10 Contoh Aplikasi AI dalam Bisnis dan Manfaatnya

contoh aplikasi ai banner

Kecerdasan buatan (AI) adalah kemampuan mesin, program, atau sistem untuk belajar dan beradaptasi berdasarkan pengalaman. Penggunaan AI berkembang dengan cepat dan memiliki aplikasi di banyak industri saat ini, mulai dari perawatan kesehatan, perjalanan, hingga keuangan.

Program-program ini dapat membantu perusahaan memecahkan masalah dan meningkatkan efisiensi di tempat kerja.

Dalam artikel ini, kami mencantumkan 10 jenis aplikasi AI yang mungkin Anda temui dalam pekerjaan Anda dan apa yang bisa mereka lakukan.

Apa yang Dimaksud dengan Aplikasi AI?

Aplikasi kecerdasan buatan adalah penggunaan khusus AI dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari. Perusahaan menggunakan teknologi ini untuk mempercepat proses, menghemat uang, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Sebagai contoh, sebuah organisasi dapat menggunakan AI untuk menerjemahkan dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain dengan lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan dengan karyawan manusia.

Kecerdasan buatan memiliki begitu banyak aplikasi, Anda mungkin tidak menyadari aplikasi yang Anda gunakan atau berinteraksi dengannya setiap hari.

Baca juga: Suspense Account dalam Akuntansi: Pengertian Lengkap dan Contohnya

10 Contoh Aplikasi AI dan Penggunaannya dalam Bisnis

contoh aplikasi ai 2

Tidak mengherankan jika aplikasi AI generatif merupakan alat penting yang harus diadopsi oleh organisasi di seluruh industri. Dengan berbagai kontribusinya yang bermanfaat di berbagai industri, AI telah menjadi kata kunci baru dalam lingkungan bisnis saat ini.

Mari kita lihat aplikasi AI terbaik yang dapat membantu meningkatkan operasi bisnis Anda.

1. Pembuatan konten

Kecerdasan Buatan Generatif (AI) adalah teknologi yang menggunakan algoritme untuk menghasilkan konten dan meniru konten yang ditulis oleh manusia.

Jenis AI ini menjadi semakin populer karena bisnis dan individu berusaha untuk mengotomatiskan pembuatan konten dan menghemat waktu dan sumber daya.

Penggunaan AI generatif dalam pembuatan konten melibatkan pelatihan model pembelajaran mesin dengan sejumlah besar teks yang ada, seperti artikel, buku, dan postingan media sosial, untuk mempelajari pola dan aturan bahasa manusia.

Setelah dilatih, model-model ini dapat menghasilkan teks baru yang memiliki gaya dan nada yang mirip dengan data masukan.

Contoh aplikasi AI:  ChatGPTGoogle BardChatSonicJasper AI,, dll.

Ketika membandingkan ChatGPT 3.5 dan ChatGPT 4, terlihat jelas bahwa model bahasa yang canggih ini telah merevolusi pembuatan konten.

2. Pembuatan dan pengeditan gambar

AI Generatif telah membuka jalan baru untuk mengubah teks menjadi gambar dan menghasilkan gambar yang realistis berdasarkan pengaturan, subjek, gaya, atau lokasi tertentu.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah menghasilkan materi visual yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti media, desain, periklanan, pemasaran, pendidikan, dan banyak lagi.

Sebagai contoh, generator gambar dapat membantu desainer grafis dalam menciptakan gambar yang diinginkan. Dengan menyediakan gambar semantik atau sketsa, generator dapat menghasilkan versi gambar yang realistis.

Proses pembuatan gambar melibatkan pengubahan aspek eksternal gambar, seperti warna, media, atau bentuknya, namun tetap mempertahankan elemen-elemen intinya. S

uper-Resolution GAN, yang didasarkan pada teknologi GAN (Generative Adversarial Network), dapat digunakan untuk menghasilkan versi gambar beresolusi tinggi.

Hal ini khususnya bermanfaat untuk menghasilkan versi arsip atau materi medis berkualitas tinggi yang tidak hemat biaya untuk disimpan dalam format resolusi tinggi. Kasus penggunaan lainnya adalah untuk tujuan pengawasan.

Contoh aplikasi AI:  Dall-E-2PhotosonicDeepAI, dll.

Baca juga: Cara Daftar Bisnis PPOB dan Tips Sukses Memulainya

3. Pembuatan musik

Apakah Anda tertarik untuk menjadi produser musik yang sukses? Jika ya, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan AI generatif untuk membantu Anda membuat lagu yang unik dan orisinal untuk semua jenis proyek kreatif.

Salah satu manfaat utama dari AI generatif adalah dapat menghasilkan musik yang memiliki tujuan tertentu yang dirancang khusus untuk digunakan dalam iklan atau usaha kreatif lainnya.

Contoh aplikasi AI: Amper MusicAIVASoundfulMuseNet

4. Generator Suara

Generative Adversarial Networks (GAN) mampu menghasilkan ucapan audio yang hidup. Untuk mencapai hal ini, pembeda bertindak sebagai pelatih, menekankan, mengencangkan, dan/atau memodulasi suara untuk menghasilkan output yang meyakinkan.

Proses pembuatan text-to-speech (TTS) memiliki banyak aplikasi bisnis, termasuk pendidikan, pemasaran, podcasting, dan periklanan. Sebagai contoh, pendidik dapat mengubah catatan kuliah mereka menjadi file audio agar lebih menarik.

Demikian pula, teknik ini juga dapat bermanfaat untuk membuat konten pendidikan bagi individu dengan gangguan penglihatan. TTS tidak hanya menghilangkan kebutuhan akan pengisi suara dan peralatan yang mahal, tetapi juga menyediakan berbagai pilihan bahasa dan vokal yang dapat dipilih oleh perusahaan.

AI Generatif juga dapat digunakan untuk pembuatan suara dengan memanfaatkan sumber suara yang ada melalui konversi suara ke suara (STS).

Teknik ini memungkinkan pembuatan sulih suara yang cepat dan mudah, yang menguntungkan untuk industri seperti game dan film. Dengan alat ini, dimungkinkan untuk menghasilkan sulih suara untuk film dokumenter, iklan, atau game tanpa perlu menyewa aktor suara.

Contoh aplikasi AI: Replica Studios, Synthesys, Murf, Listnr, Lovo, Speechelo, dll.

Baca juga: AI dalam Bisnis: Kegunaan dan Contoh Aplikasinya

5. Pembuatan bentuk 3D

Pembuatan bentuk 3D mengacu pada proses pembuatan model tiga dimensi dari objek menggunakan algoritma komputer. Tujuannya adalah untuk menghasilkan model digital yang sangat mirip dengan objek fisik dalam hal ukuran, bentuk, dan tekstur.

Teknologi ini memiliki banyak aplikasi praktis di berbagai bidang seperti desain produk, arsitektur, dan hiburan. Salah satu pendekatan untuk menghasilkan bentuk 3D adalah dengan menggunakan Generative Adversarial Networks (GAN), sejenis algoritma kecerdasan buatan yang melibatkan dua jaringan saraf yang bekerja sama untuk menciptakan model yang realistis dan terperinci.

AI Generatif dalam Desain & Pengembangan Produk telah merevolusi cara pembuatan bentuk 3D. Dengan memanfaatkan kekuatan algoritme, para desainer kini dapat membuat model digital yang sangat mirip dengan objek fisik dalam hal ukuran, bentuk, dan tekstur.

Contoh aplikasi AI: 3DFY.aiAlpha3DSloyd.ai, dll.

6. Pembuatan kode

AI Generatif telah memberikan alur kerja baru dalam pengembangan perangkat lunak, di mana ia digunakan untuk membuat kode tanpa perlu input manual.

Teknologi baru yang menarik ini membuat pengkodean dapat diakses oleh para profesional dan individu non-teknis.

Salah satu manfaat paling signifikan dari AI generatif dalam pengkodean adalah kemampuannya untuk menyarankan penyelesaian kode saat pengembang mengetik.

Fitur ini menghemat waktu yang berharga dan meminimalkan kesalahan, terutama saat menangani tugas yang berulang atau monoton.

Selain itu, fitur ini dapat membantu mendeteksi dan menyelesaikan bug dalam kode yang dihasilkan dengan menganalisis pola kode dan mengidentifikasi masalah potensial sebelum menyarankan solusi.

Selain itu, AI generatif dapat memastikan bahwa kode mematuhi pedoman gaya, mempromosikan konsistensi dan keterbacaan di seluruh basis kode.

Contoh aplikasi AI: OpenAI CodexCopilot, ChatGPT, AlphaCodeTabnine, dll.

Baca juga: 15 Strategi Telemarketing Terbaik Untuk Tingkatkan Closing

7. Pembuatan dan pengeditan video

AI memiliki kemampuan luar biasa untuk membuat video, mulai dari klip pendek hingga film berdurasi penuh. Hal ini dilakukan dengan menggunakan pembuatan gambar untuk menghasilkan elemen visual, pembuatan teks untuk membuat skrip atau storyboard, dan pembuatan musik untuk membuat soundtrack.

AI dapat menerima berbagai jenis data masukan seperti gambar, blog, artikel, dan musik, yang kemudian dapat dimanipulasi dan digabungkan secara kreatif untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali baru dan orisinal.

Ini seperti sutradara robot futuristik, tetapi dengan kemampuan yang luar biasa. Misalkan Anda pernah bermimpi menonton video yang menampilkan robot kolosal yang terlibat dalam pertempuran sengit dengan gurita besar sambil diiringi oleh soundtrack musik death metal.

Dalam hal ini, AI generatif mungkin merupakan solusi untuk mewujudkan imajinasi Anda.

Contoh aplikasi AI: DescriptSynthesiaDeepbrain AIXpression CameraElai.io, dll.

8. Chatbots dan asisten virtual

Chatbots dan asisten virtual adalah aplikasi yang dibuat oleh AI yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia dan memberi mereka informasi atau bantuan dengan cara percakapan.

Chatbots biasanya digunakan untuk layanan atau dukungan pelanggan, sementara asisten virtual dapat melakukan berbagai tugas yang lebih luas, seperti menjadwalkan janji temu atau memutar musik.

Aplikasi ini menggunakan pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk memahami dan menafsirkan input pengguna, lalu menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk menghasilkan respons atau melakukan tugas.

Beberapa chatbot dan asisten virtual berbasis aturan, yang berarti mereka mengikuti seperangkat aturan yang telah ditentukan sebelumnya dan hanya dapat merespons jenis pertanyaan atau permintaan tertentu.

Yang lainnya menggunakan algoritme pembelajaran mendalam untuk terus belajar dan meningkatkan respons mereka dari waktu ke waktu.

Contoh aplikasi AI: Google AssistantSiriCortana, dll

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

9. Seni dan desain

Apa sebenarnya seni yang dihasilkan oleh AI, Anda mungkin bertanya? Nah, AI generatif memiliki banyak kegunaan, dan salah satu aplikasinya yang paling menarik adalah menciptakan karya seni yang baru dan unik.

Penting untuk dicatat bahwa seni yang dihasilkan AI berbeda dengan pembuatan gambar, meskipun keduanya berada di bawah payung AI generatif.

Pembuatan gambar adalah tentang menghasilkan gambar baru, sedangkan seni yang dihasilkan AI bertujuan untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali baru dan orisinal tanpa campur tangan manusia.

Sebagai contoh, mari kita lihat lukisan abstrak. Di masa lalu, seniman harus bersusah payah membuat setiap goresan kuas dengan tangan, tetapi sekarang, AI generatif dapat menghasilkan karya yang sama sekali baru tanpa bantuan manusia! Dan jika Anda suka menulis kreatif, AI bahkan bisa menghasilkan sebuah novel dengan sendirinya. Sungguh luar biasa!

Contoh aplikasi AI: DALL-E 2, NightcafeStarryai, dll.

10. Pengembangan game

Pengembangan Game dengan aplikasi generatif AI mengacu pada penggunaan teknik kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan berbagai aspek konten video game.

Hal ini dapat mencakup pembuatan level game, karakter, objek, dan bahkan seluruh narasi game.

Teknik AI generatif dapat digunakan untuk membuat konten game yang unik dan bervariasi, memberikan pengalaman yang lebih menarik dan menyenangkan bagi para pemain.

AI juga dapat digunakan untuk membuat karakter yang tidak dapat dimainkan (NPC) dengan kepribadian dan perilaku yang unik, sehingga membuat mereka lebih terasa seperti orang sungguhan daripada sekadar karakter yang ditulis.

Selain itu, AI dapat digunakan untuk menghasilkan item dalam game, seperti senjata atau item yang dapat dikumpulkan pemain, memberikan pemain rasa penemuan dan perkembangan.

Contoh aplikasi AI: Charisma AI, Hidden Door, Unity Machine Learning Agents, Houdini, dan lain lain.

Baca juga: Perkembangan AI dan Akuntansi dalam Pengembangan Bisnis

Kasus Penggunaan Aplikasi AI Generatif Berdasarkan Industri

contoh aplikasi AI 1

Penggunaan AI Generatif memiliki potensi untuk membawa perubahan paradigma di berbagai sektor. Mari kita pelajari beberapa contoh penerapannya:

Keuangan

AI sudah banyak membantu dalam proses pengelolaan keuangan bisnis terutama dalam proses pengambilan keputusan.

Saat ini sudah banyak software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur seperti integrasi keuangan menyeluruh, pembuatan laporan keuangan instan, bahkan penghitungan rasio keuangan secara otomatis.

Salah satu tools yang membantu Anda dalam proses pengelolaan keuangan bisnis yang lebih baik adalah Kledo. Kledo adalah software akuntansi online yang memiliki fitur yang sudah kami sebutkan diatas dan sangat mudah digunakan oleh siapaun.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Logistik dan transportasi

AI Generatif secara akurat mengubah citra satelit menjadi tampilan peta yang komprehensif, sehingga memungkinkan tempat-tempat yang sebelumnya tidak diketahui dapat ditemukan.

Bagi perusahaan logistik dan transportasi yang menjelajah ke area baru, teknologi ini terbukti sangat berharga dalam memfasilitasi navigasi yang mulus.

Industri perjalanan

Dalam bidang industri perjalanan, AI Generatif muncul sebagai aset berharga dalam sistem pengenalan wajah dan verifikasi yang digunakan di bandara.

Dengan menciptakan representasi visual yang komprehensif dari penumpang menggunakan foto yang diambil dari berbagai sudut, teknologi mutakhir ini menyederhanakan proses identifikasi dan validasi individu, sehingga meningkatkan protokol keamanan.

Kesehatan

Memanfaatkan kekuatan algoritme AI generatif memberdayakan sektor kesehatan untuk merampingkan prosedur penemuan obat.

Algoritme ini memfasilitasi identifikasi kandidat obat potensial, mempercepat keseluruhan proses melalui simulasi komputer yang mengevaluasi kemanjurannya.

Kemajuan ini mempercepat laju penemuan obat baru, yang mengarah pada peningkatan perawatan pasien.

Baca juga: Cara Melakukan Analisis Persaingan dalam Bisnis dan Contohnya

Ritel

Aplikasi AI Generatif memberdayakan peritel untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mengirimkan pesan yang dipersonalisasi yang disesuaikan dengan konsumen individu.

Baik melalui email atau platform online, teknologi ini memastikan penyebaran informasi produk yang relevan, mengoptimalkan perjalanan belanja.

Selain itu, teknologi ini dapat mengidentifikasi indikator aktivitas penipuan, seperti upaya phishing, sehingga meningkatkan langkah-langkah keamanan.

Rantai pasokan

Aplikasi kecertasan buatan memainkan peran penting dalam memungkinkan bisnis untuk memperkirakan permintaan untuk produk dan layanan tertentu, sehingga mengoptimalkan operasi rantai pasokan mereka.

Wawasan yang berharga ini membantu mengurangi biaya inventaris, meningkatkan efisiensi pemenuhan pesanan, serta meminimalkan pemborosan dan kelebihan stok.

Baca juga: Bagaimana Cara Evaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan?

Sektor energi

AI Generatif menunjukkan kehebatannya di sektor energi dengan memungkinkan prediksi yang akurat dari keluaran tenaga surya dan angin berdasarkan data cuaca dan catatan produksi historis.

Hal ini memberdayakan pengoptimalan integrasi jaringan dan membekali para pemangku kepentingan dengan kemampuan untuk mengelola variabilitas yang melekat pada sumber daya terbarukan ini.

Selain itu, AI memainkan peran penting dalam mengoptimalkan distribusi dan transmisi listrik, dengan mempertimbangkan faktor-faktor penting seperti penyeimbangan beban, manajemen kemacetan, dan pemanfaatan aset.

Selain itu, teknologi ini memungkinkan prediksi harga dan volatilitas pasar energi, memanfaatkan data historis dan tren pasar untuk memfasilitasi strategi perdagangan yang dioptimalkan.

Pemasaran

AI Generatif membantu dalam segmentasi pelanggan, menawarkan prediksi yang berharga terkait respons audiens target terhadap kampanye iklan dan pemasaran.

Teknologi canggih ini memberdayakan bisnis untuk menyempurnakan strategi pemasaran mereka, secara efektif menargetkan audiens tertentu dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.

Baca juga: 17 Cara Melakukan Analisis Prediktif dalam Bisnis Retail

Kesimpulan

10 aplikasi AI generatif yang telah kami sebutkan diatas akan merevolusi berbagai industri, mulai dari hiburan hingga perawatan kesehatan dan lainnya.

Dengan meningkatnya kekuatan dan kecanggihan teknik AI generatif, kita dapat berharap untuk melihat lebih banyak lagi aplikasi inovatif yang akan muncul di tahun-tahun mendatang, termasuk dalam proses pengelolaan keuangan dan akuntansi.

Jika Anda sampai saat ini masih menggunakan pencatatan keuangan secara manual, Anda bisa beralih menggunakan tools akuntansi yang lebih modern untuk meningkatkan efektivitas.

Salah satu tools yang bisa Anda gunakan adalah software akuntansi online seperti Kledo yang sudah digunakan oleh 60 ribu pengguna dan memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan sehingga memudahkan Anda dalam pengambilan keputusan berdasarkan data keuangan yang valid.

Jika tertarik Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + ten =