15 Cara Menghemat Pengeluaran Bisnis

menghemat pengeluaran bisnis

Ditengah ketidakpastian ekonomi saat ini, penting bagi Anda menghemat pengeluaran bisnis jika Anda adalah seorang pemilik bisnis.

Seperti yang dikatakan Benjamin Franklin: “Waspadalah terhadap pengeluaran kecil; kebocoran kecil akan menenggelamkan kapal besar.”

Uang berfungsi sebagai roda penggerak bisnis. Jika bisnis Anda memiliki anggaran yang terbatas, wajar jika Anda merasa khawatir.

Bagaimanapun, pembiayaan yang buruk adalah salah satu alasan utama mengapa sebagian besar bisnis baru gagal dalam beberapa tahun pertama.

Tetapi, pada saat yang sama, penting untuk memahami bahwa ada banyak cara untuk menghemat uang untuk pengeluaran bisnis dan Anda tidak perlu panik.

Kepanikan hanya akan memperburuk kemampuan Anda untuk membuat keputusan rasional dan mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki situasi Anda.

Dalam artikel ini, kita akan bersama-sama mengetahui cara menghemat pengeluaran bisnis dan mengeksplorasi beberapa pemborosan keuangan umum yang dapat Anda perbaiki.

15 Tips untuk Menghemat Pengeluaran Bisnis Anda

menghemat pengeluaran bisnis

1. Potong tagihan utilitas

Salah satu cara paling sederhana untuk menghemat uang untuk pengeluaran bisnis adalah menghemat uang untuk tagihan utilitas.

Berapa kali karyawan Anda lupa mematikan kipas angin, lampu, AC, dan peralatan lainnya sebelum meninggalkan meja kerja mereka? Jelas, sangat banyak.

Lalu, bayangkan berapa banyak uang ekstra yang Anda habiskan untuk tagihan utilitas? Tentunya, tagihan utilitas menguras banyak uang Anda.

Mengingat hal itu, sangat penting bagi Anda untuk mengambil langkah tegas untuk mengurangi tagihan listrik.

Langkah-langkah ini dapat mencakup memasang poster untuk mengingatkan karyawan Anda agar mematikan lampu, kipas angin dan peralatan lainnya sebelum meninggalkan meja kerja mereka dan memberi penghargaan kepada karyawan yang memberikan ide-ide inovatif untuk mengurangi tagihan listrik.

Selain itu, Anda juga harus mencoba memaksimalkan penggunaan cahaya alami di siang hari.

Baca juga: Mengenal Berbagai Peluang Bisnis di Jakarta Tahun Ini

2. Fokus pada konten yang dibuat pengguna dan word of mouth marketing

Pemasaran yang efektif adalah fondasi pertumbuhan bisnis. Jika orang mengetahui bisnis Anda, produk Anda, dan layanan Anda, barulah mereka akan mendekati Anda.

Jika bisnis Anda tersembunyi dan jarang diketahui orang, jelas Anda tidak akan memiliki banyak pelanggan yang mengunjungi Anda.

Oleh karena itu, pemasaran yang efektif adalah yang paling penting. Tapi, taktik yang berguna untuk akuisisi pelanggan ini mahal.

Menurut Gartner, anggaran pemasaran rata-rata setara dengan 11,2% dari pendapatan perusahaan. Itu sangat besar, bukan?

Jika Anda juga menginvestasikan banyak uang dalam pemasaran, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat mengurangi pengeluaran ini. Ingin tahu bagaimana caranya?

Kuncinya adalah fokus pada konten yang dibuat pengguna dan word of mouth marketing.

Kedua media ini adalah media pemasaran paling berpengaruh yang menuai hasil yang sangat besar.

Alasan mengapa demikian adalah karena pelanggan Anda melakukan kampanye pemasaran ini untuk Anda.

Ketika pelanggan Anda meberikan pujian untuk produk atau layanan Anda, orang-orang mengembangkan kecenderungan terhadap merek Anda.

Lagi pula, jika pelanggan sangat menghargai bisnis Anda, pasti ada sesuatu yang istimewa tentang perusahaan Anda.

Selain menjadi saluran pemasaran yang paling efektif, konten yang dibuat pengguna dan word of mouth marketing hampir tidak memerlukan biaya.

etapi, ya, untuk mendorong pelanggan Anda untuk menempatkan postingan apresiasi untuk Anda di akun media sosial mereka dan terlibat dalam word of mouth marketing untuk Anda, Anda harus memikat hati mereka.

Menawarkan pengalaman pelanggan yang sangat baik, memberikan kualitas layanan yang sempurna, dan memahami serta memenuhi kebutuhan pelanggan adalah beberapa taktik terbaik untuk memikat hati pelanggan Anda.

3. Terlibat dalam upaya CSR yang luar biasa, empati, dan inovatif

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah proses mandiri bisnis di mana perusahaan berusaha untuk menghadirkan prses bisnis yang baik untuk bumi, lingkungan, dan masyarakat yang memainkan peran kunci dalam kelangsungan hidup mereka.

Setiap kali sebuah perusahaan terlibat dalam upaya CSR yang unik dan bermanfaat, hal ini menarik perhatian media.

Hal ini menyiratkan bahwa bisnis Anda melakukan upaya CSR yang luar biasa, empati, dan inovatif adalah kunci untuk menarik perhatian media tanpa membayar sepeser pun.

Manfaat mendapatkan publisitas seperti itu telah berlipat ganda saat ini karena orang lebih suka berbisnis dengan perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial.

Menurut laporan Nielsen yang mensurvei 30.000 konsumen di 60 negara, 66% konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk barang-barang dari merek yang menunjukkan komitmen sosial.

Mengingat hal itu, jika Anda mendapatkan publisitas karena upaya CSR Anda, Anda lebih mungkin untuk memikat hati audiens target Anda.

Bahkan, konsumen akan memberikan dukungan yang sangat besar kepada merek Anda dalam segala hal.

Jadi, terlibat dalam inisiatif CSR yang luar biasa adalah kunci untuk menghemat uang untuk pemasaran dan meningkatkan keuntungan Anda.

Baca juga: Perbedaan Accounting dan Finance Beserta Hubungannya

4. Beli peralatan bekas namun dalam kondisi baik

Ketika Anda memulai bisnis, semuanya terasa baru dan Anda bercita-cita untuk membeli peralatan baru.

Keputusan ini didorong oleh emosi Anda yang mengatakan bahwa pada usaha baru Anda semuanya harus baru.

Tetapi, jika Anda membeli peralatan bekas dalam kondisi baik, Anda dapat menghemat banyak uang. Mengapa tidak mencobanya?

Uang yang dihemat pada akhirnya akan menguntungkan bisnis Anda dalam jangka panjang. Jadi, lebih baik membeli peralatan bekas dalam kondisi baik.

Anda tidak perlu pergi dari pasar ke pasar untuk mencari mesin bekas. Saat ini, Anda dapat dengan mudah membeli mesin bekas secara online. Ada banyak situs web yang menjual peralatan bekas secara online.

Exapro, Machineseeker.com dan Kitmondo adalah beberapa contoh situs web online populer yang menjual mesin bekas secara online.

5. Beli asuransi yang sesuai

Hidup tidak dapat diprediksi dan begitu juga dunia bisnis. Anda tidak pernah tahu kapan Anda mungkin akan mengalami beberapa keadaan tak terduga yang menuntut pengeluaran besar.

Misalnya, jika seorang pelanggan tergelincir di toko Anda dan terluka, Anda mungkin harus menanggung semua biaya medis yang terkait dengan peristiwa tersebut.

Jika bencana alam melanda perusahaan Anda, Anda mungkin memerlukan banyak dana untuk pemulihan bencana.

Situasi seperti itu bisa menguras semua tabungan Anda dan bahkan membuat bisnis Anda terlilit utang besar-besaran.

Untuk mencegah kehilangan uang Anda karena pengeluaran seperti itu, yang terbaik adalah membeli asuransi yang sesuai sebelumnya.

Pada saat dibutuhkan, asuransi melindungi Anda. Anda tidak harus membuat semua pengeluaran sendiri.

Mengingat hal itu, adalah hal yang wajar untuk membeli asuransi yang sesuai dengan kemampuan bisnis Anda.

Asuransi Tanggung Jawab Umum, asuransi mobil komersial, asuransi Tanggung Jawab Publik, dan pemulihan bencana adalah beberapa jenis asuransi bisnis yang harus Anda beli untuk mengamankan perusahaan Anda secara finansial dalam jangka panjang.

Baca juga: Weighted Average Cost of Capital (WACC) Adalah: Pembahasan Lengkapnya

6. Fokus pada keterlibatan karyawan

Menurut penelitian, satu karyawan yang tidak terlibat pada tingkat gaji rata-rata akan dikenakan biaya hampir $16.000 per tahun. Itu jumlah uang yang sangat besar.

Jumlah ini termasuk biaya akibat hilangnya produktivitas, sering absen, kualitas kerja yang buruk dan masalah lain yang disebabkan oleh karyawan yang tidak terlibat.

Jika sebagian besar karyawan Anda tidak produktif, bayangkan jumlah uang yang akan hilang. Oleh karena itu, untuk menghemat pengeluaran bisnis, sangat penting bagi Anda untuk fokus pada keterlibatan karyawan.

Karyawan yang terlibat adalah aset sejati bisnis Anda.

Menurut Gallup, tim memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi menunjukkan profitabilitas 21% lebih besar dan 17% lebih produktif.

Hal ini menyiratkan bahwa karyawan yang terlibat tidak hanya menghemat uang Anda tetapi juga meningkatkan keuntungan organisasi Anda.

Oleh karena itu, sangat bermanfaat bagi Anda untuk fokus pada keterlibatan karyawan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang hemat biaya namun ampuh untuk meningkatkan keterlibatan karyawan:

Hargai dan kenali karyawan Anda

Salah satu taktik terbaik dan hemat biaya untuk keterlibatan karyawan. Apresiasi dan pengakuan adalah kebutuhan paling mendasar dari manusia.

Pemenuhan kebutuhan ini memberikan kegembiraan batin dan meningkatkan harga diri.

Dengan memberikan apresiasi dan pengakuan secara teratur kepada tenaga kerja Anda, Anda dapat membuat pekerja Anda tetap terlibat.

Tawarkan peluang pertumbuhan dengan program bimbingan

Karyawan menginginkan pertumbuhan yang teratur dalam kehidupan profesional mereka.

Mereka membenci stagnasi. Mengingat hal itu, untuk melibatkan tenaga kerja Anda, Anda harus menawarkan peluang pertumbuhan dengan program bimbingan.

Mengapa hanya program mentorship karena biasanya tidak berbiaya. Anggota senior di organisasi Anda dapat melatih anggota junior.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu membawa instruktur khusus ke organisasi Anda.

Membina hubungan yang sehat di antara tenaga kerja Anda

Hubungan karyawan yang baik mendorong keterlibatan karyawan. Mengapa demikian?

Ketika rekan kerja menjadi teman, kehidupan profesional Anda menjadi indah dan menyenangkan. Hal ini membuat Anda tetap bersemangat.

Baca juga: Tips Untuk Mengurangi Pengeluaran Usaha Bengkel

Mempromosikan work life balance yang baik

Work life balance sangat penting. Jika pekerjaan Anda mulai mengganggu kehidupan pribadi Anda, Anda mulai merasa frustrasi.

Akibatnya, Anda mulai membuka jalan untuk melepaskan diri. Oleh karena itu, jika karyawan Anda mengalami keseimbangan kehidupan kerja yang buruk, mereka akan menjadi tidak bersemangat.

Hal ini menuntut Anda untuk fokus membantu karyawan Anda mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang baik.

Mengurangi stres karyawan

Stres adalah salah satu penyebab mendasar dari ketidakterlibatan karyawan.

Ketika karyawan Anda merasa stres di tempat kerja, mereka merasa gelisah, jengkel, dan kelelahan. Kesehatan fisik dan mental mereka terganggu karena stres yang berkepanjangan.

Semua hal ini bersama-sama mendorong mereka ke dalam lubang ketidakterlibatan.

Jadi, Anda harus mencoba melakukan manajemen stres karyawan. Mengadakan program manajemen stres di tempat kerja, sesi meditasi, dan latihan mindfulness adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam hal ini.

7. Meningkatkan tingkat retensi karyawan

Menurut Gallup, biaya penggantian seorang karyawan bisa berkisar dari satu setengah hingga dua kali gaji tahunan karyawan tersebut.

Jika organisasi Anda memiliki tingkat pergantian karyawan yang tinggi, Anda bisa memahami ke mana uang Anda terkuras.

Ketika Anda kehilangan seorang karyawan, Anda tidak hanya kehilangan uang dalam hal produktivitasnya yang hilang, namun juga harus menanggung biaya perekrutan dan pelatihan penggantinya.

Selain itu, seorang karyawan baru membutuhkan waktu setidaknya 8 bulan untuk menjadi produktif atau menyamai efisiensi karyawan yang keluar.

Mengingat hal itu, sangat penting bagi Anda untuk fokus pada retensi karyawan. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat uang Anda untuk pengeluaran bisnis.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat ditindaklanjuti yang dapat membantu Anda meningkatkan tingkat retensi karyawan di perusahaan Anda.

Dapatkan umpan balik karyawan secara teratur

Karyawan tidak selalu meninggalkan perusahaan untuk mendapatkan peluang pertumbuhan yang lebih baik.

Mereka juga pergi ketika mereka memiliki beberapa masalah dengan perusahaan mereka atau merasa tidak puas.

Untuk mencegah karyawan keluar karena masalah yang tidak tertangani, sangat penting untuk mendapatkan umpan balik anonim secara teratur.

Ini akan membantu Anda memahami keluhan karyawan dan mengatasinya untuk mempromosikan retensi karyawan.

Baca juga: Jurnal Pengeluaran Kas: Pengertian Lengkap dan Contoh Kasusnya

Bangun budaya yang berpusat pada karyawan

Perusahaan dengan budaya yang berpusat pada karyawan menikmati tingkat retensi yang tinggi dan ini adalah hal yang wajar.

Ketika karyawan Anda menjadi prioritas bagi Anda dan semua keputusan Anda disaring melalui kesejahteraan dan kenyamanan karyawan, karyawan Anda merasa puas dan bahagia.

Akibatnya, mereka tetap bersama Anda untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, Anda harus mencoba membangun budaya yang berpusat pada karyawan.

Periksa dan berantas micromanagement di tempat kerja

Manajemen mikro adalah salah satu penyebab terbesar di balik turnover yang tinggi.

Hal ini perlahan-lahan menggerogoti produktivitas, keterlibatan, dan keterlibatan karyawan di perusahaan Anda.

Untuk mencegah tingkat keluar masuk yang tinggi, Anda harus memeriksa dan memberantas micromanagement di semua tingkatan di tempat kerja.

Tawarkan tunjangan dan insentif yang menarik

Tunjangan karyawan memainkan peran penting dalam menentukan apakah karyawan Anda akan tetap bersama Anda dalam jangka panjang atau tidak.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah menawarkan tunjangan dan insentif yang menarik. Anda juga dapat mempersonalisasi program tunjangan Anda untuk memenuhi kebutuhan individu karyawan Anda.

Hal ini dapat memberikan keajaiban dalam mempromosikan retensi karyawan.

Baca juga: Punya Usaha Kargo? Berikut Tips Untuk Menekan Pengeluarannya

8. Pelajari keterampilan baru dan cobalah untuk mengelola tugas-tugas kecil sendiri

Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda harus mempekerjakan beberapa profesional untuk melakukan berbagai hal untuk Anda sesekali.

Misalnya, Anda mungkin menyewa konsultan untuk menulis siaran pers untuk Anda atau Anda menyewa seorang freelancer untuk melakukan cold mailing untuk Anda.

Tetapi, tanyakan pada diri Anda sendiri apakah perlu menghabiskan uang Anda untuk mempekerjakan banyak profesional?

Dapatkah Anda mempelajari beberapa keterampilan baru dan mencoba melakukan tugas-tugas kecil sendiri?

Jika jawaban untuk pertanyaan ini adalah ya, mengapa tidak mempelajari keterampilan baru dan menghemat uang.

Setelah Anda mempelajari suatu keterampilan, keterampilan itu akan tetap bersama Anda. Anda dapat menggunakannya kapan saja.

Bayangkan berapa banyak uang yang dapat Anda hemat dengan belajar menulis siaran pers. Bahkan jika Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk belajar, lakukanlah dengan percaya diri.

Menghabiskan uang sekali untuk belajar lebih baik daripada menghabiskannya, lagi dan lagi, untuk menyelesaikan pekerjaan Anda oleh orang lain. Ini jelas bukan tentang melakukan semuanya sendiri.

Tetapi, Anda setidaknya harus mencoba mengelola beberapa tugas sederhana sendiri dengan mempelajari keterampilan baru.

Saat ini ada banyak kursus online gratis yang tersedia di internet yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari keterampilan baru.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari keterampilan baru dengan bantuan video YouTube. Jadi, mengapa mencari bantuan dari luar? Jadilah penyelamat Anda sendiri dan hemat uang.

9. Gunakan software gratis

Saat ini, penggunaan software telah muncul sebagai kebutuhan banyak bisnis. Hal ini terutama berlaku di masa-masa ini ketika kerja jarak jauh atau remote sedang marak.

Jika Anda juga membutuhkan beberapa perangkat lunak untuk perusahaan Anda, jika bisa pilihlah perangkat lunak gratis.

Jika Anda menemukan perangkat lunak gratis yang menawarkan semua fitur yang Anda butuhkan, tidak ada yang lebih baik dari itu. Anda akan menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Salah satu perangkat lunak gratis yang bisa membantu kemudahan proses akuntansi bisnis Anda adalah software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online yang bisa Anda coba secara gratis selamanya dan tersedia juga opsi fitur yang lebih lengkap dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: Penyebab Bisnis Stagnan dan Cara Mengatasinya

10. Keputusan Work From Home

menghemat pengeluaran bisnis

Tahukah Anda bahwa mengadopsi model kerja remote atau WFH dapat menghemat banyak uang?

Sepert yang dikatakan Adela Belin dari  Writers per hour, Jika karyawan Anda bekerja dari rumah, Anda dapat menghemat biaya utilitas, biaya konsumsi, dan biaya infrastruktur.

Karena pandemi telah mengajarkan kita bahwa tim dapat bekerja dengan baik dari jarak jauh dengan alat teknologi yang sesuai, Anda dapat mencoba membangun model jarak jauh untuk menghemat uang untuk pengeluaran bisnis.

Tentunya, hal ini dimungkinkan jika tenaga kerja Anda mampu produktif dari jarak jauh. Tetapi, tidak ada masalah dalam mencoba.

Cobalah sekali dan lihat apakah tenaga kerja Anda berfungsi dengan baik dari jarak jauh.

Bagi banyak orang, bekerja remote meningkatkan produktivitas, keseimbangan kehidupan kerja, dan tingkat keterlibatan mereka.

Bahkan jika tenaga kerja Anda menunjukkan beberapa masalah saat bekerja dari jarak jauh, Anda bisa perlahan-lahan mengatasinya dan mencapai kesuksesan dengan bekerja remote.

11. Paperless

Menurut Gartner, sekitar 3% pengeluaran perusahaan dihabiskan untuk kertas, pencetakan, pengarsipan, dan biaya untuk menyimpan dan mengelola file informasi.

Ini menyiratkan bahwa kertas bukanlah pilihan yang murah. Selain itu, rata-rata pekerja kantor menggunakan 10.000 lembar kertas setahun.

Karena kertas terbuat dari pohon, bayangkan jumlah pohon yang ditebang setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan kertas di seluruh dunia.

Mengingat tingkat pemanasan global dan polusi yang kita alami, sangat penting bagi kita untuk menyelamatkan pohon. Oleh karena itu, Anda bisa menghemat biaya dan ramah lingkungan untuk menjadi paperless.

Anda dapat beralih ke invoice online dan sistem pembayaran tagihan untuk menghemat kertas.

Selain itu, catatan digital mudah dikelola dan aman. Anda juga harus menghindari mencetak sesuatu di atas kertas sampai dan kecuali benar-benar diperlukan.

Bahkan jika Anda memerlukan beberapa formulir untuk mendapatkan umpan balik karyawan atau umpan balik pelanggan atau sesuatu yang lain, Anda harus mencoba memanfaatkan formulir online gratis seperti Google Forms.

12. Singkirkan telepon rumah

Apakah Anda masih menggunakan telepon rumah? Jika ya, itu mungkin salah satu pengeluaran terbesar yang tidak perlu yang Anda tanggung.

Telepon rumah itu mahal. Jika kita membandingkan VoIP dan telepon rumah, secara rata-rata perbedaannya adalah 40 hingga 80% lebih mahal.

Ini menyiratkan bahwa dengan beralih ke VoIP atau sistem panggilan virtual lainnya, Anda dapat menghemat banyak uang.

Selain itu, biaya telepon seluler juga lebih rendah daripada telepon rumah. Mengingat hal itu, yang terbaik adalah membuang telepon rumah dan beralih menggunakan ponsel Anda atau sistem panggilan virtual lainnya.

Ini adalah salah satu langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk mengurangi pengeluaran bisnis.

Baca juga: Jurnal Penjualan Aset: Pengertian, Cara Buat, dan Contohnya

13. Beli perlengkapan kantor dalam jumlah besar

Setiap organisasi membutuhkan beberapa persediaan untuk berfungsi. Alat tulis, produk kebersihan, elektronik, peralatan adalah beberapa contohnya.

Persediaan ini dibutuhkan dari waktu ke waktu. Sudah jelas bahwa Anda tidak dapat melakukannya tanpa produk kebersihan selama satu hari.

Hal yang sama juga terjadi pada banyak persediaan lainnya. Ketika Anda tahu bahwa Anda akan selalu membutuhkan persediaan ini, lebih baik membelinya dalam jumlah besar.

Ketika Anda membeli produk dalam jumlah besar, Anda mendapatkan diskon yang bagus. Selain itu, jika Anda mengetahui tentang semacam obral, Anda dapat menghemat lebih banyak uang dan siapa tahu harga beberapa persediaan yang Anda butuhkan mungkin akan segera naik.

14. Kurangi biaya produksi

Ada beberapa cara untuk memangkas biaya bisnis seperti biaya material dan mengoptimalkan sumber daya Anda. Coba ini:

  • Jual sisa kardus, kertas, dan logam alih-alih mendaur ulang. Cari cara untuk menggunakan limbah Anda untuk membuat produk lain.
  • Maksimalkan real estat Anda. Sentralisasi atau konsolidasikan ruang apa pun yang memungkinkan dan lihatlah untuk menyewakan ruang yang tidak digunakan.

Sesuaikan dan optimalkan sumber daya dengan melacak dan mengukur efisiensi operasional perusahaan.

Tetapkan parameter kinerja yang mencerminkan sasaran Anda dan tawarkan insentif ketika sasaran tercapai.

15. Buat anggaran tang efisien

Penganggaran adalah hal yang tidak perlu dipikirkan lagi dalam hal menghemat pengeluaran bisnis.

Anda tidak bisa membuat keputusan keuangan yang cerdas jika Anda tidak benar-benar memiliki gagasan yang jelas tentang berapa banyak uang yang masuk dan keluar setiap bulan.

Anggaran memungkinkan Anda memiliki pandangan harian tentang bagaimana Anda dapat mengurangi pengeluaran bisnis saat itu juga.

Penganggaran dan manajemen keuangan harus menjadi fokus sehingga Anda dapat menghindari kesalahan umum. Pilihan terbaik adalah membuat “anggaran kerja”.

Istilah “anggaran kerja” berarti anggaran tersebut merupakan pekerjaan yang sedang berjalan.

Pemilik melihatnya setiap hari, mengkonsultasikannya, mengikutinya, dan membuat penyesuaian. Ini adalah rencana permainan untuk bisnis.

Anggaran kerja memungkinkan Anda melakukan penyesuaian sambil berjalan sehingga Anda dapat memangkas biaya bisnis secara real-time dan faktual.

Baca juga: Tahapan Scale Up Bisnis, Tips, dan Contohnya

Kesimpulan

Uang adalah persyaratan terpenting untuk menjalankan bisnis dengan sukses.

Tanpa uang, perusahaan Anda tidak dapat bertahan hidup. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengamankan bisnis Anda secara finansial.

Ada beberapa cara di mana Anda dapat menghemat uang untuk pengeluaran bisnis. Jika Anda mengamati dengan seksama, Anda akan menyadari bahwa ada banyak celah di mana uang Anda mengalami pemborosan, tanpa Anda sadari.

Beberapa celah tersebut telah dibahas di atas. Anda harus mencoba mengambil langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk memperbaiki celah-celah tersebut sesegera mungkin.

Dan untuk membantu Anda dalam mengelola dan melakukan penghematan keuangan pada bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap seperti Kledo.

Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 12 =