Mudahnya Jualan Online di Facebook Marketplace, Berani Coba?

jualan online facebook

Di tengah zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, banyak cara yang dilakukan untuk berjualan. Salah satu tempat yang saat ini memiliki peluang besar untuk berjualan adalah marketplace. Ada beberapa marketplace yang terkenal di Indonesia, di antaranya adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, dan OLX. Marketplace mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 2015 dan sampai saat ini terus mengalami perkembangan. Salah satu marketplace yang cukup menjanjikan dan belum banyak diketahui adalah Facebook Marketplace. Sebenarnya apa sih Facebook Marketplace dan apa perbedaannya dengan marketplace lainnya? Lalu bagaimana cara berjualan di Facebook Marketplace?

Apa itu Facebook Marketplace?

facebook

Sebelum membahas tentang Facebook Marketplace, sebenarnya marketplace itu apa sih? Marketplace merupakan perantara antara penjual dengan pembeli yang ada di dunia maya. Marketplace berada di posisi pihak ketiga yang dalam transaksi online antara penjual dnegan pembeli dan juga menyediakan fasilitas pembayaran. Untuk lebih lanjutnya Kawan Kledo bisa membacanya di Blog Kledo yang ada di sini.

Setelah mengetahui apa itu marketplace, lalu apa sebenarnya Facebook Marketplace? Apa bedanya Facebook Marketplace dengan marketplace lainnya? Jadi, Facebook Marketplace merupakan tempat melakukan jual beli yang ditujukan kepada pengguna Facebook karena marketplace ini ada di dalam Facebook.

Facebook Marketplace dikenalkan pertama kali pada tahun 2016 dan hanya bisa digunakan di Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Bagi yang sudah memperbarui aplikasi Facebook ke versi 174.0.0.54.96 pasti akan menemukan fitur baru dengan logo kios yang berada sebaris dengan beranda, pesan, teman, dan pemberitahuan. Untuk tampilan di PC atau desktop, Facebook Marketplace ada di bagian bawah Messenger. Penempatan logo ini dianggap strategis karena pengguna dengan mudah menemukannya dan melakukan jual beli di sana.

Baca juga: Mulai Berjualan di Tokopedia dengan Cara Mudah Berikut Ini

Manfaat Facebook Marketplace

facebook

Facebook Marketplace yang masih berada di dalam platform Facebook sebagai salah satu fitur memiliki beberapa manfaat yaitu cepat, gratis, ringan, dan simpel. Buat Kawan Kledo yang tidak menyukai atau kurang berminat dengan belanja online yang melipatkan ekspedisi yang mengakibatkan barang tidak cepat sampai, Kawan Kledo bisa memilih marketplace di Facebook sebagai pilihan belanja online. Kawan Kledo bisa membeli secara COD atau Cash on Demand dengan penjualnya secara langsung.

Kawan Kledo bisa memperluas jaringan pencarian atau penjualan dengan mengatur lokasi. Jika Kawan Kledo ingin menjual atau mencari produk di sekitar tempat tinggal Kawan Kledo, Kawan Kledo bisa mengaturnya dengan jarak paling dekat. Buat Kawan Kledo yang ingin mengatur penjualan ke luar kota, Kawan Kledo bisa mengatur lokasi sesuai keinginan. Misalnya Kawan Kledo menjual buku dan ingin mengarahkan penjualan ke Malang padahal Kawan Kledo tinggal di Jogja, Kawan Kledo tinggal mengaturnya lokasi di Malang, dengan begitu postingan Kawan Kledo akan dijangkau oleh pengguna yang tinggal di Malang.

Memang, Facebook Marketplace tidak ada hubungannya dengan postingan Kawan Kledo di feed namun Kawan Kledo bisa membagikannya ke grup-grup jual beli yang ada di Facebook. Dengan begitu postingan di grup jual beli akan lebih terkendali tanpa harus keluar-masuk dari grup.

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

facebook marketplace

Kawan Kledo ingin menjual produk di Facebook Marketplace, tapi bingung bagaimana caranya? Nah, berikut cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk berjualan di Facebook Marketplace:

Melalui Android

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjual produk di Facebook Marketplace adalah dengan menggunakan android. Buat Kawan Kledo yang menggunakan Facebook versi android, Kawan Kledo bisa mengklik logo kios yang ada satu baris dengan beranda, grup, pesan, dan notifikasi. Untuk mulai menjual produk di sana, Kawan Kledo klik ‘jual’ yang ada di bawah kolom pencarian. Selanjutnya adalah isi semua data terkait produk yang dijual, mulai dari kategori, apa yang dijual, harga, lokasi, keterangan, dan ketersediaan. Jangan lupa tambahkan foto produk yang akan dijual.

Setelah selesai, Kawan Kledo bisa memiliki akan membagikannya ke grup atau tidak. Bagi yang memilih membagikan di grup, maka akan muncul di grup tersebut. Setelah menyelesaikannya, Kawan Kledo hanya menunggu pesanan yang akan masuk melalui fitur pesan di Facebook.

Melalui PC/Komputer

Selain menggunakan Facebook Android, Kawan Kledo juga bisa menjual produk dari Facebook yang ada di PC atau komputer. Caranya pun tidak jauh berbeda dari Facebook versi android. Setelah masuk ke https://web.facebook.com/, selanjutnya adalah pilih ikon Marketplace yang berbentuk toko. Pada bagian kiri, pilihlah +Buat Tawaran Baru. Ada beberapa pilihan, mulai dari Barang Dijual, Kendaraan Dijual, atau Kontrakan. Sama seperti versi android, isilah data-data produk mulai dari foto, judul, harga, kategori, keterangan, lokasi, dan pilihan ketersediaan, lalu klik selanjutnya. Kawan Kledo akan diberikan pilihan membagikan ke grup atau tidak. Setelah memilih, selanjutnya selesaikan dan produk Kawan Kledo sudah ada di Facebook Marketplace. Jika ada pengguna Facebook yang tertarik dengan produk yang Kawan Kledo jual, maka ia akan menghubungi Kawan Kledo melalui fitur pesan.

Baca juga: Ingin Menjadi Star Seller Shopee? Yuk Coba Cara Mudah Ini!

Tips Jualan di Facebook Marketplace

facebook marketplace

Menjual produk di Facebook Marketplace membutuhkan tips dan trik khusus agar barang yang dijual diminati oleh pengguna Facebook. Kira-kira apa saja tips dan trik yang bisa digunakan untuk menjual produk di Facebook Marketplace?

Mulailah dari Jenis Produk atau Jasa

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjual produk di Facebook adalah memiliki jenis produk yang ditawarkan Saat ini ada tiga pilihan yang bisa Kawan Kledo pilih di Facebook Marketplace, yaitu item yang akan dijual, kendaraan dijual, atau kontrakan. Pastikan Kawan Kledo memilih sesuai dengan apa yang Kawan Kledo jual.

Banner 1 kledo

Lengkapi Foto Produk

Melengkapi foto produk merupakan sesuatu yang harus dilakukan bagi Kawan Kledo yang ingin menjual produk di Facebook Marketplace. Usahakan foto produk yang Kawan Kledo upload punya lebih dari satu sudut pandang, sehingga sekali mengunggah bisa beberapa foto sekaligus. Selain itu, selalu gunakan foto realpict atau foto asli agar pembeli tidak merasa kecewa dengan produk yang Kawan Kledo jual.

Harga

Sebisa mungkin Kawan Kledo mencantumkan harga sejujurnya saat mengunggah produk di Facebook Marketplace. Jangan sekali-kali mencantumkan harga yang tidak sesuai, seperti Kawan Kledo menjual buku dengan harga Rp80.000, namun Kawan Kledo menulis harga Rp5.000. Ini akan menyebabkan kekecewaan pada orang yang tertarik dengan produk Kawan Kledo dan mereka tidak akan mempercayai produk yang Kawan Kledo jual di Facebook Marketplace.

Bagikan Postingan ke Grup yang Tepat

Salah satu fitur yang ada di Facebook Marketplace adalah membagikannya ke grup jual-beli. Tidak hanya satu grup, Kawan Kledo bisa mengirimkannya ke beberapa grup. Namun bukan berarti Kawan Kledo bisa asal membagikannya ke berbagai grup. Pilihlah grup yang tepat untuk membagikan postingan. Sesuaikan dengan produk yang Kawan Kledo jual, misalnya Kawan Kledo menjual produk makanan, namun Kawan Kledo membagikannya ke grup jual-beli komputer dan laptop.

Pilih Lokasi yang Tepat

Pilih lokasi yang tepat untuk menjual dagangan Kawan Kledo di Facebook Marketplace. Kawan Kledo bisa memilih lokasi yang berada dekat dengan tempat tinggal Kawan Kledo jika memang target pasar ada di sana. Namun buat Kawan Kledo yang menggunakan jasa ekspedisi, bisa mengatur jualan di lokasi lainnya. Misalnya Kawan Kledo menjual produk rajut dan karena peminatnya banyak di Bali atau Jogja, Kawan Kledo bisa memilih tempat-tempat tersebut sebagai pilihan lokasi.

Tips Belanja di Facebook Marketplace

facebook marketplace

Selain bisa dijadikan sebagai tempat menjual berbagai produk, Kawan Kledo juga bisa membeli produk di Facebook Marketplace. Apa saja tips yang harus dilakukan untuk menjual produk di Facebook Marketplcae?

Gunakan Kotak Pencarian

Tips pertama yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk belanja di Facebook Marketplace adalah dengan menggunakan kotak pencarian yang ada di fitur Facebook Marketplace. Fitur ini berbeda dengan pencarian yang ada di Facebook yang sering digunakan untuk mencari nama pengguna. Pencarian di Facebook Marketplace hanya digunakan untuk mencari produk yang dijual oleh pengguna Facebook. Dengan menggunakan fitur ini Kawan Kledo akan lebih mudah menemukan barang yang diinginkan.

Sesuaikan Lokasi dan Jarak

Kedua, sesuaikan lokasi dan jarak dengan yang Kawan Kledo inginkan. Kawan Kledo bisa menyesuaikan dengan lokasi dimana Kawan Kledo berada agar Facebook Marketplace hanya menampilkan produk-produk yang dijual paling dekat dengan lokasi yang dipilih.

Foto dan Deskripsi Produk

Selanjutnya, carilah penjual yang menampilkan foto realpict atau foto asli dan bukan hanya menampilkan foto hasil editan. Selain itu carilah produk yang memiliki deskripsi yang lengkap dan jelas. Jika tidak cukup dengan deskripsi yang diberikan, Kawan Kledo bisa bertanya ke penjual melalui fitur pesan yang ada di Facebook.

Kesimpulan

Facebook Marketplace bisa menjadi pilihan buat Kawan Kledo yang ingin menjual produknya secara online. Selain bisa ditemukan oleh pengguna Facebook dengan mudah, Facebook Marketplace juga bisa digunakan secara gratis. Kawan Kledo hanya perlu menunggu orderan masuk dan bisnis Kawan Kledo berkembang dengan pesat.

Nah, jika bisnis Kawan Kledo sudah berkembang jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang!

Desi Murniati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − seven =