8 Cara Memilih Lokasi Usaha yang Tepat untuk Anda

Cara memilih lokasi usaha

Mengetahui cara memilih lokasi usaha yang tepat sangat penting karena lokasi usaha dapat memengaruhi kesuksesan atau kegagalan bisnis. Lokasi yang strategis dapat meningkatkan kunjungan pelanggan dan tingkat penjualan bisnis.

Selain itu, lokasi yang baik juga dapat mendukung pertumbuhan bisnis dengan menciptakan lingkungan yang cocok untuk target pasar yang diinginkan. Dengan memilih lokasi usaha yang tepat, bisnis dapat meningkatkan peluang kesuksesan dan mengoptimalkan kinerja mereka dalam pasar yang kompetitif.

Sedangkan, salah memilih lokasi usaha dapat bisa membuat Anda kehilangan peluang pertumbuhan dan potensi kesuksesan bisnis secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian pasar yang cermat dan mempertimbangkan berbagai faktor sebelum menetapkan lokasi usaha.

Agar Anda tak salah memilih lokasi usaha, berikut akan kami bagikan cara memilih lokasi usaha yang tepat agar Anda tidak salah dalam memilih.

Mengapa Lokasi Usaha Anda Penting?

Pentingnya lokasi usaha

Lokasi Anda sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda karena berbagai alasan: 

  • Visibilitas: Bergantung pada lokasi yang Anda pilih, lokasi usaha yang mudah dilihat pelanggan cenderung memiliki tingkat penjualan yang tinggi.
  • Koneksi pelanggan: Selain itu, menjalankan bisnis di lokasi yang strategis dapat membantu Anda terhubung dengan lebih banyak pelanggan dan mengembangkan hubungan yang langgeng dengan mereka.
  • Kepuasan karyawan: Meskipun semakin maraknya sistem kerja secara remote, banyak bisnis yang memiliki karyawan di kantor yang harus menghabiskan banyak waktu di kantor. Lokasi yang nyaman dengan suasana dan lokasi yang sangat baik dapat membantu membuat karyawan senang. 
  • Profesionalisme: Lokasi bisnis Anda akan berbicara kepada klien. Lokasi yang profesional dan menarik dapat meningkatkan reputasi Anda dan cara pelanggan melihat Anda.

Menurut Statista, lokasi usaha yang tepat menyumbang 85 persen dari total penjualan ritel. Jika toko ritel Anda berada di lokasi yang tidak strategis atau tidak dapat diakses, Anda akan kehilangan banyak potensi penjualan.

Baca juga: 9 Faktor Penting dalam Pemilihan Lokasi Bisnis yang Baik

kledo pos 2

Bagaimana Cara Memilih Lokasi Usaha yang Tepat?

Saat Anda memulai bisnis, memilih lokasi yang tepat menjadi langkah awal penting yang bisa membawa bisnis Anda meraih kesuksesan. Nah setelah Anda membuat rencana bisnis dan memilih nama bisnis yang menarik, lakukan langkah-langkah berikut dalam menentukan lokasi usaha Anda

1. Tetapkan anggaran untuk lokasi bisnis

Tentukan berapa banyak anggaran bisnis yang dapat Anda keluarkan untuk memiliki tempat usaha, bisa melalui sewa maupun pembelian properti.

2. Uraikan kebutuhan spesifik bisnis

Jenis bisnis dan industri akan menutun Anda mengetahui apa sebenarnya kebutuhan spesifik lokasi yang dibutuhkan. Misalnya, jika Anda akan memulai sebuah restoran, tentu kebutuhan lokasi usaha akan sangat berbeda dengan kantor jasa akuntan.

Selain itu, banyaknya karyawan dan pelanggan juga bisa dijadikan sebagai salah satu indikator penting dalam menentukan lokasi usaha.

3. Riset demografis target pasar

Di mana pelanggan Anda tinggal dan bekerja? Sangat penting untuk memilih lokasi yang mudah diakses atau sering dikunjungi oleh target pasar Anda. Dengan memahami basis pelanggan Anda akan menginformasikan keputusan lokasi Anda.

Jika Anda tertarik pada suatu area tertentu namun tidak yakin apakah area tersebut sesuai dengan target audiens Anda, maka lakukan riset demografi area tersebut secara menyeluruh untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang permintaan produk atau layanan dan tingkat pendapatan yang dapat dibelanjakan. 

4. Cari informasi mendalam mengenai calon lokasi usaha

Cara memilih lokasi usaha yang tepat

Jika Anda telah menemukan lokasi usaha yang sesuai denganbudget dan target audiens Anda, silakan menggali informasi yang lebih mendalam .

Misalnya, memahami regulasi suatu daerah sangatlah penting. Cari tahu bagaimana regulasi yang berlaku agar Anda memahami kegiatan usaha apa saja yang diperbolehkan.

Jika Anda membuka toko ritel atau restoran, mempertimbangkan zonasi komersial yang dekat dengan kawasan pemukiman dapat menjadi hal yang penting untuk memastikan akses langsung ke lalu lintas pejalan kaki.

Baca juga: 12 Komponen Perencanaan Usaha dan Contoh yang Bisa Didownload

5. Analisis lokasi bisnis kompetitor

Lakukan penelitian menyeluruh tentang pesaing yang ada di area tersebut. Memahami siapa dan di mana pesaing Anda beroperasi dapat memberikan wawasan berharga tentang potensi pasar, strategi pemasaran, dan diferensiasi bisnis Anda.

6. Evaluasi potensi pertumbuhan

Tinjau potensi pertumbuhan bisnis Anda di lokasi tersebut. Pertimbangkan faktor-faktor seperti tren perkembangan ekonomi, infrastruktur, dan perencanaan perkotaan yang dapat mempengaruhi potensi pertumbuhan bisnis Anda dalam jangka panjang.

7. Pertimbangkan faktor lingkungan

Lokasi yang baik juga memperhitungkan faktor lingkungan, seperti kepadatan populasi, keberadaan fasilitas umum, dan reputasi lingkungan sekitar. Lingkungan yang ramah dan aman akan meningkatkan daya tarik bisnis Anda bagi pelanggan.

8. Perhatikan perizinan

Yang terakhir, pastikan Anda telah memperoleh semua izin yang diperlukan, termasuk izin pendirian usaha, AMDAL, dan lainnya.

Baca juga: Cara dan Syarat Membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) juga Contohnya

Bagaimana Ciri-Ciri Lokasi Usaha yang Strategis?

Ciri lokasi usaha yang strategis

Menemukan lokasi usaha yang strategis adalah langkah penting dalam membangun bisnis yang sukses. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang menandai lokasi usaha yang strategis:

1. Trafik yang tinggi

Lokasi dengan lalu lintas yang tinggi adalah indikator utama dari lokasi yang strategis. Semakin banyak orang yang melewati bisnis Anda, semakin besar peluang untuk menarik pelanggan potensial. Tempat di dekat jalan raya utama, pusat perbelanjaan, atau pusat bisnis biasanya memiliki trafik yang tinggi.

2. Demografi pasar yang cocok

Lokasi yang strategis harus sesuai dengan demografi pasar target Anda. Jika bisnis Anda menargetkan kelompok usia tertentu atau golongan pendapatan khusus, pastikan lokasi tersebut memiliki demografi yang sesuai dengan karakteristik pelanggan potensial Anda.

3. Minimnya persaingan langsung

Meskipun sedikit persaingan dapat menandakan permintaan yang tinggi, lokasi usaha yang strategis biasanya memiliki persaingan yang seimbang atau terbatas. Ini memungkinkan Anda untuk menonjol dan menarik pelanggan dengan lebih mudah.

Baca juga: 5 Unsur Manajemen yang Harus Diketahui Pemilik Bisnis

4. Mudah diakses

Lokasi yang strategis harus mudah diakses oleh pelanggan. Ini termasuk aksesibilitas melalui transportasi umum, parkir yang memadai, serta kemudahan akses bagi pejalan kaki dan pengguna kursi roda. Semakin mudah pelanggan dapat menemukan dan mengunjungi bisnis Anda, semakin baik.

5. Memiliki potensi pertumbuhan

Lokasi yang strategis juga harus memiliki potensi pertumbuhan yang baik. Pertimbangkan faktor-faktor seperti rencana pengembangan perkotaan, investasi infrastruktur, dan tren ekonomi lokal. Memilih lokasi dengan potensi pertumbuhan akan membantu bisnis Anda berkembang secara berkelanjutan.

6. Lingkungan yang ramah bisnis

Faktor lingkungan, seperti keamanan, kebersihan, dan reputasi lingkungan sekitar, juga penting dalam menentukan lokasi yang strategis. Pelanggan lebih cenderung mengunjungi bisnis yang berada di lingkungan yang ramah dan nyaman.

7. Ketersediaan sumber daya

Terakhir, pastikan lokasi yang dipilih memiliki akses yang cukup terhadap sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda. Ini termasuk akses ke listrik, air, internet, serta layanan lain yang mungkin diperlukan untuk operasi harian bisnis Anda.

Baca juga: Analisis Peluang Usaha: Pengertian, Tahapan, dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa memilih lokasi usaha yang tepat dan strategis. Dengan mempertimbangkan cara-cara di atas, Anda dapat mengidentifikasi lokasi usaha yang strategis untuk bisnis Anda. Lokasi yang tepat akan membantu memperkuat fondasi bisnis dan meningkatkan peluang kesuksesan jangka panjang.

Setelah menemukan lokasi usaha yang tepat, selanjutnya Anda harus mengelola operasional penjualan dengan baik supaya bisnisdapat berjalan lancar.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi kasir gratis Kledo POS, yang memiliki fitur lengkap untuk memudahkan memproses transaksi penjualam hingga manajemen persediaan.

Aplikasi ini cocok digunakan bagi para pemula karena harga langganannya yang cukup terjangkau dan mudah digunakan. Tertarik mencoba? Yuk, coba Kledo POS gratis melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =