Cara Terbaik Menghindari Bisnis Bangkrut, Penting!

menghindari bisnis bangkrut

Bangkrut merupakan mimpi buruk bagi sebuah bisnis. Tidak ada satupun bisnis yang ingin mengalami kebangkrutan. Agar Kawan Kledo tidak mengalami mimpi buruk ini, Kawan Kledo harus melakukan cara-cara untuk menghindari bisnis bangkrut.

Apa saja cara menghindari bisnis bangkrut ini? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, Kawan Kledo bisa membacanya di bawah ini:

Penyebab Bisnis Bangkrut

bisnis bangkrut

Sebuah bisnis bisa mengalami kebangkrutan bukan tanpa penyebab. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sebuah bisnis mengalami kebangkrutan. Nah, kira-kira apa saja penyebab bisnis bisa mengalami bangkrut?

Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Tidak Memiliki Perencanaan yang Matang

Penyebab bisnis bangkrut yang pertama adalah dikarenakan bisnis tersebut tidak memiliki perencanaan yang matang. Perencanaan ini penting bagi sebuah bisnis sejak bisnis tersebut dimulai.

Jika sebuah bisnis tidak memiliki perencanaan yang matang bisa tersebut akan kehilangan fokus kemana bisnis akan dibawa. Perencanaan biasanya berisi rincian bisnis dan target yang ingin dicapai di masa depan.

Meski kelihatannya sederhana, namun bisnis bisa kapan saja kehilangan tujuan. Jadi, penting bagi Kawan Kledo membuat perencanaan yang matang sebelum memulai bisnis. Perencanaan yang matang ini seperti peta yang akan menyelamatkan Kawan Kledo ketika tersesat dalam perjalanan mencapai tujuan.

Baca Juga: 8 Langkah Terbaik Membuat Rencana Promosi, Coba Sekarang!

2. Tidak Melakukan Inovasi

Penyebab bisnis mengalami kebangkrutan yang kedua adalah tidak melakukan inovasi. Inovasi jadi hal yang harus dilakukan agar bisnis dapat bersaing dan bertahan di pasar.

Selain itu, dengan melakukan inovasi, bisnis juga dapat berkembang hingga tujuan bisnis dapat tercapai. Jadi bisa dibayangkan apa jadinya jika bisnis tidak melakukan inovasi: ia akan kalah dalam persaingan pasar.

3. Kekurangan Modal

Penyabab bisnis bisa mengalami kebangkrutan selanjutnya adalah kekurangan modal. Modal dibutuhkan seorang pebisnis untuk memulai bisnis mereka.

Meski ada bisnis yang bisa dimulai tanpa modal, namun untuk keberlangsungan bisnis modal tetap dibutuhkan. Bisnis yang dimulai dengan modal tentunya akan membuat mengembangkan bisnis menjadi lebih mudah.

Kekurangan modal nyatanya bisa membuat bisnis akhirnya gulung tikar. Jadi, sebelum hal ini terjadi Kawan Kledo harus mencegah kekurangan modal ini.

4. Punya Banyak Utang

Selain kekurangan modal, memiliki banyak utang juga bisa menjadi penyebab sebuah bisnis mengalami kebangkrutan. Utang yang menumpuk akan semakin sulit untuk diselesaikan, terlebih untuk utang yang memiliki bunga.

Meski bisa menyelesaikan permasalahan kekurangan modal, namun berutang harus tetap terkontrol agar sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: Tips dan Cara Melunaskan Hutang dengan Cepat

5. Tidak Melakukan Analisis Pasar

Pasar adalah bagian penting dalam bisnis. Sebaik apapun produk Kawan Kledo, jika tidak memiliki pasar dan tidak mengetahui dimana pasar potensial, maka produk Kawan Kledo tidak akan laku.

Makanya sebelum memulai bisnis, biasanya dilakukan analisis pasar. Analisis pasar dilakukan agar bisnis dapat mengenali pasar bisnis. Jangan sampai bisnis Kawan Kledo bangkrut karena tidak melakukan analisis pasar ini ya.

6. Tidak Melakukan Analisis Kompetitor

Selain tidak melakukan analisis pasar, penyebab selanjutnya yang bisa membuat bisnis bangkrut adalah tidak melakukan analisis kompetitor. Sama seperti analisis pasar, analisis kompetitor dibutuhkan untuk mengenali siapa kompetitor bisnis.

Jadi, pastikan Kawan Kledo melakukannya ya!

Baca Juga: Cara Meningkatkan Daya Saing untuk Bisnis Lebih Baik

7. Tidak Mengelola Keuangan dengan Baik

Penyebab selanjutnya adalah tidak mengelola keuangan dengan baik. Terburuknya, tidak memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis.

Meski terlihat sepele, namun keuangan bisnis adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan dan terabaikan. Banyak bisnis yang akahirnya bangkrut karena tidak mengelola keuangan dengan baik. Jadi, jangan menyepelekannya ya!

Baca Juga: Kesalahan Bisnis di Tahun 2022 yang Harus Dihindari

Cara Terbaik Menghindari Bisnis Bangkrut

Agar bisnis Kawan Kledo tidak mengelami kebangkrutan, Kawan Kledo dapat melakukan cara-cara untuk menghindari kebangkrutan bisnis ini. Apa saja cara yang dapat dilakukan untuk menghindari bisnis bangkrut? Berikut jawabannya:

1. Buat Perencanaan Bisnis yang Matang

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghindari bisnis bangkrut adalah dengan membuat perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan bisnis ini terdiri dari latar belakang bisnis didirikan, visi dan misi, motto, target pasar, hingga strategi pemasaran yang ingin dilakukan.

Buat Kawan Kledo yang kesulitas membuat perencanaan bisnis Kawan Kledo bisa mempelajari cara membuat business plan atau bisa juga membuat Business Model Canvas. Dari business plan yang dibuat ini, Kawan Kledo juga bisa menggunakannya untuk mengajukan pinjaman di bank atau mengikuti kompetisi bisnis.

2. Lakukan Inovasi Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan di bagian awal, inovasi bisnis jadi bagian penting jika ingin bisnis Kawan Kledo bersaing di pasar. Inovasi bisnis ini biasanya dilakukan mengikuti perkembangan tren di pasar.

Sebagai contoh penambahan variasi pada bisnis makanan atau minuman. Saat melakukan inovasi Kawan Kledo bisa membuat pengumuman di media sosial. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa menjadikan promo diskon sebagai bentuk inovasi. Buat sekreatif mungkin agar konsumen selalu penasaran dengan produk Kawan Kledo.

3. Jaga Kualitas Produk

Selain melakukan inovasi, menjaga kualitas produk juga dapat dilakukan untuk menghindari kebangkrutan bisnis. Kualitas produk merupakan hal yang dipertimbangkan konsumen ketika ingin membeli suatu produk. Jadi, penting bagi Kawan Kledo untuk menjaganya.

Lalu bagaimana cara menjaga kualitas produk ini? Kawan Kledo bisa selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk membuat produk yang berkualitas. Sebelum menjualnya ke konsumen, pastikan Kawan Kledo mengecek kembali kualitas produk tersebut agar konsumen tidak merasa kecewa.

Dengan kualitas yang selalu terjaga, Kawan Kledo bisa membuat konsumen loyal dengan bisnis yang Kawan Kledo miliki.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan dalam Bisnis

4. Kontrol Utang dengan Baik

Utang bisa menjadi solusi bagi bisnis yang kekurangan modal, tapi jika tidak bisa mengontrol utang dengan baik, ini bisa menjadi malapetaka. Sudah banyak bisnis yang akhirnya gulung tikar karena utang yang menumpuk.

Jadi, buat Kawan Kledo yang ingin menghindari kebangkrutan bisnis, Kawan Kledo wajib mengontrol utang dengan baik. Berutanglah sesuai kemampuan Kawan Kledo membayarnya di masa depan.

Kawan Kledo juga bisa cek besaran bunga utang sebelum memutuskan untuk berutang. Pilihlah pinjaman dengan bunga kecil agar tidak membebani Kawan Kledo di masa depan.

Baca Juga: Mengetahui Apa Itu Hutang Jangka Panjang dan Jangka Pendek dalam Bisnis

5. Lakukan Analisis Pasar

Melakukan analisis pasar sebelum Kawan Kledo memulai bisnis juga bisa dijadikan sebagai cara menghindari kebangkrutan bisnis. Analisis pasar akan membantu Kawan Kledo dalam mengenali pasar yang akan dituju.

Analisis pasar ini dapat dilakukan dengan cara-cara di bawah ini:

  • Mengidentifikasi tujuan analisis
  • menganalisis industri
  • Menganalisis pelanggan yang ditargetkan
  • Analisis kompetitor
  • Mengalisis SWOT
  • Memperkirakan peluang bisnis

6. Lakukan Analisis Kompetitor

Setelah melakukan analisis pasar, selanjutnya cara menghindari bisnis bangkrut adalah dengan melakukan analisis kompetitor. Analisis kompetitor dilakukan dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan semua informasi terkait kompetitor, pelanggan, hingga faktor pasar lainnya yang turut berkontribusi pada kompetitif sebuah bisnis.

Analisis kompetitor penting dilakukan untuk lebih mengenali lingkungan bisnis. Karena biasanya kompetitor memang ada di lingkungan bisnis yang sama dengan bisnis Kawan Kledo. Jadi, sebelum memulai bisnis dan untuk beberapa periode sekali, pastikan Kawan Kledo melakukan analisis ini ya!

7. Kelola Keuangan dengan Baik

Cara terakhir dan paling penting untuk menghindari bisnis bangkrut adalah dengan mengelola keuangan bisnis dengan baik. Percaya atau tidak, permasalahan pengelolaan keuangan ini sering menjadi masalah bisnis khususnya UMKM.

Salah satu permasalahan keuangan bisnis yang sering dilakukan dan cukup fatal adalah tidak memisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Ini sering menjadi penyebab bisnis akhirnya gulung tikar.

Lalu kapan waktu terbaik untuk melakukan pengelolaan keuangan bisnis? Jawabannya adalah sejak bisnis tersebut dimulai. Semakin cepat semakin baik, karena memperbaiki keuangan bisnis yang berantakan akan sangat sulit.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Baca Juga: Tips Pembukuan Biaya bagi Bisnis UMKM, Mudah!

Banner 3 kledo

Mengapa Pengelolaan Keuangan Bisnis Sangat Penting?

menghindari bisnis bangkrut

Pengelolaan keuangan menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis. Ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Jika Kawan Kledo memperhatikan bisnis yang ada di sekeliling, Kawan Kledo dapat melihat banyak bisnis yang akhirnya gulung tikar karena pengelolaan keuangan yang berantakan.

Ini membuktikan pengelolaan keuangan pada bisnis memang begitu penting. Mengapa demikian? Berikut beberapa alasan mengapa pengelolaan keuangan bisnis begitu penting:

  1. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Kawan Kledo akan terbantu dalam hal mengidentifikasi permasalahan finansial yang ada;
  2. Pengelolaan keuangan bisnis yang baik juga membantu mewujudkan tujuan bisnis yang Kawan Kledo inginkan;
  3. Kawan Kledo juga bisa menyiapkan dana darurat bisnis dengan adanya pengelolaan keuangan bisnis yang baik;
  4. Kawan Kledo bisa meningkatkan arus kas atau cash flow dengan pengelolaan keuangan bisnis yang baik;
  5. Dengan pengelolaan keuangan yang baik Kawan Kledo bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan bisnis Kawan Kledo semakin berkembang.

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi online yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Kledo menjadi solusi terbaik bagi Kawan Kledo yang selama ini kesulitan melakukan pengelolaan keuangan bisnis. Tidak hanya itu, sistem cloud yang dimiliki software akuntansi Kledo akan memudahkan Kawan Kledo mengelola keuangan dari mana saja dan kapan saja, asalkan ada koneksi internet.

Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnis.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menghindari bisnis bangkrut yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk bisnis Kawan Kledo. Pastikan Kawan Kledo menerapkan cara-cara di atas agar bisnis Kawan Kledo dapat terhindar dari kebangkrutan.

Software akuntansi Kledo menjadi solusi terbaik bagi Kawan Kledo yang ingin mengelola keuangan bisnis dengan lebih mudah. Kledo memiliki Tim Hebat Kledo yang akan membantu Kawan Kledo mulai dari awal penggunaan hingga membantu menyelesaikan permasalahan penggunaan Kledo.

Daftar Kledo sekarang juga di sini dan dapatkan semua fasilitas kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =