Tips Terbaik Mengelola Pengeluaran Bisnis yang Efektif

mengelola pengeluaran bisnis banner

Mengelola pengeluaran bisnis merupakan bagian penting dalam proses manajemen keuangan pada bisnis. Melacak dan mengelola pengeluaran bisnis merupakan hal yang harus Anda perhatikan dengan detail supaya bisnis Anda bisa terus menguntungkan.

Jika Anda adalah bagian dari lingkungan bisnis global, bergulat dengan kompleksitas manajemen pengeluaran adalah hal yang wajar. Namun, ada beberapa solusi inovatif untuk tetap patuh dan mengelola keuangan perusahaan dengan tepat.

Pertumbuhan pasar manajemen pengeluaran menjadi $12,05 miliar pada tahun 2029, dengan CAGR 9,2% dari $6,51 miliar pada tahun 2022, mencerminkan berkembangnya inovasi dalam bidang manajemen pengeluaran perusahaan.

Artikel ini membahas cara mengelola pengeluaran pada bisnis dengan solusi manajemen pengeluaran yang efektif dan memberikan contoh cara mencapainya.

Apa yang Dimaksud dengan Pengeluaran Bisnis?

Pengeluaran bisnis mencakup beragam arus keluar keuangan yang terkait dengan operasi dan aktivitas sehari-hari suatu entitas bisnis. Pengeluaran ini mencakup berbagai kategori, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Gaji karyawwan
  • Tagihan utilitas
  • Peralatan kantor
  • Biaya perjalanan
  • Inisiatif pemasaran
  • Infrastruktur teknologi
  • Biaya overhead.

Cakupan pengeluaran perusahaan bersifat komprehensif. Ini mencakup biaya tetap dan variabel yang penting untuk mempertahankan dan memperluas operasi bisnis.

Identifikasi dan pengelolaan biaya-biaya ini secara akurat sangat penting untuk menjaga kesehatan fiskal dan mengalokasikan sumber daya secara bijaksana.

Baca juga: Pengertian Expense Ratio, Komponen, Rumus, dan Cara Hitungnya

Cara Terbaik untuk Melacak dan Mengelola Pengeluaran dalam Bisnis

mengelola pengeluaran bisnis 3

Berikut adalah beberapa metode yang terbukti tentang cara mengelola pengeluaran untuk organisasi Anda.

Gunakan sistem yang memudahkan Anda melakukan manajemen pengeluaran

Sistem manajemen pengeluaran otomatis menyederhanakan proses pelacakan pengeluaran, mulai dari pengajuan dan persetujuan hingga penggantian biaya.

Misalnya, software akuntansi Kledo membantu mengelola pengeluaran, memungkinkan bisnis mencatat faktur dan mengkategorikan pengeluaran dengan mudah.

Proses otomatis membantu mengirimkan informasi transaksi dan penggantian biaya dengan cepat dan akurat. Otomatisasi mengurangi kesalahan manual dan memberikan visibilitas real-time terhadap pola pengeluaran.

Ini akan memberi Anda pengetahuan proaktif tentang cara mengelola pengeluaran dan menegakkan kepatuhan kebijakan.

Gunakan software keuangan berbasis cloud

Memanfaatkan software keuangan berbasis cloud dapat meningkatkan aksesibilitas dan kolaborasi sekaligus mengelola pengeluaran perusahaan.

Solusi ini menawarkan platform terpusat untuk data keuangan yang dapat diakses tim Anda dari mana saja. Hasilnya adalah kolaborasi yang lancar antar tim di mana pun lokasinya.

Sebagai salah satu cara terbaik untuk mengelola pengeluaran, metode ini meningkatkan transparansi dan memungkinkan setiap pemangku kepentingan memantau pengeluaran dalam bisnis secara real-time dan segera mengambil keputusan.

Selain itu, sistem berbasis cloud terintegrasi dengan alat perusahaan lainnya. Hal ini menciptakan ekosistem yang kohesif untuk pengelolaan keuangan yang komprehensif.

Baca juga: Mengenal Self Pickup dalam Proses Pengiriman Bisnis Online

Gunakan alat analisis dan pelaporan data

Alat analisis dan pelaporan data sangat penting untuk mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti mengenai pengeluaran perusahaan.

Alat seperti Tableau atau Power BI dapat membantu Anda menganalisis kumpulan data yang luas dan mengidentifikasi tren pengeluaran. Berdasarkan data ini, Anda bahkan dapat membuat laporan yang dapat disesuaikan.

Memanfaatkan kekuatan analisis data dapat membantu perusahaan Anda mengoptimalkan alokasi anggaran dan mengungkap potensi peluang penghematan biaya.

Misalnya, menganalisis data biaya perjalanan adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola pengeluaran. Ini mungkin mengungkapkan pola yang memungkinkan Anda menegosiasikan harga yang lebih baik dengan vendor pilihan.

Jika menggunakan Kledo, Anda juga bisa mengintegrasikannya dengan Power BI sehingga Anda bisa mendapatkan data keuangan yang lebih detail dan memudahkan pengambilan keputusan bisnis.

Untuk mengetahui integrasi Kledo dan Power BI Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Gunakan kartu kredit korporat dengan kontrol pengeluaran

mengelola pengeluaran bisnis 1

Menggunakan kartu kredit perusahaan yang dilengkapi dengan kontrol pengeluaran menambah lapisan pengawasan.

Kartu tersebut memberikan batas pengeluaran yang dapat disesuaikan dan pelacakan transaksi terperinci. Pemangku kepentingan juga bisa mendapatkan notifikasi dan panduan real-time tentang cara mengelola pengeluaran.

Metode ini menyederhanakan pelaporan pengeluaran dan meningkatkan kontrol atas pengeluaran diskresi.

Misalnya, menetapkan batasan spesifik untuk berbagai kategori pengeluaran akan memastikan karyawan mematuhi batasan anggaran. Secara keseluruhan, hal ini dapat meningkatkan disiplin keuangan di seluruh organisasi.

Baca juga: Tips Efektif dalam Pengendalian Pengeluaran Bisnis

Melakukan audit rutin dan pemeriksaan kepatuhan

Melakukan audit rutin dan pemeriksaan kepatuhan adalah praktik mendasar untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan pengeluaran dan persyaratan peraturan.

Anda dapat mempertimbangkan alat berbasis AI untuk mengotomatisasi proses audit dan menandai potensi pengeluaran yang tidak sesuai dengan peraturan.

Menerapkan audit rutin dapat membantu bisnis Anda mengidentifikasi dan memperbaiki ketidaksesuaian dengan segera. Misalnya, suatu audit dapat mengungkapkan kejadian-kejadian di mana pengeluaran melebihi ambang batas yang telah ditentukan.

Anda dapat melakukan pemeriksaan lebih dekat dan segera mengambil tindakan perbaikan.

Baca juga: Manajemen Pengeluaran: Pengertian, Jenis, Contoh dan Tipsnya

Manfaatkan Kledo untuk Mengelola Pengeluaran Perusahaan Anda dengan Lebih Efektif

mengelola pengeluaran bisnis 2

Software akuntansi Kledo adalah solusi tangguh yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan organisasi mengenai manajemen keuangan perusahaan yang efisien dan efektif.

Kledo menawarkan serangkaian fitur komprehensif yang secara efektif memandu Anda tentang cara mengelola pengeluaran.

Pencatatan pembukuan terintegrasi

Dengan menggunakan software akuntansi Kledo, Anda akan mendapatkan solusi terintegrasi untuk pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisnis sehingga memudahkan Anda melakukan analisis yang mendalam.

Selain itu Kledo juga memiliki fitur pencatatan transaksi yang bisa dipersonalisasi mulai dari membuat tag untuk kategori transaksi dan menyertakan bukti transaksi sehingga setiap informasi keuangan dalam bisnis Anda bisa transparan.

Membuat laporan keungan instan

Anda tidak bisa menganalisis bisnis tanpa data keuangan yang releavan, dan oleh sebab itu laporan keuangan penting untuk dimiliki setiap bisnis terlepas dari ukuran dan industrinya.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa membuat lebih dari 50 laporan keuangan secara instan dan membantu Anda dalam menganalisis pengeluaran dan keuntungan bisnis lebih baik.

Mulai dari laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, laporan penjulan, dan laporan lainnya bisa Anda buat dalam hitungan detik.

Baca juga: Pengertian Analisis Pengeluaran Bisnis, Tahapan, dan Manfaatnya

Manajemen persediaan yang lebih terkontrol

Dalam bisnis dagang atau ritel, persediaan merupakan aset. Namun jika persediaan tidak terkontrol dengan baik, ini bisa menjadi pos pengeluaran dalam bisnis, terlebih jika Anda menjual produk yang memiliki kedaluwarsa dan tidak terjual.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah mengontrol dan melakukan manajemen persediaan, bahkan jika bisnis Anda memliki banyak cabang dan gudang.

Hal ini karena Kledo memiliki fitur multi gudang dan cabang yang membantu pemilik bisnis mengelola data persediaan dengan lebih baik dan real time.

Atur dan lacak setiap biaya dalam bisnis dengan mudah

Hindari pemborosan dalam bisnis dengan berhenti mengabaikan setiap pengeluaran walaupun itu dalam jumlah kecil.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa mengatur persetujuan atau approval untuk setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Baik itu pembelian atau pembayaran.

Anda bisa mengatur transaksi seperti apa dan siapa yang berhak melakukan approval dalam bisnis dalam beberapa klik.

Kini tidak ada lagi informasi transaksi yang Anda lewatkan sehingga bisnis Anda bisa meminimalisir pemborosan.

Jika Anda tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: 11 Cara Melacak Pengeluaran Bisnis dan Tips Menguranginya

Pada Intinya…

Mengelola dan mealkukan manajemen pengeluaran bisnis yang efisien sangat penting untuk kesehatan keuangan yang berkelanjutan.

Mengadopsi praktik terbaik dan memanfaatkan teknologi canggih dari software akuntansi Kledo akan membantu Anda mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang penghematan biaya.

Ini juga akan memastikan pengurangan pengeluaran yang akurat untuk mengoptimalkan pendapatan secara keseluruhan.

Seiring berkembangnya bisnis Anda, pemantauan pengeluaran yang tepat menjadi penting untuk menjaga disiplin fiskal dan menjaga profitabilitas.

Pengelolaan pengeluaran yang disiplin bukan hanya sekedar latihan keuangan namun merupakan keharusan strategis yang akan memberdayakan organisasi Anda untuk menavigasi keuangan dengan hati-hati dan pandangan ke depan.

Jika Anda tertarik menggunakan Kledo, Anda bisa mencobanya secara gratis melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =