Cara Menentukan KPI Pemasaran Beserta Contohnya

KPI Pemasaran

Mengukur keberhasilan sebuah strategi pemasaran adalah hal yang penting bagi setiap pemasaran yang berhasil. KPI pemasaran yang tepat akan membantu Anda mengukur keefektifan strategi Anda dan mengidentifikasi peluang untuk peningkatan.

Dengan menggunakan KPI pemasaran yang tepat, Anda akan dapat mengukur efektivitas pemasaran Anda secara keseluruhan. Ini akan membantu Anda membuat keputusan cerdas tentang bagaimana meningkatkan strategi Anda dan mencapai tujuan pemasaran Anda.

Dalam artikel ini, Kledo akan membahas bagaimana Anda dapat merumuskan KPI pemasaran untuk membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda.

Definisi KPI Pemasaran

KPI pemasaran 2

Perusahaan menggunakan pemasaran untuk memperoleh, melibatkan, dan mempertahankan audiens target. Mereka mengembangkan kampanye pemasaran untuk menyampaikan pesan, membantu perjalanan pembelian pelanggan, dan mengomunikasikan nilai yang diciptakan kepada pelanggan mereka.

Hasil dari kampanye ini menentukan seberapa baik perusahaan mengeksekusi strategi pemasaran. Di sini, pertanyaan yang relevan adalah: dapatkah perusahaan melacak kinerja kampanye pemasaran ini? Jawabannya adalah “ya.” KPI pemasaran memberi perusahaan opsi untuk melacak kinerja pemasaran.

KPI pemasaran (key performance indicators) adalah metrik yang digunakan oleh bisnis untuk melacak dan meningkatkan kinerja kampanye pemasaran.

Selama tahap perencanaan kampanye pemasaran, perusahaan menetapkan tujuan dan mengalokasikan anggaran pemasaran. Selama fase ini, mereka juga menentukan area di mana mereka ingin mengarahkan upaya pemasaran.

KPI ini dapat berupa laba atas investasi atau pangsa pasar. Menetapkan indikator kinerja utama membantu perusahaan secara efektif mengukur kinerja kampanye di akhir.

Pengukuran kinerja kampanye pemasaran memungkinkan perusahaan untuk memperbaiki masalah dan meningkatkan kampanye pemasaran secara keseluruhan.

Baca juga: Manfaat Asuransi Bisnis dan Tips Memilih yang Benar

Manfaat KPI Pemasaran bagi Bisnis

KPI pemasaran adalah indikator yang mengukur kinerja pemasaran dari berbagai aspek. Ini memungkinkan perusahaan untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam strategi pemasaran mereka.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari menggunakan KPI pemasaran termasuk:

Mengukur efektifitas strategi pemasaran

KPI pemasaran memungkinkan perusahaan untuk mengukur efektivitas strategi pemasaran mereka, seperti jumlah lalu lintas website, konversi, dan lain-lain.

Ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi apa yang berfungsi dan apa yang tidak, sehingga mereka dapat mempertimbangkan mengubah strategi mereka.

Mengukur ROI pemasaran

KPI pemasaran memungkinkan perusahaan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran mereka berfungsi dengan mengukur ROI (return on investment). Ini memungkinkan perusahaan untuk melihat apakah pemasaran mereka menghasilkan hasil yang diharapkan atau tidak.

Mengukur dampak pemasaran

KPI pemasaran memungkinkan perusahaan untuk mengukur dampak pemasaran mereka, seperti jumlah pelanggan yang terkena dampak, jumlah lalu lintas website yang dihasilkan, dan lain-lain.

Ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dampak dari strategi pemasaran mereka dan membuat perubahan jika diperlukan.

Baca juga: 22 Strategi Promosi Toko Online Beserta Contohnya

Cara Menentukan KPI Pemasaran Anda

Setiap bisnis memiliki keunikan tersendiri, jadi KPI Anda juga harus unik. Meskipun mudah untuk melihat apa yang dianggap penting oleh perusahaan lain dalam industri Anda, sebaiknya ukur apa yang paling masuk akal untuk kondisi bisnis Anda.

Selain itu, KPI Anda harus bisa berubah seiring waktu. Saat memulai, Anda mungkin memiliki KPI yang berfokus pada membangun audiens terlebih dahulu sebelum mencoba mengukur tingkat penjualan produk.

Misalnya, tujuan pemasaran pertama yang ditetapkan perusahaan Anda adalah membangun audiens. Jadi, Anda memutuskan untuk mengukur KPI melalui jumlah pengunjung situs web.

Setelah itu, Anda harus menentukan cara paling efektif untuk mencapai tujuan tersebut yakni dengan memulai blog pemasaran konten  (berdasarkan pengamatan terhadap keberhasilan perusahaan serupa lainnya).

Kembali ke tujuan pemasaran Anda dan tanyakan pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Apa metrik terpenting yang dapat Anda pantau saat ini?
  2. Apa metrik terpenting yang dapat Anda pantau di setiap tahap corong penjualan?
  3. Bagaimana KPI Anda di masa mendatang seiring dengan berkembangnya bisnis Anda?

Baca juga: 15 Ide Usaha Makanan Kekinian yang Laris Manis

Contoh KPI Pemasaran

Perusahaan dapat berfokus pada satu atau beberapa KPI pemasaran untuk mengukur dan meningkatkan kampanye pemasaran mereka. Berikut adalah dua contoh KPI untuk pemasaran.

Pengembalian investasi

Dalam pemasaran, pengembalian investasi berarti jumlah uang yang diterima dibandingkan dengan biaya pemasaran. Indikator kinerja ini menunjukkan keberhasilan atau kegagalan kampanye pemasaran dalam hal investasi.

Ketika laba yang diperoleh kurang dari biaya yang dikeluarkan, berarti ROI pemasaran rendah. Perusahaan menggunakan KPI pemasaran ini untuk mengevaluasi hasil dan kemungkinan meningkatkan hasil di masa mendatang.

Tingkat konversi

KPI pemasaran online ini mengukur persentase pengunjung yang menyelesaikan tindakan yang diinginkan, yaitu membeli produk atau berlangganan suatu layanan.

Tingkat konversi adalah KPI yang penting karena menunjukkan seberapa sukses bisnis dalam menarik prospek.

Misalnya, akun media sosial suatu merek menunjukkan lebih banyak keterlibatan tetapi jumlah konversinya lebih sedikit, yang berarti dapat mendorong traffic tetapi tidak dapat membuat pengunjung melakukan pembelian.

Banner 1 kledo

Jenis-Jenis KPI Pemasaran dan Cara Mengukurnya

Service Marketing (Pemasaran Jasa)

Namun, sebelum memberi Anda daftar beberapa jenis KPI pemasaran yang sangat populer dan penting , kami ingin menyoroti beberapa karakteristik umum yang mendasari pilihan yang efektif dan cerdas. 

Oleh karena itu, KPI pemasaran terbaik harus: 

  • sederhana
  • spesifik
  • dapat dicapai
  • realistis
  • tepat waktu

Perhatikan juga elemen tambahan ini, KPI pemasaran sudah ada dan ditetapkan bahkan sebelum transformasi digital.  

Namun dengan adanya pergeseran digital, perubahan tersebut tidak hanya secara kuantitatif, tetapi juga secara kualitatif. Ini bukan hanya masalah luas dan keakuratan data yang dikumpulkan, tetapi juga karena kecepatan perubahan KPI. 

KPI pemasaran reguler

Pemasar menggunakan KPI tergantung pada aspek mana dari kampanye pemasaran yang ingin mereka fokuskan. KPI ini membantu mereka menjaga kampanye tetap pada jalurnya dan memperbaikinya jika memungkinkan.

Berikut adalah beberapa KPI pemasaran yang biasa digunakan oleh para pemasar:

Biaya per prospek (cost per lead)

Biaya per prospek diperlukan saat pengiklan membayar setiap prospek baru yang dihasilkan. KPI ini mengukur efektivitas biaya marketing. Prospek dihasilkan saat pelanggan berinteraksi dengan merek.

Biaya per akuisisi (cost per acquisition)

Keseluruhan biaya closing penjualan dihitung melalui biaya per akuisi. Biaya ini bisa mencakup setiap tahap yang terkait dengan corong penjualan. Setiap biaya dihitung dari riset hingga akhir penjualan untuk menentukan total biaya per akuisisi.

Retensi pelanggan

Retensi pelanggan mengukur kemampuan bisnis untuk mempertahankan pelanggannya. Dalam bisnis, lebih mahal untuk menarik pelanggan baru daripada mempertahankan yang sudah ada.

Oleh karena itu, perusahaan lebih memilih mempertahankan pelanggan yang sudah ada jika memungkinkan. Ini juga membantu bisnis meningkatkan layanan mereka jika mereka kekurangan dukungan pelanggan.

Pendapatan penjualan

KPI ini digunakan untuk mengukur kemajuan bisnis untuk menghasilkan pendapatan penjualan. Pemasar menganalisis data dan tren untuk menetapkan target pendapatan penjualan.

Lalu lintas organik

Pemasar menggunakan KPI lalu lintas organik secara khusus dalam pemasaran online. Salah satu alat penting pemasaran online adalah SEO. Pemasar menggunakan KPI ini untuk melacak lalu lintas organik di situs web.

Waktu respon

KPI ini digunakan untuk mengukur waktu respons tim penjualan. Tim ini akan menilai berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk merespon tim penjualan. Apabila waktu respon yang diperlukan lebih sedikit, artinya kinerja mereka memuaskan pelanggan.

Baca juga: Akuntansi Perhotelan: Tantangan dan Hal yang Harus Diperhatikan

KPI Pemasaran Influencer

Pemasaran influencer menjadi strategi yang sedang populer. Bisnis membayar influencer untuk mempromosikan produk mereka. Anda bisa menggunakan banyak KPI pemasaran untuk mengukur kinerja kampanye influencer.

Lalu lintas rujukan (referral traffic)

Lalu lintas rujukan adalah traffic yang diarahkan ke halaman website Anda dari sumber eksternal. KPI ini menunjukkan tingkat keberhasilan dan jangkauan suatu promosi. Ini juga memberi tahu Anda berapa banyak orang yang mengunjungi laman tersebut.

Jangkauan merek

Dengan pemasaran influencer, merek dapat menjangkau audiens dalam skala luas. Ini tentu meningkatkan jangkauan merek. Melalui KPI ini, sebuah bisnis dapat menentukan jangkauan sebuah kampanye.

Pertumbuhan audiens

KPI dalam influencer marketing ini digunakan untuk mengukur pertumbuhan audiens. Pemasar memeriksa untuk melihat pertumbuhan audiens melalui analitik media sosial.

Keterlibatan

Ketika pengunjung berinteraksi dengan situs web atau laman media sosial, hal ini disebut keterlibatan. Dalam pemasaran influencer, KPI ini digunakan untuk mengukur efektivitas kampanye. Keterlibatan bisa dalam bentuk jumlah like, komentar, share, atau tingkat keterlibatan secara keseluruhan.

Baca juga: Fraud Akuntansi: Jenis dan Cara Meminimalisirnya

KPI pemasaran digital

KPI pemasaran digital digunakan untuk mengukur kinerja kampanye pemasaran digital. Mereka membantu bisnis melacak kinerja mereka dan mencapai tujuan pemasaran mereka.

KPI ini membantu pemasar mengidentifikasi area kerjanya dan area yang dapat mereka tingkatkan. Berikut adalah jenis KPI digital marketing yang umum digunakan:

Search engine optimization (SEO)

Search engine optimization (SEO) adalah KPI digital marketing yang standar. KPI membantu peringkat website bisnis naik lebih tinggi di mesin pencari.

Dengan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari, pelanggan cenderung lebih mudah melihat konten dan penawaran bisnis Anda. Aspek penting dari SEO adalah penelitian kata kunci, backlink, dan tata letak web.

Media sosial

KPI media sosial membantu pemasar melacak marketing di media sosial termasuk platform seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, TikTok, dan YouTube.

Platform ini menyediakan analitik untuk memberikan pandangan komprehensif tentang kemajuan kampanye. Pemasar mendapatkan hasil yang terukur melalui KPI ini.

Search engine marketing (SEM)

Search engine marketing (SEM) adalah bentuk KPI digital marketing berbayar untuk meningkatkan visibilitas iklan digital Anda. Pemasar menggunakan alat berbayar seperti Google Ads untuk mempromosikan iklan mereka dan meningkatkan audiens mereka.

Salah satu KPI utama SEM adalah PPC (paid per click), di mana pengiklan membayar klik yang dihasilkan pada iklan melalui bantuan alat berbayar.

Baca juga: Manajemen Koperasi: Pengertian, Aspek, dan Prosesnya

Kesimpulan

KPI pemasaran adalah alat yang berharga untuk membantu para pemasar menilai kinerja mereka dan memastikan bahwa mereka dapat mencapai tujuan bisnis mereka.

KPI memungkinkan pemasar untuk memntau dan menilai strategi marketing mereka dengan lebih efektif dan memastikan bahwa mereka dapat mencapai target bisnis mereka.

Selain mengurus aspek pemasaran, pastikan untuk selalu melakukan pembukuan agar bisa memantau kinerja bisnis, termasuk kinerja pemasaran Anda.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi Kledo yang memiliki fitur terlengkap mulai dari penyusunan laporan keuangan hingga manajemen inventory.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang bisa Anda gunakan darimana saja dan kapan saja. Nah, tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 9 =