Apa itu Multiplier Effect dan Mengapa itu Penting?

Multiplier Effect

Ilmu ekonomi memiliki beberapa prinsip penting yang perlu diperhatikan dan salah satunya adalah multiplier effect.

Efek ini berkaitan dengan ketika perubahan awal dalam permintaan atau pengeluaran mengarah pada perubahan akhir yang lebih besar dalam pendapatan.

Sangat berguna untuk memahami konsep ini karena konsep ini juga ada di bidang lain seperti pariwisata dan geografi ekonomi, sehingga dapat diterapkan dalam berbagai macam karier.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi mengapa multiplier effect ini penting, apa artinya di beberapa sektor, dan menawarkan beberapa contoh.

Apa yang Dimaksud dengan Multiplier Effect?

Dalam ilmu ekonomi, multiplier effect adalah peningkatan atau penurunan proporsional pendapatan akhir sebagai konsekuensi dari injeksi atau penarikan modal.

Hal ini mungkin berkaitan dengan kinerja perusahaan individual, tetapi dalam konteks ekonomi, sering kali berkaitan dengan perubahan dalam pengeluaran pemerintah dan bagaimana hal ini memengaruhi perekonomian suatu negara secara keseluruhan.

Injeksi awal atau penarikan modal adalah pengganda. Perubahan dalam permintaan awal ini mungkin berasal dari:

  • Pengeluaran publik yang lebih tinggi
  • Investasi
  • Peningkatan ekspor dan nilai ekspor
  • Perubahan suku bunga
  • Perubahan dalam perpajakan
  • Penurunan nilai tukar

Efek ini muncul karena pengeluaran dari satu pihak mewakili pendapatan bagi pihak lain. Setiap proyek pengeluaran cenderung mengarah pada penciptaan lapangan kerja baru, yang kemudian mengarah pada permintaan tambahan dan pengeluaran lebih lanjut.

Hal ini meningkatkan pendapatan keseluruhan dalam aliran sirkuler negara dan berarti bahwa dana beredar melalui perekonomian ini dalam jumlah yang lebih tinggi.

Baca juga: Ingin Berbisnis? Ini 15 Bisnis yang Laku Setiap Hari

Rumus Mencari Multiplier

Ada rumus sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menghitung multiplier  atau pengganda.

Untuk membuat perhitungan, perlu diketahui nilai injeksi atau penarikan awal dan perubahan pendapatan.

Kapan saja Anda dapat membuat perhitungan berdasarkan angka yang tersedia saat ini.

Hal ini dapat membantu Anda untuk memprediksi berapa banyak pendapatan yang kemungkinan akan berubah di masa depan.

Rumus yang digunakan adalah:

Perubahan dalam pendapatan/perubahan dalam pengeluaran = multiplier

Contoh rumus ini adalah jika pengeluaran pemerintah meningkat sebesar 2 miliar dan pendapatan nasional kemudian meningkat sebesar 6 miliar. Dalam kasus ini, rumus yang diberikan: 6 miliar / 2 miliar = 3.

Jadi nilai pengganda atau multiplier adalah 3.

Baca juga: 22 Cara Meningkatkan Keuntungan dalam Bisnis, Berani Coba?

Multiplier dan Investasi Pemerintah

Teori ekonomi Keynesian mengatakan bahwa suatu perekonomian berkembang semakin banyak pemerintah berinvestasi di dalamnya.

Teori ini berpendapat bahwa investasi memiliki dampak yang lebih luas pada aktivitas ekonomi. Teori ini juga menunjukkan bahwa nilai yang Anda peroleh dari pertumbuhan ekonomi lebih besar daripada investasi awal.

Hal ini menyiratkan bahwa investasi yang tinggi di dalam negeri adalah cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan bahwa investasi pemerintah selalu merupakan pengganda yang kuat.

Meskipun investasi mungkin bermanfaat, beberapa investasi menghasilkan pengembalian yang lebih signifikan daripada yang lain.

Memahami rumus untuk menghitung multiplier effect membantu mengukur dampak nyata dari perubahan dalam investasi pemerintah.

Hal ini juga memungkinkan para ahli untuk membandingkan dampak investasi yang berbeda untuk menentukan apa yang paling berharga bagi perekonomian.

Baca juga: Contoh Peluang Bisnis Online, Tantangan, & Tips Mengembangkannya

Multiplier Effect Negatif

Efek negatif yang menurunkan pendapatan nasional juga mungkin terjadi. Kadang-kadang ini juga disebut efek terbalik atau ke bawah.

Ini bekerja dengan cara yang mirip dengan efek positif tetapi berkaitan dengan dana yang ditarik.

Hal ini biasanya mengakibatkan penurunan pendapatan dan pengeluaran dalam aliran sirkuler.

Faktor-faktor yang dapat berkontribusi pada peningkatan penarikan pengeluaran, yang mengarah ke tren penurunan di bagian lain dari perekonomian, meliputi:

  • Kenaikan dalam tabungan
  • Peningkatan pajak
  • Lebih banyak impor
  • Penurunan pengeluaran pemerintah

Kadang-kadang pemerintah dengan sengaja memperkenalkan beberapa langkah ini sebagai cara untuk mengurangi defisit anggaran. Seringkali hal ini menyebabkan kondisi ekonomi yang menantang.

Dalam beberapa kasus, mengurangi defisit adalah tujuan khusus pemerintah dan mereka mengembangkan kebijakan substansial untuk mendorong hal ini.

Periode berkepanjangan dari kebijakan semacam itu dikenal sebagai penghematan.

Baca juga: Kenali Berbagai Transaksi Perusahaan Dagang Berikut Ini

Mengapa Memahami Multiplier Effect itu Penting?

Multiplier Effect

Memahami konsep ini penting jika Anda belajar ekonomi atau ingin bekerja di bidang ekonomi.

Konsep ini membantu para profesional ekonomi untuk memahami bagaimana pendapatan dan pengeluaran berubah dan dampak langsung dari setiap perubahan dalam pengeluaran terhadap ekonomi yang lebih luas.

Ini bisa menjadi data yang berguna untuk membuat prediksi tentang bagaimana ekonomi kemungkinan akan berubah di masa depan.

Pejabat kebijakan pemerintah dapat menggunakan konsep ini untuk memodelkan bagaimana suatu kebijakan kemungkinan akan berdampak pada perekonomian secara keseluruhan.

Analis investasi juga dapat menggunakan informasi tentang nilai pengganda untuk menilai peluang investasi.

Dalam hal ini, multiplier effect mungkin berhubungan dengan sektor atau perusahaan tertentu, tetapi analis cenderung mempertimbangkan ekonomi secara keseluruhan.

Berdasarkan hal ini, mereka dapat membuat keputusan atau rekomendasi.

Baca juga: Pengertian dan Jenis Laba yang Harus Anda Ketahui

Multiplier Effect di Bidang Lain

Meskipun konsep ini penting dalam ilmu ekonomi, namun konsep ini juga memiliki relevansi di beberapa bidang lainnya.

Ini berarti, konsep ini layak dipahami bahkan jika karier Anda berada di bidang selain ekonomi atau investasi.

Di bidang lain, multiplier effect mungkin bekerja pada skala nasional atau lokal. Pekerjaan Anda mungkin berhubungan dengan inisiatif nasional atau investasi di wilayah tertentu.

Bidang-bidang yang terkait dengan konsep ini menunjukkan betapa pentingnya pengaruhnya, dan termasuk:

Pariwisata

Multiplier effect terbukti dalam industri pariwisata. Peningkatan pariwisata dan investasi dalam jasa pariwisata di daerah tertentu menciptakan lapangan kerja di industri jasa dan juga meningkatkan pengeluaran untuk industri primer dan sekunder.

Dengan cara ini, pariwisata membawa manfaat ekonomi yang substansial ke wilayah tertentu. Hal ini dapat menjadi argumen yang mendukung peningkatan investasi dan promosi pariwisata di suatu lokasi.

Sementara pertumbuhan pariwisata dapat berfokus pada suatu negara secara lebih luas atau bagian tertentu dari suatu negara, manfaatnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

Semakin banyak uang yang dibelanjakan turis bersirkulasi melalui ekonomi, semakin kuat multiplier effect.

Seperti dalam ekonomi, juga memungkinkan terjadinya kebocoran dan penarikan yang dapat memiliki efek negatif.

Hal ini terjadi ketika turis menghabiskan sejumlah besar uang yang pada akhirnya meninggalkan negara tersebut karena misalnya ada kehadiran perusahaan asing atau multinasional yang signifikan di sektor pariwisata negara tersebut.

Event management

Multiplier effect relevan dengan event management, yang dapat berkaitan erat dengan pariwisata.

Ini mencakup acara perusahaan dan rekreasi seperti festival musik atau acara olahraga. Industri acara sering menggunakan fasilitas dan bisnis pariwisata seperti hotel dan restoran, yang mewakili investasi lebih lanjut di sekitar area tempat acara.

Acara juga membawa pengunjung yang kemudian berbelanja untuk layanan lokal.

Acara mungkin juga menargetkan masyarakat lokal, yang berarti bahwa multiplier effect di sini menyangkut berapa kali semua jenis uang beredar melalui ekonomi, termasuk uang dari wisatawan.

Sama halnya dengan sektor pariwisata, bisa terjadi kebocoran uang dengan event management. Hal ini dapat terjadi jika penyelenggara dan peserta acara membelanjakan layanan yang dimiliki oleh penyedia jasa di luar negeri seperti hotel.

Hal ini mengurangi kontribusi terhadap perekonomian. Peserta acara dari luar negeri juga dapat membawa uang dengan cara yang sama seperti jenis pengunjung lainnya, oleh karena itu menariknya dari perekonomian nasional.

Geografi ekonomi dan perencanaan kota

Multiplier effect juga relevan dengan geografi ekonomi dan perencanaan kota dengan cara yang sama dengan efeknya di sektor pariwisata.

Dalam pengertian geografis, istilah ini berhubungan lebih luas dengan berapa kali uang melewati ekonomi sirkuler lokal.

Peningkatan investasi dan pembangunan di daerah tertentu menciptakan lapangan kerja dan fasilitas baru, yang mengarah ke peningkatan lebih lanjut dalam pengeluaran dan investasi.

Hal ini relevan bagi para perencana kota saat mereka merencanakan pengembangan baru dan membuat keputusan pengeluaran.

Multiplier effect juga dapat meluas ke industri lokal lainnya, menciptakan pertumbuhan dan pendapatan lebih lanjut. Dalam geografi ekonomi dan pariwisata, pertumbuhan suatu daerah dapat terus menarik investasi dan permintaan lebih lanjut karena terus berkembang.

Multiplier effect berarti bahwa perkembangannya meningkat. Hal ini juga cenderung menyebabkan pertumbuhan populasi di daerah tersebut, yang selanjutnya meningkatkan permintaan akan fasilitas dan layanan lokal.

Banner 3 kledo

Karier yang Mungkin Menggunakan Konsep ini

Ada berbagai macam karier yang mungkin menggunakan multiplier effect, terutama ketika berhubungan dengan pengeluaran pemerintah dan keputusan kebijakan.

Jika Anda tertarik untuk mengejar salah satu jalur karier ini, disarankan untuk membiasakan diri Anda dengan pengganda, efeknya, dan rumus untuk menghitung nilai pengganda.

Multiplier effect bisa menjadi fitur yang lebih signifikan dari beberapa pekerjaan daripada yang lain. Beberapa karier di mana informasi ini bisa sangat berharga termasuk:

  • Ekonom
  • Pejabat kebijakan
  • Analis politik
  • Analis investasi
  • Perencana kota
  • Pengembang properti
  • Pekerja perhotelan atau pariwisata
  • Pejabat pemerintah pusat dan daerah

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN Pajak Online?

Kesimpulan

Itulah pembahasn lengkap mengenai multiplier effect dan juga efeknya bagi ekonomi. Mengenal apa itu multiplier effect juga sangat penting bagi Anda pemilik bisnis untuk mengetahui kondisi kesehatan pasar.

Bayangkan jika Anda memiliki bisnis dengan permintaan musiman, mengetahui multiplier effect akan membantu Anda membuat rencana penjualan yang tepat dalam sebuah bisnis.

Pastikan juga Anda mengetahui data penjualan sepanjang tahun dengan mudah menggunakan sistem akuntansi modern seperti Kledo yang bisa digunakan dengan praktis.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 35 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia untuk mempermudah proses pembukuan dan pembuatan laporan keuangan.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =