Apa itu FOMO dan Bagaimana Cara Menerapkannya dalam Pemasaran

apa itu fomo

Tahukah kamu tentang apa itu FOMO?

Karena meskipun Anda tidak mengetahuinya, ada kemungkinan Anda pernah melakukannya, terutama saat ingin membeli sesuatu.

Di era digital saat ini, “FOMO” atau fear of missing out atau jika dalam bahasa Indonesia diartikan “takut ketinggalan”, adalah ketakutan umum yang dibagikan di antara konsumen, pemasar, dan pengusaha tentang kehilangan peluang besar yang sangat trendi dan panas.

Pada artikel ini kita akan membahas apa itu FOMO, berbagai jenis FOMO yang ada dalam pemasaran bersama dengan beberapa contoh kasus penggunaan yang efektif yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran Anda.

Apa itu FOMO?

apa itu fomo

Fear of missing out adalah ketakutan atau kecemasan bahwa sesuatu yang menarik atau menggairahkan mungkin terjadi di suatu tempat yang mengarah pada keinginan kompulsif untuk mengalaminya atau berada di sana, dimotivasi bukan oleh apa yang akan Anda peroleh tetapi oleh apa yang mungkin akan hilang dari Anda.

FOMO adalah kecemasan sosial yang ditandai dengan keinginan untuk mengetahui dan tetap terhubung dengan apa yang dilakukan orang lain dan apa yang terjadi di sekitar Anda.

Istilah ini diciptakan pada tahun 2004 oleh Patrick J. McGinnis dalam sebuah artikel di majalah Harvard Business School, The Harbus.

Namun, fenomena tersebut setua pemasaran dari mulut ke mulut. Sama seperti hari ini, rasa takut ketinggalan sebelumnya dipicu dari mulut ke mulut, surat kabar, dan media lainnya. Media sosial hanyalah katalis hari ini.

Menggunakan FOMO dalam Proses Pemasaran

apa itu fomo

Psikolog menjadi lebih sadar akan akan apa itu FOMO karena pengaruh media sosial pada gaya hidup modern. Sebuah studi penelitian PEW menemukan bahwa tiga perempat pengguna Facebook memeriksa akun mereka setiap hari, dan salah satu pendorong terpenting keterlibatan Media Sosial adalah kecemasan yang terkait dengan kehilangan.

Namun, meskipun FOMO terkadang dapat berdampak negatif, FOMO juga dapat menginspirasi orang untuk mencoba hal baru dan mengeksplorasi peluang baru.

Pemasaran FOMO menggunakan sisi positif FOMO ini untuk meningkatkan permintaan dan menjual tren terbaru.

Dengan menyoroti popularitas suatu produk dan membatasi ketersediaannya, pemasar dapat membuat produk tersebut memiliki permintaan yang tinggi.

Bersamaan dengan ini, mereka dapat mempersingkat durasi perjalanan pelanggan rata-rata, mengurangi CPA mereka secara keseluruhan.

Bagaimana cara kerja FOMO dalam proses pemasaran

FOMO Marketing menggabungkan tiga efek psikologis yang kuat: Bukti Sosial, Urgensi, dan Kelangkaan.

Sejumlah penelitian tingkat tinggi telah menunjukkan bagaimana keputusan kita dibentuk oleh orang-orang di sekitar kita.

Misalnya, dalam studi ““Room With a Viewpoint“, para ilmuwan perilaku Goldstein, Cialdini, dan Griskevicius menunjukkan bahwa norma-norma sosial dapat memiliki dampak yang lebih besar pada perilaku kita daripada daya tarik rasional.

Penelitian serupa telah menyoroti efek yang dikenal sebagai “urgensi belaka”, yang menggambarkan bagaimana prioritas kami berubah lebih signifikan ketika tugas memiliki tenggat waktu yang pendek daripada yang mereka lakukan ketika itu sangat penting.

Efek Urgensi Semata membantu menjelaskan mengapa orang lebih produktif ketika mereka memecah satu tugas besar menjadi banyak (lebih mendesak) tugas yang lebih kecil.

Pengaruh kelangkaan terhadap nilai suatu barang diilustrasikan dalam percobaan terkenal lainnya yang dilakukan pada tahun 1975. Selama percobaan, psikolog Adewole, Lee dan Worschel meminta peserta untuk menilai keinginan kue dari salah satu dari dua toples (satu yang penuh dan satu lagi yang hampir kosong).

Sampel dari 200 mahasiswa sarjana menilai mereka dari toples yang hampir kosong jauh lebih menarik daripada yang penuh.

Pemasaran FOMO menggunakan Kelangkaan untuk meningkatkan permintaan akan suatu produk dan menggabungkan efek ini dengan naluri kami untuk menyesuaikan diri dan kecenderungan kami untuk memprioritaskan tenggat waktu yang sudah dekat.

Karena menerapkan efek psikologis ini bersama-sama, FOMO adalah alat pemasaran yang sangat kuat.

Baca juga: Gunakan Strategi Marketing Ini Untuk Meningkatkan Keuntungan

Beberapa Strategi FOMO dalam Proses Pemasaran Bisnis

Sekitar 69% milenial mengalami ketakutan akan kehilangan. 60% dari mereka melakukan pembelian reaktif karena FOMO. Lebih dari separuh orang yang menggunakan media sosial mengalami FOMO.

Hal ini membuat FOMO menjadi topik penting di kalangan pemasar.

Tapi bagaimana Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang efektif yang memanfaatkan rasa takut kehilangan?

Sederhana, dengan menggunakan strategi berikut.

Prinsip Kelangkaan atau Scarcity

Dari flash sale hingga stok terbatas hingga penawaran dan penawaran periode terbatas, prinsip kelangkaan selalu memicu rasa takut ketinggalan dan menarik lebih banyak pemirsa/pelanggan/konsumen.

Menurut prinsip ini, manusia menganggap benda yang langka lebih berharga daripada yang berlimpah. Kelangkaan menciptakan rasa urgensi, memicu FOMO, dan membangkitkan orang untuk segera bertindak.

Efek Jaringan

Efek jaringan menyatakan bahwa nilai barang atau jasa meningkat ketika lebih banyak orang menggunakannya.

Artinya, suatu barang atau jasa akan menarik lebih banyak pelanggan jika nilainya bergantung pada jumlah pelanggan. Jaringan media sosial seperti Facebook, YouTube, Twitter, WhatsApp adalah beberapa contohnya.

Bagaimana efek jaringan memicu rasa takut ketinggalan?

Semakin banyak orang menggunakan barang atau jasa tersebut, semakin besar kemungkinan Anda untuk mencobanya atau Anda akan merasa tertinggal.

Banner 1 kledo

Pemicu

Anda lebih mungkin terkena rasa takut ketinggalan ketika Anda mendengar pemberitahuan muncul di ponsel Anda daripada saat tidak ada pemicu.

Pemicu datang dalam berbagai bentuk seperti email, pemberitahuan pop-up, panggilan telepon, dari mulut ke mulut, dll.

Fokus yang kuat pada strategi pemasaran berbasis pemicu bermanfaat jika Anda berencana untuk memanfaatkan FOMO.

Baca juga: Tips Menerapkan Strategi Cashback Pada Bisnis

Eksklusivitas

Eksklusivitas meningkatkan kebanggaan pengguna eksklusif dan membuat pengguna non-eksklusif merindukan manfaat yang sama. Ini meningkatkan pemasaran dari mulut ke mulut.

Banyak restoran memberikan diskon khusus dan penawaran lainnya secara eksklusif untuk anggota tetap mereka yang menarik pelanggan lain untuk menjadi pelanggan tetap dan mengalami dan melihat apa yang mereka lewatkan.

Jadilah Eksplisit

Menjadi eksplisit adalah tentang menjelaskan kerugian yang harus diderita pengguna yang tujuannya menarik lebih banyak pengguna. Cara ini lebih efektif daripada memberi tahu mereka tentang keuntungannya.

Urgensi

Strategi pemasaran FOMO dimaksudkan untuk menciptakan rasa urgensi bagi pembeli dan orang-orang untuk segera mengambil tindakan untuk suatu produk, kesepakatan, atau peluang.

Pesan pemasaran dimaksudkan untuk disusun sedemikian rupa untuk membuat pembeli berpikir bahwa mereka perlu bertindak cepat atau jika tidak, mereka akan kehilangan banyak hal.

Beberapa ajakan bertindak umum yang biasanya digunakan untuk mendorong rasa urgensi dalam pemasaran FOMO meliputi:

  • Bertindak sekarang
  • Hanya (x jumlah ) yang tersisa
  • Waktu sangat penting
  • Cepat sebelum terlambat
  • Tempat terbatas tersedia

Jenis pesan ajakan bertindak dalam pemasaran FOMO ini dimaksudkan untuk memunculkan urgensi dan kelangkaan untuk mendorong orang melakukan pembelian.

Bukti Sosial

Bukti sosial dalam FOMO marketing adalah cara menggunakan pengalaman orang lain untuk memamerkan produk atau layanan dan memberikan validasi lebih lanjut atau “bukti” produk atau layanan.

Manusia adalah makhluk sosial dan kita cenderung membuat keputusan pembelian berdasarkan ulasan dan pengalaman orang lain.

Jika produk tertentu memiliki daftar panjang ulasan, umpan balik pelanggan, atau bahkan testimonial video, orang cenderung melakukan pembelian.

Pada umumnya orang ingin menyesuaikannya dan tidak ketinggalan tren atau produk dan layanan yang bermanfaat.

FOMO dalam pemasaran bukti sosial sangat kuat dalam membantu orang membuat keputusan pembelian, terutama jika harga produk atau layanan jauh lebih tinggi.

Batas Waktu

Tidak ada yang menciptakan FOMO yang lebih besar daripada batas waktu yang terbatas.

Jika orang merasa mereka hanya memiliki waktu tertentu untuk mengambil tindakan untuk kesepakatan, penjualan, atau peluang tertentu, kemungkinan besar mereka akan mengambil tindakan.

Ini biasanya terlihat dalam taktik pemasaran internet tertentu yang memiliki hitungan mundur bagi Anda untuk melakukan pembelian suatu produk atau jika tidak, kesepakatan atau penjualan akan kedaluwarsa. Sangat efektif jika Anda menjual produk atau layanan digital.

Perasaan tentang Kesempatan yang Terlewatkan

FOMO marketing tentang peluang yang terlewatkan adalah taktik pemasaran umum yang digunakan untuk menarik emosi Anda agar Anda berpikir tentang bagaimana perasaan Anda jika Anda melewatkan banyak peluang atau peluang.

Frasa umum yang mungkin Anda lihat digunakan dalam jenis strategi pemasaran FOMO ini meliputi:

  • Jangan lewatkan kesempatan luar biasa ini
  • Ambil sekarang untukharga yang lebih murah
  • Dapatkan harga lebih murah dari orang lain
  • Ambil sekarang, atau Anda akan menyesal nanti

Tidak ada yang ingin merasa kehilangan peluang atau kesepakatan besar dan Anda akan paling sering melihat jenis iklan dan bagian pemasaran ini di sekitar hari libur tertentu ketika bisnis mengiklankan diskon penjualan secara besar-besaran.

Contoh FOMO Marketing

Cara efektif lain untuk menggunakan FOMO dalam pemasaran bisnis Anda adalah dengan menetahu perilaku pengunjung situs web Anda.

Ini dapat mencakup hal-hal seperti

  • Jumlah pengunjung langsung
  • Konversi yang telah terjadi di situs web Anda
  • Testimoni Pelanggan
  • Orang yang membeli barang ini juga membeli yang ini

Cara yang benar untuk menggunakan FOMO dalam proses pemasaran Anda harus cukup halus untuk menarik minat orang dan membiarkan mereka membuat keputusan sendiri.

Di bawah ini adalah daftar kecil dari 10 contoh pemasaran FOMO berbeda yang dapat Anda gunakan.

  • Tempatkan batas waktu pada kesepakatan atau penawaran
  • Kirim email berbatas waktu
  • Tampilkan ulasan dan testimoni pelanggan
  • Buktikan bahwa orang lain melakukan pembelian
  • Gunakan influencer populer dalam kampanye pemasaran Anda
  • Tunjukkan jumlah stok produk Anda yang sedikit
  • Gunakan hitung mundur di halaman produk Anda
  • Tawarkan pengiriman gratis terbatas
  • Kirim penawaran eksklusif ke pelanggan individu
  • Buat urutan email terstruktur

Ini adalah beberapa dari banyak strategi pemasaran FOMO berbeda yang ada yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan, menyebarkan kesadaran merek, dan meningkatkan keseluruhan persenjataan pemasaran Anda.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mendalam tentang apa itu FOMO dan berbagai jenis FOMO marketing yang bisa Anda adaptasikan pada strategi pemasaran Anda.

Seperti yang telah kita diskusikan, inti dari FOMO marketon terletak pada menciptakan rasa urgensi di benak konsumen. Kampanye pemasaran Anda harus menanamkan rasa kehilangan dengan memberikan penawaran konstan atau bukti sosial.

Itu harus meninggalkan perasaan yang melekat bahwa ada perlombaan konstan melawan waktu dan jika terlewatkan, tunjukkan apa risiko kehilangan yang mereka dapatkan.

Lalu jika proses pemasaran ini sudah berhasil, pastikan Anda melakukan pencatatan seluruh transkasi yang terjadi untuk mengetahui keuntungan yang bisnis Anda dapatkan.

Hindari proses pencatatan manual yang memakan waktu dan rentan human error yang akan mengakibatkan kerugian pada bisnis. Anda bisa beralih menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang memiliki harga terjangkau dan mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Hanya dengan 130 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan fitur terbaik yang akan memudahkan dalam proses pembukuan, administrasi, manajemen aset, perpajakan dan masih banyak lagi.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selaman 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 4 =