuk meningkatkan keberhasilan pengenalan produk Anda.

Apa itu Word Of Mouth Marketing?

word of mouth
Flat style vector illustration, discuss social network, news, chat, dialogue speech bubbles

Word of mouth marketing (WOMM) atau pemasaran dari mulut ke mulut menyebarkan umpan balik positif tentang suatu produk dari orang ke orang dengan harapan dapat mempengaruhi lebih banyak orang untuk membeli produk itu.

Konsep WOMM telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai alat pemasaran. Metode WOMM yang lebih lama dan lebih tradisional terjadi ketika seseorang memberi tahu seorang teman betapa mereka menikmati produk tertentu yang telah mereka beli.

Pujian pribadi ini sering meningkatkan kemungkinan teman mereka membeli produk juga. Jika orang ini juga menyukainya, pujian dari mulut ke mulut akan menyebar ke lebih banyak orang, sehingga meningkatkan keseluruhan penjualan produk tersebut.

WOMM modern serupa, kecuali media yang digunakan untuk mempromosikan merek atau produk telah bergeser ke media sosial.

Dengan begitu banyak orang yang terhubung ke teknologi sepanjang hari, WOMM berbasis media sosial sangat berguna karena Anda dapat dengan mudah mencari produk dan melihat ratusan komentar yang menampilkan ulasan positif dan pengalaman pribadi pelanggan di satu halaman web.

Review online ini dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk.

Baca juga: 7 Tips Bisnis Wedding Organizer Ini Terbukti Sukses, Berani Coba?

Mengapa Word Of Mouth Marketing itu Penting?

Kebanyakan orang bersedia mempercayai pendapat orang yang mereka kenal lebih dari iklan dari orang yang belum pernah mereka temui.

Jika seseorang mendengar ulasan positif dari teman atau anggota keluarga, kemungkinan besar mereka akan mencoba produk baru. Pemasaran dari mulut ke mulut tampaknya lebih otentik bagi sebagian besar konsumen karena mereka memercayai orang yang mereka kenal untuk memberikan kesan jujur.

Pemasaran dari mulut ke mulut juga menyebar dengan sendirinya, yang berarti dapat menjangkau pelanggan baru secara pasif.

Jika Sally memberi tahu rekan kerjanya tentang toko peralatan kantor baru, rekan kerja tersebut dapat memberi tahu teman dan keluarga mereka yang kemudian akan memberi tahu jaringan mereka.

Setiap orang menerima informasi ini dari seseorang yang mereka kenal dan mungkin percayai dan karena itu mereka cenderung mengunjungi toko baru itu saat mereka membutuhkan perlengkapan kantor.

Selain membangun basis pelanggan yang lebih besar, pemasaran dari mulut ke mulut meningkatkan reputasi perusahaan.

Dengan berhubungan dengan pelanggan dan memberikan pengalaman yang berkualitas, konsumen akan sering menjadi lebih setia dan lebih bersedia untuk merekomendasikan perusahaan kepada kenalannya.

Banner 1 kledo

Siapa yang Harus Menggunakan Word Of Mouth Marketing?

Sebagian besar perusahaan harus menggunakan pemasaran dari mulut ke mulut. Pelanggan akan sering mendiskusikan pembelian baru atau besar dengan orang-orang dalam kehidupan mereka jika mereka membutuhkan rekomendasi.

Jika salah satu teman mereka menyebutkan perusahaan Anda, mereka cenderung mencoba produk Anda hanya berdasarkan saran itu.

Setiap perusahaan dengan strategi penjangkauan media sosial yang ada atau platform online dapat mengambil manfaat dari pemasaran dari mulut ke mulut juga.

Perusahaan yang sangat bergantung pada reputasi, seperti usaha kecil atau perusahaan yang menawarkan produk khusus, dapat memperoleh manfaat besar dari pemasaran dari mulut ke mulut.

Ketika sebuah perusahaan menciptakan produk kelas atas, promosi dari mulut ke mulut bisa sangat membantu. Pelanggan potensial akan ingin tahu bahwa mereka dapat mengharapkan pengalaman layanan pelanggan yang luar biasa dan produk berkualitas jika mereka menghabiskan banyak uang.

Baca juga: Sales Funnel: Pengertian, Tahap Membuatnya, dan Cara Menghitungnya

Apa yang Mendorong Word Of Mouth Marketing?

Seringkali, pelanggan terinspirasi untuk berbagi dengan orang lain ketika mereka memiliki pengalaman yang melebihi harapan mereka. Hal ini terutama benar ketika pengguna menempelkan emosi yang kuat ke sebuah perusahaan.

Misalnya, sebagian besar ulasan sangat positif atau sangat negatif, karena orang termotivasi untuk membagikan sesuatu yang membuat mereka senang atau kesal. Emosi memainkan peran besar dalam memotivasi pemasaran dari mulut ke mulut.

Loyalitas adalah bagian besar lain dari kekuatan pendorong dari mulut ke mulut. Ketika pelanggan secara konsisten senang dengan sebuah perusahaan, mereka lebih mungkin untuk terus menggunakan perusahaan itu dan bahkan menyarankannya kepada teman-teman mereka.

Misalnya, jika Anda menemukan kedai kopi dengan layanan hebat dan kopi yang enak, kemungkinan besar Anda akan mengunjunginya secara teratur dan membawa teman-teman Anda.

Manfaat Word Of Mouth Marketing

Iklan dapat menjadi cara yang menarik untuk memasarkan suatu produk atau merek, tetapi menggunakan media sosial strategi WOMM dapat bermanfaat karena konsumen sering kali mempercayai dan lebih menyukai ulasan pribadi suatu produk sebelum memutuskan untuk membelinya sendiri. Ada banyak manfaat menggunakan WOMM seperti:

Komunitas online

WOMM bekerja untuk menciptakan komunitas online yang terlibat. Menggunakan platform media sosial memberi merek kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumennya.

Anda dapat menanggapi pengalaman dan ulasan pribadi mereka, yang pada gilirannya menciptakan lebih banyak pelanggan yang berkomitmen. Ketika konsumen lebih terlibat, mereka cenderung membeli produk dan mengulangi bisnis mereka dengan merek.

Mereka juga cenderung merekomendasikan produk tersebut kepada teman-teman mereka.

Iklan gratis

Salah satu manfaat terbesar dari WOMM adalah bahwa pada dasarnya itu adalah metode iklan gratis.

Banyak konsumen setuju bahwa membaca ulasan online pelanggan lain merupakan faktor kunci ketika memutuskan apakah akan membeli produk baru.

Ketika pelanggan puas dengan suatu produk, mereka dengan senang hati menulis tentang mengapa merek tersebut sangat bagus dan mengapa mereka menyukainya.

Ini adalah output terus menerus dari mempengaruhi orang lain untuk mencoba produk karena kepuasan mereka sendiri dengan barang dagangan.

Loyalitas merek

Ketika pelanggan menikmati produk Anda atau fungsi yang diberikan merek Anda, mereka cenderung terus berbelanja di dalam merek Anda dan membeli lebih banyak produk Anda.

Memiliki pelanggan setia dapat menguntungkan perusahaan karena mereka terus menambah nilai tidak hanya dengan membeli lebih banyak produk tetapi juga dengan memberi tahu orang lain betapa hebatnya produk tersebut dan mengapa mereka juga mempertimbangkan untuk membelinya.

Ini menghasilkan lebih banyak pelanggan setia pada merek sementara prosesnya berlipat ganda, oleh karena itu menciptakan fondasi loyalitas merek yang kuat.

Peningkatan penjualan

Tumbuh dalam penjualan produk mungkin merupakan manfaat terbesar dari WOMM.

Ketika Anda dapat menggunakan kontribusi lain dari iklan dari mulut ke mulut seperti membangun komunitas online dan memiliki konsumen yang setia pada merek Anda, maka kemungkinan besar penjualan produk Anda akan meningkat.

Penjualan yang meningkat memungkinkan lebih banyak bentuk iklan, pengembangan produk baru, dan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan untuk mendukung pemasaran dari mulut ke mulut ke depan.

Baca juga: Strategi Marketing Usaha Bengkel Terbaik yang Bisa Anda Lakukan

Cara Menggunakan Word Of Marketing Secara Efektif

word of mouth

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat membuat pemasaran dari mulut ke mulut efektif untuk bisnis Anda:

1. Pastikan pelanggan Anda memiliki pengalaman pertama yang luar biasa

Memastikan bahwa pengalaman pertama konsumen Anda dengan merek Anda menyenangkan dari awal hingga akhir sangat penting untuk menciptakan pelanggan yang setia dan konsisten.

Beberapa detail yang perlu dipertimbangkan adalah desain situs web yang digunakan untuk pesanan pelanggan, kualitas keseluruhan produk yang dikirimkan, dan cara Anda mengelola perusahaan.

Menyenangkan pelanggan selama pengalaman belanja pertama mereka dengan perusahaan Anda adalah penting karena kemungkinan mereka akan meninggalkan ulasan positif lebih tinggi. Ini juga mendorong pelanggan untuk berbelanja lagi dengan Anda.

2. Jual produk berkualitas

Pertimbangkan untuk menggunakan bahan berkualitas tinggi saat membuat produk Anda. Pastikan pelanggan senang dengan pembelian mereka agar mereka memberikan umpan balik WOM positif. M

isalnya, jika restoran Anda mengiklankan pizza paling segar di seluruh Jakarta dengan pizza baru yang dipanggang setiap 15 menit, itulah yang diharapkan pelanggan saat datang ke restoran.

Mereka cenderung mengingat bahwa pizza Anda sama seperti yang diiklankan dan memberikan ulasan yang bagus karena kualitas produk yang mereka terima saat makan bersama Anda.

3. Pertahankan situs web yang menyenangkan secara visual dan proses pemesanan yang sederhana

Pastikan tampilan visual situs web Anda menarik bagi audiens Anda. Pastikan tampilannya menyenangkan dan mudah dinavigasi di berbagai antarmuka seperti laptop, ponsel, atau tablet.

Ini juga bermanfaat jika proses pemesanan dari situs web lancar dan sederhana. Pelanggan cenderung mengingat betapa mudahnya memesan dari situs web Anda dan berbelanja dengan merek Anda lagi jika situs Anda mudah dinavigasi dan terlihat menarik.

Mereka juga dapat meninggalkan umpan balik WOM positif di akun media sosial Anda yang memberi tahu orang lain betapa cepat dan menyenangkan pengalaman berbelanja itu.

4. Jalankan operasi yang dikelola dengan baik

Pastikan ada proses untuk mengelola inventaris dan memastikan pengiriman terjadi tepat waktu.

Tanggapi pertanyaan pelanggan secepat mungkin dan selesaikan masalah apa pun dengan cara yang membuat pelanggan merasa didengar dan puas.

Bisnis yang berjalan dengan lancar kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak WOM dari konsumen yang puas dengan memberi tahu calon pelanggan lain betapa senangnya mereka karena pembelian mereka dikirimkan tepat waktu atau bahwa layanan pelanggannya ramah dan cepat menanggapi pertanyaan mereka.

5. Mendorong dan mempromosikan konten buatan pengguna

Konten buatan pengguna atau user generated content (UGC) adalah salah satu bentuk terbaru dari strategi WOMM di mana pengguna berbagi pengalaman mereka menggunakan produk Anda.

Mereka dapat memposting gambar bersama dengan cerita pribadi mereka dan menggunakan tagar merek Anda saat memposting ke media sosial.

Semakin banyak konten buatan pengguna yang diposting di situs web atau platform media sosial Anda, semakin baik peluang pelanggan potensial menemukan pengalaman positif orang lain yang telah berinteraksi dengan merek Anda.

Baca juga: Definisi Brand Identity dan Manfaatnya bagi Bisnis, Apa Saja?

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai word of mouth marketing yang mungkin bisa Anda aplikasikan pada proses pemasaran bisnis Anda.

Jadi secara sederhana, saat ada seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk barang, maka orang tersebut akan secara otomatis ingin selalu membicarakan produk barang tersebut kepada orang lain dan merekomendasikan produk atau layanan tersebut.

Jika suatu perusahaan mampu menerapkan salah satu strategi marketing ini, maka bukan tidak mungkin laba perusahaan akan meningkat dan perusahaan akan semakin berkembang.

Namun, Anda harus terus mampu mencatat laba perusahaan lebih rapi dan akurat agar arus kas keuangan perusahaan bisa terjaga.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola arus kas dan membuat laporan keuangan yang baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di seluruh Indonesia.

Ayo coba gunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 + twelve =