11 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Jasa Akuntan Bisnis

jasa akuntan bisnis banner

Memilih seorang akuntan ibarat memilih mitra bisnis baru. Olah sebab itu penting bagi Anda pemilik bisnis mengetahui cara mencari jasa akuntan yang sesuai dengan kebuhtuhan bisnis Anda.

Dalam dunia bisnis yang dinamis dan terus berkembang, sangat penting bagi Anda memiliki proses akuntansi baik dan sesuai standar yang berlaku di Indonesia.

Baik Anda adalah perusahaan baru atau perusahaan mapan, menemukan mitra akuntan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan keuangan, memastikan kepatuhan, dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

Dalam artikel ini, kami akan memberitahu Anda 11 pertimbangan utama untuk memandu Anda dalam memilih jasa layanan akuntan terbaik untuk bisnis Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Akuntan?

Seorang akuntan bisnis dapat menjalankan beberapa fungsi. Mereka dapat berfungsi sebagai advisor keuangan bisnis Anda dengan mengawasi sebagian besar perencanaan dan pencatatan keuangan perusahaan.

Mereka dapat menangani pembukuan Anda dan membantu perencanaan pajak dan persiapan dokumen keuangan seperti pelaporan pajak. Anda juga dapat menggunakan akuntan untuk membantu Anda menghindari kesalahan akuntansi yang umum terjadi, seperti ketidakkonsistenan keuangan, kelebihan pembayaran, dan kekurangan arus kas.

Selama mencari jasa akuntan bisnis, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyewa akuntan publik bersertifikat (CPA). CPA berbeda dengan akuntan pada umumnya karena CPA dapat menulis laporan keuangan yang telah diaudit, seperti neraca atau laporan laba rugi.

Meskipun akuntan dan CPA sama-sama memiliki gelar akuntansi, CPA memiliki sertifikat yang dikeluarkan IAI atau ikatan akuntan Indonesia, yang berarti mereka harus lulus ujian untuk mendapatkan lisensi dan mengikuti kursus tahunan untuk mempertahankannya.

Namun jika hanya memerlukan kebutuhan pencatatan transaksi dan pembuatan laporan keuangan sederhana dalam bisnis, Anda bisa menggunakan jasa akuntan tanpa sertifikasi CPA.

Baca juga: Tips Terbaik Mengelola Pengeluaran Bisnis yang Efektif

11 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Jasa Akuntan Bisnis

Kami telah merangkum beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat Anda memilih jasa akuntan untuk bisnis Anda. Berikut adalah pembahasan lengkapnya:

1. Tentukan kebutuhan Anda

Sebelum memulai pencarian Anda akan jasa akuntan yang ideal, luangkan waktu untuk mendefinisikan dengan jelas kebutuhan keuangan spesifik bisnis Anda.

Baik itu pembukuan, persiapan pajak, manajemen penggajian, atau konsultasi keuangan strategis, memahami kebutuhan Anda adalah langkah pertama untuk menemukan layanan yang tepat.

2. Keahlian industri itu penting

Pertimbangkan untuk bermitra dengan penyedia layanan akuntansi yang memiliki pengalaman dalam industri Anda. Pengetahuan khusus industri memastikan bahwa proses keuangan Anda selaras dengan peraturan dan praktik terbaik di sektor tertentu, memberikan pendekatan yang disesuaikan dengan tantangan unik Anda.

3. Reputasi adalah kunci

Riset dan reputasi berjalan beriringan. Baca ulasan dan testimoni klien, dan cari referensi dari bisnis yang serupa dengan bisnis Anda.

Penyedia jasa akuntansi yang memiliki reputasi baik lebih mungkin memberikan layanan yang andal dan berkualitas tinggi.

Baca juga: 11 Tugas Kasir, Skill yang Dibutuhkan, dan Gajinya

4. Gunakanlah teknologi

Tanyakan tentang teknologi dan software yang digunakan oleh calon jasa akuntan Anda. Pendekatan modern dan paham teknologi tidak hanya menyederhanakan proses, tetapi juga memastikan akurasi dan efisiensi dalam mengelola data keuangan Anda. Kompatibilitas dengan sistem Anda yang sudah ada sangatlah penting.

Misalnya jika Anda menggunakan jasa akuntan pribadi di Kledo, Anda juga secara otomatis bisa mengakses software akuntansi Kledo untuk bisnis Anda tanpa biaya tambahan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai jasa asisten pribadi Kledo, Anda bisa bisa mengetahui secara mendalam melalui tautan ini.

5. Komunikasi dan aksesibilitas

jasa akuntan bisnis 2

Komunikasi yang efektif adalah dasar dari kemitraan yang sukses. Pilihlah penyedia layanan akuntansi yang menghargai komunikasi yang jelas dan terbuka.

Aksesibilitas juga sama pentingnya; mengetahui bahwa mitra keuangan Anda tersedia saat Anda membutuhkannya akan memastikan kolaborasi yang lebih lancar.

6. Skalabilitas untuk pertumbuhan di masa depan

Bisnis Anda kemungkinan besar akan berkembang, jadi penting untuk memilih jasa akuntan bisnis yang dapat berkembang bersama Anda.

Mitra yang fleksibel yang mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan menangani beban kerja yang meningkat adalah aset yang tak ternilai untuk kesuksesan jangka panjang.

Baca juga: Rincian Modal Bisnis Minimarket dan Tips Memulainya

7. Struktur biaya yang transparan

Pahami struktur biaya layanan akuntansi. Transparansi adalah kuncinya-apakah itu tarif bulan jam atau paket tarif tetap, pastikan tidak ada biaya tersembunyi. Pemahaman yang jelas tentang biaya akan membantu Anda menyusun anggaran secara efektif.

8. Kepatuhan dan keamanan

Pastikan bahwa penyedia layanan akuntansi memahami dengan baik standar akuntansi dan peraturan perpajakan yang berlaku untuk bisnis Anda.

Selain itu, prioritaskan keamanan-memastikan data keuangan sensitif Anda terlindungi harus menjadi aspek yang tidak dapat dinegosiasikan dari setiap layanan akuntansi.

9. Pastikan Anda memilih jasa yang cocok secara pribadi

Membangun hubungan kerja yang sukses melibatkan lebih dari sekadar angka. Pilihlah penyedia jasa akuntan bisnis yang membuat Anda merasa nyaman untuk mendiskusikan masalah keuangan dan yang memahami tujuan dan nilai bisnis Anda.

Baca juga: Penerapan Kebijakan Akuntansi yang Baik pada Perusahaan

10. Ketahui layanan tambahan

Pertimbangkan potensi nilai tambah. Beberapa penyedia jasa akuntansi menawarkan layanan tambahan seperti perencanaan keuangan, penasihat bisnis, atau konsultasi.

Menjajaki penawaran tambahan ini dapat meningkatkan manfaat keseluruhan bagi bisnis Anda.

11. Perhatikan masa percobaan atau proyek percontohan

Pertimbangkan untuk memulai dengan masa percobaan atau proyek percontohan kecil untuk menilai kinerja penyedia layanan dan kesesuaiannya dengan bisnis Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang tepat sebelum berkomitmen pada kemitraan jangka panjang.

Baca juga: Hard Skill dan Soft Skill yang Harus Dimiliki Akuntan

Pertanyaan Apa yang Harus Anda Ajukan kepada Calon Akuntan Anda?

jasa akuntan bisnis 3

Anda dapat menghemat waktu dan menghindari masalah di masa depan dengan mengajukan pertanyaan yang tepat kepada calon akuntan Anda sebelum mempekerjakan mereka.

Proses perekrutan akuntan yang tepat mirip dengan proses perekrutan karyawan lain untuk bisnis Anda.

Tetapkan waktu untuk berbicara dengan kandidat akuntan melalui telepon atau secara langsung. Sebelum mengajukan pertanyaan, ceritakan sedikit tentang diri Anda dan bisnis Anda. Ini akan memberi mereka gambaran tentang perusahaan Anda dan menambah kedalaman wawancara.

Jelaskan apa yang dilakukan bisnis Anda, apa industri Anda, jumlah karyawan dan klien yang Anda miliki, dan anggaran Anda. Kemudian, gunakan sisa waktu pertemuan untuk membahas apa yang penting bagi Anda dan apa yang ingin Anda ketahui tentang mereka.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada kandidat akuntan:

Apakah Anda pernah bekerja dengan orang seperti saya sebelumnya?

Sebagai pemilik usaha terutama usaha kecil, Anda menginginkan saran terbaik tentang cara mengelola keuangan perusahaan Anda. Namun, jika akuntan Anda hanya pernah mengelola bisnis bernilai miliaran rupiah, Anda perlu mengetahui hal ini.

Anda ingin bekerja dengan seseorang yang terbiasa dengan tantangan jenis bisnis yang Anda jalankan sehingga Anda akan mendapatkan saran terbaik.

Ini tidak berarti Anda harus mengesampingkan akuntan dengan latar belakang yang berbeda, tetapi Anda harus bertanya tentang rencana mereka untuk bisnis Anda.

Baca juga: Akuntan Wajib Tahu Apa itu Golden Rules Of Accounting

Apa gaya komunikasi Anda?

Komunikasi adalah kunci dalam setiap hubungan, termasuk hubungan yang akan Anda bangun dengan calon akuntan Anda. Jadi, tanyakanlah seperti apa interaksi mereka dengan Anda sebagai klien.

Kapan waktu terbaik untuk menghubungi mereka? Apakah mereka suka berbicara melalui telepon, mengirim email, atau bertemu langsung? Meskipun preferensi komunikasi Anda berbeda, lihat apakah Anda bisa bertemu di tengah-tengah.

Bagaimana Anda ingin dibayar?

Mengetahui bagaimana jasa akuntan lebih suka dibayar akan membantu Anda membandingkan tarif mereka dengan tarif jasa akuntan bisnis lain selama pencarian Anda.

Tujuan Anda adalah memahami berapa biaya yang akan dikeluarkan di akhir tahun, berdasarkan tarif dan metode pembayaran mereka.

Baca juga: Daftar Harga Software Akuntansi Lengkap di Indonesia

Red Flag yang Harus Anda Hindari Saat Mencari Seorang Akuntan

jasa akuntan bisnis 1

Saat Anda mencari akuntan, penting untuk melakukan uji tuntas dan mendalam. Meskipun tindakan akuntan Anda menguntungkan Anda secara finansial, pastikan mereka bertindak jujur dan tepat.

Anda mungkin akan menemukan situasi seperti ini selama pencarian Anda. Agar tidak tertipu, penting untuk memahami protokol yang tepat untuk seorang akuntan.

“Berhati-hatilah terhadap akuntan yang tidak memiliki kredensial, memiliki riwayat kontrak kerja jangka pendek, atau kurangnya komunikasi. Hal ini dapat berubah menjadi masalah serius di kemudian hari jika Anda memilih untuk mempekerjakan mereka.”

Selain itu, ingatlah hal-hal ini selama pencarian Anda:

1. Memalsukan informasi keuangan

Anda tidak ingin seorang akuntan yang dengan mudahnya berbohong kepada otoritas pajak untuk menghemat uang Anda. Jika mereka merasa nyaman dengan melanggar hukum dan berbohong, mereka juga bisa berbohong kepada Anda.

Selain itu, Andalah yang akan dimintai pertanggungjawaban secara hukum atas informasi yang mereka berikan. Akuntan yang baik dapat membantu Anda tanpa memalsukan informasi.

2. Tidak memiliki etika seorang akuntan

Pertimbangan etika sangat penting ketika Anda menggunakan jasa akuntan bisnis. Jika mereka mendiskusikan klien lain dengan Anda, mereka mungkin juga membicarakan Anda dengan orang lain.

Hal ini mencerminkan kurangnya kepercayaan. Seorang akuntan harus dapat memberikan penjelasan tanpa menggunakan nama dan informasi pribadi klien lain.

3. Terlalu memaksakan kehendak

Waspadai akuntan yang terlalu memaksakan kehendak. Jika seorang akuntan ingin Anda menjadikan mereka sebagai penandatangan pada akun atau kontrak Anda, mereka mungkin tidak cocok untuk Anda.

Jika mereka meminta Anda untuk menandatangani dokumen tanpa mendorong Anda untuk memeriksanya terlebih dahulu, mungkin ada sesuatu yang salah.

Seorang akuntan yang baik akan memperlakukan hubungan Anda seperti sebuah kemitraan.

Baca juga: Pendidikan Akuntansi: Karir dan Bedanya dengan Jurusan Akuntansi

4. Berjanji terlalu tinggi

Seorang akuntan tidak akan pernah menjanjikan pengembalian dana dalam jumlah besar atau mengatakan bahwa mereka dapat mengurangi beberapa pengeluaran Anda sebelum mereka memeriksa keuangan Anda sepenuhnya.

Tantangan Menggunakan Jasa Akuntan Profesional untuk Bisnis

jasa akuntan bisnis kledo

Akuntan dapat menangani setiap aspek pembukuan dan akuntansi bisnis kecil. Dalam banyak kasus, Anda bisa mengumpulkan tagihan dan faktur, menyerahkan semuanya, dan mereka bisa mengerjakan sisanya.

Akuntan profesional sering kali menagih tarif per hari, per bulan atau paket, jadi membuat mereka melakukan tugas entri data sederhana bukanlah penggunaan terbaik dari waktu mereka – waktu yang Anda bayar.

Menggunakan jasa akuntan profesional dalam bisnis juga memerlukan investasi cukup besar, dan terkadang hal ini menjadi alasan bagi bisnis kecil untuk tidak memperkerjakan akuntan dalam bisnis karena keterbatasan modal.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan jasa asisten pribadi Kledo yang memudahkan Anda dalam mengelola proses pembukuan bisnis sesuai standar namun dengan harga yang terjangkau.

Berikut adalah tabel perbandingan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan asisten personal Kledo untuk proses pencatatan pembukuan bisnis.

KonvensionalAsisten Pribadi Kledo
Analisa & perancangan struktur keuangan perusahaanImplementasi keuangan 100% oleh tim Kledo
Input data sendiriInput data oleh tim Kledo
Rekonsiliasi mutasi rekening sendiriRekonsiliasi oleh tim Kledo
Laporan keuangan standar tanpa analisa bisnisLaporan keuangan lengkap, serta berbagai analisa bisnis
Susah membaca laporan yang disajikanLaporan juga disajikan dalam bentuk grafik mudah dipahami, dan dipresentasikan oleh senior accountant
Perlu berlangganan software akuntansiGratis, disediakan oleh Kledo
Merekrut dan mentraining tim akuntanTidak perlu menambah pegawai
Resiko ditinggal akuntan resign atau cutiAman dan digaransi oleh Kledo
7-20 jt per bulan gaji senior accountant dan junior accountant yang handalBiaya all in mulai 990rb per bulan

Baca juga: 10 Kursus Akuntansi Online yang Cocok bagi Calon Akuntan

Kesimpulan

Kesimpulannya, memilih jasa akuntan yang tepat untuk bisnis Anda membutuhkan pendekatan yang bijaksana dan strategis.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor diatas, Anda dapat membangun kemitraan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan keuangan Anda saat ini, tetapi juga memposisikan bisnis Anda untuk kesuksesan yang berkelanjutan di masa depan.

Jika Anda memerlukan jasa pencatatan akuntansi yang sesuai standar namun dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menggunakan jasa asisten pribadi Kledo dan melihat detailnya melalui halaman ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 1 =