Direct Marketing: Pahami Pengertian, Komponen, Jenis, dan Contohnya

direct marketing

Direct marketing merupakan salah satu metode dalam dunia marketing yang dilakukan dengan cara memasarkan produk secara langsung. Metode pemasaran ini dianggap sebagai salah satu metode paling efektif dibandingkan metode pemasaran lainnya.

Direct marketing atau pemasaran secara langsung ini dilakukan langsung kepada pelanggan tanpa adanya perantara lain. Makanya tidak heran jika pemasaran ini menjadi efektif dan banyak dipilih oleh bisnis.

Untuk lebih lengkapnya mengenai pengertian, jenis, strategi, dan contoh direct marketing, Kawan Kledo bisa membaca penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa itu Direct Marketing?

direct marketing

Direct marketing adalah sebuah bentuk pemasaran yang memungkinkan bisnis berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung. Ada banyak cara perusahaan dapat melakukan pemasaran langsung, seperti melalui surat, email, media sosial, panggilan telepon, dan juga pesan teks.

Dengan pemasaran langsung, bisnis dapat memberi tahu pelanggan tentang produk dan layanan mereka tanpa menggunakan pihak ketiga untuk membuat dan menayangkan iklan. Hingga saat ini direct marketing masih menjadi strategi pemasaran yang cukup efektif untuk menarik minat calon konsumen dan banyak digunakan oleh bisnis di seluruh dunia.

Baca Juga: Inbound Marketing: Cara Mudah dan Murah Meningkatkan Penjualan

Komponen Direct Marketing

Ada tiga komponen utama yang digunakan perusahaan untuk menjalankan kampanye pemasaran langsung yang sukses. Komponen tersebut antara lain:

1. Penargetan

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu cara paling efektif untuk memasarkan ke pelanggan secara langsung adalah melalui penargetan. Ketika perusahaan menggunakan penargetan, mereka dapat mengirimkan materi promosi kepada calon pelanggan yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian.

Ini adalah alat yang berguna karena dapat menghemat uang perusahaan dengan tidak menargetkan seluruh basis pelanggannya. Misalnya, jika sebuah perusahaan merilis sistem keamanan rumah baru, mereka mungkin menargetkan calon pelanggan yang baru saja memulai sebuah keluarga atau pindah ke lingkungan baru.

2. Pengelompokan Data

Pengelompokan data adalah tindakan merekam dan mengatur informasi pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk membuat grup target pelanggan berdasarkan usia, pekerjaan, jenis kelamin, lokasi, dan minat umum.

Setelah perusahaan membuat grup yang berbeda, mereka dapat menciptakan pemasaran yang lebih efektif yang menarik mereka. Misalnya, perusahaan ritel mungkin memiliki toko di seluruh negeri.

Jika beberapa toko tersebut melakukan penjualan promosi, perusahaan dapat memberi tahu pelanggan yang tinggal di daerah tersebut menggunakan pengetahuannya tentang lokasi pelanggan.

3. Hasil Pelacakan

Terakhir, penting bagi bisnis untuk mengetahui apakah pemasaran mereka berhasil. Jika kampanye pemasaran langsung dilakukan melalui email atau media sosial, Kawan Kledo dapat melacak kemajuan kampanye tersebut menggunakan perangkat lunak dan alat virtual lainnya.

Setiap kali pelanggan mengklik ajakan bertindak, perangkat lunak dapat merekamnya dan memberi tahu perusahaan. Namun, ini menjadi sedikit lebih rumit dengan kampanye pemasaran fisik, seperti surat langsung.

Saat menggunakan kampanye surat fisik, perusahaan masih dapat melacak hasil dengan cara lain, seperti memeriksa untuk melihat apakah pelanggan telah menukarkan kupon. Mereka juga dapat memeriksa penjualan mereka dan melihat bagaimana mereka telah terpengaruh oleh kampanye sejak dimulai.

Baca Juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Ini Wajib Dicoba di Tahun 2021, Apa Saja?

Jenis Direct Marketing

Ada beberapa jenis pemasaran langsung yang dapat digunakan perusahaan. Salah satu yang paling berhasil sering kali bergantung pada merek perusahaan dan tujuan pemasaran saat ini.

Berbagai jenis pemasaran langsung meliputi:

1. Letter Marketing

Pemasaran surat adalah tindakan mengirim iklan langsung ke kotak surat pelanggan. Ini bisa berupa pamflet, kupon, dan hadiah promosi. Surat fisik bisa menjadi taktik pemasaran langsung yang sangat kuat karena bisa terasa sangat pribadi bagi pelanggan yang menerimanya.

2. Email Marketing

Email marketing mengirim iklan pelanggan ke kotak masuk email mereka. Ini dapat mencakup buletin, pemberitahuan tentang penjualan, dan berita tentang rilis produk.

Ini bisa menjadi cara yang sangat murah untuk memperbarui pelanggan tentang berita perusahaan dan menarik mereka untuk melakukan pembelian.

Pemasaran email juga merupakan kampanye yang mudah untuk dilacak dan dievaluasi karena bersifat virtual, yang cocok untuk berbagai alat pengukuran.

3. Pemasaran Web Push

Pemasaran push web menggunakan informasi yang disimpan di browser pelanggan untuk menampilkan iklan yang relevan kepada mereka. Mereka sering muncul di sudut layar seseorang saat mereka menggunakan internet.

Ini membantu untuk menjalin kontak langsung antara pelanggan dan perusahaan dengan menempatkan iklan di depan mereka.

3. Internet Marketing

Perusahaan sering melakukan pemasaran melalui internet. Internet marketing ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari melalui website, SEO, SEM, content marketing, hingga mobile marketing.

Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membaca artikel yang ada di link ini.

4. Social Media Marketing

Perusahaan menggunakan social media marketing di berbagai aplikasi messenger, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter dan Telegram. Melalui aplikasi ini, mereka dapat mengirim pesan ke pelanggan yang menampilkan item atau layanan unik.

Kemudian, perusahaan umumnya memasang tautan dalam pesan atau ajakan bertindak sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengikuti pesan ke situs web bisnis dan membeli sesuatu.

Cara Kerja Direct Marketing

Tidak seperti kampanye hubungan masyarakat tradisional yang didorong melalui pihak ketiga seperti publikasi media atau media massa, kampanye pemasaran langsung beroperasi secara independen untuk berkomunikasi langsung dengan khalayak sasaran.

Dalam pemasaran langsung, perusahaan menyampaikan pesan dan promosi penjualan mereka melalui media sosial, email, surat, atau kampanye telepon/SMS.

Meskipun jumlah komunikasi yang dikirim bisa sangat banyak, pemasaran langsung sering kali berupaya mempersonalisasi pesan dengan memasukkan nama atau kota penerima di tempat yang menonjol untuk meningkatkan keterlibatan

Panggilan untuk bertindak adalah bagian penting dari pemasaran langsung. Penerima pesan dihimbau untuk segera merespon dengan menghubungi nomor telepon bebas pulsa, mengirimkan kartu balasan, atau mengklik link di media sosial atau email promosi.

Setiap respon merupakan indikator positif dari calon pembeli. Variasi pemasaran langsung ini sering disebut pemasaran tanggapan langsung.

Manfaat Direct Marketing

direct marketing

Pemasaran langsung memungkinkan Kawan Kledo untuk mempromosikan produk atau layanan Kawan Kledo langsung ke audiens target dan mengukur hasil dengan cepat, tetapi manfaatnya tidak berhenti di situ. Berikut 6 manfaat dari direct marketing:

1. Segmentasi dan Penargetan Tinggi

Salah satu keuntungan besar dari jenis pemasaran ini adalah Kawan Kledo dapat menjangkau segmen audiens spesifik dengan pesan yang dipersonalisasi.

Jika Kawan Kledo ingin berhasil, Kawan Kledo harus menginvestasikan waktu untuk meneliti dan mengidentifikasi konsumen yang paling mungkin untuk berkonversi dan dengan demikian mengarahkan upaya Kawan Kledo ke tindakan yang benar-benar berhasil.

2. Optimalkan Anggaran Pemasaran

Mengatasi pemasaran langsung online ke audiens tertentu memungkinkan Kawan Kledo menetapkan tujuan yang realistis dan meningkatkan penjualan Kawan Kledo dengan anggaran yang ketat.

Jika Kawan Kledo mengoptimalkan kampanye langsung dengan benar, Kawan Kledo akan mencapai hasil hanya dengan sebagian kecil dari biaya iklan tradisional.

3. Meningkatkan Penjualan

Pemasaran langsung digital memungkinkan Kawan Kledo berkomunikasi dengan pelanggan Kawan Kledo saat ini untuk menjaga hubungan tetap hidup sambil terus memberikan nilai.

Ini juga memungkinkan Kawan Kledo untuk berhubungan kembali dengan pelanggan lama dan menghasilkan peluang penjualan baru.

4. Tingkatkan Strategi Loyalitas

Kontak langsung dengan pelanggan Kawan Kledo memungkinkan Kawan Kledo untuk menyesuaikan promosi, email, dan penawaran untuk menciptakan ikatan secara cepat. Untuk memaksimalkan hasil, Kawan Kledo dapat menggabungkan metode pemasaran langsung dengan program loyalitas pelanggan yang Kawan Kledo miliki.

5. Ciptakan Peluang Bisnis Baru

Pemasaran langsung memungkinkan Kawan Kledo untuk beradaptasi dengan permintaan pasar setiap saat dan merespons dengan lebih efektif.

6. Menguji dan Menganalisis Hasilnya

Kampanye tanggapan langsung memberi Kawan Kledo kesempatan untuk mengukur hasil secara langsung. Ambil kesempatan untuk menganalisis sebagian besar tes yang dilakukan dan membuat keputusan secara real time.

Penargetan dalam Direct Marketing

Penargetan dalam direct marketing yang disampaikan kepada audiens seluas mungkin mulai dari yang efektif hingga tidak efektif. Artinya, perusahaan dapat memperoleh beberapa pelanggan sementara hanya mengganggu semua penerima lainnya.

Email sampah, email spam, dan SMS semuanya adalah bentuk pemasaran langsung yang tidak dapat dihilangkan dengan cukup cepat oleh banyak orang.

Kampanye pemasaran langsung yang paling efektif menggunakan daftar prospek yang ditargetkan untuk mengirim pesan mereka hanya kepada prospek yang paling mungkin. Misalnya, daftar tersebut mungkin menargetkan keluarga yang baru saja memiliki bayi, pemilik rumah baru, atau pensiunan baru-baru ini dengan produk atau layanan yang kemungkinan besar mereka butuhkan.

Katalog adalah bentuk pemasaran langsung tertua, dengan sejarah yang dimulai pada paruh kedua abad ke-19. Di zaman modern, katalog biasanya dikirim hanya kepada konsumen yang telah menunjukkan minat untuk membeli produk serupa sebelumnya, sementara media sosial telah muncul sebagai bentuk pemasaran langsung yang paling modern.

Strategi penargetan juga dapat digunakan di media sosial saat memasang iklan; platform seperti Facebook memungkinkan merek untuk memilih usia, jenis kelamin, demografi, dan bahkan minat audiens baru potensial yang dapat dijangkau oleh iklan.

Banyak perusahaan terlibat dalam opt-in atau pemasaran izin, yang membatasi pengiriman surat atau email kepada orang-orang yang telah menunjukkan kesediaan untuk menerimanya. Daftar pelanggan opt-in sangat berharga karena menunjukkan minat yang nyata pada produk atau layanan yang diiklankan.

Contoh Direct Marketing

Berikut adalah beberapa contoh kampanye pemasaran langsung:

1. Contoh Pemasaran Surat

kitkat

KitKat menggunakan iklan pemasaran langsung ini yang menawarkan kepada pelanggan Inggris mereka sebatang KitKat chunky gratis, mengklaim bahwa cokelat itu “terlalu tebal” untuk muat di kotak surat.

Mereka memberi tahu pelanggan mereka bahwa mereka dapat menukar selebaran itu dengan permen gratis di toko lokal mereka. Setiap catatan tampak tulisan tangan dan menggunakan nama dan alamat pelanggan.

Ini membantu membuat iklan pemasaran langsung lebih pribadi, dan kepintaran kampanye menyebabkan peningkatan penjualan permen bagi perusahaan.

2. Contoh Pemasaran Email

email marketing

Gambar email dari Chewy, toko ritel hewan peliharaan online ini, adalah contoh pemasaran langsung melalui buletin email. Perusahaan menyampaikan informasi langsung ke kotak masuk pelanggan, di mana mereka dapat melihat informasi tentang produk baru.

Seperti yang Anda lihat dari gambar, mereka juga menggunakan ajakan bertindak yang efektif yang bertuliskan “Belanja Sekarang.” Ini dapat mengarahkan pelanggan langsung ke situs web perusahaan. Di sana, mereka dapat membeli produk dan melihat penawaran dan promosi terkini.

3. Contoh Pemasaran SMS

sms

Pesan teks ini adalah bagian dari kampanye pemasaran langsung SMS oleh Starbucks. Kampanye ini mengirim pesan teks kepada pelanggan dengan gambar dan GIF yang menyenangkan.

Mereka juga mengirim pengingat tentang produk, seperti frappuccino musim panas mereka. Starbucks telah melakukan kampanye pemasaran seperti ini sebelumnya.

Tahun sebelumnya, mereka membuat game SMS trivia yang menawarkan hadiah kepada pelanggan dan mendorong mereka untuk mendaftar untuk pemberitahuan musim panas.

Pemberitahuan tersebut memberi tahu mereka tentang berbagai minuman yang ditawarkan Starbucks dan memberi tahu mereka tentang promosi menarik.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian, komponen, jenis, dan juga contoh dari direct marketing. Selain pemasaran, ada juga bagian penting dalam bisnis yang wajib Kawan Kledo perhatikan yakni pengelolaan keuangan bisnis.

Pengelolaan keuangan bisnis ini sangat penting karena akan menentukan laba atau profit yang diperoleh oleh bisnis Kawan Kledo. Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo. Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnismu.

Banner 1 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × four =