Tips dan Cara Melunaskan Hutang Usaha Dengan Cepat

cara melunasi hutang

Jika Anda menjalankan bisnis dan memiliki utang, Anda tidak sendirian. Dalam riset Gallup, 36 persen pemilik usaha kecil mengatakan mereka tidak nyaman dengan berapa banyak utang yang ditanggung bisnis mereka. 49 persen mengatakan mereka merasa sangat sulit untuk mengelola utang mereka saat ini dan mencari cara melunaskan hutang usaha dengan cepat.

Meskipun terkadang Anda mungkin harus berhutang untuk meningkatkan skala bisnis Anda, hutang dalam bisnis selalu menjadi hal yang memberatkan bagi Anda pemilik bisnis.

Berikut adalah cara dan rencana langkah demi langkah untuk membantu Anda melunaskan hutang usaha dengan cepat dan mengurangi hutang bisnis Anda, sehingga Anda bisa mulai fokus pada tugas-tugas penting lainnya.

Berikut adalah tahapan dan cara untuk mengelola dan melunaskan hutang usaha lebih baik:

Buat Anggaran Bisnis Baru

cara melunasi hutang

Mengabaikan hutang tidak akan membuatnya hutang tersebut hilang. Namun dalam beberapa kasus, bisnis yang merasa hutang mereka berlebihan adalah sebuah pendapat yang bias.

Mereka hanya tidak melakukan pencatatan biaya secara teratur, atau pendapatan yang belum Anda optimalkan untuk melunasi hutang.

Jadi, hal pertama yang pertama: periksa jumlah hutang Anda saat ini dan buat anggaran bisnis kecil yang baru.

Begini caranya:

  • Baca artikel kami untuk penganggaran usaha kecil
  • Identifikasi total hutang Anda (pembukuan Anda dapat membantu dengan ini)
  • Pahami arus kas Anda saat ini. Berapa banyak pendapatan yang Anda hasilkan?
  • Tentukan berapa banyak uang tunai yang dapat Anda alokasikan setiap bulan untuk melunasi hutang Anda

Tujuan dari proses ini adalah untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak hutang Anda, dan memutuskan berapa banyak kas yang dapat Anda alokasikan untuk melunasi hutang setiap bulan.

Pilih Strategi Pengurangan Hutang yang Tepat

Strategi terbaik untuk membayar utang bisnis akan tergantung pada seberapa banyak Anda berutang, arus kas Anda saat ini, dan kemauan Anda membayar utang, tentunga.

Dua strategi pengurangan utang yang umum meliputi:

  1. Strategi sederhana. Buat rencana pengeluaran yang hanya penting dan uraikan untuk apa Anda tidak akan menghabiskan uang sampai utang Anda lunas. Sulit untuk dipatuhi jika Anda adalah seorang “pemboros” daripada “penabung.”
  2. Strategi persentase. Dedikasikan X persen dari keuntungan Anda untuk melunasi hutang ekstra.

Strategi-strategi ini dapat digunakan untuk membayar semua jenis hutang usaha kecil, tetapi mereka hanya akan efektif jika Anda memiliki keuangan usaha kecil Anda (di situlah perencanaan anggaran berguna).

Baca juga: Merger dan Akuisisi: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Perbedaannya

Tetapkan Jangka Waktu “Keluar dari Hutang”

Dengan strategi anggaran dan pengurangan utang Anda, Anda harus dapat menghitung kapan Anda akan melunasi semua utang Anda.

Merencanakan tanggal akhir, ditambah beberapa “tujuan pembayaran hutang” lainnya di kalender Anda, akan membuat Anda tetap termotivasi dan membantu Anda mengukur seberapa baik Anda melakukannya dengan pembayaran pinjaman Anda.

Ini contohnya

Inilah yang akan terlihat seperti garis waktu pembayaran utang sederhana jika Anda melunasi utang 12.500.000 selama tiga tahun.

Tujuannya adalah untuk menetapkan tenggat waktu untuk melunasi utang Anda sepenuhnya, dan menandai target pembayaran utang di kalender. Ini akan membantu Anda melihat seberapa baik kinerja Anda selama ini.

Jika Anda membayar bunga atas utang Anda, pastikan Anda memasukkannya ke dalam jadwal pembayaran Anda.

Utang Tahun ke1Utang Tahun ke 2 Utang Tahun ke 3
1 Maret12.500.0007.500.0004.500.000
Tanggal 1 Juni10.000.0006.000.0002.000.000
Tanggal 1 September9.000.0004.500.0000
Utang di akhir tahun9.000.0004.500.0000

Baca juga: Evaluasi Kinerja Akhir Tahun: Apa saja Yang Perlu Diperhatikan?

Restrukturisasi Hutang Anda (Jika Bisa)

Restrukturisasi utang Anda terkadang dapat mengurangi jumlah utang Anda.

Ada baiknya mencoba salah satu metode berikut jika itu berlaku untuk situasi Anda. Jika ragu, mintalah bantuan akuntan Anda dalam hal ini.

Cari celah dalam pinjaman Anda

Kembali dan periksa persyaratan pinjaman Anda. Mengetahui persyaratan pinjaman Anda dapat membantu Anda menggunakan uang ekstra secara strategis saat Anda melunasi utang.

Misalnya, apa yang terjadi ketika Anda membayar ekstra pada pembayaran pinjaman bulanan Anda? Terkadang surplus dapat dikreditkan ke pembayaran di masa depan, atau mungkin dikurangkan dari modal (tidak besar jika arus kas sudah ketat).

Celah seperti ini biasanya hanya berlaku untuk pinjaman cicilan dan pembayaran ke vendor. Kartu kredit dan jalur kredit tidak memiliki struktur yang membuat ini menguntungkan.

Negosiasikan persyaratan dengan vendor

Dapatkah Anda memperpanjang jangka waktu pembayaran pada setiap faktur yang belum dibayar? Atau, dapatkah Anda menegosiasikan diskon yang lebih besar untuk pembayaran lebih awal untuk pembelian baru?

Negosiasikan ulang persyaratan pinjaman Anda

Jika Anda terlambat membayar, jangan takut untuk mengangkat telepon dan menegosiasikan persyaratan pinjaman Anda.

Melakukan pinjaman orang yang salah merupakan kerugian besar bagi pemberi pinjaman; hal terakhir yang ingin dilakukan pemberi pinjaman adalah mengirim agen penagihan ke tempat Anda.

Jelaskan situasi keuangan Anda dan tanyakan kepada pemberi pinjaman Anda apakah mereka dapat fleksibel dengan biaya keterlambatan, restrukturisasi pembayaran, dan bahkan menegosiasikan kembali tingkat bunga Anda.

Surat kesulitan juga dapat membantu mendukung upaya negosiasi Anda dengan kreditur.

Ketahuilah bahwa menegosiasikan kembali persyaratan pinjaman kemungkinan akan menurunkan nilai kredit Anda, jadi sebaiknya gunakan taktik ini ketika Anda tidak berencana untuk mengajukan kredit tambahan di tahun depan atau lebih.

Baca juga: Cara Mengatasi Penurunan Penjualan dan Membuat Bisnis Kembali Membaik

Konsolidasikan hutang Anda

Konsolidasi hutang adalah di mana Anda mengambil satu pinjaman besar, lebih disukai dengan bunga rendah untuk melunasi beberapa pinjaman bisnis yang lebih kecil.

Ini dapat menyederhanakan keuangan bulanan Anda, dan umumnya membawa tingkat bunga yang lebih rendah daripada pinjaman lainnya.

Namun, hati-hati: banyak di antaranya memerlukan agunan atau jaminan pribadi yang dapat menambah risiko untuk bisnis bahkan keuangan pribadi Anda.

Konsolidasi hutang bekerja dengan baik untuk bisnis dengan beberapa pinjaman usaha kecil atau banyak hutang kartu kredit, menghasilkan bunga yang tinggi atau terlalu banyak pembayaran hutang setiap bulan.

Untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari metode ini, yang terbaik adalah mencari nasihat dari akuntan atau penasihat keuangan Anda sebelum mengkonsolidasikan utang.

Kuncinya adalah memastikan metode ini tidak hanya membebaskan jalur kredit maksimum dan membuat Anda masuk ke lubang yang lebih besar.

Menyewa perusahaan restrukturisasi utang

Jika restrukturisasi utang usaha kecil Anda terlalu berat untuk ditangani sendiri, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan perusahaan restrukturisasi utang.

Untuk biaya, mereka akan bernegosiasi dengan agen penagihan dan kreditur atas nama Anda untuk memperpanjang atau mengubah perjanjian kredit yang ada.

Banner 2 kledo

Kurangi Pengeluaran Anda

Cara melunaskan hutang terbaik adalah dengan mengetahui dengan jelas pengeluaran usaha Anda.

Temukan cara untuk menghabiskan lebih sedikit dan Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk mengurangi utang usaha kecil.

Kedengarannya sangat sederhana, bukan? Namun ini lebih sulit daripada yang terlihat.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Ketahui biaya yang Anda keluarkan dengan detail

Apakah Anda tahu biaya bahan mentah, perlengkapan, tenaga kerja, perlengkapan kantor, sewa, sewa mobil, transportasi, pemasaran, dan segala sesuatu yang Anda habiskan untuk menjalankan bisnis Anda?

Menjadi ahli dalam mengurangi pengeluaran Anda dimulai dengan memiliki pemahaman yang tajam tentang berapa banyak yang Anda belanjakan saat ini.

Baca juga: Total Quality Management (TQM): Pengertian, Elemen dan Penerapannya dalam Bisnis

Otomatiskan pembayaran hutang Anda

Bayar hutangmu dulu. Setiap kali Anda menerima pembayaran, segera teruskan persentase pendapatan ke pemberi pinjaman Anda.

Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan ini secara manual setiap kali Anda dibayar, siapkan transfer otomatis dari rekening bank Anda sehingga Anda tidak merasa tergoda untuk menyimpan uang di rekening Anda.

Periksa kembali margin keuntungan Anda

Jika Anda menarik pelanggan dengan produk atau layanan yang hanya menghasilkan margin rendah, Anda mungkin mendapat manfaat jika menghilangkan produk atau layanan tersebut dari bisnis Anda.

Memaksimalkan penjualan produk atau layanan yang menghasilkan margin tinggi dapat membantu Anda memangkas pengeluaran untuk produk yang tidak benar-benar menghasilkan pendapatan.

Jual, lalu sewa

Jika Anda memiliki kendaraan bisnis yang relatif baru atau barang besar lainnya dalam bisnis Anda, menjualnya—lalu menyewakannya kembali dari vendor aslinya—dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran.

Jalankan angka untuk memastikan strategi ini masuk akal dalam jangka panjang sebelum Anda beralih.

Hasilkan penghasilan tambahan

Semakin banyak kas yang Anda miliki, semakin cepat Anda dapat melunasi hutang bisnis Anda dan membayar pinjaman yang tersisa.

Sebenarnya, jika menghasilkan pendapatan tambahan semudah itu, bisnis tidak akan berutang sejak awal.

Jadi, ketika Anda mencari cara untuk menghasilkan pendapatan tambahan, prioritaskan dulu metode mudah yang menghasilkan uang ekstra dengan cepat.

Diversifikasi

Dapatkah Anda menambahkan produk atau layanan tambahan ke penawaran Anda saat ini?

Bisakah Anda mendiversifikasi pendekatan Anda terhadap pemasaran dan menarik audiens khusus lainnya yang belum dimanfaatkan?

Naikkan harga Anda

Jika Anda dapat mempertahankan jumlah penjualan yang sama, mengenakan biaya lebih untuk produk atau layanan Anda adalah cara cepat untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Sebelum Anda menaikkan harga, beri tahu pelanggan Anda bahwa harga akan segera naik dan tanyakan apakah mereka ingin memesan sesuatu sebelum perubahan diterapkan. Bahkan ini bisa menghasilkan lonjakan pendapatan yang besar.

Upsell

Bisakah Anda menjual lebih banyak kepada klien Anda yang sudah ada? Dapatkah Anda menawarkan insentif atau menggabungkan produk atau layanan yang ada untuk menarik klien yang sudah ada agar membeli lebih banyak dari Anda?

Email cepat dengan obral kilat, penawaran terbatas, atau penawaran khusus pelanggan, mungkin cukup untuk meningkatkan pendapatan.

Periksa tingkat persediaan Anda

Jika persediaan stagnan menghambat arus kas Anda, lihat apakah Anda dapat menyesuaikan kebiasaan pembelian Anda atau beralih ke pemasok yang menawarkan hak pengembalian barang yang tidak terjual.

Jual aset dan inventaris yang tidak digunakan

Cara ini juga dikenal sebagai “melikuidasi aset Anda,” lihat hal-hal yang tidak Anda butuhkan dan jual.

Pasarkan meja yang tidak terpakai itu di OLX, letakkan peralatan kantor untuk dilelang, atau cari bisnis lain untuk membeli sebagian dari perusahaan Anda yang tidak lagi Anda sukai?

Peringatan tentang metode ini: jangan menjual apa pun yang Anda buat sebagai jaminan atas utang yang ada. Itu penipuan dan memiliki implikasi hukum yang serius.

Baca juga: Manajemen Risiko: Pengertian, Prinsip, Tahapan, dan Fungsinya

Berpikir secara lateral

Apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan finansial dengan cepat?

Bisakah Anda menyewakan sebagian kantor Anda ke bisnis lain? Bisakah Anda menghemat uang sewa dengan bekerja secara remote? Seorang pengusaha mengumpulkan $28.000 dana awal dengan menyewakan kamar tidurnya—dan sofanya—di AirBnB.

Berkreasilah dan hasilkan pendapatan tambahan dari aset Anda yang ada.

Apa yang Bisa Kledo Lakukan Untuk Membantu Anda?

cara melunasi hutang

Untuk proses pengendalian dan pemantauan utang usaha yang lebih baik, Anda harus mencatat setiap biaya yang Anda keluarkan dan juga keuntungan yang Anda dapatkan pada proses pembukuan yang benar.

Jika bisa, hindari proses manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, beralihlah menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau seperti Kledo.

Dengan Kledo Anda bisa memantau dan melakukan pencatatan utang yang terjadi dalam bisnis Anda. Kledo juga memiliki fitur pengingat utang sehingga memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran dan proses penganggara utang dalam bisnis Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini dan temukan cara melunaskan hutang usaha dengan cara yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =