Yuk, Kenali Pengertian dan Contoh Perusahaan Perseorangan

perusahaan perseorangan

Apa yang dimaksud perusahaan perseorangan? Dan apa saja contoh dari perusahaan perseorangan?

Memulai bisnis tidak mudah, tetapi imbalan yang datang dengan membantu pelanggan menyelesaikan kebutuhan dengan produk atau layanan membuat semua kerja keras itu sepadan.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda di dunia bisnis, maka Anda perlu melakukan beberapa hal. Pertama, Anda harus menemukan ide, rencana bisnis, dan memutuskan struktur bisnis. Yang paling penting dari ketiganya mungkin adalah yang ketiga. 

Dalam panduan ini, kita hanya akan membahas satu jenis model bisnis yaitu perusahaan perseorangan. Ada banyak jenis bisnis di luar sana, jadi jika Anda belum pernah mendengar tentang kepemilikan tunggal sebelumnya, tenanglah karena kami akan membantu Anda.

Pengertian Perusahaan Perseorangan

perusahaan perseorangan

Perusahaan perorangan atau nama dagang tunggal adalah entitas bisnis tidak berbadan hukum yang memiliki pemilik tunggal. Dengan demikian, Anda memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai pekerja lepas, kontraktor independen, atau pemilik usaha kecil, yang memungkinkan Anda mengontrol penuh keuangan pribadi Anda.

Oleh karena itu, daripada beroperasi sebagai badan hukum terpisah dengan nama bisnis yang berbeda, sebagian besar pemilik tunggal memilih untuk melakukan bisnis.

Pemilik tunggal tidak membayar sendiri gaji. Mereka juga tidak dapat memotong gaji mereka sebagai biaya bisnis. Gaji mereka akan menjadi keuntungan perusahaan yang diperoleh dari nilai penjualannya dikurangi pengeluarannya.

Pemilik tunggal dapat mempekerjakan karyawan dan membayar gaji, tetapi tidak dapat membayar diri mereka sendiri dengan cara itu. 

Contoh perusahaan perseorangan yang sangat populer di antara:

  • Pemilik bisnis tunggal
  • Konsultan
  • Kontraktor

Satu hal yang dilakukan oleh perusahaan perseorangan adalah menjalankan bisnis atas nama mereka sendiri. Ini merupakan nilai tambah karena mereka tidak diharuskan membuat nama dagang atau bisnis terpisah.

Baca juga: Mengenal Laporan Realisasi Anggaran dan Cara Membuatnya

Keuntungan dan Kerugian Perusahaan Perseorangan

Keuntungan Utama dari Perusahaan Perorangan

Perusahaan perorangan memiliki beberapa keuntungan selain manfaat pajak dan kepemilikan yang kami sebutkan di atas, di antaranya:

Mudah Diatur

Keluar dari apa yang kami sebutkan secara singkat sebelumnya, kepemilikan tunggal menarik karena betapa mudahnya mereka mengaturnya.

Satu hal yang sangat penting untuk diketahui adalah, jika Anda adalah pemilik tunggal, maka bisnis Anda akan secara otomatis dikenali sebagai kepemilikan tunggal.

Di sebagian besar negara bagian, Anda tidak perlu melakukan apa pun selain mengajukan persyaratan dan memastikan Anda memiliki semua izin dan lisensi yang tepat. 

Mudah untuk Dimulai

Saat mempelajari apa yang diperlukan untuk memulai kepemilikan tunggal, ketahuilah bahwa ada sedikit biaya yang diperlukan untuk mendirikannya.

Sebagai contoh, biaya hukum akan dipusatkan di sekitar izin atau izin usaha daripada mendaftarkan bisnis ke negara. Hal yang sama berlaku untuk mendapatkan agen terdaftar. 

Mudah Dikendalikan 

Kepemilikan tunggal sangat menarik karena kebebasan kontrol yang mereka tawarkan kepada pemiliknya.

Sebagai pemilik tunggal, semua keputusan bisnis adalah milik Anda tanpa harus berurusan dengan kompromi atau campur tangan dari pemilik lain. Dan pernyataan di atas adalah bahwa semua keuntungan dan keuntungan bisnis adalah milik Anda. 

Baca juga: Pemasaran Jasa: Pengertian, Jenis, Bedanya dengan Pemasaran Produk, dan Tips Mengelolanya

Kerugian dari Perusahaan Perorangan

Seperti halnya semua hal baik, kepemilikan tunggal memang datang dengan beberapa potensi kerugian berikut ini

Tanggung Jawab yang Tidak Terbatas 

Karena bisnis Anda bukan entitas yang terpisah, aset pribadi Anda mungkin digunakan untuk melunasi hutang atau kewajiban.

Misalnya, jika bisnis digugat atau bangkrut, maka kendaraan, rumah, dan aset pribadi Anda lainnya mungkin disita untuk melunasi utang bisnis apa pun. 

Sulit Memperoleh Kredit

Tidak harus mendaftarkan kepemilikan tunggal mungkin terdengar seperti kesepakatan besar, tetapi itu datang dengan peringatan. Bank mungkin tidak mengakui legitimasi bisnis tanpa dokumentasi formal, membuat rekening bank bisnis sulit didapat.

Pendanaan yang Terbatas

Karena kepemilikan tunggal terkadang tidak diakui oleh lembaga keuangan dan investor, maka mengamankan pinjaman bisnis akan menjadi perjuangan yang berat. 

Sulit untuk Dijalankan

Menjalankan semua jenis bisnis itu sulit, tetapi karena Anda akan menjadi satu-satunya pemilik kepemilikan tunggal, tanggung jawab dan keputusan sehari-hari akan berada di pundak Anda saja. Ini berarti bahwa Anda akan bertanggung jawab atas semua keberhasilannya — dan kegagalannya. 

Baca juga: Margin Laba: Pengertian, Fungsi, Jenis, Rumus, dan Contohnya

12 Contoh Perusahaan Perseorangan

perusahaan perseorangan

Selain itu, sekarang setelah Anda memahami apa itu perusahaan perorangan, mari kita lihat 12 contoh perusahaan perseorangan untuk menentukan apakah jenis model bisnis ini tepat untuk Anda. 

Penulis Lepas 

Mayoritas penulis lepas beroperasi sebagai kontraktor independen. Ini berarti bahwa mereka menawarkan layanan mereka ke beberapa bisnis sekaligus, daripada bekerja dengan satu perusahaan.

Karena itu, mereka sering menghasilkan karya atas nama mereka sendiri atau “doing business as” (DBA), yang secara otomatis memberikan mereka hak untuk bekerja sebagai pemilik tunggal.

Dengan begitu, jika mereka ingin nama mereka dilampirkan ke pekerjaan mereka secara online, itu mudah dicari dan berfungsi sebagai catatan pekerjaan mereka untuk portofolio mereka. 

Baca juga: Mengenal Advocacy Marketing dan Cara Kerjanya

Penata Taman

Secara umum, jika Anda mempertimbangkan untuk memulai bisnis lansekap, kemungkinan besar Anda akan memulai sebagai satu-satunya operator bisnis Anda.

Ini tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk melihat apakah lansekap adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan penuh waktu, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengembangkan daftar klien Anda.

Sampai Anda menjadi sangat sibuk dengan klien, beroperasi sebagai anggota tunggal akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi sebagai pemilik tunggal untuk pengembalian pajak penghasilan Anda.

Selanjutnya, ini juga memungkinkan Anda untuk mengubah jenis entitas bisnis Anda nanti, jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda. 

Pemegang Buku

Pembukuan adalah kepemilikan tunggal umum lainnya jika Anda mencari fleksibilitas lepas. Daripada melayani sebagai pemegang buku untuk satu perusahaan, Anda dapat memilih untuk menawarkan layanan paruh waktu Anda ke banyak bisnis.

Di sisi lain, jika Anda sudah menjadi pembukuan penuh waktu untuk sebuah perusahaan, Anda juga dapat memilih untuk melakukannya sebagai tambahan penghasilan sampingan tanpa harus repot mendaftar ke pemerintah. 

Baca juga: Mengetahui Elemen Pemasaran untuk Proses Marketing yang Lebih Baik

Perancang Grafis

Sementara desain grafis menawarkan Anda kemampuan untuk bekerja dengan perusahaan, banyak yang memilih untuk bekerja dari kenyamanan rumah mereka sendiri sebagai pekerja lepas.

Ini tidak hanya memberi Anda fleksibilitas dalam jadwal Anda, tetapi juga berarti bahwa Anda dapat beroperasi sebagai pemilik tunggal, yang dapat menawarkan keuntungan pajak atas pengembalian pajak pribadi Anda. 

Fotografer Lepas

Selain itu, fotografi lepas adalah jenis bisnis lain yang memungkinkan Anda menghasilkan uang sebagai pemilik tunggal.

Sebagai seorang fotografer, Anda memiliki pilihan untuk mengirimkan pengeluaran bisnis untuk menghemat pengembalian pajak Anda hanya dengan mengajukan permohonan untuk melakukan bisnis atas nama Anda. 

Baca juga: Manajemen Piutang: Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukannya

Cleaning Service

Mirip dengan lansekap, banyak bisnis pembantu rumah tangga dimulai sebagai bisnis anggota tunggal.

Oleh karena itu, jika Anda berpikir untuk membersihkan rumah, kepemilikan perseorangan kemungkinan besar merupakan pilihan terbaik Anda, karena kemungkinan besar Anda akan terus melakukan bisnis sendiri daripada mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda.

Di masa depan, jika Anda akhirnya mengembangkan bisnis Anda, Anda masih memiliki pilihan untuk menerapkan model bisnis yang berbeda. 

Pembuat Roti 

Selain itu, jika Anda memilih untuk menjadi pembuat roti, sementara ada pilihan untuk mempekerjakan karyawan, Anda dapat memulai bisnis Anda sebagai satu badan hukum.

Ini memungkinkan Anda untuk bekerja sendiri saat Anda mengembangkan klien sambil tetap memiliki pilihan untuk mempekerjakan karyawan dan menjadi bisnis yang lebih besar di masa depan. 

Guru Les

Sekali lagi, bimbingan akademik menawarkan fleksibilitas bekerja sebagai pekerja lepas atau dengan perusahaan. Jika Anda memutuskan untuk menjadi pekerja lepas, kepemilikan tunggal direkomendasikan karena kemungkinan besar Anda akan bekerja sendiri, mirip dengan pekerjaan yang kami sebutkan di atas.

Selain itu, jika Anda tidak berencana mempekerjakan lebih banyak tutor untuk bekerja di bawah bimbingan Anda di masa mendatang, model bisnis ini sangat ideal karena mudah dan tidak memerlukan izin usaha. 

Baca juga: Kenali Pengertian serta Perbedaan Pembukuan dan Akuntansi

Asisten Virtual 

Asisten virtual membantu bisnis menanggapi email, menjadwalkan janji temu, dan tugas administratif lainnya.

Meskipun Anda dapat bekerja dengan satu perusahaan, menjadi asisten virtual lepas menawarkan Anda fleksibilitas untuk memilih berapa banyak klien yang Anda inginkan, kemampuan untuk bekerja dari rumah, dan kenyamanan bekerja sendiri sebagai pemilik tunggal. 

Admin Media Sosial

Dengan meningkatnya media sosial, manajemen media sosial lepas adalah industri yang berkembang yang bekerja dengan baik dengan model bisnis kepemilikan tunggal.

Anda mungkin akan melakukan semua pekerjaan sendiri, itulah sebabnya dapat menguntungkan Anda untuk bekerja sebagai satu kesatuan tanpa karyawan lain. 

Akuntan 

Akuntan lepas adalah umum selama musim pajak penghasilan. Karena Anda akan melakukan pekerjaan sendiri tanpa bantuan orang lain, kepemilikan tunggal mudah dibuat dan dipelihara karena catatan pajak terpisah tidak diperlukan. 

Pelatih Pribadi 

Terakhir dalam daftar contoh kepemilikan tunggal kami adalah pelatihan pribadi. Karena pelatih pribadi bekerja satu-satu dengan klien, model bisnis jenis ini bekerja dengan baik karena kecil kemungkinan Anda akan menyewa pelatih pribadi lain untuk membantu Anda dengan klien Anda.

Namun, di masa depan, jika Anda memutuskan untuk membuka gym sendiri, Anda memiliki pilihan untuk mengubah model bisnis Anda di kemudian hari. 

Baca juga: Kenali Apa Itu Field Marketing dan Tips Melakukannya

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Demikian penjelasan seputar pengertian, kelebihan, kekurangan, dan contoh perusahaan perseorangan yang bisa Anda jadikan acuan untuk memulai usaha.

Jika Anda ingin sukses berbisnis, maka Anda harus mempunyai komitmen yang kuat serta pantang menyerah. Dan juga, Anda harus bijak dan cermat dalam mengelola keuangan bisnis.

Untuk itu, Anda memerluka software akuntansi seperti Kledo yang memiliki lebih dari 30 fitur akuntansi terbaik seperti invoice, purchase, manajemen stok, laporan laba rugi, dan berbagai macam fitur terbaik lainnya.

Kledo merupakan software berbasi cloud yang bisa Anda akses baik melalui perangkat komputer, laptop, dan secara mobile lewat HP Anda. Jadi tunggu apalagi? Gunakan Kledo sekarang juga!

Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × two =