Peluang Besar Bisnis Tas Handmade dengan Modal Kecil

Bisnis Tas Handmade

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dimulai oleh anak muda. Mulai dari bisnis reseller, dropship, ataupun bisnis kreativitas seperti membuat buket dari kain flanel.

Nah, selain bisnis-bisnis di atas, ada lagi nih bisnis yang bisa dicoba buat Kawan Kledo yang berjiwa muda, yaitu bisnis tas handmade. Buat Kawan Kledo yang masih berstatus mahasiswa, tas handmade menjadi produk idaman yang sangat mutifungsi. Bisa digunakan untuk kuliah dan bisa juga digunakan untuk acara santai seperti nongrong atau hangout. Kawan Kledo bisa menjadikan bisnis tas handmade sebagai pilihan. Yuk simak informasi di bawah ini tentang bisnis tas handmade.

Potensi Bisnis Tas Handmade

Sebagai orang yang akan membuka suatu bisnis, mengetahui potensi adalah hal yang wajib. Karena hal ini akan berpengaruh ke penjualan. Dengan mengetahu potensi, Kawan Kledo memiliki gambaran bisnis yang akan Kawan Kledo bangun dan juga mengathui bagaimana perkiraan perkembangan bisnis kedepannya.

Tas handmade memiliki potensi bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih jika Kawan Kledo bisa melakukan inovasi dan menggabungkan kreativitas ke dalam tas handmade. Tas handmade saat ini juga sangat diminati oleh anak muda, karena tas jenis ini termasuk jenis yang kekinian. Berikut jenis tas handmade yang bisa Kawan Kledo produksi dan jual.

1. Tas Kanvas

tas kanvas

Bahan kanvas merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat tas. Bahannya yang kuat menjadi alasan bahan ini menjadi favorit. Tidak hanya motif polos, bahan kanvas juga terdapat berbagai motif yang akan membuat tampilan tas semakin menarik. Ada berbagai jenis tas yang bisa diproduksi menggunakan bahan kanvas yaitu tas ransel, totebag, clutch, sling bag, dompet, ataupun kotak pensil. Bahan kanvas dijual dengan harga Rp50 ribu sampai Rp75 ribu tergantung kualitas bahan.

Baca juga: Untung 350 Juta/tahun dengan Bisnis Buket Flanel

2. Totebag Blacu

bisnis tas handmade

Selain bahan kanvas, ada bahan lain yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan tas, yaitu kain blacu. Berbeda dengan bahan kanvas, kain blacu bertekstur lebih tipis dan tidak terlalu banyak variasi motif. Biasanya kain ini berwarna putih atau krim. Kawan Kledo bisa memberikan tambahan motif sendiri pada kain ini dengan cara disulam atau dilukis. Untuk harga, kain ini dijual dengan harga Rp17 ribu – Rp20 ribu setiap meternya.

3. Tas Kain Perca

Pasti Kawan Kledo banyak yang bertanya, lho, kain perca bisa dibuat menjadi tas? Iya, bisa. Meskipun kain jenis ini lebih sering digunakan untuk produk-produk seperti keset atau sarung bantal, namun ternyata kain perca juga bisa digunakan sebagai bahan membuat tas. Kawan Kledo bisa mencari motif yang seirama atau sesuai kemudian menggabungnya menjadi satu kesatuan. Ada berbagai jenis produk tas yang bisa dibuat dengan kain perca, seperti totebag, sling bag, handbag, ataupun tempat make-up.

4. Tas Rajut

tas rajut

Tas rajut merupakan jenis tas yang dibuat dari bahan benang rajut dan disulam dengan teknik merajut. Benang rajut sendiri merupakan benang yang memiliki diameter lebih besar dibandingkan dengan benang jahit. Ada berbagai jenis benang rajut, namun yang paling sering digunakan untuk bahan pembuatan tas adalah benang nilon, penang policeri, benang katun, ataupun jenis benang poliester lainnya. Teknik merajut juga terdapat dua teknik yaitu teknik croching yang menggunakan satu jarum dengan pengait di bagian depan dan teknik knitting yang menggunakan dua jarum. Namun untuk pembuatan tas teknik yang paling sering digunakan adalah teknik croching.

5. Tas Denim

bisnis tas handmade

Selain bisa digunakan sebagai bahan pembuatan celana, bahan denim atau bahan jeans juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan tas. Hal ini dikarenakan bahan denim memiliki tekstur yang kuat sehingga sangat cocok dijadikan sebagai bahan tas. Kawan Kledo bisa membeli bahan denim baru atau memakai bekas celana yang sudah tidak terpakai.

Inovasi Tas Handmade

Setelah mengetahui potensi dan jenis-jenis tas handmade yang bisa Kawan Kledo jadikan inspirasi bisnis, berikut ada juga inovasi yang dilakukan pada tas handmade. Kira-kira apa saja hasil inovasi dari tas handmade ini?

Totebag Lukis

tas lukis

Tas inovasi dari tas handmade adalah totebag lukis. Totebag lukis merupakan tas jenis tote dengan inovasi lukisan di bagian luarnya. Kawan Kledo yang memang memiliki bakat melukis bisa menjadikan produk ini sebagai bisnis terbaru Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa membeli totebag di Shopee kemudian melukisnya atau Kawan Kledo bisa bekerja sama dengan penjahit untuk produksi totebag. Buat Kawan Kledo yang tidak bisa melukis juga tetap bisa menjadikan bisnis ini pilihan. Kawan Kledo bisa melakukannya yang orang yang pintar menggambar. Tas jenis ini juga bisa dijadikan souvernir hadiah dengan menerima custom gambar sesuai yang diingkan customer.

Totebag Print

bisnis tas handmade printing

Selain totebag lukis, ada inovasi lainnya pada jenis totebag ini, yaitu totebag printing. Totebag printing merupakan jenis tas tote yang memiliki motif hasil print. Tas jenis ini lebih murah dibandingkan dengan jenis totebag lukis karena tidak menggunakan jasa lukis yang memang membutuhkan kreativitas tinggi.

Kawan Kledo bisa membeli bahan totebag polos kemudian menggunakan jasa printing untuk memberikan motif di bagian luar tas. Bahan yang bisa dipilih untuk tas ini adalah bahan kanvas atau blacu. Blacu lebih cocok karena bahannya yang lebih lembut dan juga harga kain blacu lebih murah dibandingkan dengan bahan kanvas.

Baca juga: Menjadi Ibu Rumah Tangga Sukses dengan Bisnis Rumahan ini

Souvernir

bisnis tas handmade

Tas bisa menjadi souvernir untuk acara-acara spesial, baik acara seminar, acara pernikahan, acara lamaran, atau acara lainnya. Tas menjadi pilihan souvernir karena benda satu ini memiliki manfaat untuk membawa barang dan juga bisa menjadi tempat souvernir lainnya seperti notebook dan pena. Kawan Kledo bisa menjadikan produk ini sebagai pilihan bisnis. Kawan Kledo bisa bekerja sama dengan penjahit dan juga tukang sablon. Penjahit bertugas untuk memproduksi tas polos, sedangkan sablon bertugas untuk membuat sablon pesanan di atas totebag. Kawan Kledo bisa menggunakan bahan blacu atau bahan spoonbond.

Tas Belanja

bisnis tas handmade

Saat ini pemerintah memiliki program mengurangi plastik dengan menggunakan tas belanja yang bisa dipakai berkali-kali. Dengan memakai tas belanja ini, masyarakat dapat mengurangi limbah plastik yang tidak dapat terurai dalam waktu cepat. Tentu ini akan menjadi peluang buat Kawan Kledo yang ingin membuka bisnis tas handmade. Ada berbagai jenis tas belanja yang bisa dijual, mulai dari jenis yang biasa, jenis bersekat, atau jenis yang bisa dilipat. Bahan yang bisa digunakan untuk tas belanja adalah bahan blacu, bahan kanvas, atau bahan spoonbond.

Menjual Tas Handmade di Internet

Dalam bisnis, produksi dan supply barang memang penting namun ada yang lebih penting dua hal itu yaitu pemasaran produk tersebut. Pemasaran merupakan kunci utama dari suatu bisnis. Pengusaha mendapatkan penghasilan dan keuntungan dari barang yang terjual lewat pemasaran. Tanpa pemasaran yang baik, barang yang Kawan Kledo jual hanya akan menumpuk di gudang dan menimbulkan kerugian.

Setelah mengetahui peluang bisnis tas handmade, lalu tugas selanjutnya adalah bagaimana menjual tas handmade. Di tengah teknologi yang sudah serba canggih, Kawan Kledo bisa memanfaatkannya sebagai tempat pemasaran produk. Ada banyak tempat di internet yang bisa Kawan Kledo jadikan tempat untuk pemasaran, mulai dari media sosial sampai market place. Untuk lebih lanjut, berikut media sosial dan market place yang bisa Kawan Kledo jadikan sebagai tempat promosi:

Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang bisa Kawan Kledo jadikan tempat untuk mempromosikan bisnis Kawan Kledo. Instagram menjadi tempat yang sangat baik untuk branding suatu produk. Ada berbagai fitu yang ada di Instagram yang bisa membantu Kawan Kledo untuk memasarkan produk Kawan Kledo. Seperti fitur feed, story, hashtag (#), dan juga fitur iklan yang ada di Instagram. Di Instagram biasanya dijadikan sebagai etalase toko online dan sebelum membeli, biasanya customer akan melihat produk-produk yang ada di etalase Instagram. jadi untuk menarik pembeli, Kawan Kledo harus membuat foto yang menarik.

Facebook

Facebook sudah ada lebih dulu daripada Instagram. Jika Instagram untuk posting harus menggunakan foto, di Facebook Kawan Kledo bisa posting hanya berupa tulisan. Saat ini sudah ada berbagai fitur di Facebook yang akan mempermudah Kawan Kledo untuk mempromosikan bisnis. Seperti fitur hubungi penjual untuk setiap postingan jualan. Selain itu di Facebook juga ada Facebook Market Place dimana Kawan Kledo bisa membeli barang-barang layaknya market place lainnta di sana.

Banner 2 kledo

Market Place

Tempat terakhir yang bisa Kawan Kledo jadikan sebagai tempat untuk memasarkan produk Kawan Kledo adalah market place. Ada berbagai jenis market place yang bisa Kawan Kledo pilih, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan lainnya. Di market place ini Kawan Kledo bisa membuka toko online di sana dan biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti gratis ongkir, sistem COD atau cash on demand, dan lainnya.

Kesimpulan

Bisnis tas handmade saat ini memiliki peluang yang sangat baik untuk dikembangkan. Ada berbagai jenis bisnis tas handmade yang bisa Kawan Kledo pilih, seperti tas rajut, tas kanvas, tas sovernir, dan berbagai jenis totebag. Tidak dibutuhkan modal banyak untuk memulai bisnis ini karena kunci dari bisnis ini adalah kreativitas.

Agar bisnis Kawan Kledo bisa berkembang lebih besar, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik.

Kawan Kledo bisa mengelola keuangan secara manual namun saat ini ada cara yang lebih mudah yaitu dengan software akuntansi dari Kledo. Selain dilengkapi berbagai fitur yang akan mempermudah pengelolaan keuangan, Kledo juga bisa dicoba secara gratis. Yuk coba Kledo sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − one =