10+ Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Wajib Anda Coba

bisnis rumahan

Saat ini masih banyak yang berpikir bahwa kewajiban mencari nafkah dipikul oleh seorang suami. Sedangkan seorang istri tugas utamanya adalah memasak, mendidik anak-anak dan urusan rumah tangga lainnya. Tapi di zaman modern seperti sekarang, seorang ibu rumah tangga juga bisa bisa membangun bisnis, lho.

Pada artikel kali ini kami akan merokemendasikan lebih dari 10 bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga seperti Anda

Mengapa Ibu Rumah Tangga Berhak Membangun Bisnis?

Ada banyak alasan mengapa orang-orang saat ini mencari ide bisnis, terutama ibu rumah tangga. Di bawah ini kami telah menyebutkan beberapa alasan pentingnya:

1. Peningkatan populasi

Ada peningkatan populasi, tetapi peluang kerja terbatas, terutama ketika pekerjaan bergaji tinggi terbatas. Oleh karena itu, karena alasan ini, orang mencari bisnis berbasis rumah dan secara eksplisit ibu rumah tangga yang biasanya tinggal di rumah dan mengandalkan gaji suami mereka.

Seiring meningkatnya pengeluaran, menjadi sulit untuk bertahan hidup dari satu sumber pendapatan; oleh karena itu, memulai bisnis rumahan apa pun dapat sangat membantu.

2. Outsourcing

Tren pekerjaan outsourcing telah meningkat selama beberapa tahun. Ada banyak perusahaan yang mengalihdayakan pekerjaan kecil mereka karena mereka ingin fokus pada elemen yang lebih penting.

Oleh karena itu, hal ini memberikan kesempatan kepada para ibu rumah tangga karena mereka dapat memilih pekerjaan seperti entri data, mengetik, memasak, dll.

3. Kenyamanan

Alasan lain yang valid adalah sangat nyaman dan mudah bagi ibu rumah tangga untuk memulai bisnis rumahan untuk merawat anak-anak dan keluarga mereka bersama dengan pekerjaan mereka

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Manajemen Keuangan Bisnis

Ide-ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Ketika ibu rumah tangga ingin memulai sebuah bisnis, tidak mungkin ia bisa langsung membukanya. Ada hal yang harus Anda miliki sebelum itu, yaitu ide usaha.

Beberapa ibu rumah tangga mencari peluang di mana mereka bisa bekerja dari rumah tanpa harus meninggalkan anak-anak mereka.

Berikut adalah beberapa bisnis atau pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari rumah dan cocok bagi Anda seorang ibu rumah tangga beserta perkiraan modalnya:

1. Layanan katering

Jika Anda ahli dalam memasak, mengapa tidak memulai bisnis katering Anda sendiri.

Tentu, Anda akan membutuhkan pemasaran untuk memulai bisnis ini, tetapi ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda jika Anda memiliki hasrat untuk memasak. Oleh karena itu, Anda dapat mengubah kegiatan memasak Anda sehari-hari menjadi bisnis profesional penuh waktu yang dapat menghasilkan banyak uang.

Bisnis ini menawarkan banyak fleksibilitas karena Anda dapat menentukan waktu kapan Anda dapat mengantarkan makanan.

Selain itu, Anda juga dapat memasak makanan ini bersama dengan makanan yang Anda siapkan untuk rumah Anda.

Awalnya, Anda dapat memulai bisnis ini dalam skala kecil dengan menerima pesanan lokal, dan sesuai permintaan, Anda dapat menyediakannya di pertemuan sosial, acara perusahaan, kumpul-kumpul, dll.

Saat ini, orang tidak memiliki waktu memasak untuk banyak orang di rumah; oleh karena itu, mereka lebih memilih layanan katering dan makanan rumahan.

Anda bisa menjadi katering penuh waktu atau menawarkan jasa Anda sesuai festival. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini adalah sekitar 4 juta sampai 6 juta rupiah.

2. Wedding planner

Anda juga dapat menjadi seorang wedding planner jika Anda suka mengelola acara dan memiliki jaringan yang memadai.

Anda tidak memerlukan pelatihan atau gelar profesional untuk menjadi seorang wedding planner. Pernikahan adalah momen yang sangat penting, dan semua orang ingin menjadikan hari tersebut sebagai hari terbaik dalam hidupnya.

Jika Anda merasa memiliki kemampuan tersebut dan dapat mengatur katering, pencahayaan, dekorasi, transportasi, memilih tempat, pakaian, dan kegiatan lainnya, maka ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk dipertimbangkan.

Untuk menjadi koordinator pernikahan yang sukses, Anda membutuhkan tim yang baik dan izin usaha.

Investasi awal akan minimal 10 juta rupiah dan keuntungan akan bervariasi sesuai dengan anggaran pernikahan dan klien yang Anda dapatkan.

Ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para ibu rumah tangga karena ini adalah bisnis musiman; oleh karena itu, mereka tidak harus sibuk sepanjang tahun.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

3. Bisnis kerajinan tangan

Jika Anda kreatif, Anda bisa memulai bisnis kerajinan tangan. Pengetahuan kreatif Anda dapat membantu Anda menghasilkan banyak uang karena ada banyak permintaan untuk barang-barang dekorasi rumah yang unik dan orang-orang siap membayar dengan harga yang pantas.

Anda tidak membutuhkan banyak investasi untuk bisnis ini; yang perlu Anda lakukan hanyalah meluangkan waktu, dan sisanya adalah kerja keras Anda.

Untuk memulai bisnis ini, Anda akan membutuhkan cat air, cat kimia, dan cat minyak untuk memberikan warna dan desain yang lebih baik. Berbagai hal yang bisa Anda pilih mulai dari melukis, membuat produk gips Paris, memahat, pertukangan kayu, dll.

Aspek penting lainnya yang diperlukan dalam bisnis ini adalah pemasaran; Anda dapat menjual produk secara online atau menjualnya ke toko-toko lokal atau memajangnya di pameran.

Baca juga: 25 Contoh Franchise Makanan dan Minuman Terlaris Serta Modalnya

4. Mengajar les musik

Ini bisa menjadi bisnis rumahan yang bagus, tetapi penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang tepat tentang instrumen yang ingin Anda ajarkan.

Jika Anda bersemangat dan berbakat dalam musik, maka Anda bisa mulai mengajar dari rumah Anda.

Ada banyak orang tua yang ingin anak-anak mereka berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti memainkan alat musik karena dapat menjadi sebuah profesi.

Awalnya, Anda dapat memulai dengan mengambil kelas di daerah Anda dan kemudian mengembangkannya sesuai dengan respon.

Saat ini, video Anda menjadi viral dengan cepat melalui YouTube sehingga Anda dapat mengunggah beberapa video Anda di sana, dan jika orang-orang menyukai keterampilan Anda, Anda bahkan dapat memulai kelas online karena telah menjadi tren dan kebutuhan saat ini.

Tidak ada investasi yang dibutuhkan untuk bisnis ini, Anda hanya membutuhkan sebuah instrumen, dan Anda siap untuk memulai.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Travel Terbaik

5. Fotografer profesional

Jangan menganggap diri Anda seorang fotografer yang hebat jika Anda pandai mengambil foto selfie. Fotografi profesional lebih dari itu; jika Anda memiliki passion untuk itu dan ingin menekuninya dengan serius, maka lakukanlah bisnis ini.

Bisnis ini baru-baru ini berkembang pesat karena berbagai alasan, seperti bisnis online yang mencari fotografer profesional untuk website, blog mereka, dan menjualnya. Jika Anda memiliki foto-foto yang unik, maka berbagai agensi iklan siap membayar dengan harga yang cukup tinggi.

Jika Anda sudah memiliki pengetahuan tentang fotografi, maka itu bagus, tetapi jika Anda seorang amatir, maka disarankan untuk mengikuti pelatihan sebelum memulai.

Untuk bisnis rumahan ini, Anda akan membutuhkan kamera dan lensa profesional; oleh karena itu, investasinya sekitar 15 juta rupiah, sisanya tergantung pada berapa banyak lagi yang dapat Anda belanjakan karena membutuhkan lampu profesional juga.

6. Bimbingan belajar offline dan online

Pendidikan telah menjadi kebutuhan di zaman sekarang, dan seiring berjalannya waktu, tingkat melek huruf juga meningkat secara global.

Ini bisa menjadi pilihan yang fantastis bagi ibu rumah tangga jika mereka memenuhi syarat dan terampil karena mereka dapat menggunakan pengetahuan akademis mereka dengan memberikan les secara offline atau online.

Jika Anda memiliki kualifikasi yang tinggi, maka Anda dapat memberikan pelatihan untuk kursus profesional dan mendapatkan banyak uang. Namun jika Anda memiliki kualifikasi dasar, maka Anda dapat mengambil kelas yang sesuai.

Anda bisa membuka lembaga pelatihan kecil di rumah jika Anda memiliki tempat yang susuai standar atau Anda juga bisa memulai kelas online.

Anda juga memiliki pilihan untuk merekam sesi dan mengirimkannya ke siswa jika mereka tidak hadir. Bisnis ini tidak memerlukan investasi atau sangat minim, tapi penghasilannya sangat bagus.

7. Salon kecantikan

Sebagian besar wanita menyukai make-up dan hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan. Jika Anda juga memiliki minat untuk membuat orang lain terlihat cantik dengan keahlian Anda, maka ini bisa menjadi ide bisnis rumahan yang bagus untuk ibu rumah tangga.

Untuk memulai bisnis ini, Anda akan membutuhkan rencana karena pertama-tama Anda mungkin harus mengambil kelas khusus selama 3 hingga 6 bulan, yang biasanya mahal.

Kedua, Anda harus membeli produk kecantikan yang berkualitas baik, dan Anda juga membutuhkan ruang komersial untuk membuka salon.

Ditambah lagi, Anda juga memerlukan interior yang bagus. Oleh karena itu, investasinya akan lebih dari 25 juta rupiah tetapi keuntungannya juga besar dalam bisnis ini.

Hal terbaik dari bisnis ini adalah jika Anda bagus dalam pelayanan Anda, maka pelanggan Anda akan selalu kembail, ditambah lagi Anda akan mendapatkan referensi yang baik.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Pakaian dan Tips Memilihnya

8. Desain interior

Ini bisa menjadi bisnis yang ideal untuk orang-orang yang menyukai karya seni, desain, dan dekorasi rumah. Anda dapat mengubah passion ini menjadi karir dalam mendesain interior dan menghasilkan uang yang cukup banyak.

Namun, untuk bisnis rumahan ini, Anda harus mendapatkan pengalaman yang baik. Anda juga bisa memilih untuk magang atau bekerja dengan perusahaan terkemuka untuk mendapatkan pengalaman praktis.

Pengalaman sangat penting karena Anda harus mendesain interior tidak hanya untuk rumah tetapi juga untuk kantor, restoran, mal, hotel, dll.

Ini bisa menjadi cara terbaik untuk bekerja dari rumah karena Anda dapat membuat desain di rumah sesuai kenyamanan Anda.

Anda dapat memulai dengan mengerjakan proyek-proyek kecil, dan kemudian sesuai dengan pengalaman, Anda dapat memulai dengan proyek yang lebih besar.

Investasi dalam bisnis ini rendah, tapi ada banyak kerja keras dan waktu yang dibutuhkan untuk mendesain.

9. Perancang dan pembuat kue

bisnis kue

Kue adalah hal pertama yang anda pikirkan ketika anda ingin merayakan ulang tahun, hari jadi, pernikahan, perpisahan, atau acara lainnya.

Orang-orang senang mencoba berbagai jenis kue, dan saat ini variasi kue tidak terbatas. Jadi, jika Anda tertarik dengan bidang ini, Anda harus melatih keterampilan Anda secara serius dan profesional.

Ini adalah bisnis dengan investasi rendah karena Anda dapat memulai bisnis ini dari rumah Anda; yang perlu Anda beli hanyalah beberapa bahan baku dan peralatan.

Selain itu, Anda mungkin perlu mengikuti beberapa pelatihan sebelum menjadikan sebagai karir Anda. Anda harus membuat kue yang berkualitas baik dengan rasa yang berbeda agar mudah bagi Anda untuk menciptakan pasar Anda sendiri.

Pada awalnya, Anda dapat mulai menerima pesanan dari lingkungan sekitar Anda, dan kemudian, Anda dapat membuat klien sendiri atau menjualnya langsung ke toko roti terdekat. Anda juga bisa membuat toko online dan beriklan untuk menjual kreasi Anda.

10. Freelance

Sebagai ibu rumah tangga, jika Anda ingin bekerja dari rumah, maka freelancing adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang.

Ini adalah bisnis yang menguntungkan karena tidak ada investasi yang dibutuhkan; yang Anda butuhkan hanyalah waktu dan keterampilan.

Berbagai peluang yang tersedia untuk pekerjaan freelancing adalah entri data, mengisi formulir, pekerjaan berbayar, mendesain web, menulis konten, dll.

Ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan spesifik karena ada banyak kemungkinan yang terbuka. Dalam pekerjaan ini, biasanya, tidak diperlukan pengalaman kerja; tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda pilih.

Banyak situs web yang menawarkan freelancing online, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda memilih website yang terpercaya. Anda dapat dengan mudah mengetahui tentang website dengan membaca ulasan dan feedback.

Investasi dalam jenis pekerjaan ini tidak ada; oleh karena itu, apa pun yang Anda hasilkan adalah keuntungan 100% Anda.

Baca juga: 20 Ide Usaha Kreatif dan Inovatif Serta Tips Mengembangkannya

11. Kelas memasak

Anda bisa memulai usaha ini dari rumah dan kemudian mengembangkannya. Ini adalah bisnis terbaik untuk ibu rumah tangga, dimana mereka dapat mengubah passion mereka menjadi uang.

Awalnya, Anda dapat memulai bisnis ini dari dapur Anda, dan jika jumlah siswa meningkat, Anda dapat membawanya ke tingkat berikutnya. Ide bagus lainnya untuk meraih kesuksesan adalah dengan memposting video memasak Anda secara online atau mengunggah tutorial.

Permintaan untuk bisnis ini telah meningkat karena orang-orang suka memasak makanan, dan untuk itu, mereka ingin mempelajari resep baru.

Investasi yang dibutuhkan dalam bisnis ini hanya 5 juta sampai 8 juta rupiah, dan keuntungan yang diharapkan adalah 40% atau bahkan lebih dari itu

12. Affiliate marketing

Ini juga merupakan ide bisnis rumahan yang bagus untuk ibu rumah tangga karena tidak ada investasi di dalamnya.

Dalam bisnis ini, perusahaan membayar komisi untuk setiap pengunjung atau pembeli yang Anda bawa ke mereka. Anda bisa mendapatkan jumlah uang yang layak berdasarkan kinerja Anda.

Anda tidak memerlukan produk atau pasar untuk itu, ditambah lagi tidak ada toko fisik yang diperlukan. Anda perlu berburu beberapa produk terlaris dan mempromosikannya dengan menggunakan strategi pemasaran yang berbeda. Setiap kali Anda menjual produk, Anda akan mendapatkan komisi.

Yang Anda butuhkan hanyalah smartphone, internet berkecepatan tinggi, dan rekening bank untuk memulai bisnis ini.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan mendaftar secara gratis di program pemasaran afiliasi. Berbagai perusahaan menyediakan kesempatan ini, seperti Tokopedia, Shopee, Tiktok affiliate, dll.

13. Blogging

Apakah Anda memiliki keterampilan menulis? Jika ya, maka Anda bisa memulai blog Anda sendiri dan mendapatkan sejumlah uang setiap bulannya.

Ini bisa menjadi bisnis rumahan yang sangat baik untuk ibu rumah tangga karena mereka dapat menulis kapan pun mereka mau. Untuk memulai bisnis ini, Anda memerlukan keterampilan menulis dasar dan topik khusus untuk ditulis.

Ada berbagai topik yang bisa Anda pilih sesuai minat dan passion Anda seperti memasak, hiburan, olahraga, musik, pendidikan, dll.

Anda perlu memastikan bahwa apa pun yang Anda tulis harus bermanfaat dan menghibur sehingga semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda.

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu mendaftarkan nama domain dan membeli hosting dan WordPress yang andal.

Setelah itu, Anda harus menginstal tema, mendesain blog, dan kemudian mulai menulis tentang topik yang Anda sukai. Kemudian salah satu hal yang paling penting yaitu mengarahkan trafik, untuk hal ini Anda bisa menggunakan SEO.

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan untuk Bisnis Rumah Tangga?

Salah satu hal kunci sukses dalam berbisnis adalah dengan melakukan pengelolaan uang yang baik. Apalagi bagi ibu rumah tangga, pengelolaan keuangan sangat penting.

Anda harus membedakan mana uang untuk berbisnis dan mana uang untuk kebutuhan rumah tangga. Jangan sekali-kali mencampurkannya menjadi satu atau menggunakan uang bisnis untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Anda bisa menggunakan uang bisnis, dari hasil laba atau untung yang didapat.

Agar tidak mengalami kesulitan, Anda harus rutin melakukan pencatatan uang yang keluar dan uang yang masuk. Berapa jumlah pendapatan, berapa jumlah pengeluaran, semuanya harus dicatat.

Jika kesulitan dengan pencatatan keuangan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mencatat keuangan bisnis yang lebih baik. Salah satu software akuntasi yang bisa Anda gunakan adalah Kledo.

Dengan harga yang terjangkau dan mudah digunakan, Kledo merupakan pilihan terbaik bagi Anda seorang ibu rumah tangga yang masih awam akuntansi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: 10 Tips Jitu Jualan di Instagram, Dijamin Laris Manis

Kesimpulan

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga tidak bisa punya penghasilan sendiri. Di zaman yang serba maju sekarang ini, tifdak ada yang nggak mungkin untuk dilakukan.

Termasuk ibu rumah tangga yang memutuskan untuk berbisnis. Selain bisa membantu keuangan keluarga, dengan berbisnis ibu rumah tangga juga memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga. Jadi, kapan Anda akan menjadi ibu rumah tangga yang sukses berbisnis?

Desi Murniati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =