Ayat Jurnal Penyesuaian: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Bisnis

ayat jurnal penyesuaian

Kehidupan bisnis dibagi menjadi periode akuntansi, yang merupakan kerangka waktu (biasanya tahun fiskal) yang dipilih bisnis untuk menyiapkan laporan keuangannya. Pada akhir setiap periode akuntansi, bisnis perlu membuat jurnal penyesuaian dan terdapat ayat jurnal penyesuaian di dalamnya.

Jurnal penyesuaian memperbarui entri jurnal yang telah dicatat sebelumnya, sehingga pendapatan dan beban diakui pada saat terjadi.

Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa pada bulan Desember Anda menagih klien untuk layanan senilai 1.000.000. Mereka kemudian membayar Anda pada bulan Januari atau Februari – setelah periode akuntansi sebelumnya selesai.

Pada awalnya, Anda mencatat kas pada bulan Desember ke dalam piutang sebagai keuntungan yang diharapkan akan diterima di masa depan.

Kemudian, pada bulan Februari, ketika klien membayar, ayat jurnal penyesuaian perlu dibuat untuk mencatat piutang sebagai kas.

Jenis jurnal penyesuaian ini dikenal sebagai pendapatan yang masih harus dibayar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas rincian semua jenis ayat penyesuaian yang berbeda, kepentingannya, dan semua hal lain yang perlu Anda ketahui tentang membuat ayat penyesuaian untuk akuntansi bisnis Anda.

Apa itu Ayat Jurnal Penyesuaian?

ayat jurnal penyesuaian

Langkah penting dari siklus akuntansi adalah membuat jurnal penyesuaian pada akhir setiap periode akuntansi.

Ayat jurnal penyesuaian yang dibuat untuk menetapkan jumlah pendapatan dan beban yang tepat untuk setiap periode akuntansi.

Ini memperbarui entri jurnal yang dicatat sebelumnya sehingga laporan keuangan pada akhir tahun akurat dan terkini.

Untuk memahami ayat jurnal penyesuaian dengan lebih baik, mari kita lihat sebuah contoh.

Asumsikan sebuah bengkel mobil menawarkan layanan perbaikan kepada klien mereka pada bulan Oktober, yang mereka setujui untuk membayarnya setelah tiga bulan.

Pada bulan Oktober, kas dicatat ke dalam piutang sebagai kas yang akan diterima. Kemudian ketika klien mengirim pembayaran pada bulan Desember, saatnya untuk membuat ayat penyesuaian.

Ayat jurnal penyesuaian dalam hal ini dibuat untuk mengubah piutang menjadi pendapatan.

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya: mengapa harus melalui semua kerumitan ini? Mengapa bisnis tidak dapat mencatat uang tunai sekali, ketika klien mengirimkannya?

Ada prinsip akuntansi yang harus Anda patuhi yang dikenal sebagai prinsip pencocokan. Prinsip pencocokan mengatakan bahwa pendapatan diakui saat diperoleh dan beban saat terjadi (bukan saat dibayar).

Prinsip ini hanya berlaku untuk akuntansi basis akrual, namun. Jika bisnis Anda menggunakan metode akuntansi berbasis kas, tidak perlu menyesuaikan entri.

Jika Anda belum memutuskan apakah akan menggunakan metode akuntansi berbasis kas atau basis akrual sebagai waktu dokumentasi untuk akuntansi bisnis kecil Anda, panduan kami tentang basis akuntansi dapat membantu Anda memutuskan.

Baca juga: Annual Report: Pengertian, Komponen, Cara Menyusunnya dan Contohnya

Pentingnya Ayat Jurnal Penyesuaian

Saat Anda membuat jurnal penyesuaian, Anda mencatat transaksi bisnis secara akurat tepat waktu.

Ini sangat membantu dalam melacak piutang dan hutang Anda, serta mengidentifikasi keuntungan dan kerugian bisnis yang tepat pada akhir tahun fiskal.

Jika Anda membuat laporan keuangan tanpa mempertimbangkan jurnal penyesuaian, kesehatan keuangan bisnis Anda akan benar-benar terdistorsi.

Laba bersih dan ekuitas pemilik akan dilebih-lebihkan, sedangkan beban dan kewajiban dikecilkan.

Itulah mengapa menggunakan metode berbasis akrual dan jurnal penyesuaian sangat penting, dan direkomendasikan oleh pakar akuntansi dan pajak.

Baca juga: Jadi Idaman Investor, Ini Pengertian Dividen yang Wajib Diketahui!

Jenis Ayat Jurnal Penyesuaian

Jumlah entri penyesuaian yang dibuat bisnis bergantung pada jumlah transaksi keuangan mereka.

Namun, kami membagi jurnal penyesuaian menjadi tiga jenis utama: akrual, penangguhan, dan biaya non-tunai.

Akrual

Sebuah bisnis dapat memperoleh pendapatan dari menjual barang atau jasa selama satu periode akuntansi, tetapi tidak menagih klien atau menerima pembayaran sampai periode akuntansi mendatang.

Pendapatan yang diperoleh tetapi belum diakui ini adalah jurnal penyesuaian yang diakui dalam akuntansi sebagai pendapatan yang masih harus dibayar.

Anda mencatat pendapatan yang masih harus dibayar dengan:

  • Mendebet akun piutang dan,
  • Mengkredit akun pendapatan layanan.

Jenis lain dari akrual dalam akuntansi adalah biaya yang masih harus dibayar.

Biaya yang masih harus dibayar adalah pengeluaran yang dilakukan tetapi belum dibayar oleh bisnis, seperti gaji atau biaya bunga.

Mereka dicatat sebagai jurnal penyesuaian dengan:

  • Mendebet akun biaya
  • Dan mengkredit hutang dagang.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara membayar kembali biaya yang terutang kepada pemasok Anda secara tepat waktu, lihat panduan bisnis kami tentang pembayaran faktur.

Baca juga: Pengertian Jurnal Koreksi, Cara Membuat, dan Contoh Kasusnya

Deferrals atau pengangguhan

Ketika bisnis Anda membuat pengeluaran yang akan menguntungkan lebih dari satu periode akuntansi, seperti membayar asuransi di muka untuk tahun tersebut, biaya ini diakui sebagai biaya dibayar di muka.

Pembayaran di muka ini pertama kali dicatat sebagai aset, dan seiring berjalannya waktu, biaya tersebut dibebankan melalui jurnal penyesuaian.

Ayat jurnal penyesuaian untuk biaya dibayar dimuka meliputi:

  • Debit ke akun pengeluaran (biaya asuransi, misalnya)
  • Kredit ke akun biaya dibayar di muka yang telah dicatat sebelumnya.

Biaya dibayar dimuka lain dalam akuntansi adalah pendapatan yang ditangguhkan, yang merupakan jurnal penyesuaian yang mengubah kewajiban menjadi pendapatan.

Lebih khusus lagi, pendapatan yang ditangguhkan adalah pendapatan yang dibayarkan pelanggan kepada bisnis, untuk layanan yang belum diterima, seperti keanggotaan dan langganan tahunan.

Ketika kas diterima, itu dicatat sebagai kewajiban karena belum diterima oleh bisnis. Seiring waktu, kewajiban ini berubah menjadi pendapatan sampai diperoleh sepenuhnya.

Perubahan ini dilakukan dengan mencatat jurnal penyesuaian berikut:

  • Mendebet akun pendapatan diterima dimuka
  • Mengkredit akun pendapatan layanan

Baca juga: Mengetahui Apa itu Kurs Pajak dan Fungsinya dalam Bisnis

Pengeluaran Non Tunai

Metode yang paling umum digunakan untuk menyesuaikan biaya non-tunai dalam bisnis adalah depresiasi.

Menurut definisi, depresiasi aatau penyusutan adalah alokasi biaya aset yang dapat disusutkan selama masa manfaatnya.

Aset yang dapat disusutkan (juga dikenal sebagai aset tetap) adalah objek fisik yang dimiliki bisnis yang bertahan selama satu periode akuntansi, seperti peralatan, furnitur, bangunan, dll.

Dalam istilah yang lebih sederhana, depresiasi adalah cara mendevaluasi objek yang bertahan lebih dari satu tahun, sehingga dibebankan sesuai dengan waktu penggunaannya oleh bisnis (bukan saat Anda membayarnya).

Misalnya, jika sebuah perusahaan membeli sebuah bangunan yang diperkirakan akan bertahan selama 10 tahun seharga 20.000.000, 20.000.000 itu akan dibebankan selama keseluruhan 10 tahun, bukan saat bangunan tersebut dibeli.

Dan karena depresiasi tidak melibatkan pertukaran uang tunai yang sebenarnya, ini murni perkiraan berapa banyak aset fisik yang digunakan dalam satu periode akuntansi.

Rumus yang paling umum digunakan untuk memperkirakan penyusutan adalah dengan metode garis lurus di mana:

Penyusutan (per periode akuntansi) = Biaya perolehan aset / Perkiraan Masa Manfaat

Ayat jurnal penyesuaian untuk mencatat beban penyusutan meliputi:

  • Debit ke akun beban penyusutan
  • Kredit ke akun akumulasi penyusutan

Metode lain yang biaya non-tunai dapat disesuaikan melalui termasuk amortisasi, deplesi, kompensasi berbasis saham, dll.

Baca juga: Jurnal Khusus: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Transaksinya

Contoh Membuat Ayat Jurnal Penyesuaian

Sekarang setelah kita mengetahui berbagai jenis jurnal penyesuaian, mari kita lihat bagaimana mereka dicatat ke dalam buku akuntansi.

Untuk contoh kita, Perusahaan XYZ menyesuaikan akun mereka pada akhir setiap bulan melalui metode pembukuan berpasangan.

Untuk bulan Desember, ini adalah informasi yang tersedia untuk menyiapkan jurnal penyesuaian:

Ayat jurnal penyesuaian gaji

Gaji yang diterima oleh karyawan departemen SDM yang belum dicatat atau dibayar, berjumlah 10.000.000. Ini adalah beban yang masih harus dibayar yang dibuat jurnal penyesuaian berikut:

RefTanggalAkun dan PenjelasanDebitKredit
10131 DesemberPengeluaran Gaji10.000.000
Hutang Gaji10.000.000
Ayatpenyesuaian untuk memperoleh gaji yang terutang tetapi belum dibayar untuk bulan desember

Baca juga: Jurnal Penyesuaian Persediaan Barang Dagang: Komponen dan Contohnya

Ayat jurnal penyesuaian pendapatan yang masih harus dibayar

Pada awal Desember, perusahaan menyediakan layanan senilai 3.500.000 yang akan dibayar pelanggan untuk bulan berikutnya. Untuk mencatat pendapatan yang masih harus dibayar ini, jurnal penyesuaian yang dihasilkan dibuat:

RefTanggalAkun dan PenjelasanDebitKredit
10231 DesemberPiutang dagang 3.500.000
Pendapatan layanan3.500.000
Ayat penyesuaian untuk mencatat layanan yang masih harus dibayar yang diperoleh pada bulan desember

Ayat jurnal penyesuaian pendapatan diterima di muka

3.000.000 dari biaya yang sebelumnya diterima dari keanggotaan pada bulan November telah diperoleh. Untuk mengubah kewajiban ini menjadi pendapatan, ayat jurnal penyesuaian berikut dibuat:

RefTanggalAkun dan PenjelasanDebitKredit
10331 DesemberPendapatan diterima dimuka3.000.000
Pendapatan layanan3.000.000
Ayat penyesuaian untuk mengonversi pendapatan layanan keanggotaan yang diterima di muka menjadi pendapatan layanan

Ayat jurnal penyesuaian sewa kantor

Perusahaan membayar sewa kantor mereka di muka setiap tiga bulan sebesar 15.000.000. Untuk bulan Desember, biaya sewa adalah 5.000.000 (15.000.000/3 bulan). Ayat jurnal penyesuaian berikut dibuat untuk mengubah sewa dibayar di muka untuk bulan Desember menjadi beban:

RefTanggalAkun dan PenjelasanDebitKredit
10431 DesemberBiaya sewa5.000.000
Sewa dibayar di muka5.000.000
Untuk mengubah sewa prabayar menjadi beban

Ayat jurnal penyesuaian peralatan kantor

Biaya awal peralatan perusahaan adalah 10.000.000, dengan perkiraan umur 10 tahun. Penyusutan dicatat setiap tahun dengan metode garis lurus, jadi pada tanggal 31 Desember, beban penyusutan akan menjadi 1.000.000 (10.000.000/10 tahun):

RefTanggalAkun dan PenjelasanDebitKredit
10431 DesemberBiaya penyusutan1.000.000
Akumulasi penyusutan1.000.000
Ayat jurnal penyesuaian penyusutan peralatan (10.000.000/10)

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang mencatat transaksi sebagai entri debit dan kredit untuk akuntansi bisnis kecil Anda? pelajari cara melakukan pembukuan sederhana berikut.

Baca juga: Apa itu Joint Venture? Berikut Pembahasan Lengkap dan Mendalam

Otomatiskan Membuat Jurnal Penyesuaian dengan Kledo

ayat jurnal penyesuaian

Membuat ayat jurnal penyesuaian secara manual setiap periode akuntansi bisa menjadi membosankan dan memakan waktu yang baeharga untuk Anda.

Pada saat yang sama, mengelola data akuntansi dengan tangan di spreadsheet adalah cara lama dalam berbisnis, dan rentan terhadap banyak kesalahan akuntansi.

Itulah sebabnya sebagian besar perusahaan menggunakan software akuntansi cloud untuk merampingkan ayat jurnal penyesuaian dan transaksi keuangan lainnya.

Kledo menawarkan perangkat software akuntansi yang intuitif dan mudah digunakan yang dapat Anda akses dari perangkat apa pun dengan koneksi internet.

Dengan Kledo, seluruh pembukuan entri ganda Anda (termasuk ayat penyesuaian) dapat diotomatisasi hanya dalam beberapa klik.

Setiap kali faktur penjualan diterbitkan, entri jurnal yang sesuai secara otomatis dibuat oleh sistem ke akun piutang atau penjualan yang sesuai.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

FAQ

Apa yang dimaksud dengan ayat jurnal penyesuaian?

Ayat jurnal penyesuaian (adjusting journal entry) adalah catatan akuntansi yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk menyesuaikan saldo akun dalam neraca dengan keadaan aktual perusahaan.

Kapan harus membuat ayat jurnal penyesuaian?

Ayat jurnal penyesuaian harus dibuat pada akhir periode akuntansi, biasanya setiap bulan atau setiap kuartal, untuk menyesuaikan saldo akun dengan keadaan aktual perusahaan.

Apa saja jenis-jenis ayat jurnal penyesuaian?

Beberapa jenis jurnal penyesuaian antara lain jurnal untuk menyesuaikan pendapatan dan biaya yang belum dicatat, penyusutan, piutang usaha, hutang usaha, dan persediaan.

Bagaimana cara membuat ayat jurnal penyesuaian?

Cara membuat jurnal penyesuaian adalah dengan menentukan akun yang harus disesuaikan, menentukan jenis jurnal yang harus dibuat, dan mencatat perubahan saldo akun sesuai dengan keadaan aktual perusahaan.

Apa yang terjadi jika ayat jurnal penyesuaian tidak dibuat?

Jika jurnal penyesuaian tidak dibuat, maka laporan keuangan perusahaan tidak akan mencerminkan posisi keuangan yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi. Serta dapat menyebabkan kesalahan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Kesimpulan

Untuk rekap cepat, mari kita bahas poin-poin utama yang telah kita bahas:

  • Ayat jurnal penyesuaian memperbarui entri jurnal yang dicatat sebelumnya untuk mencocokkan pengeluaran dan pendapatan dengan periode akuntansi yang terjadi. Ayat ini hanya dibuat saat menggunakan basis akrual.
  • Ada tiga jenis utama jurnal penyesuaian: akrual, deferrals, dan biaya non-tunai.
  • Akrual mencakup pendapatan dan beban yang masih harus dibayar.
  • Deferrals atau penangguhan dapat berupa biaya dibayar di muka atau pendapatan yang ditangguhkan.
  • Pengeluaran non-tunai menyesuaikan aset tetap berwujud atau tidak berwujud melalui penyusutan, penipisan, dll.
  • Gunakan software akuntansi Kledo untuk mengotomatiskan pencatatan ayat jurnal penyesuaian Anda dalam hitungan detik, dan bisa Anda coba secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − fifteen =