Annual Report: Pengertian, Komponen, Cara Menyusunnya dan Contohnya

annual report

Pemilik usaha kecil yang sukses terkadang memilih untuk menjual saham kepada investor untuk meningkatkan modal dan membiayai ekspansi. Ketika sebuah perusahaan menjual saham kepada investor, bisnis menjadi korporasi dan pemegang saham menjadi pemilik bagian dalam perusahaan, dan tentu merek membutuhkan annual report.

Annual report perusahaan mendokumentasikan kinerja dan aktivitas perusahaan untuk para pemegang saham.

Isi spesifik dari laporan tahunan dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain, tetapi sebagian besar annual report atau laporan tahunan memiliki beberapa bagian penting yang sama.

Pada artikel ini kita akan membahas apa itu annual report, komponen, cara penyusunan, hingga contoh yang bisa Anda ketahui.

Apa itu Annual Report?

annual report

Annual report atau laporan tahunan adalah laporan yang komprehensif tentang kegiatan perusahaan sepanjang tahun sebelumnya.

Laporan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pemegang saham dan orang lain yang berkepentingan tentang kegiatan dan kinerja keuangan perusahaan.

Sebagian besar yurisdiksi di Indonesia terutama perusahaan publik mengharuskan perusahaan untuk menyiapkan dan mengungkapkan annual report. Perusahaan yang terdaftar di bursa saham juga diharuskan untuk melaporkan pada interval yang lebih sering (tergantung pada aturan bursa yang terlibat).

Beberapa perusahaan hanya menyediakan informasi dalam format sederhana. Laporan tahunan jenis ini biasanya hanya beberapa halaman panjangnya dan diproduksi dengan cara yang praktis.

Annual report seringkali sangat mirip dengan dokumen yang difotokopi. Bagi perusahaan-perusahaan ini, tujuan utama laporan tahunan hanyalah untuk memenuhi persyaratan hukum.

Baca juga: 8 Jenis Jurnal Akuntansi Ini Wajib untuk Dipahami, Apa Saja?

Komponen dalam Annual Report

Di bawah ini adalah beberapa aspek kunci untuk dianalisis saat membaca laporan tahunan.

1. Pernyataan Visi dan Misi Perusahaan

Pernyataan visi dan misi bernilai tinggi karena membuka jalan untuk diskusi tentang seberapa baik (atau tidak) kinerja organisasi dalam memenuhi misi dan visi tersebut.

Apa pun jenis bisnis yang dijalankan perusahaan tertentu, menyusun pernyataan misi dan visi dengan menggunakan bahasa yang jelas dan menjelaskan tujuan Anda adalah hal penting untuk menghasilkan laporan yang transformatif.

Ini tidak diragukan lagi dapat membuat perbedaan untuk bisnis Anda.

Pernyataan misi dan visi perusahaan adalah apa yang diperjuangkan perusahaan Anda dan ke mana arahnya di masa depan.

Namun, pernyataan misi dan visi sering membingungkan dan biasanya dianggap sama oleh banyak bisnis.

Tapi, itu salah besar. Mari kita lihat salah satu perbedaan utama: Pernyataan misi singkat, penjelasan singkat tentang siapa perusahaan Anda, apa yang diyakini, dan apa yang dilakukan untuk menjadi lebih sukses di masa depan.

Sedangkan pernyataan visi adalah “skenario dunia yang sempurna” tentang di mana perusahaan Anda ingin berada di masa depan.

Di satu sisi, Misi lebih terkait dengan bagaimana perusahaan menjalankan kegiatan sehari-hari dan visi lebih tentang aspirasi dan impian.

2. Informasi Perusahaan

Informasi perusahaan mencakup rincian pejabat manajemen dan orang lain yang terkait dengan perusahaan seperti direktur, bankir, auditor, dan kantor terdaftar dan perusahaan.

Di sini orang bisa mendapatkan informasi rinci tentang anggota dewan dan sebutan mereka. Investor dapat menemukan detail tambahan perusahaan jika auditor yang ditunjuk memiliki reputasi.

Baca juga: Jurnal Penjualan: Ini Definisi, Fungsi, dan Format Penyusunannya

3. Ikhtisar Produk

Sesuai dengan namanya, bagian ikhtisar produk dari laporan tahunan memberikan rincian tentang produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan data kinerja setiap segmen dalam dua tahun terakhir.

Ini membantu investor menganalisis tren pendapatan, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA), laba setelah pajak dari laporan laba rugi adalah beberapa hal spesifik yang akan Anda analisis.

Juga, Anda mendapatkan sekilas ekuitas pemegang saham, aset, debitur, kewajiban, dan total utang dari neraca selama bertahun-tahun.

4. Laporan Direksi

Laporan Direksi sebagian besar disampaikan oleh perusahaan besar pada setiap akhir tahun buku, perusahaan kecil atau entitas mikro dikecualikan.

Pada akhir setiap tahun keuangan, perusahaan swasta diwajibkan untuk menyediakan satu set laporan keuangan yang dikenal sebagai rekening wajib yang mencakup laporan direktur.

Tujuan adanya bagian laporan direksi dalam laporan tahunan adalah untuk meningkatkan transparansi perusahaan. Ini membantu investor dan pemangku kepentingan untuk memahami:

  • Apakah keuangan organisasi dalam kondisi baik
  • Apakah perusahaan telah membangun kemampuan untuk berkembang dan tumbuh di tahun-tahun mendatang
  • Jika perusahaan mampu berkinerja baik di pasar
  • Apakah perusahaan berhasil mematuhi peraturan keuangan, standar akuntansi, dan persyaratan tanggung jawab sosial.

Laporan Direktur standar mencakup informasi berikut:

  • Nama seluruh direksi yang menjabat selama periode pelaporan
  • Kegiatan perdagangan yang diselenggarakan oleh perusahaan
  • Pernyataan prospek masa depan
  • Kegiatan inti perusahaan
  • Perubahan signifikan pada aset tetap perusahaan.

5. Analisis dan Pembahasan Manajemen

Analisis dan pembahasan manajemen adalah salah satu bagian penting dari laporan tahunan yang diadopsi oleh perusahaan saat ini untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap visi dan strategi perusahaan.

Analisis dan pembahasan ini mencakup semua aktivitas yang dilakukan oleh semua departemen operasi perusahaan seperti Dewan Direksi, Chief Executive Officer dan Kepala lainnya, pejabat pelaporan/pengendali berbagai departemen– Sumber Daya Manusia (Orang), Keuangan, Pemasaran, Produksi, dan Operasi, dll dan tingkat manajemen menengah dan bawah yang tersisa.

Tujuan dari analisis ini adalah:

  • Ini membantu pembaca dalam memahami angka dan kondisi keuangan sekaligus menjelaskan keputusan strategis dan operasional tertentu yang dapat berdampak besar pada kinerja dan posisi perusahaan di masa depan.
  • Analisis membahas persepsi investor tentang risiko yang terkait dengan perusahaan.

6. Laporan Tata Kelola Perusahaan

Laporan tata kelola perusahaan ini memberikan wawasan tentang tata kelola perusahaan yang diikuti oleh perusahaan, struktur dewan direksi, informasi latar belakang singkat tentang direksi perusahaan, kehadiran direksi dalam dewan & rapat umum tahunan, remunerasi direksi, pengangkatan kembali direksi setelah selesai masa jabatan, susunan subkomite dan lain-lain.

7. Informasi Saham Perseroan

Dimana semua rincian harga saham disediakan. Bagian ini memberikan wawasan tentang kinerja historis dari pola kepemilikan saham, penjaminan saham oleh promotor sepanjang tahun, pemecahan saham, dan saham bonus yang dibagikan oleh perusahaan.

8. Laporan Auditor

Auditor perusahaan memberikan pandangan dan komentarnya tentang keuangan perusahaan di bagian ini. Investor di sini dapat mengetahui latar belakang informasi seperti nama auditor, kualifikasi, dan pengalaman di industri.

9. Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan tertulis yang memberikan wawasan tentang aktivitas bisnis dan kinerja keuangan inti perusahaan.

Laporan keuangan ini umumnya diperiksa oleh lembaga pemerintah, akuntan, dan perusahaan keuangan lainnya untuk memastikan keakuratan informasi tentang pajak, pembiayaan, atau tujuan investasi.

Buat laporan keuangan lebih mudah menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gamabar di bawah ini:

Banner 3 kledo

10. Catatan untuk Akun

Ini adalah salah satu bagian dari annual report yang memberikan informasi tentang kebijakan akuntansi yang diikuti oleh perusahaan seperti komentar tentang metode penyusutan, kerugian/keuntungan valas, pelaporan segmental, persediaan, kewajiban, sewa, dll.

Selalu disarankan untuk mempelajari annual report di setidaknya 3-5 tahun sebagai pembaca akan dapat memahami detail kecil seperti perubahan tahun akuntansi atau kebijakan akuntansi yang dapat secara langsung mempengaruhi pendapatan perusahaan, operasi utama perusahaan, pandangan / pendirian manajemen keuangan dalam berbagai tren ekonomi.

Contoh Annual Report

Untuk mengetahui contoh annual report, berikut adalah beberapa tautan yang berisi link unduhan annual report berbagai bisnis yang sudah mapan di Indonesia.

Tahapan dalam Membuat Annual Report

annual report

Annual report adalah elemen penting dari transparansi dan akuntabilitas merek.

Namun, daripada menulis dokumen rumit yang hanya dapat dipahami oleh segelintir orang, bisnis membuat annual report atau laporan tahunan yang berbicara kepada sekelompok besar orang.

Laporan ini mengomunikasikan nilai dan tujuan merek. Memproduksi laporan kreatif yang dengan visual menarik dan didorong oleh narasi dapat membantu bisnis terhubung dengan pemegang saham, investor, dan pelanggan.

Berikut adalah beberapa langkah dalam membuat annual report untuk bisnis Anda:

Tentukan Pesan Utama

Annual report adalah kesempatan sempurna untuk menyoroti pencapaian Anda dan dampak dari pencapaian tersebut.

Para investor dan karyawan ingin tahu apa yang Anda lakukan dan mengapa Anda melakukannya.

Dengan menghubungkan aktivitas dan pencapaian Anda dengan tujuan akhir dan pernyataan misi, bisnis dapat membangun kepercayaan dan membina hubungan jangka panjang.

Buat dan Selesaikan Struktur dan Konten

Salah satu bagian tersulit dalam menulis laporan tahunan adalah memutuskan apa yang harus disertakan dan apa yang tidak. Penting untuk memetakan konten dan struktur laporan.

Terlepas dari elemen dasar seperti pendahuluan, visi dan misi, profil bisnis, dan laporan keuangan, laporan tahunan harus memiliki alur cerita yang mendefinisikan keseluruhan struktur laporan dan membentuk konten di sekitar alur naratif.

Ini memudahkan untuk mengidentifikasi dan memotong informasi yang tidak secara aktif menggerakkan cerita ke depan.

Gunakan tulisan yang jelas, tepat dan tidak ambigu. Pertahankan posisi profesional dan tidak memihak di seluruh dokumen.

Isi annual report harus transparan dan jujur. Jangan menggelembungkan prestasi atau menyamarkan kerugian yang Anda hadapi.

Gunakan Desain yang Menarik

Laporan yang dirancang dengan baik yang menarik dan profesional dapat digunakan sebagai alat pemasaran oleh bisnis.

Idealnya, pembaca harus dapat memindai dokumen dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk desain laporan tahunan yang baik:

  • Gunakan heading dan subheading
  • Luangkan ruang untuk foto, infografis, dan elemen visual menarik lainnya
  • Jaga agar teks tetap pendek dan sederhana
  • Gunakan skema warna dan teknik tata letak yang berani dan gratis yang selaras dengan merek Anda
  • Tekankan area utama dengan kotak teks berwarna, kutipan, dan keterangan

Rencanakan Terlebih Dahulu

Membuat annual report adalah proses jangka panjang yang membutuhkan sistem yang terorganisir untuk merekam dan melacak data, kliping media, foto, dan daftar pencapaian bisnis.

Sementara sejumlah perusahaan membuat laporan tahunan sendiri, yang lain mungkin menyewa perusahaan desain untuk menyusun, mengoreksi, dan menyelesaikan dokumen.

Baca juga: Mengenal Faktur Pajak dengan Memahami Definisi, Bentuk, dan Jenisnya

Mengapa Annual Report itu Penting?

Baik perusahaan publik maupun swasta menggunakan annual report untuk memberikan informasi bisnis dan keuangan yang penting kepada pelanggan, investor, karyawan, dan media.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa laporan tahunan diperlukan untuk bisnis:

  • Memberikan kesempatan untuk menyoroti pencapaian utama perusahaan, harapan untuk tahun mendatang, serta tujuan dan sasaran keseluruhan
  • Memberikan informasi tentang posisi keuangan perusahaan
  • Perkenalkan Anda adalah anggota kunci bisnis kepada pemangku kepentingan dan masyarakat umum
  • Memberitahu pemegang saham dan karyawan strategi perusahaan untuk pertumbuhan di tahun mendatang
  • Berguna sebagai alat pengambilan keputusan bagi manajer

Kesimpulan

Annual report menjaga informasi bisnis penting Anda tetap up to date. Kegagalan oleh perusahaan publik untuk memperbarui laporan tersebut mengakibatkan biaya keterlambatan atau bahkan pembubaran perusahaan Anda.

Seperti yang Anda lihat diatas, salah satu komponen terpenting dalam membuat annual report adalah laporan keuangan, maka dari itu penting untuk Anda sebagai bisnis mengelola proses finansial secara optimal dan membuat laporan keuangan yang faktual sesuai keadaan bisnis Anda.

Kesulitan dengan proses manual? Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk pengelolaan pembukuan bisnis dan pembuatan laporan keuangan yang praktis.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, membuat 30 jenis laporan keuangan secara otomatis, rekonsilisasi transaksi dengan mudah, mengatur banyak gudang, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =