6 Bisnis Franchise Paling Menguntungkan di Indonesia, Omzet Puluhan Juta!

6 Bisnis Franchise Paling Menguntungkan

Saat ini bisnis memang menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan penghasilan. Kawan Kledo juga bisa menjadi salah satu orang yang memulai sebuah bisnis. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dimulai, salah satunya adalah bisnis franchise. Franchise merupakan bisnis yang menawarkan paket bisnis di dalamnya, yang terdiri dari alat dan bahan, merek, sampai operasional bisnis. Ketika Kawan Kledo membeli sebuah franchise, Kawan Kledo terima beres dan bisa langsung memulai bisnis tersebut. Tentu sistem bisnis yang seperti ini sangat simpel, khususnya bagi Kawan Kledo yang tidak ingin diribetkan dengan sistem operasional bisnis yang menguras pikiran dan tenaga. Berikut ada beberapa bisnis franchise paling menguntungkan dengan omzet jutaan rupiah, namun sebelum memutuskan membeli franchise, pastikan Kawan Kledo memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Franchise

bisnis-franchise-makanan

Seperti memulai bisnis lainnya, memulai bisnis franchise juga tidak bisa dilakukan secara asal. Terlebih bisnis ini biasanya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jadi, pastikan Kawan Kledo memperhatikan beberapa hal ini sebelum memutuskan membuka bisnis franchise.

Mulai dari Sesuatu yang Disukai

Ada banyak pilihan buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis franchise, mulai dari minuman, makanan, dan lainnya yang akan Kledo bahas di bawah ini. Dalam memilih jenis franchise yang ingin Kawan Kledo kembangkan, pastikan Kawan Kledo menyukai dan memiliki minat terhadap jenis bisnis ini. Hal ini dikarenakan dengan adanya minat, Kawan Kledo akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Persiapkan Modal

Modal bisnis franchise sangat bervariasi. Ada bisnis yang bisa dimulai dengan modal di bawah Rp5 juta, ada yang puluhan juta, dan ada pula yang sampai ratusan bahkan miliaran rupiah. Modal ini disesuaikan dengan apa yang akan Kawan Kledo dapatkan. Semakin besar modal yang dikeluarkan, semakin besar pula fasilitas yang Kawan Kledo dapatkan. Apalagi buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis franchise dari brand atau merek yang sudah terkenal, maka harganya akan semakin mahal.

Cari Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis akan menentukan kesuksesan bisnis franchise yang Kawan Kleod miliki. Semakin strategis maka semakin baik. Kawan Kledo harus memilih lokasi yang dekat dengan target pasar yang Kawan Kledo tuju. Misalnya target pasar Kawan Kledo adalah mahasiswa, maka Kawan Kledo harus mencari lokasi yang berada dekat dengan kampus. Buat Kawan Kledo yang memiliki target pasar karyawan swasta, maka Kawan Kledo harus mencari lokasi yang dekat dengan kantor.

Pelajari Bisnis Franchise Sebelum Memulai

Tak kenal, maka tak sayang. Kawan Kledo pasti sering mendengar pribahasa tersebut. Ternyata pribahasa tersebut tidak hanya berlaku di dunia relantionship namun juga di dunia bisnis. Pastikan Kawan Kledo sudah mengenal bisnis franchise yang akan Kawan Kledo kembangkan sebelum memulai. Cara untuk mengenalnya bisa dilakukan dengan cara mempelajari bisnis tersebut. Pelajari produk yang dijual, sistem yang berlaku, dan juga bagaimana keadaan pasarnya. Semakin baik bisnis tersebut, maka semakin menguntungkan untuk dikembangkan. Jangan sampai Kawan Kledo memilih bisnis yang salah dan menyesal.

Bisnis Franchise Paling Menguntungkan

Sebelumnya, Kledo pernah membahas bisnis franchise makanan dan bisnis franchise minuman. Namun ternyata bisnis franchise tidak hanya ada di dunia bidang tersebut lho dan sama seperti bisnis makanan dan minuman, bisnis franchise ini juga tidak kalah menguntungkan. Apa saja bisnis franchise yang dimaksud? Yuk baca di bawah ini:

1. The Clean Bar Laudry

bisnis franchise clean bar laundry

The Clean Bar Laundry didirikan di Kota Solo pada tahun 2014. Berbeda dengan laundry lainnya yang menerima jasa membersihkan pakaian, The Clean Bar Laudry memberikan jasa membersihkan tas dan sepatu. Tentu bisnis ini terbilang unik karena memberikan inovasi dari laundry yang biasanya melayani jasa cuci pakaian. Meskipun mencuci tas sepatu terbilang jarang dilakukan, namun bisnis The Clean Bar Laundry semakin berkembang dan kini memperluas bisnis dalam bentuk franchise. Untuk memulai bisnis The Clean Bar Laudry dibutuhkan modal mulai dari Rp60 juta untuk investasi tanpa booth, sedangkan Rp85 juta sampai Rp90 juta dengan booth dengan fasilitas sebagai berikut:

  • Mendapatkan booth lengkap.
  • Training SDM selama 2 (dua) hari sebelum pembukaan dimulai.
  • Mendapatkan pendampingan selama 3 (tiga) hari setelah pembukaan.
  • Mendapatkan tim dari pusat selama 5 (lima) hari.
  • Seragam karyawan.
  • Materi untuk promo untuk acara pembukaan seperti brosur.
  • Bahan baku lengkap.
  • Standar operasional lengkap.
  • LCD TV 21 Inch.

Dengan modal dan fasilitas tersebut, pembeli akan mendapatkan omzet sebesar Rp30 juta setiap bulan.

2. Indomaret

indomaret

Kawan Kledo pasti sudah tidak asing dengan minimarket satu ini. Yaps, Indomaret merupakan salah satu minimarket yang kini tersebar di seluruh Indonesia. Kawan Kledo dapat menemukan minimarket ini setiap beberapa meter. Tidak hanya di daerah perkotaan, Indomaret juga dapat ditemukan di daerah-daerah yang cukup pelosok. Indomaret merupakan bisnis dengan sistem franchise, dimana Kawan Kledo juga diberikan kesempatan untuk menjadi pemiliknya dengan modal sebesar Rp394 juta. Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk membuka bisnis franchise Indomaret:

  • Merupakan warga negara Indonesia.
  • Dapat menyediakan tempat usaha di area komersil yang memiliki luas 120-200 m2.
  • Memiliki ijin mendirikan usaha.
  • Menyediakan dana untuk investasi yaitu sebesar Rp394 juta.
  • Memiliki jiwa wirausaha dan dapat fokus untuk mengembangkan bisnis waralaba di Indonesia.

3. Apotek K24

bisnis franchise apotek k24

Buat Kawan Kledo yang membutuhkan obat-obatan setiap harinya, keberadaan apotek pasti sangat dibutuhkan. Meski menjadi kebutuhan, tidak setiap orang mendapatkan akses apotek yang memadai, khususnya yang buka selama 24 jam. Untuk itulah Apotek K24 diubah oleh pemiliknya yaitu dr. Gideon Hartono menjadi bisnis franchise pada tahun 2005. Apotek K24 memiliki kepanjangan yaitu Apotek Komplit 24 jam dimana masyarakat bisa memperoleh obat yang dibutuhkannya setiap waktu.

Untuk membuka bisnis ini diperlukan modal yang sangat besar yaitu Rp970 juta. Dengan modal yang sangat besar tersebut, pembeli akan mendapatkan fasilitas mulai dari franchise fee, stok obat-obatan, renovasi bangunan, sewa bangunan selama 1 tahun, interior apotek, modal kerja 3 bulan, sistem IT, perizinan operasional, pelatihan karyawan, dan investasi lainnya seperti AC, sepeda motor, dan sebagainya.

4. Bambu Spa

bisnis franchise bambu spa

Saat ini perawatan tubuh menjadi kebutuhan setiap perempuan. Bagi perempuan yang tidak memiliki kesibukan, merawat diri sendiri bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Namun bagi perempuan yang setiap hari dipenuhi kesibukan baik bekerja di kantor atau mengurus rumah tangga, lebih memilih menggunakan jasa salon untuk perawatan diri. Spa menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan perempuan yang ingin memanjakan diri.

Banyak yang beranggapan bisnis spa hanya bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman di bidang ini, padahal sebenarnya Kawan Kledo juga bisa membuka bisnis ini. Ya, caranya adalah dengan membeli franchase Bambu Spa. Bambu Spa merupakan franchise yang menawarkan sistem bisnis yang lumayan unik yaitu treatment dengan metode bambu. Bambu Spa menggunakan bahan alami yang dipercaya akan memancarkan kecantikan alami perempuan yang menggunakan jasanya. Treatment yang bisa Kawan Kledo lakukan di Bambu Spa antara lain face treatment, ear candle, special body massage, foot relaxation, pregnancy spa, vagina spa, dan lainnya.

Kawan Kledo tertarik membuka bisnis Bambu Spa ini? Untuk membukanya Kawan Kledo harus menyiapkan modal sebesar Rp850 juta dan memenuhi beberapa persyaratan antara lain membuat proposal yang terdiri dari pemilihan lokasi, target pasar, modal, komitmen, dan lainnya. Jika Kawan Kledo telah setuju, selanjutnya Bambu Spa akan memberikan informasi mengenai perjanjian kerja sama.

5. Multilink

bisnis franchise multilink

Bisnis franchise ternyata tidak hanya bergerak di bidang makanan, minuman, minimarket, atau kesehatan dan kecantikan, namun ada juga franchise yang bergerak di bidang IT. Bisnis ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang ingin membuka bisnis di bidang IT tapi tidak ingin direpotkan dengan urusan merek, ide, dan operasional lainnya. Multilink menawarkan bisnis dengan fokus pembuatan website, software, jasa pembelian tiket travel, jasa desain layout, promosi online dan lainnya.

Mitralink menjanjikan keuntungan yang berlimpah. Tidak hanya memiliki pasar di Indonesia, Mitralink juga telah menjangkau pasar global. Kawan Kledo dapat memulai kemitraan dengan Mitralink dengan modal Rp18 juta.

6. Alfamart

alfamart

Selain Indomaret, ada lagi bisnis franchise yang menjadi kompetitor Indomaret dan biasanya letaknya berdekatan dengan Indomaret. Ya, apalagi jika bukan Alfamart. Alfamart berdiri pada tahun 1999 di Karawaci Tangerang dan menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Sama seperti Indomaret, Alfamart juga membuka peluang bagi Kawan Kledo yang ingin menjadi salah satu pemilknya.

Sebelum membeli Alfamart, Kawan Kledo harus mengetahui semua informasi dan memahami tentang bisnis minimarket, operasional bisnis, pembukuan, persyaratan, modal, dan juga menyediakan toko dengan luas kurang lebih 100 m2. Modal yang harus disiapkan untuk membuka bisnis ini adalah Rp397 juta.

Kesimpulan

Membuka bisnis franchise bisa menjadi pilihan bagi Kawan Kledo yang ingin berbisnis tanpa harus memikirkan konsep, ide, merek, dan operasional lainnya. Kawan Kledo bisa membuka bisnis franchise makanan, minuman, atau jenis lainnya seperti di atas. Memulai bisnis franchise membutuhkan modal yang beragam, mulai dari 5 juta rupiah sampai ratusan juta.

Untuk itu Kawan Kledo harus benar-benar mengelola keuangan dengan baik. Jangan sampai Kawan Kledo mengalami kerugian karena ketidak mampuan mengelola keuangan. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Tunggu apa lagi, daftar Kledo sekarang juga!

2 thoughts on “6 Bisnis Franchise Paling Menguntungkan di Indonesia, Omzet Puluhan Juta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *