10 Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia Beserta Jenis dan Cirinya

Contoh Perusahaan Jasa

Apa saja contoh perusahaan jasa yang ada di Indonesia? Artikel ini akan membagikan 10 contoh perusahaan jasa beserta jenis dan karektiristiknya.

Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang menyediakan layanan atau kegiatan yang tidak berwujud. Contoh nyata dari perusahaan jasa adalah bank, rumah sakit, platform e-learning, penyedia layanan telekomunikasi, agen perjalanan, serta penyedia layanan konsultasi keuangan dan teknologi.

Perusahaan jasa memiliki peranan yang penting dalam perekonomian Indonesia. Yuk, cari tahu selengkapnya mengenai perusahaan jasa di artikel ini!

Apa yang Dimaksud Perusahaan Jasa?

Pengertian perusahaan jasa

Perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang menyediakan layanan atau jasa kepada konsumen atau perusahaan lain, bukan produk fisik seperti perusahaan dagang. Perusahaan ini fokus pada memberikan solusi, keahlian, atau bantuan dalam bentuk layanan tertentu.

Contohnya, perusahaan jasa bisa bergerak di bidang konsultasi, pendidikan, kesehatan, transportasi, keuangan, teknologi informasi, dan banyak lagi.

Bedanya dengan perusahaan manufaktur yang menghasilkan barang fisik, perusahaan jasa lebih berorientasi pada memberikan pengalaman atau pemenuhan kebutuhan non-fisik kepada pelanggan.

Baca juga: Contoh Perencanaan Bisnis Jasa dan Templatenya

Bagaimana Karakteristik Perusahaan Jasa?

Perusahaan jasa memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan jenis usaha lain. Berikut karakteristik perusahaan jasa yang perlu Anda ketahui:

1. Produknya tidak berwujud

Perusahaan jasa menghasilkan layanan yang tidak berwujud, tidak seperti perusahaan manufaktur yang menghasilkan barang fisik.

Layanan-layanan ini bisa berupa konsultasi, pendidikan, pelayanan kesehatan, atau keuangan yang tidak dapat disentuh secara fisik. Meskipun tidak berwujud, layanan yang mereka tawarkan memiliki nilai yang kuat bagi konsumen karena memberikan solusi atas kebutuhan atau masalah yang dihadapi.

2. Interaksi pelanggan yang intens

Perusahaan jasa cenderung memiliki interaksi yang lebih intens dengan pelanggan. Hal ini meliputi komunikasi yang lebih sering, pelayanan yang personal, dan respons yang cepat terhadap kebutuhan pelanggan.

Keterlibatan ini memungkinkan perusahaan untuk memahami lebih dalam kebutuhan unik setiap pelanggan.

3. Fokus pada kualitas layanan

Kualitas layanan menjadi pembeda utama dari perusahaan jasa. Mereka berupaya memberikan pengalaman yang memuaskan dan solusi yang efektif bagi pelanggan mereka.

Kualitas layanan ini bisa berdampak pada persepsi pelanggan terhadap perusahaan dan mendorong hubungan jangka panjang.

4. Ketergantungan pada sumber daya manusia

Karena layanan jasa dihasilkan oleh manusia, perusahaan jasa sangat bergantung pada keahlian, pengetahuan, dan keterampilan sumber daya manusia mereka.

Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi faktor penting dalam memberikan layanan yang konsisten dan memuaskan.

Baca juga: Contoh Buku Besar Perusahaan Jasa dan Templatenya

Banner 1 kledo

Apa Saja Jenis-Jenis Perusahaan Jasa?

Jenis perusahaan jasa

Perusahaan jasa keuangan

Perusahaan jasa keuangan adalah entitas bisnis yang berfokus pada menyediakan berbagai layanan keuangan kepada individu, bisnis, atau lembaga lainnya.

Perusahaan ini berperan dalam memfasilitasi transaksi keuangan, pengelolaan aset, pengelolaan risiko, serta memberikan berbagai produk dan layanan keuangan.

Perusahaan jasa keuangan dapat mencakup berbagai jenis entitas, termasuk:

  1. Bank: Menyediakan layanan perbankan seperti tabungan, pinjaman, kartu kredit, dan produk investasi kepada nasabah mereka.
  2. Lembaga Keuangan Non-Bank: Ini termasuk perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan, perusahaan modal ventura, dan perusahaan manajemen aset yang memberikan layanan seperti asuransi jiwa, asuransi kerugian, pembiayaan, dan investasi.

Perusahaan jasa transportasi

Perusahaan jasa transportasi adalah entitas bisnis yang menyediakan layanan transportasi bagi individu, jenis, atau kelompok dari satu lokasi ke lokasi lain.

Perusahaan ini bertanggung jawab atas mobilitas orang dan barang, memberikan layanan yang mendukung aktivitas ekonomi, sosial, dan individu.

Adapun jenis perusahaan jasa transportasi dapat meliputi maskapain penerbangan, jasa ekspedisi, layanan transsportasi online, dan lainnya.

Jasa travel

Ketika seorang karyawan diharuskan melakukan perjalanan kerja, biasanya perusahaan menyediakan pengaturan perjalanan yang sering dikenal sebagai agen travel. 

Nah, agen travel ini akan membantu mengatur perjalanan mulai dari akomodasi hingg transportasi. Layanan ini dapat membantu memastikan rencana perjalanan akurat dan lebih hemat biaya.

Jasa pendidikan

Salah satu contoh perusahaan jasa pendidikan ialah lembaga bimbingan belajar (Bimbel). Bimbel menghadirkan guru tutor yang memberikan layanan pembinaan akademik kepada anak-anak maupun orang dewasa. 

Layanan yang mereka berikan misalnya saja seperti membantu mengerjakan pekerjaan rumah, menjelaskan isi kursus, membantu belajar untuk ujian dan mengembangkan materi pelatihan, seperti kartu flash atau tes latihan. 

Tutor akan berfokus pada kliennya dengan mengukur jenis materi apa yang paling bermanfaat untuk pembelajaran mereka. 

Misalnya, jika seorang siswa mengalami kesulitan untuk tetap fokus selama perkuliahan yang panjang, tutor dapat membagi perkuliahan menjadi bagian-bagian kecil sehingga siswa dapat memberikan perhatian yang lebih baik.

Jasa telekomunikasi

Perusahaan jasa telekomunikasi menyediakan layanan komunikasi jarak jauh, baik itu melalui pengiriman suara, data, atau pesan dari satu titik ke titik lainnya.

Perusahaan ini berperan dalam memfasilitasi komunikasi yang efektif dan efisien, baik secara domestik maupun internasional.

Jasa medis dan kesehatan

Perusahaan jasa medis dan kesehatan adalah bisnis yang berfokus pada penyediaan layanan yang berkaitan dengan aspek kesehatan dan perawatan medis.

Bisnis ini mencakup berbagai bidang, mulai dari pelayanan medis langsung hingga layanan pendukung dan teknologi kesehatan.

Berikut beberapa komponen utama dari perusahaan jasa medis dan kesehatan:

  • Rumah Sakit
  • Klinik Kesehatan
  • Praktik Dokter dan Spesialis
  • Apotik
  • Dan lainnya

Baca juga: Pengertian dan Jenis Usaha Kelompok, Karakteristik serta Kelebihannya

10 Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia

Di bawah ini merupakan 10 contoh perusahaan jasa terbesar yang ada di Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya:

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Berdiri sejak tahun 1965, PT Telkom Indonesia Tbk menjadi salah perusahaan penyedia jasa provider terbesar di Indonesia.

Telkom tidak hanya menargetkan konsumen individe lewat produk Telkomsel dan Indihome. Perusahaan ini juga menyediakan layanan komunikasi untuk target pasar bisnis, mulai dari penyediaan jaringan internet sampai fasilitas data center.

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Contoh perusahaan jasa: BRI

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia.

Sebagai bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, BRI telah memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1895 sebagai De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoffden, yang kemudian berubah menjadi Bank Rakyat Indonesia pada tahun 1946.

Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, BRI bertugas menyalurkan dana dari dana yang berasal dari tabungan nasabah kepada pihak yang membutuhkan dana, misalnya UMKM yang membutuhkan pinjaman modal bisnis.

Selanjutnya, pihak bank memperoleh keuntungan dari selisih antara suku bunga pinjaman dengan suku bunga tabungan.

Bank memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung kehidupan ekonomi masyarakat, menyediakan infrastruktur keuangan yang kuat, serta memberikan akses yang lebih baik kepada layanan keuangan yang diperlukan oleh individu, bisnis, dan masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Usaha Perseorangan Berikut Ini

PT Blue Bird Tbk (Blue Bird)

PT Blue Bird Tbk, yang lebih dikenal dengan nama Blue Bird, adalah perusahaan penyedia layanan transportasi terkemuka di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1972, perusahaan ini telah menjadi salah satu merek terkemuka dalam industri transportasi darat di Indonesia.

Tak hanya menyediakan layanan taksi, kini Blue Bird juga menyediakan layanan taksi premium, sewa kendaraan bermotor, dan produk jasa lainnya.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Gojek)

Contoh perusahaan jasa GoTo

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (dikenal dengan nama Gojek) adalah hasil dari penggabungan antara Gojek, platform layanan transportasi dan layanan-layanan terkait, dengan Tokopedia, platform perdagangan elektronik (e-commerce) terbesar di Indonesia.

Gojek awalnya dikenal sebagai layanan ojek online, tetapi kemudian berkembang menjadi platform transportasi yang menawarkan layanan taksi, kendaraan roda empat, pengiriman makanan, kurir, dan lainnya.

Setelah bergabung dengan Tokopedia, Gojek menjadi bagian dari konglomerasi baru yang mengintegrasikan berbagai layanan, termasuk e-commerce, pembayaran digital, transportasi, logistik, dan layanan keuangan.

Diharapkan bahwa penggabungan ini akan menciptakan platform yang lebih komprehensif dan beragam, serta lebih memperkuat posisi GoTo dalam pasar digital Indonesia yang berkembang pesat.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Garuda Indonesia didirikan pada tahun 1947 dan menjadi maskapai penerbangan nasional Indonesia. Oleh karenanya, Garuda memegang peran penting dalam menghubungkan Indonesia secara domestik dan internasional.

Sebagai maskapai penerbangan nasional, Garuda layanan penerbangan domestik dan melayani rute internasional ke berbagai destinasi di Asia, Australia, Eropa, dan Timur Tengah.

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia.

Sebagai perusahaan jasa dalam sektor asuransi, Manulife Indonesia menawarkan berbagai produk dan layanan asuransi jiwa kepada masyarakat seperti asuransi jiwa individual, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi investasi, dan produk perlindungan lainnya.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Xero yang Cocok untuk Bisnis Anda

PT. Pelni (Persero)

Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga membutuhkan alat transportasi laut untuk menghubungkan antar pulau. Nah, PT. Pelni (Persero) merupakan perusahaan pelayaran yang memegang peranan penting dalam menghubungkan ribuan pulau di Indonesia melalui layanan angkutan laut.

Pelni menyediakan layanan kapal penumpang yang menghubungkan berbagai pelabuhan di Indonesia, termasuk rute antarpulau jarak jauh dan rute lokal.

Selain transportasi penumpang, mereka juga mengelola pengiriman barang melalui jalur laut, menjadi salah satu pemain utama dalam logistik laut di Indonesia.

Ruangguru

Selanjutnya, Ruangguru menjadi salah satu contoh perusahaan jasa pendidikan terkemuka di Indonesia. Ruangguru dianggap sebagai pionir dalam dunia pendidikan karena menghadirkan platform pembelajaran yang bisa menghubungkan siswa dengan guru secara virtual.

Ruangguru menyediakan platform belajar daring yang beragam, mulai dari kelas online, video pembelajaran, latihan soal, hingga bimbingan belajar dalam berbagai mata pelajaran.

PT Siloam International Hospitals Tbk (Rumah Sakit Siloam)

Contoh perusahaan jasa: Rumah Sakit Siloam

Terakhir, PT Siloam International Hospitals Tbk (Rumah Sakit Siloam) adalah salah contoh perusahaan jasa di bidang kesehatan.

Rumah Sakit Siloam merupakan jaringan rumah sakit terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan kesehatan terpadu yang memiliki 40 rumah sakit dan 30 klinik yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Baca juga: Beban Usaha: Definisi, Rumus, Cara Hitung, dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah 10 contoh perusahaan jasa yang ada di Indonesia. Perusahaan jasa memainkan peran yang krusial dalam membangun dan memelihara infrastruktur layanan bagi masyarakat modern.

Dengan terus berinovasi, mengutamakan layanan pelanggan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi, perusahaan jasa tetap menjadi pilar utama dalam ekosistem bisnis global.

Dalam menjalankan bisnis, keuangan menjadi aspek penting yang harus dikelola sebaik mungkin, Untuk itu, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap mulai dari invoice, purchasing, manajemen gudang, laporan keuangannya, dan fitur lainnya yang mendukung jalannya bisnis.

Mulai dari 149 ribu saja, Anda sudah bisa memperoleh fitur terlengkap dari Kledo. Maish ragu? Yuk buktikan sendiri dengan mencoba Kledo gratis selama 14 hari bahkan selamanya melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − thirteen =