Manfaat Asuransi Bisnis dan Tips Memilih yang Benar

asuransi bisnis

Asuransi bisnis melindungi bisnis dari kerugian finansial yang terkait dengan kejadian tak terduga, termasuk kerusakan properti, tuntutan hukum, kehilangan pendapatan, pencurian, cedera dan penyakit karyawan, dan kompensasi pekerja.

Sederhananya, dalam kasus cedera atau kerusakan, asuransi Anda akan mengganti biaya perusahaan Anda, baik seluruhnya atau sebagian. Jadi, apa sebenarnya manfaat asuransi bisnis dan bagaimana cara memilihnya?

Mengapa Bisnis Membutuhkan Asuransi Bisnis?

asuransi bisnis 3

Jika Anda bertanya pada diri sendiri, “mengapa bisnis membutuhkan asuransi?” Jawabannya adalah: karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Dan ketika hal itu terjadi, asuransi membantu membayar kerusakan yang seharusnya Anda tanggung sendiri.  

Ada banyak alasan mengapa Anda memerlukan perlindungan asuransi untuk perusahaan Anda seperti:

  • Menghemat waktu dan uang Anda
  • Lindungi bisnis Anda dari kerusakan
  • Berikan manfaat kepada karyawan Anda

9 alasan utama untuk perusahaan perlu memiliki asuransi adalah:  

1. Diwajibkan oleh pemerintah

Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk memiliki asuransi, entah berupa asuransi properti, asuransi jiwa, dan lainnya. Manfaat asuransi dapat melindungi Anda dari kerugian finansial. Tanpanya, bisnis Anda mungkin menghadapi risiko jika:  

  • Pelanggan menuntut Anda setelah terluka di tempat bisnis Anda.
  • Kebakaran menghancurkan bangunan atau inventaris Anda.
  • Komputer dengan informasi pribadi klien Anda dicuri.

Baca juga: 22 Strategi Promosi Toko Online Beserta Contohnya

2. Melindungi karyawan anda

Salah satu pertanggungan asuransi bisnis yang disyaratkan oleh negara adalah asuransi kompensasi pekerja. Jika karyawan Anda menderita cedera atau penyakit terkait pekerjaan, asuransi tersebut memberikan manfaat seperti:  

  • Perawatan medis
  • Pembayaran gaji yang terlewat
  • Manfaat pemakaman

3. Melindungi pelanggan anda

Asuransi bisnis Anda juga dapat membantu melindungi pelanggan Anda jika Anda memiliki Polis Pemilik Bisnis. Kebijakan ini menggabungkan cakupan properti bisnis dan kewajiban bisnis menjadi satu untuk membantu melindungi bisnis Anda dari:  

  • Kerusakan properti
  • Cedera pribadi
  • Cedera fisik
  • Kewajiban produk

Misalnya, jika salah satu pelanggan Anda terpeleset, patah kaki, dan harus pergi ke rumah sakit, polis Anda dapat membantu membayar biaya medis mereka.  

Ada juga asuransi pelanggaran data untuk membantu melindungi bisnis dan pelanggan Anda jika terjadi pelanggaran keamanan. Untuk  bisnis online, asuransi dapat membantu membayar:  

  • Solusi perlindungan identitas
  • Hubungan Masyarakat
  • Biaya hukum
  • Kewajiban

4. Membangun kredibilitas

Asuransi bisnis Anda lebih dari sekadar melindungi bisnis Anda. Memiliki kebijakan yang tepat menunjukkan kepada pelanggan dan kontraktor Anda bahwa Anda menangani risiko dengan serius.

Ini juga membantu menyampaikan kepada semua orang bahwa Anda akan memberikan perlindungan yang tepat, apa pun kecelakaan yang terjadi.  

Baca juga: 15 Ide Usaha Makanan Kekinian yang Laris Manis

5. Kepentingan kontrak kerja

Bisnis seperti milik Anda selalu membuat kontrak. Jadi, penting untuk menyadari bahwa banyak kontrak memerlukan perlindungan asuransi. Beberapa contoh termasuk:  

  • Menyewa gedung dari pemiliknya
  • Meminjam uang untuk membiayai barang
  • Perjanjian pinjaman
  • Perjanjian klien

6. Membantu merekrut dan mempertahankan karyawan

Karyawan mencari lebih dari sekadar gaji saat mereka mencari pekerjaan. Mereka juga mencari manfaat yang tepat, seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Bisnis tanpa asuransi sering kali gagal menarik dan mempertahankan karyawan terbaik.  

7. Melindungi manajemen

Asuransi pertanggungjawaban manajemen Anda dapat membantu melindungi pemilik, CEO, atau “orang kunci” yang menjalankan bisnis Anda dari tuntutan hukum yang mahal.

Asuransi kewajiban manajemen dapat membantu melindungi mereka yang bekerja untuk organisasi nirlaba dan perusahaan publik. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menambahkan jenis asuransi ini ke polis Anda.  

8. Melindungi dari bencana alam

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara yang rawan terkena bencana alam, seperti:   

  • Banjir
  • Kebakaran
  • Badai
  • Gempa
  • dan lainnya

Asuransi ini penting untuk melindungi aset bisnis Anda dan harta benda di dalamnya jika terjadi bencana.

9. Membantu tuntutan hukum

Setiap perusahaan dapat dituntut dan menghadapi biaya hukum. Salah satu alasan Anda memerlukan asuransi adalah untuk membantu menutupi biaya.

Misalnya, jika Anda memiliki karyawan yang cedera yang menuntut Anda, asuransi kompensasi pekerja Anda dapat membantu membayar biaya hukum.

Dan, jika pekerja yang cedera tersebut berakhir dengan disabilitas, kompensasi pekerja dapat bertindak sebagai asuransi disabilitas dan memberi mereka tunjangan.  

Baca juga: 15 Tips Agar Anda Sukses Dalam Membangan Bisnis Makeup Artist (MUA)

Jenis Asuransi Bisnis

Ada beberapa jenis asuransi bisnis, masing-masing dirancang untuk melindungi dari serangkaian risiko tertentu. Asuransi yang dibutuhkan bisnis Anda akan bergantung pada jenis dan ukurannya.

1. Asuransi properti komersial

Asuransi properti komersial menanggung kerusakan pada properti bisnis Anda akibat kebakaran, badai, pencurian, dan peristiwa terkait properti lainnya, tergantung pada polisnya.

Jenis polis asuransi properti komersial yang umum mencakup properti pribadi bisnis, pendapatan bisnis, mobil komersial, dan asuransi bisnis rumahan.

Situasi yang mungkin memerlukan asuransi properti komersial meliputi:

  • Toko ritel Anda dibobol dan dirampok. Asuransi properti komersial dapat membantu menutupi biaya perbaikan dan mengganti inventaris yang dicuri.
  • Kebakaran hutan menghancurkan properti Anda. Asuransi properti dapat membantu menutupi hilangnya pendapatan dan berpotensi membantu membeli real estat baru.

Baca juga: Akuntansi Perhotelan: Tantangan dan Hal yang Harus Diperhatikan

2. Asuransi kewajiban

Kebijakan perlindungan kewajiban memberikan perlindungan tanggung jawab hukum ketika perusahaan Anda mendapat tuntutan hukum. Ini termasuk cedera tubuh, kerusakan properti yang disebabkan oleh perusahaan Anda (berlawanan dengan kerusakan properti perusahaan Anda), cedera , praktik ketenagakerjaan, dan kesalahan atau kelalaian.

Situasi yang mungkin memerlukan asuransi kewajiban meliputi:

  • Seorang pelanggan terluka karena jatuh di atas properti Anda. Kadang-kadang disebut “slip and fall“, situasi ini berpotensi menyebabkan biaya pengobatan dan tuntutan hukum.
  • Bisnis akuntansi Anda membuat kesalahan. Hasilnya adalah klien Anda harus membayar pajak lebih banyak. Asuransi pertanggungjawaban profesional dapat membantu menutupi biaya ini.
  • Seorang karyawan merugi karena email phishing. Pelaku berhasil mencuri data sensitif klien. Asuransi kewajiban dunia maya membantu Anda memberi kompensasi kepada korban, menanggung biaya hukum, membayar hubungan masyarakat untuk memperbaiki kerusakan reputasi, dan menanggung biaya kompensasi untuk pelanggan yang terkena dampak.

Baca juga: Anggaran Neraca: Pengertian dan Cara Membuatnya

3. Asuransi perlindungan pekerja

Asuransi perlindungan pekerja bisa dalam jangka pendek atau jangka panjang. Asuransi pekerja jangka panjang biasanya disediakan untuk orang kaya atau disediakan oleh negara, sedangkan asuransi pekerja jangka pendek disediakan oleh perusahaan.

Asuransi ini digunakan untuk cedera yang menyebabkan karyawan harus beristirahat dalam waktu yang lebih lama dari ketentuan kompensasi pekerja tetapi biasanya berlangsung kurang dari setahun. Asuransi juga dapat menanggung penyakit atau cedera yang terjadi di luar pekerjaan.

Situasi yang mungkin memerlukan asuransi karyawan meliputi:

  • Seorang karyawan menabrakkan forklift. Mereka tidak tahu bannya kempes. Jenis kecelakaan kerja ini dapat ditanggung oleh kompensasi pekerja.
  • Pengemudi pengiriman Anda mengalami kecelakaan mobil. Kaki mereka patah saat kecelakaan itu dan mereka memilih untuk menuntut Anda untuk mendapatkan kompensasi lebih. Sementara asuransi kendaraan Anda mencakup mobil dan kompensasi pekerja mencakup biaya awal, asuransi pertanggungjawaban pemberi kerja dapat membantu menutupi biaya tambahan yang Anda tuntut.

Cara Memilih Asuransi Bisnis yang Benar

Memilih asuransi yang benar sangat penting bagi setiap pemilik bisnis. Asuransi bisnis membantu melindungi bisnis anda dari risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Dengan memilih asuransi yang tepat, anda dapat meminimalkan risiko dan memastikan bahwa usaha anda tetap sukses meskipun dalam situasi yang tidak menguntungkan. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih asuransi bisnis yang benar:

1. Tentukan tipe asuransi yang Anda butuhkan

Jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda mungkin hanya memerlukan asuransi keselamatan kerja dan asuransi lainnya yang ditawarkan oleh pemerintah. Jika Anda memiliki bisnis yang lebih besar, Anda mungkin perlu mencari asuransi yang lebih komprehensif, seperti asuransi jiwa atau asuransi properti.

2. Cari tahu tentang jenis risiko yang dihadapi oleh bisnis anda

Hal ini penting agar anda dapat menentukan jenis asuransi yang perlu anda beli. Misalnya, jika bisnis anda beroperasi di daerah yang rentan terhadap bencana alam, maka anda mungkin perlu membeli asuransi bencana alam.

Baca juga: Anggaran Neraca: Pengertian dan Cara Membuatnya

3. Cari tahu tentang berbagai jenis asuransi yang tersedia

Setelah anda menentukan jenis risiko yang dihadapi oleh bisnis anda, anda dapat mencari tahu tentang berbagai jenis asuransi yang tersedia. Anda dapat melakukan penelitian tentang asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi.

4. Bandingkan harga dan manfaat dari berbagai produk asuransi

Jika anda ingin mendapatkan asuransi yang paling bermanfaat dan terjangkau, Anda dapat membandingkan harga dan manfaat dari berbagai produk asuransi. Ini akan membantu Anda menemukan produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda.

5. Baca dengan seksama syarat dan ketentuan

Sebelum membeli produk asuransi, pastikan anda membaca dengan seksama syarat dan ketentuan dari produk tersebut. Hal ini penting agar anda dapat memahami apa yang anda beli dan bagaimana produk asuransi tersebut akan membantu bisnis anda.

Dengan mempertimbangkan tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa anda memilih asuransi bisnis yang benar untuk bisnis anda. Dengan membeli asuransi yang tepat, anda dapat meminimalkan risiko dan memastikan keberhasilan usaha anda.

Baca juga: Fraud Akuntansi: Jenis dan Cara Meminimalisirnya

Kapan Bisnis Membutuhkan Asuransi?

asuransi bisnis 4

Merupakan ide yang sangat bagus untuk memiliki asuransi bisnis, tidak peduli apa yang dilakukan perusahaan Anda atau seberapa besar bisnis Anda.

Setiap perusahaan, mulai dari perusahaan perseorangan kecil hingga perusahaan besar berpotensi menghadapi risiko kecelakaan, bencana alam, dan tuntutan hukum. Ini adalah realitas berbisnis.

Berikut adalah beberapa situasi khusus yang ingin Anda pastikan terlindungi: 

  • Anda memiliki karyawan. Karyawan sangat membantu, tetapi mereka menciptakan potensi tanggung jawab secara keseluruhan. Pastikan Anda dilindungi dengan asuransi kesehatan, keselamatan kerja, dan lainnya.
  • Bisnis Anda telah berkembang. Seiring pertumbuhan bisnis kecil Anda, begitu pula kebutuhan polis asuransi bisnis Anda. Mungkin Anda memiliki properti baru, lebih banyak karyawan, atau lebih banyak keuntungan. Perbarui polis asuransi Anda untuk mengikuti perubahan pada perusahaan Anda.
  • Anda memiliki kendaraan bisnis. Punya mobil kerja atau truk baru? Anda pasti ingin mendapatkan asuransi kendaraan dengan alasan yang sama seperti Anda mengasuransikan kendaraan pribadi Anda.
  • Anda memerlukan asuransi khusus industri. Beberapa industri memiliki polis asuransi khusus untuk menutupi insiden yang lebih mungkin terjadi dalam bidang pekerjaan mereka. Seorang fotografer, misalnya, mungkin memiliki kebutuhan yang sangat berbeda dengan toko retail atau montir mobil.
  • Anda baru saja menandatangani kontrak. Penting untuk mendapatkan asuransi kewajiban umum setiap kali perusahaan Anda menandatangani kontrak sewa. Bahkan, banyak pemilik properti yang membutuhkannya.  

Baca juga: Manajemen Koperasi: Pengertian, Aspek, dan Prosesnya

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa asuransi bisnis merupakan investasi penting bagi para pemilik bisnis. Asuransi akan melindungi bisnis dari kerugian akibat kehilangan atau kerusakan properti, pencurian, kecelakaan, dan masalah hukum.

Dengan asuransi bisnis, pemilik bisnis akan merasakan ketenangan dan rasa aman dalam mengelola bisnis mereka.

Dalam menjalankan bisnis, jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan agar bisa memantau bagaimana kinerja bisnis Anda. Guna mempermudah pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang sudah digunakan lebih dari 35 ribu orang. Software ini dibekali dengan fitur terlengkap yang mudah digunakan bahkan bagi Anda yang masih awam dengan dunia akuntansi dan keuangan.

Nah, tunggu apalagi? Anda bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 10 =