Cara Daftar Gratis Ongkir di Shopee Paling Mudah dan Cepat

cara daftar gratis ongkir shopee

Sebelumnya Kledo sudah membahas tentang fitur-fitur di Shopee yang sangat memudahkan dalam berbelanja online. Salah satu fitur yang sangat disukai pengguna Shopee baik penjual ataupun pembeli adalah fitur Gratis Ongkir yang ada di Shopee. Gratis ongkir merupakan fitur pemberian subsidi ongkos kirim kepada pembeli dengan syarat-syarat tertentu. Bagi pembeli, fitur ini sangat menguntungkan karena tidak lagi dibebani oleh biaya pengiriman barang. Bagi penjual, dengan adanya fitur ini pembeli tidak ragu untuk membeli produk yang dijual. Buat Kawan Kledo yang sering melakukan pembelian di Shopee pasti sudah tahu cara untuk mendapatkan voucher gratis ongkir. Tapi apakah Kawan Kledo sudah tahu cara mendaftar Shopee Gratis Ongkir bagi penjual? Banyak di antara penjual baru di Shopee yang menanyakan hal ini, jadi gimana sih cara daftar Gratis Ongkir Shopee bagi penjual?

Buka Toko di Shopee

shopee

Sebelum mendaftarkan fitur gratis ongkir yang dimiliki oleh Shopee, pengguna harus mendaftar di Shopee terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mulai jualan di Shopee:

  1. Buatlah akun di Shopee dan klik Daftar, setelah itu lakukan verifikasi no. HP dan email.
  2. Lengkapi Profil Toko lewat Shopee Centre atau bisa juga di Aplikasi Shopee.
  3. Tambah produk, mengkapi atribut produk dan deskripsi produk, jangan lupa untuk menambahkan foto paling bagus dan pilih jasa kirim.
  4. Pastikan produk yang dijual tidak masuk ke dalam barang yang dilarang oleh Shopee.
  5. Lakukan promosi agar mendapatkan pesanan pertama.
  6. Setelah mendapatkan pesanan, kemas dan kirim!

Fitur Gratis Ongkir dan Segala Kemudahannya

gratis ongkir shopee

Fitur gratis ongkir menjadi fitur andalan marketplace Shopee. Sejak awal kemunculannya di Indonesia pada tahun 2015 Shopee telah mengenalkan fitur gratis ongkir sebagai kelebihan yang dimiliki marketplace tersebut. Namun nggak semua produk bisa masuk ke gratis ongkir, nggak semua pengguna juga bisa menikmati fitur ini. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menikmati fitur ini. Syarat-syarat yang sering diberlakukan untuk fitur ini adalah minimal belanja yang dimulai dari Rp50 ribu sampai Rp300 ribu. Semakin besar persyaratannya semakin besar subsidi yang diberikan.

Tidak jauh berbeda dengan pembeli, gratis ongkir bagi penjual memiliki rincian seperti di bawah ini:

  1. Gratis Ongkir Xtra sampai dengan Rp10 ribu dengan minimal belanja Rp30 ribu, berlaku untuk ekspedisi pengiriman JNT, Si Cepat, ninda xpress, dan ShopeeXpress.
  2. Gratis Ongkir Xtra sampai dengan Rp50 ribu dengan minimal belanja Rp200 ribu, ekspedisi pengiriman JNT, Si Cepat, ninda xpress, dan ShopeeXpress.
  3. Gratis Ongkir sampai Rp20 ribu dengan minimal belanja Rp90 ribu, berlaku untuk ekspedisi pengiriman JNT, Si Cepat, ninja xspress, dan ShopeeXpress.
  4. Gratis Ongkir sampai Rp20 ribu dengan minimal belanja Rp120 ribu, berlaku untuk ekspedisi pengiriman JNT, YES, JTR, Gram Express, Go Send. Khusus bagi Shopee Mall dan Star Seller.
  5. Gratis Ongkir sampai Rp20 ribu dengan minimal belanja Rp150 ribu, berlaku untuk ekspedisi pengiriman JNT, YES, JTR, Gram Express, Go Send. Khusus bagi toko dengan tanda free di truk berwarna hijau.
  6. Gratis Ongkir sampai dengan Rp50 ribu dengan minimal belanja Rp300 ribu, berlaku untuk ekspedisi pengiriman JNT, Si Cepat, ninda xpress, JTR, YES, dan ShopeeXpress. Khusus bagi Shopee Mall dan Shopee24.

Daftar Gratis Ongkir

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendaftarkan gratis ongkir Shopee bagi pemilik toko. Pendaftaran ini bisa dibilang sangat mudah, Kawan Kledo hanya perlu menyiapkan KTP. Apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftarkan gratis ongkir di Shopee? Berikut caranya:

1. Setelah melakukan login dengan akun Shopee yang Kawan Kledo miliki, langkah selanjutnya adalah pilih icon Gratis Ongkir Xtra.

gratis ongkir shopee

2. Setelah masuk ke bagian Gratis Ongkir Xtra, skroll ke bagian paling bawah dan pilih ‘Semua Gratis Ongkir

produk shopee

3. Skrol sampai bawah dan pilih ‘Daftar Sekarang’ untuk mendaftarkan gratis ongkir di Shopee.

4. Kawan Kledo akan diminta untuk mengisi data diri seperti NIK dan foto KTP. Biasnaya diperlukan waktu sampai satu minggu untuk pendaftaran gratis ongkir diterima.

gratis ongkir shopee

5. Setelah terverifikasi, Kawan Kledo diwajibkan mengaktifkan fitur Jasa Kirimku dan pastikan data-data tentang toko Kawan Kledo sudah benar, agar pembayaran subsidi ke Kawan Kledo lancar.

gratis ongkir shopee

7. Pilih jasa pengiriman yang akan Kawan Kledo gunakan.

gratis ongkir shopee

8. Jika pendaftaran gratis ongkir telah disetujui, akan muncul pilihan gratis ongkir saat membuka produk yang ada di toko Kawan Kledo.

gratis ongkir shopee

Tips agar Cepat Mendapatkan Order Pertama

Daftar toko di Shopee udah, upload produk udah, daftar gratis ongkir juga udah, tapi kok toko yang Kawan Kledo miliki belum juga mendapatkan pesanan pertama. Ya, mendapatkan pesanan pertama di Shopee ternyata nggak semudah yang dipikirkan. Terlebih karena persaingan yang ketat di marketplace ini membuat toko-toko yang masih baru sulit untuk mendapatkan pesanan pertama. Meskipun sulit tapi bukan berarti tidak ada solusinya. Kawan Kledo bisa melakukan cara-cara agar segera mendapatkan pesanan pertama di Shopee. Kira-kira apa saja yang harus dilakukan agar segera mendapatkan pesanan pertama di Shopee? Berikut jawabannya:

1. Beri Harga yang Kompetitif

Hal pertama yang harus Kawan Kledo lakukan agar cepat mendapatkan pesanan pertama adalah dengan memberikan harga paling kompetitif. Pastikan harga yang Kawan Kledo berikan mampu bersaing dengan produk sejenis. Agar mengetahui harga yang kompetitif, Kawan Kledo bisa melakukan survei di toko-toko yang menjual produk serupa di Shopee.

2. Berikan Banyak Variasi Produk

Kedua, berikan banyak variasi pada produk yang Kawan Kledo jual. Misalnya Kawan Kledo menjual jilbab pasmina, pastikan Kawan Kledo memiliki banyak variasi mulai dari warna, motif, sampai bahan jilbab. Ini dilakukan agar pembeli memiliki banyak pilihan dan dengan banyaknya pilihan akan memberikan dampak positif bagi toko Kawan Kledo.

3. Naikkan Produk dengan Fitur di Shopee

Shopee memiliki fitur dimana penjual dapat menaikan produk selama beberapa jam. Fitur ini akan membantu produk yang dijual lebih mudah ditemukan oleh pengguna lainnya. Semakin sering Kawan Kledo menaikan produk, lebih sering pula produk yang dijual muncul di hasil pencarian teratas.

4. Buatlah Voucher Toko

Untuk meningkatkan promosi di Shopee, penjual yang memiliki toko di Shopee dapat membuat voucher toko yang berisi diskon atau potongan harga. Kawan Kledo bisa membuat voucher toko dengan cara:

  • Pada bagian Seller Center pilihlah ‘Promosiku’.
  • Setelah itu ‘Buat Voucher Baru’ dan isi semua informasi di kolom ‘Informasi Voucher’.
  • Centang kotak ‘Berlaku untuk Semua Produk’ dan terakhir klik ‘Simpan’.

5. Share di Media Sosial

Share di media sosial akan membantu Kawan Kledo mempromosikan produk yang Kawan Kledo di Shopee. Saat ini banyak pelaku bisnis yang melakukan promosi di media sosial dan untuk transaksi di lakukan melalui aplikasi Shopee. Kawan Kledo bisa melakukan hal serupa. Kawan Kledo bisa memberikan link toko di Shopee di akun bisnis Kawan Kledo di media sosial.

Kesimpulan

Gratis ongkir merupakan salah satu fitur yang ada di Shopee dan menjadi fitur andalan Shopee sejak diluncurkan di pasaran. Buat pengguna yang menjual produknya di Shopee, wajib untuk mendaftarkan fitur gratis ongkir ini. Kawan Kledo bisa mengikuti cara di atas untuk mendaftar gratis ongkir di Shopee. Baik melalui aplikasi atau melalui website, caranya sama ya!

Selain mendaftarkan fitur gratis ongkir di Shopee, sebagai pemilik bisnis, Kawan Kledo juga wajib mengelola keuangan dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan bisnis, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang dan dapatkan kesempatan akses gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *